7 Tempat Wisata di Kotabaru, Cocok Untuk Liburan


Fida  December 18, 2022  0 Comment

Kotabaru dikenal sebagai salah satu daerah di Kalimantan Selatan yang dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Saat datang ke Kotabaru, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi salah satu dari banyaknya tenpat wisata indah yang ada. Tidak hanya pantai dan pulau, kamu juga dapat menjumpai wisata lainnya berupa air terjun hingga goa. Penasaran? Inilah daftar 7 tempat wisata di Kotabaru yang menarik untuk kamu datangi.

Tempat Wisata di Kotabaru :

1. Pantai Tanjung Ketapang

pantai tanjung ketapang
celebes.co

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Kotabaru yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan adalah Pantai Tanjung Ketapang. Destinasi wisata yang satu ini memiliki lokasi yang strategis dan mudah dikunjungi tepatnya berada di kawasan Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru. Karena hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari ibukota Kabupaten Kotabaru, maka tidak heran jika pantai ini kerap menjadi sasaran wisatawan untuk berlibur.

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya panorama alam yang menakjubkan serta beberapa spot menarik dan instagramable. Indahnya laut dengan perairan yang biru juga tidak akan berhenti membuat pengunjung terpukau. Kamu dapat memilih untuk bersantai sembari menikmati indahnya pemandangan di Pantai Tanjung Ketapang. Pemandangan pantai yang indah juga tidak jarang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk melakukan sesi foto seperti foto prewedding. Menarik sekali bukan?

Meskipun merupakan destinasi wisata alam, Pantai Tanjung Ketapang juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, salah satunya adalah adanya penginapan. Dengan begitu, pengunjung dapat berlama-lama berlibur di sekitar pantai dengan bermalam di hotel.

Baca juga :  10 Tebing Terindah di Indonesia Dengan Pemandangan Alam Memukau

Cantiknya Pulau Samber Gelap di Kotabaru, Bikin Betah dan Enggan Pulang!

Menikmati Olahan Kepiting Jumbo Khas Kalimantan Di Resto Kenari

2. Pantai Teluk Gosong

pantai teluk gosong
banjarmasin.tribunnews.com

Tidak hanya Pantai Tanjung Ketapang, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Kotabaru lainnya berupa pantai yakni Pantai Teluk Gosong. Jika dilihat dari sebutannya, beberapa dari kamu tentu akan mengira bahwa terdapat area teluk yang gosong di kawasan pantai ini, tetapi sebenarnya tidak.

Pantai Teluk Gosong menawarkan suasana yang masih sangat asri dan alami. Hamparan pasir dan perairan yang bersih juga dapat kamu jumpai saat datang ke pantai ini. Pengunjung yang datang akan disambut dengan udara yang sejuk dan segar khas pantai. Adanya bebatuan di sekitar bibir pantai juga menambah keindahan dan menjadikan panorama semakin menakjubkan.

Terdapat banyak pilihan spot menarik dan instagramable yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Pantai Teluk Gosong yang beralamat di kawasan Gedambaan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru.

3. Pulau Birah-birahan

pulau birah birahan
tripadvisor.co.id

Pernah mendengar sebutan Pulau Birah-birahan? Pulau Birah-birahan merupakan salah satu destinasi wisata di Kotabaru yang dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Pulau yang satu ini memiliki bentuk yang unik yakni memanjang dan berkelok. Meskipun tidak terlalu luas, tetapi keindahan di dalamnya tentu akan membuatmu kagum.

Terdapat tiga zona yang akan kamu jumpai saat berkunjung ke Pulau Birah-birahan yakni yang pertama adalah zona terumbu karang, zona tebing batu, dan juga zona pantai ganggang. Setiap zona memiliki peraturan serta menawarkan kegiatan yang berbeda-beda. Di zona terumbu karang, pengunjung dapat melakukan aktivitas snorkeling dan berenang. Sedangkan di zona ganggang, kamu dapat mencoba serunya memancing.

