6 Wisata Alam di Afghanistan Yang Menakjubkan


Altesa  September 22, 2022  0 Comment

Afghanistan merupakan negara yang terletak dekat dengan Asia Tengah dan Asia Selatan. Memiliki luas wilayah 652.000 km, membuat negara ini menjadi negara terbesar ke 41 di dunia. Karena lokasinya yang berada di daerah persimpangan Asia membuat Afghanistan merupakan negara yang dipengaruhi berbagai budaya dari negara – negara yang ada di sekitarnya. Memiliki berbagai pengaruh budaya yang banyak, membuat negara satu ini sayang untuk tidak masuk wishlist neagara yang patut kamu kunjungi. Selain itu, hal menarik lainnya adalah Afghanistan meruapakan salah satu wilayah yang memiliki banyak situs bersejarah, sehingga Afghanistan merupakan salah satu wilayah yang cocok untuk dikunjungi oleh traveller penyuka situs – situs bersejarah. Selain situs bersejarah, Afghanistan juga terkenal dengan wisata alam di Afghanistan, salah satunya adalah padang pasir yang luas. Meskipun bukan menjadi salah satu negara yang menjadi jujugan wisatawan untuk berlibur, namun Afghanistan juga menyimpan sejuta pesona destinasi wisata alam di Afghanistan yang sayang untuk kamu lewatkan.

Kali ini Gotravelly akan membantu kamu untuk memberikan pandangan wisata di Afghanistan yang menarik untuk kamu kunjungi. Beberapa wisata alam di Afghanistan sendiri juga tersimpan situs bersejarah yang menarik untuk di telisik dan juga membuat kamu belajar tentang sejarah sebuah peradaban. Berikut adalah 7 wisata alam di Afghanistan ;

1. Taman Nasional Band- e Amir

Taman Nasional Band- e Amir
idntimes.com

Taman Nasional Band – e Amir merupakan wisata alam di Afghanistan yang terletak di Provinsi Bamyam. Wisata alam satu ini menyuguhkan lokasi lembah dengan serangkaian 6 buah danau yang memiliki warna biru dan dalam serta dilenhkapi dengan pemandangan bendungan alami dari travetin. Asalh dari air danau sendiri adalah dari mata air di sekitar gunung yang keluar melalui celah – celah dinding berbatu. Danau ini juga merupakan danau langka yang tercipta melalui sistem travetin. Selain menjadi salah satu jujugan wisatawan, danau ini juga merupakan sumber dari mata pencaharian warga sekitar. Warga sekitar sangat bergantung dengan sumber daya alam yang ada di taman nasional salah satunya seperti mengumpulkan semak untuk pakan ternak. Membuka wisata alam di Afghanistan pada wilayah ini menjadi salah satu harapan penghasilan lain bagi warga sekitar selain bergantung pada sumber daya alam yang ada di taman nasional ini.

Gotravelly

Wat Koh Wanararm: Kuil Budha Langkawi Yang Wajib Dikunjungi

Merlion Park Singapore

2. Broghol

Broghol
itrip.id/

Broghol merupakan wisata alam di Afghanistan yang menawarkan panorama pegunungan yang indah di sekitaran lereng gunung. Banyak sekali aktifitas yang bisa kamu lakukan disini salah satu yang menarik adalah, kamu bisa berkuda menyusuri jajaran pegunungan indah di wisata alam Afghanistan satu ini. Selain pegunungan, juga terdapat wisata alam lain di daerah ini seperti danau yang biru dan segar. Karena berada pada wilayah pegunungan, wisata di Afghanistan satu ini memiliki suasana yang menenangkan dan cocok untuk kamu yang mencari ketenangan dengan suasana hijau dan sejuk. Selain itu, wisata di Afghanistan satu ini juga cocok untuk kamu jiwa petualang karena memiliki berbagai aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan disini.

3. Waduk Qargha

Wisata Alam di Afghanistan
bitlanders.com

Waduk Qargha merupakan kawasan wisata alam di Afghanistan yang berada di kawasan Kabul. Wisata di Afghanistan satu ini merupakan wisata yang cukup populer dikalangan penduduk lokal maupun luar negeri. Wisata di Afghanistan satu ini memiliki pemandangan waduk indah nanbiru yang cantik. Waduk ini juga merupakan sumber air bagi warga sekitar kawasan ini. Disini kamu bisa duduk di tepi waduk menikmati pemandangan waduk dari tepi waduk. Selain itu, kamu juga bisa menaiki perahu untuk berkeliling waduk, berenang, serta menaiki bukit disekitar waduk sehingga kamu bisa menikmati pemandangan waduk dari atas ketinggian, hingga berselancar di area waduk ini. Waduk ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan dibangun pada tahun 1933 yang berfungsi untuk meberikan sumber air bagi warga dan kehidupan flora serta fauna disekitarnya.   

4. Lembah Bamiyan

Lembah Bamiyan
liputan6.com

Lembah Bamiyan merupakan salah satu wisata alam di Afghanistan ynag sayang untuk dilewatkan. Wisata di Afghanistan satu ini berasa di wilayah bamyan, Afghanistan. Lembah Bamiyan merupakan salah satu wisata di Afghanistan yang masuk dalam warisan budaya UNESCO. Jika kamu mengunjungi tempat wisata alam satu ini kamu akan melihat salah satu patung budha terbesar di dunia yang dipahat sekitar 1500 tahun yang lalu. Salah satu patung tertingginya memiliki tinggi berkisar 55 meter Swdangkan patung lainyya setinggi 37 meter. Selain itu, situr lembah Bamiyan juga merupakan bukti perkembangan budaya dan agama di wilayah tersebit sejak abad pertama hingga abad  ke 13 masehi. Karena wilayah Afghanistan berada di jalur perdagangan sutera membuat kawasan ini jugamerupakan kawasan yang dilewati orang dari berbagai wilayah, sehingga terdapat percampuran budaya yang bis akita lihat melalui situs – situs yang ada di lembah ini. Karena pada saat itu Afghanistan menjadi titik temu antara dua buah kerajaan besar yaitu dinasti cina dan Persia, sehingga lembah ini memiliki gaya arsitektur dari kedua budaya kerajaan besar tersebut.

5. Lembah Panjshir

Lembah Panjshir
kompas.com

Lembah Panjshir merupakan wisata alam di Afghanistan selanjutnya. Lembah ini dianggap merupakan salah satu lembah paling indah di Afghanistan. Letaknya yang dikelilingi pengunungan tinggi yang indah menjadi daya tarik wisatawan baik luar maupun dalam negeri. Jika kamu ingin mengunjungi salah satu wisata alam yang satu ini sebaiknya kamu mengunjungi saat musim panas, karena pada saat musim panas bertepatan dengan musim panen buah – buahan yang tumbuh subur diwilayah tersebut, seperti buah mulberi, anggur, dan apricot. Karena terletak di pegunungan terdapat berbagai sawah dan ladang serta sungai yang ada di wilayah ini. Sungai disini terkenal jernih dan bersih sehingga para turis biasanya berenang dan memancing di sekitar sungai. Sungguh menyenangkan untuk menikmati liburan di wisata alam satu ini, suasana pedesaannya membuat hati tenang dan nyaman untuk melepaskan penat.

6. Gunung Sikaram

Gunung Sikaram
wikipedia.org

Afghanistan memiliki beberapa gunung indah yang menarik salah satunya adalah gunung sikaram. Gunung sikaram merupakan salah satu wisata alam di Afghanistan yang sayang untuk dilewatkan. Gunung ini berlokasi di utara desa Peiwar di Distrik Kurram Provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Pegunungan ini berlokasi di perbatasan antara wilayah Afghanistan dengan Pakistan. Wisata alam yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 15.600 kaki dan merupakan puncak tertinggi dari pegunungan S[inGhar. Karena memiliki badan gunung yang tinggi, membuat gunung ini juga diselimuti dengan salju jyang menambah keindahan pemandangan dari gunung ini.

Nah itulah dia beberapa wisata alam di Afghanistan yang patut kamu kunjungi. Meskipun saat ini Afghanistan berada dalam konfil politik, namun kita juga perlu melihat dari sisi lainnya bahwa negara ini juga memiliki pesona keindahan alamnya yang unik dan mungkin tidak ada di tempat lain. Beberapa wisata alam tersebut memiliki sejarah peradaban yang panjang dan kaya akan kisah sejarahnya. Jadi dari beberapa wisata alam diatas, mana yang ingin kamu kunjungi. Yuk tulis komentar kamu dibawah ya.



Leave a Reply