Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

7 rekomendasi kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan Jogja.


Reni  November 16, 2019  0 Comment

Jogja terkenal dengan wisata budayanya yang kental dan wisata alamnya yang memanjakan mata. Pastinya hal inilah yang mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong datang ke Jogja. Banyak sekali moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Jogja, mulai dari pesawat, kendaraan pribadi hingga kereta api. Bagi Anda yang suka menggunakan kereta api untuk menuju Jogja, berikut ini ada 7 rekomendasi kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan Jogja. Pastinya mampu mengisi perut Anda yang kosong selama perjalanan menuju Jogja!

1. Rumah Makan Murni 83

rumah makan enak dekat lempuyangan

Instagram/jogjaeatguide

Kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan yang pertama adalah Rumah Makan Murni 83. Rumah makan yang berada di Jalan Tukangan no 45, Danurejan, Jogja ini menyajikan aneka menu masakan jaman dahulu (jadul) dengan harga mulai dari Rp 13.000 per porsinya. Menu yang disajikan pun beragam, mulai dari Lontong Opor Ayam, Bestik komplit hingga Nasi Bakmoy. Untuk minumannya, yang paling favorit adalah Es Cincau Sirup.

Rumah Makan Murni 83 ini cukup legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1978. saat berkunjung kesini, Anda tak hanya disuguhkan oleh aneka kuliner Nusantara yang legendaris, melainkan suasana khas jaman dahulu yang sangat kental. Hal ini terlihat dari desain interiornya yang klasik tapi juga asyik, seperti bangku dan meja yang sederhana dengan cat yang mulai mengelupas.

Rumah makan ini buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam dan cocok sekali bagi Anda pecinta vintage, pasti akan betah berlama-lama ada di rumah makan ini.

2. Tongseng Pasar Lempuyangan

rekomendasi makanan enak dekat stasiun lempuyangan

Pasar Lempuyangan juga menjadi tempat untuk hunting kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan. Salah satu kuliner yang wajib Anda coba saat baru tiba di Jogja adalah Tongseng di Pasar Lempuyangan.

Saat memasuki Pasar Lempuyangan, ada seorang bapak-bapak dengan gerobak berwarna biru menjajakan tongseng kambing. Menu legendaris Jogja ini terbilang cukup unik karena dimasak menggunakan anglo sehingga menghadirkan cita rasa yang kuat. Ditambah lagi dengan irisan bawang merah dan tomat yang mampu menambah kelezatan tongseng ini.

Tongseng Pasar Lempuyangan ini bisa Anda kunjungi di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Jogja, mulai jam 6 pagi hingga jam 1 siang.

3. Jenang Gempol Bu Gesti

kuliner enak dekat stasiun lempuyangan
myeatandtravelstory.wordpress.com

Masih di Pasar Lempuyangan, kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan selanjutnya adalah Jenang Gempol Bu Gesti. Untuk menemukannya, Anda bisa masuk ke sisi selatan Pasar Lempuyangan. Dari pintu masuk pasar beloklah ke kiri kemudian belok ke kanan. Anda akan menemukan Bu Gesti berjualan pada sebuah ruas kecil dengan beberapa panci didepannya.

Meskipun tempatnya sangat sederhana, tetapi banyak pembeli yang rela mengantri. Maklum saja Jenang Gempol Bu Gesti ini sudah ada sejak tahun 1950 dan masih bertahan hingga sekarang dengan rasa yang khas dan masih sama.

Seporsi Jenang Gempol Bu Gesti ini harganya Rp 5.000 dan pilihannya ada beragam, seperti jenang sumsum, jenang candil, jenang sumsum manis dan monte. Jenang ini disajikan dengan cara tradisional yaitu dalam bungkus daun pisang berbentuk pincuk. Bagi Anda yang ingin menikmati legitnya Jenang Gempol Bu Gesti bisa datang mulai jam 8 pagi hingga jam 10 pagi.

4. Lupis Bu Suharti

makan enak dekat stasiun lempuyangan
Qupas.com

Tak hanya ada Tongseng Kambing dan Jenang Gempol Bu Gesti, kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan selanjutnya ada Lupis Bu Suharti. Jajanan tradisional ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 3.000 per porsinya. Pilihan menu yang disajikan pun cukup beragam, selain Lupis, ada juga gethuk, cenil, ketan item dan thiwul.

Jajanan ini dikenal sangat legit dan mampu membuat Anda ketagihan karena taburan parutan kelapa kukus dan gula merah cair yang manis. Meskipun dikenal sangat legit, tapi masih jarang banyak orang tahu soal Lupis ini, lho.

Bagi Anda yang ingin mencicipinya, bisa datang ke Pasar Lempuyangan di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panjang, Jogja. Lupir Bu Suharti ini buka mulai jam 6 pagi sampai habis.

5. Sambal Mentah “Bu Saring”

makanan enak dekat stasiun lempuyangan jogya
instagram/judypranata

Sambal Mentah Bu Saring ini juga termasuk dalam salah satu kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan. Berlokasi di Jalan Hayam Wuruk no 39 B, Tegal Panggung, Jogja. Jaraknya kurang lebih 500 meter dari Stasiun Lempuyangan. Warung ini buka setiap hari mulai jam 11 siang hingga jam 10 malam.

Menu yang disajikan sudah tersedia di etalase, mulai dari tempe, tahu, lele, ayam, bandeng, puyuh, bebek dan masih banyak lagi lainnya. Menu paling spesial di rumah makan ini adalah sambalnya yang terdari dari varian sambal mentah, sambal matang dan sambal bawang. Kuliner ini sangat cocok untuk Anda penyuka kuliner pedas, tapi tetap hemat.

6. Mie Pelangi 88

kuliner enak dekat stasiun lempuyangan jogya
Instagram/chriratna

Kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan selanjutnya ada Mie Pelangi 88. Lokasi warung Mie Pelangi 88 berada taj jauh dari Stasiun Lempuyangan, jaraknya sekitar 100 meter kearah Stadion Mandala. Alamat lengkapnya di Jalan Lempuyangan no 1, Tegal Panggung, Jogja.

Mie Pelangi 88 ini tak hanya murah dan enak, tapi juga unik jika dibandingkan dengan mie ayam pada umumnya. Sesuai namanya, Mie Pelangi 88 disuguhkan dengan mie yang berwarna-warni bagaikan pelangi.

Mie Pelangi 88 ini terlihat memiliki warna yang cukup komplit, yakni hijau, kuning dan merah muda. Semuanya menjadi satu dalam sebuah mangkok. Anda pun tak perlu khawatir saat akan menyantapnya karena Mie Pelangi 88 sama sekali tidak mengandung zat kimia yang berbahaya. Warna warni pada mie ini berasal dari sari pati sayur-sayuran, sehingga sangat menyehatkan untuk dikonsumsi.

Seporsi Mie Pelangi 88 ini dibanderol dengan harga Rp 15.000 saja dan sudah termasuk mie pelangi, kuah dengan isian bakso dan gorengan pada mangkok terpisah. Mie Pelangi 88 bisa Anda nikmati mulai jam 8.30 pagi hingga jam 9 malam.

7. Soto Ayam Pak Gareng

makanan enak dekat stasiun lempuyangan
Instagram/Jogyabikinlaper

Kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan yang terakhir adalah Soto Ayam Pak Gareng. Kuliner ini sangat cocok bila dinikmati saat pagi hari karena memang warung soto ini buka mulai jam 6 pagi hingga jam 12 siang.

Lokasi Soto Ayam Pak Gareng ini cukup dekat dengan Stasiun Lempuyangan, tepatnya di Jalan Hayam Wuruk, Danurejan, Jogja. Cukup keluar dari pintu parkir stasiun ke arah barat hingga pertigaan, kemudian ambil arah ke selatan maka akan Anda temukan warung Soto Pak Gareng di sebelah timur jalan sebelum Pasar Lempuyangan.

Seporsi Soto Ayam Pak Gareng ini terdiri dari nasi, bihun, lenthok, kecambah, daging ayam, irisan seledri dan taburan bawang goreng. Tak lupa disiram dengan kuah gurih yang segar. Untuk menikmati lezatnya Soto Ayam Pak Gareng ini Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya cukup terjangkau, berkisar Rp 15.000 per porsinya.

Itulah daftar rekomendasi kuliner enak dan murah dekat Stasiun Lempuyangan yang bisa Anda cicipi saat berada di Jogja. Deretan menu rekomendasi tersebut tentunya mampu memanjakan lidah Anda tanpa khawatir menguras kantong. Selamat mencoba.



Leave a Reply