8 Tempat Wisata di Meulaboh yang Indah dan Menakjubkan


Fida  December 28, 2022  0 Comment

Meulaboh merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di kawasan Kabupaten Aceh Barat. Daerah yang satu ini dikenal sebagai tempat kelahiran Teuku Umar, salah satu pahlawan nasional Indonesia. Tidak hanya itu, Meulaboh juga menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata di Meulaboh yang menarik untuk kamu datangi. Beberapa pilihan wisata yang dapat kamu kunjungi di Meulaboh diantaranya tempat wisata alam, tempat wisata bersejarah, hingga tempat wisata religi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 8 tempat wisata di Meulaboh yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. 

Tempat Wisata di Meulaboh :

1. Pantai Lhok Geudong

pantai lhok geudong
republikwisata.com

Salah satu destinasi wisata di Meulaboh yang populer dan menarik untuk kamu datangi adalah Pantai Lhok Geudong. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Kamu dapat mengunjungi indahnya pantai populer ini di kawasan Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Di Pantai Lhok Geudong, kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang luas serta laut yang biru. Pengunjung dapat bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah saat pagi dan sore hari. 

Menikmati Keindahan Aceh Dari Puncak Geurutee

RM Aditya Jaya: Ayam Gorengnya Mirip Paha Pramugari?

2. Pantai Lanaga

pantai lanaga
nativeindonesia.com

Tidak kalah indah dengan Pantai Lhok Geudong, Pantai Lanaga juga menjadi salah satu yang sayang untuk kamu lewatkan. Salah satu destinasi wisata di Meulaboh ini dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Peunaga Raeyuk, Kecamatan Meureubo. Saat mengunjungi indahnya Pantai Lanaga, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami dengan pemandangan indah dan menakjubkan. 

Baca juga :  5 Lokasi Shooting Film KKN di Desa Penari, Seseram Itu?

Selain hamparan pasir yang luas, Pantai Lanaga juga memiliki bebatuan karang yang menambah keindahan serta kesan alami. Saat berada di pantai ini, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan seru dan menguji adrenalin seperti banana boat, selancar, hingga jet langit. Asik sekali bukan? Destinasi wisata yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk kamu datangi saat berada di Meulaboh. 

3. Pulau Gosong

pulau gosong
backpackerjakarta.com

Pernah mendengar sebutan Pulau Gosong? Pulau Gosong merupakan pulau yang dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Meulaboh. Salah satu keunikan dari pulau yang satu ini adalah luasnya yang hanya sebesar lapangan bola. Pulau Gosong sendiri terbentuk dari tumpukan pasir yang terbawa arus dan menempel di karang. 

Untuk menuju ke lokasi pulau, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup memakan waktu. Oleh karena itu, pulau ini tidak banyak didatangi oleh wisatawan. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di Pulau Gosong. Bagaimana tidak, pulau ini menyuguhkan pemandangan indah dan masih sangat alami. 

4. Krueng Tutut

krueng tutut
tempatwisataseru.com

Krueng Tutut merupakan sebutan unik bagi salah satu tempat wisata di Meulaboh. Destinasi wisata yang satu ini dikenal indah dan berhasil menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. 

Saat berada di Krueng Tutut, kamu dapat menaiki perbukitan dan melihat langsung jernihnya perairan. Suasana yang sejuk dan segar juga akan membuatmu betah dan enggan pulang. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Selain bersantai, pengunjung juga dapat mencoba untuk berfoto dengan latar pemandangan indah dan menakjubkan. 

5. Danau Geunang Geudong

danau geunang geudong
tempatwisata.pro

Tidak perlu bingung menentukan pilihan wisata di Meulaboh, kamu dapat datang ke Danau Geunang Geudong. Danau Geunang Geudong merupakan danau indah dengan luas 7 hektar dan berlokasi di antara 3 desa. 

Baca juga :  10 Wisata Dekat Stasiun Wonogiri, dari Wisata Alam hingga Kuliner

Saat mengunjungi Danau Geunang Geudong, kamu tentu akan merasakan suasana yang tenang dan damai. Pengunjung tidak hanya dapat bersantai, tetapi juga dapat melakukan berbagai kegiatan menarik di sekitar danau seperti memancing, hingga bermalam dengan mendirikan tenda.

Kaindahan Danau Geunang Geudong serta suasana sejuk yang ditawarkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. Saat berlibur ke kawasan Meulaboh, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk berlibur dan menghabiskan waktu di indahnya Danau Geunang Geudong. 

6. Pantai Pusong Sangkalan

pantai pusong sangkalan
republikwisata.com

Hobi berselancar? Pantai Pusong Sangkalan menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Pantai yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Meulaboh yang populer dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Di Pantai Pusong Sangkalan, pengunjung dapat melakukan surfing atau berselancar karena ombaknya yang tinggi. 

Bagi pemula atau yang baru ingin belajar berselancar, pantai ini juga menjadi rekomendasi tepat untuk didatangi. Karena memiliki keindahan alam menakjubkan, tidak jarang Pantai Pusong Sangkalan disebut mirip dengan Pantai Bali. Bagaimana, tertarik untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di pantai ini? 

7. Gua Seumancang

gua seumancang
republikwisata.com

Tidak hanya didominasi oleh laut dan pulau, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Meulaboh berupa gua. Salah satu gua yang populer dan banyak didatangi oleh wisatawan adalah Gua Seumancang. 

Selain banyak dikunjungi karena keindahan serta kealamiannya, Gua Seumancang juga memiliki banyak keunikan. Salah satu keunikan dari gua ini adalah terdapat makam dengan panjang mencapai 3,8 meter. Makam tersebut diyakini sebagai makam ulama yang sekaligus menjadi pengawal Kerajaan Aceh. 

Gua dengan ketinggian mencapai 22 meter ini menawarkan indahnya stalakmit dan stalaktit. Jika datang dengan membawa senter, kamu tentu dapat melihat dengan jelas indahnya dinding-dinding gua. Pengalaman berlibur yang mengesankan tentu dapat kamu rasakan dengan mengunjungi indahnya Gua Seumancang. 

Baca juga :  Keseruan 8 Destinasi Wisata Ala Ernest Prakasa

8. Masjid Agung Baitul Makmur

masjid agung baitul makmur
wesata.id

Masjid Agung Baitul Makmur menjadi salah satu tempat wisata religi yang dapat kamu kunjungi di kawasan Meulaboh. Masjid yang satu ini dikenal dengan bangunannya yang megah dan arsitekturnya yang unik sehinga tidak heran jika kerap menjadi jujukan wisatawan. Di masjid ini, kamu dapat melihat langsung indahnya arsitektur bergaya perpaduan Timur Tengah, Asia, dan Aceh. 

Jika ingin mengunjungi megahnya Masjid Agung Baitul Makmur, kamu dapat datang langsung ke kawasan Desa Seuneubok, Kecamatan Johan Pahlawan, Kota Meulaboh. Bagi umat muslim, kamu dapat mengunjungi tempat wisata religi sekaligus beribadah dengan nyaman di masjid yang satu ini. 

Tidak perlu diragukan lagi, Masjid Agung Baitul Makmur masuk ke dalam daftar tulisan buku 100 Masjid Terindah di Indonesia. Buku yang telah disusun pada Agustus 2011 oleh Teddy Tjokrosaputro dan Aryananda. 

Nah, itulah daftar 8 tempat wisata di Meulaboh yang populer dan bisa kamu datangi. Setelah membaca beberapa rekomendasi di atas, tempat wisata manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur? 



Leave a Reply