7 Semur Jengkol Enak di Jakarta Kelezatannya Ngengenin


sisil angelin  April 7, 2021  0 Comment

Siapa disini yang suka banget dengan hidangan Khas Betawi Semur jengkol? Nah kalian tau gak sih Semur jengkol di Jakarta sebenernya kata ‘semur’ itu berasal dari Bahasa Belanda, dan orang Belanda menyebutnya dengan ‘smoor’. smoor sendiri merupakan hidangan khas Belanda yang biasanya dicampur dengan potongan tomat segar! Namun kenapa sangat populer menjadi hidangan khas Betawi? Yups krena pada jaman dahulu dikebun orang Betawi itu memiliki banyak sekali pohoh jengkol, karena jaman dulu daging cukup mahal jadi orang Betawi membuat Jengkol sebagai pengganti daging untuk dioleh semur, dan hingga saat ini melekatlah semur jengkol menjadi makanan khas Betawi.

Namun seiring berjalannya waktu sekarang pohon-pohon jengkol sangat susah ditemukan dikebun orang Betawi yang ada di Jakarta. Makanya tak heran jika harga dari jengkol ini meningkat bahkan harganya hampir sama degan daging loh guys! Namun meskipun mahal banyak banget pencinta semur jengkol ini, makanya tak heran jika di warung makan yang ada dipinggir jalan ibukota banyak penjual nasi bungkus yang menawarkan menu semur jengkol. Ohya Jengkol meskipun terbilang memilik bau yang menyengat, dan tidak semua orang suka. Tenyata jegkol ini baik untuk orang diabetes, sakit maag, bisa mengatasi sembelit, dan mencegah anemia loh! Gimana yakin gak mau cobain hidangan sehat yang satu ini? Nah dari pada kalian kepo sama rasanya langsung aja cobain jengkol-jengkol yang akan kita bahas yang ada dibawah ini!

1. Warung Makan Betawi Ngoempoel

Warung Makan Betawi Ngoempoel
piknikdong.com

Untuk kamu yang lagi cari Semur jengkol di Jakarta yang endulita! wajib banget mampir ke Warung Makan Betawi Ngoempoel. Karena warung ini menawarkan hidangan jengkol yang yummy banget dengan bumbu yang terdiri dari cengkeh, kayumanis, dan kuah kaldu yang berwarna coklat pada semur jengkol ini memang sangat nikmat dipadu dengan nasi hangat. Nah dari pada kalian ngiler sama semur jengkol yang ada di Warung Makan Betawi Ngoempoel. Langsung aja mampir ke Warung Makan Betawi Ngoempoel, dan disini juga menyajikan beraneka hidangan khas Betawi loh. Beberapa menu hidangan khas Betawi yang bisa kalian pesan disini diantaranya ada pecak ayam kampung, sop iga, sayur goereng asem, karedok, tumis toge, pepes peda, gabus kering, dan masih banyak lagi hidangan lezat yang siap memanjakan lidah kalian saat berada di Warung Makan Betawi Ngoempoel.

Baca juga :  12 Tempat Makan Keluarga di Jakarta Murah dan Enak

Alamat : Jln. Tanah Baru No.74, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok.
Jam buka : 09.30 – 19.00.

Review kuliner

Nikmat Menyantap Nasi Pecal Saat CFD Di Lapangan Bajra Sandhi Renon

Warung Roster – Ayam Panggang (Roast Chicken) Kekinian Ala Western

2. Ayam Goreng Mat Lengket

Ayam Goreng Mat Lengket
food.detik.com

Ayam Goreng Mat Lengket ini bisa menjadi pilihan kulineran malam kamu di Kota Jakarta, dan Ayam Goreng Mat Lengket ini memang terkenal banget dengan sajian semur jengkolnya yang muantap banget guys! Jadi saat kalian berada disini kalian bisa memesan Ayam Goreng dan Jengkol. Kalian tau semur jengkol serta ayam goreng yang ada disini sangat sempurna saat masuk kedalam mulut apalagi nasi uduk yang ada didalam 1 porsi Ayam Goreng dan jengkol ini adalah perpaduan yang sempurna saat masuk kedalam mulut. Jadi saat kalian lagi kulineran malam wajib banget mampir ke Ayam Goreng Mat Lengket, dan rasakan kelezatannya!

Alamat : Jln. Bekasi Timur Raya No.KM. 17, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Jam buka : 17.00 – 22.00.

3. RM Sederhana

RM Sederhana
dedunumax.info

Restoran padang yang satu ini juga terkenal dengan sajian jengkolnya yang Yummy loh! Selain kalian bisa memesan jengkol yang pedas di RM Sederhana, kalian bisa memesan beraneka hidangan nasi padang seperti rendang, ayam pop, gulai ikan, paru, dan masih banyak lagi hidangan yang siap memanjakan lidah kalian untuk menikmati jengkol sambaladi yang ada di Rm Sederhana.

Alamat : Jln. Raden Saleh Raya No.29, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.
Jam buka : 08.00 – 22.00.

4. Republik Jengkol

Republik Jengkol
pergikuliner.com

Dari namanya saja sudah pasti kalian tau dong tempat yang satu ini menjual apa? yups sudah pasti jengkol dong! Nah di Republik Jengkol kalian bisa menemukan beraneka hidangan yang berbahan dasar jengkol guys! Jadi diantaranya ada semur jengkol, rendang jengkol, mie goreng jengko;, nasi goreng jengkol, jengkol masak sambal ijo, balado jengkol, pasta jengkol, tongseng jengkol, dan masih banyak lagi hidangan yang siap memanjakan lidah kalian. Tidak dipungkiri Republik Jengkol ini memang pantas menjadi salah satu tempat terenak dengan sajian jengkol. Nah dari pada penasaran sama hidangan jengkol yang ada di Republik Jengkol langsung aja yuk cicipi menu jengkol yang ada di Republik Jengkol. Meskipun warung ini sederhana, Namun tidak pernah sepi dengan pengunjung, dan selalu memiliki antrian.

Baca juga :  6 Kue Khas Palembang Gurih Legitnya Nendang!

Alamat : Jln. Kerja Bakti No.16, Kramat Jati, Jakarta Timur.
Jam buka : 10.00 – 22.00.

5. Warung Mak Ndower

Warung Mak Ndower
anakjajan.com

Semur jengkol di Jakarta bisa kamu temukan di Warung Mak Ndower yang ada dikawasan Pemuda ini juga gak kalah terkenal dari penjual jengkol lainnya di Ibukota. Karena Warung Mak Ndower ini menawarkan beraneka hidangan khas Betawi yang mantap banget. Selain beraneka olahan jengkol kalian bisa memesan sayur asam, beraneka olahan ikan, oncom, udang, cumi, ayam, dan masih banyak lagi hidangan khas Nusantara yang segar siap memanjakan lidah kalian saat berada di Warung Mak Ndower.

Alamat : Jln. Pemuda No.72, Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Jam buka : 10.00 – 22.00.

6. Warung Nasi Uduk Mpok Iyoh

Warung Nasi Uduk Mpok Iyoh
liputan6.com

Semur jengkol di Jakarta berikutnya adalah Warung Nasi Uduk Mpok Iyoh yang akan kita bahas diurutan ketujuh ini memang terkenal sekali dengan sajian semur jengkolnya yang lezat, dan gurih. Warung Nasi Uduk Mpok Iyoh ini tidak hanya menjual jengkol saja, dan Warung Nasi Uduk Mpok Iyoh ini menjual beraneka hidangan Nusantara yang yummy loh! Jadi di Warung Nasi Uduk Mpok Iyoh kalian bisa memesan nasi babat, nasi paru, nasi limpa, nasi udang, nasi usus ayam, nasi ati, nasi empal, nasi ayam goreng, nasi uduk, pete, dan masih banyak lagi menu yang siap memanjakan lidah kalian.

Alamat : Jln. Pahlawan No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur.
Jam buka : 15.00 – 22.00.

7. Warung Nasi Uduk Bang Udin

Warung Nasi Uduk Bang Udin
travel.kompas.com

Warung Nasi Uduk Bang Udin ini sudah buka sejak tahun 1986, dan Warung Nasi Uduk Bang Udin ini menjadi salah satu kuliner khas Betawi yang wajib banget kalian cocopi saat kulineran malam di Jakarta. Karena rasa nasi uduk sengkol yang ada di Warung Nasi Uduk Bang Udin memang paling makyus! resep turun temurun dari orang tua yang sekarang menjalankan warung ini memang tidak pernah berubah, bumbunya meresap, dan nasi uduk yang ada disiini juga sangat harum. Jadi untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi guys memang Warung Nasi Uduk Bang Udin paling rekommended untuk kalian coba saat berada di Jakarta.

Baca juga :  7 Nasi Uduk Paling Enak di Jakarta Sajikan Rasa Gurih Manjakan Lidah

Alamat : Jln. Palmerah Barat No.25A, Palmerah, Jakarta Barat.
Jam buka : 18.00 – 22.00.



Leave a Reply