Baca juga :  6 Wisata Sumber Air di Malang Segar Menyehatkan

Indahnya Pulau Birah-birahan dapat kamu kunjungi di kawasan Kotabaru tepatnya di perbatasan antara Kecamatan Pulau Laut dan Kecamatan Pulau Sembilan. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri.

4. Goa Temuluang

goa temuluang
travel.detik.com

Selain wisata pantai dan pulau, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Kotabaru berupa goa yakni Goa Temuluang. Goa yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Bangkalan Dayak, Kecamatan Lumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Goa Temuluang dikenal sebagai tempat wisata yang masih sangat alami. Hingga saat ini, Goa Temuluang juga masih menjadi tempat tinggal bagi puluhan ribu walet.

Pengunjung yang datang tidak hanya dapat Menikmati keindahan bagian luar goa, tetapi juga dapat masuk ke bagian dalamnya. Jika memasuki bagian dalam Goa Temuluang, pastikan kamu tidak mengganggu keberadaan burung walet karena burung-burung tersebut juga tidak mengganggu manusia.

Wisata yang satu ini juga menyuguhkan indahnya pemandangan gunung-gunung kapur di sekitarnya. Tidak hanya banyak didatangi oleh masyarakat lokal, destinasi wisata yang satu ini juga kerap menjadi tujuan bagi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

5. Air Terjun Tumpang Dua

air terjun tumpang dua
tribunnews.com

Jika ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di Kotabaru, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Air Terjun Tumpang Dua. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan suasana yang masih sangat alami. Air Terjun Tumpang Dua juga dikenal dengan keunikannya yakni airnya yang tidak jatuh ke bawah.

Destinasi wisata yang satu ini menjadi tujuan tepat untuk berlibur bersama teman maupun keluarga. Kamu dapat mengunjungi indahnya Air Terjun Tumpang Dua di kawasan Gunung Sari, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Trenggalek Terkenal

Bagi pecinta foto, kamu tentu akan sangat senang karena Air Terjun Tumpang Dua menawarkan banyak pilihan spot menarik dan instagramable. Suasana yang sejuk dan Tenang juga menjadikan tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi untuk melepas penat maupun menenangkan diri.

6. Pulau Pamalikan

pulau pamalikan
travel.detik.com

Pulau Pamalikan merupakan salah satu tempat wisata di Kotabaru yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Pulau yang satu ini dikenal menawarkan suasana yang masih sangat alami sehingga sangat cocok dipilih sebagai tujuan berlibur. Tidak hanya dapat menikmati keindahan pulaunya, kamu juga dapat menyusuri keindahan bawah laut di sekitar pulau dengan melakukan aktivitas snorkeling. 

Di Pulau Pamalikan, pengunjung juga dapat menjumpai banyaknya penyu yang menggemaskan. Bagaimana tidak, pulau ini juga sekaligus menjadi habitat penyu. Jika penasaran dengan keindahan Pulau Pamalikan, kamu dapat langsung mengunjunginya dengan datang ke kawasan Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru.

7. Pulau Samber Gelap

pulau samber gelap
travel.tribunnews.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Kotabaru yang sayang untuk dilewatkan yakni Pulau Samber Gelap. Pulau yang dikenal indah ini dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan speedboat dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk tiba di lokasi. 

Meskipun terbilang sebagai pulau kecil, tetapi keindahan yang memukau berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Pengunjung yang datang akan disambut dengan hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Selain itu, terdapat beberapa aktivitas menarik yang sayang untuk tidak dicoba seperti snorkeling hingga diving. Kamu tentu akan merasakan pengalaman liburan yang berkesan saat datang ke indahnya Pulau Samber Gelap.  

Nah, itulah 7 rekomendasi wisata di Kotabaru yang dikenal indah dan sayang untuk dilewatkan. Dari rekomendasi di atas, wisata manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply