7 Wisata di Cikampek yang Cocok Dikunjungi Untuk Berlibur


Fida  November 17, 2022  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Saat berada di Cikampek, tidak ada salahnya jika anda menyempatkan mampir ke salah satu destinasi wisata yang ditawarkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Cikampek yang populer dan sayang untuk tidak kamu kunjungi.

1. Museum Lokomotif Kereta

museum lokomotif kereta
allindonesiatourism.com

Museum Lokomotif Kereta dapat menjadi tujuan yang tepat bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata di Cikampek. Tidak hanya banyak dikunjungi sebagai sarana rekreasi, museum ini juga sekaligus menjadi sarana edukasi bagi anak anak. Kamu dapat mengunjungi museum ini bersama teman maupun keluarga. 

Sesuai dengan namanya, di museum ini terdapat kurang lebih 10 lokomotif kereta yang sudah tidak dipergunakan. Lokomotif-lokomotif yang ada merupakan peninggalan zaman Belanda. Hingga saat ini, lokomotif di museum ini tetap dirawat dengan baik. Pengunjung tidak hanya dapat melihat bentuk lokomotif, tetapi juga dapat sekaligus mempelajari banyak hal tentang lokomotif. 

Untuk memasukkan Museum Lokomotif Kereta, dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Kamu dapat waktu liburan di Museum Lokomotif Kereta dengan datang ke Jalan Raya Cikempek – Perakan, Cikampek. Setiap hari, museum ini beroprasi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore. 

Gotravelly Review

Baca juga: Terpesona Oleh Keindahan Kawah Putih Ciwidey Yang Magis

Baca juga: Liburan Keluarga Hits Di Ruang Publik Bandung

2. Alun Alun Cikampek

alun alun cikampek
keluyuran.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing bahwa setiap daerah pasti memiliki alun alun, bukan? Tidak berbeda dengan daerah lainnya, Cikampek juga menawarkan adanya alun alun yang cocok dipilih sebagai tujuan wisata bersama teman maupun keluarga. Tidak jarang alun alun banyak didatangi masyarakat lokal maupun wisatawan sebagai salah satu tempat wisata di Cikampek. 

Di Alun Alun Cikampek, pengunjung dapat bersantai sekaligus menikmati udara yang sejuk dan segar. Alun Alun Cikampek juga menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin datang ke salah satu wisata ekonomis karena pengunjung tidak dikenakan biaya atau gratis. Terdapat beberapa spot foto menarik dan instagramable yang disuguhkan bagi pengunjung. 

Beberapa kegiatan menarik juga bisa kamu coba saat berada di Alun Alun Cikampek, seperti duduk dan bersantai, berolahraga, berfoto, hingga mencoba berbagai kuliner dan jajanan. Alun Alun Cikampek dapat kamu datangi di Jalan Villa Indah Pesona, Dawuan Tengah, Cikampek. 

3. Situ Kamojing

situ kamojing
jejakpiknik.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan wisata di Cikampek, kamu dapat mengunjungi destinasi wisata Situ Kamojing. Situ Kamojing merupakan wisata danau buatan dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Tidak hanya itu, wisata yang satu ini juga sudah cukup populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. 

Situ Kamojing dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Kamojing, Cikampek. Untuk menyusuri wisata ini, pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Pagi dan sore hari menjadi waktu terbaik bagi wisatawan untuk datang ke danau ini. Di waktu waktu tersebut, pengunjung akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. 

Danau dengan luas mencapai 62 hektare ini juga menawarkan suasana yang sejuk dan asri sehingga tidak heran jika hal itu mampu membuat wisatawan betah berlama lama berada di kawasan wisata ini. Selain itu, Situ Kamojing juga dibuat dengan tujuan agar dapat menyimpan air hujan yang selanjutnya digunakan sebagai kebutuhan irigasi persawahan. Situ Kamojing menjadi salah satu pilihan wisata di Cikampek yang sayang untuk kamu lewatkan. 

4. Taman Rusa

taman rusa cikampek
abdullahhatta.wordpress.com

Ingin mengajak anak anak untuk berwisata sekaligus belajar? Taman Rusa menjadi rekomendasi wisata di Cikampek yang menarik untuk kamu datangi. Sesuai dengan namanya, taman yang satu ini menjadi tempat tinggal bagi hewan rusa. Pengunjung tidak hanya dapat melihat, tetapi juga dapat mencoba berinteraksi langsung dengan rusa, salah satu contohnya adalah dengan memberi makan. 

Taman Rusa juga tidak hanya dihuni oleh 1 jenis rusa saja, melainkan ada beberapa jenis mulai dari yang berwarna cokelat polos, berwarna belang, hingga bercorak putih. Taman yang satu ini juga menjadi pilihan tepat untuk bersantai di sore hari bersama keluarga maupun anak anak. Biasanya, Taman Rusa selalu ramai wisatawan saat hari libur tiba. 

Pengunjung tidak perlu khawatir karena tidak terdapat biaya tiket masuk alias gratis untuk menyusuri kawasan wisata Taman Rusa. Kamu dapat mengunjungi Taman Rusa di area Pabrik PT. Pupuk Kujang, tepatnya di Jalan Ir. A. Salmon Mustofa, Kalihurip, Cikampek. 

5. Rimba Riset Kebon Kembang

rimba riset kebon kembang
allindonesiatourism.com

Pernah mendengar sebutan wisata Rimba Riset Kebon Kembang? Rimba Riset merupakan sebutan bagi sebuah hutan yang berada di samping timur Kecamatan Cikampek. Masyarakat setempat lebih mengenal kawasan ini dengan sebutan Kebon Kembang. 

Karena merupakan kawasan hutan rimba lindung, maka tidak heran jika Rimba Riset Kebon Kembang memiliki udara yang sangat sejuk dan segar. Pengunjung yang datang akan langsung disambut dengan pemandangan yang sangat asri dan hijau saat memasuki kawasan wisata. Saat hari libur tiba, Rimba Riset Kebon Kembang lebih ramai pengunjung jika dibandingkan dengan hari biasanya.

Berbagai hal seru yang dapat dilakukan oleh pengunjung saat berada di Rimba Riset Kebon Kembang diantaranya jogging, bersantai, berfoto, hingga piknik bersama keluarga. Seru sekali bukan? 

6. Pohon Miring Pancawati

pohon miring pancawati
itrip.id

Jika ingin menghabiskan waktu bersantai bersama keluarga di sore hari, Pohon Miring Pancawati dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Sesuai dengan namanya, salah satu destinasi wisata di Cikampek ini dikenal unik karena menyuguhkan pepohonan yang miring. 

Pohon pohon yang ada di kawasan wisata ini adalah jenis pohon petai dengan serat yang tidak terlalu padat. Terdapat jajaran pohon petai yang asri dan rindang sengan kondisi miring sehingga tampak sangat unik. Bentuk jajaran pohon inilah yang berhasil menarik perhatian wisatawan untuk datang dan menikmati waktu bersantai di bawah pohon. Pohon Miring Pancawati dapat kamu kunjungi di kawasan Jalan Kampung Babakan Jati, Pancawati. 

7. Planet Waterboom Cikampek

planet waterboom cikampek
travel.tribunnews.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Cikampek yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Planet Waterboom Cikampek. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun anak anak. Tidak hanya dapat menikmati banyaknya pilihan kolam, pengunjung juga akan disuguhkan dengan adanya beberapa permainan seperti seluncuran. 

Untuk datang ke Planet Waterboom Cikampek, kamu perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 25.000,- per orang. Dengan begitu, pengunjung dapat menyusuri kawasan wisata dan menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan. Saat berencana untuk menghabiskan waktu berlibur ke Cikampek, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk mampir ke kawasan wisata ini.

Itulah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Cikampek yang menarik untuk kamu kunjungi. Saat berkesempatan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Cikampek, tempat wisata manakah yang paling menarik dan ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply