7 Oleh-oleh Khas Danau Toba Bikin Hati Yang Tersayang Bahagia


Fida  October 20, 2021  0 Comment

Danau Toba dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang populer di Indonesia. Tempat wisata yang satu ini dikenal memiliki legenda yang khas dan banyak dikunjungi wisatawan hingga saat ini. Saat berkunjung ke Danau Toba, tidak ada salahnya untuk pulang dengan membawa oleh-oleh Khas danau Toba. Anda dapat membeli oleh-oleh khas Danau Toba berupa makanan hingga cenderamata. Tidak perlu bingung, berikut daftar 7 rekomendasi oleh-oleh khas Danau Toba yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang.

1. Kreasi Kain Ulos

kain ulos
merdeka.com

Salah satu oleh-oleh khas Danau Toba yang populer adalah Kreasi Kain Ulos. Kain yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dan dikenal sebagai salah satu ikon souvenir khas Sumatera Utara. Keindahan kain ulos juga sudah diakui dunia loh.
Saat berkunjung ke kawasan Danau Toba, tentu sangat mudah menjumpai penjual kain ulos. Anda akan dimanjakan dengan berbagai motif dan warna yang dapat dipilih sesuai selera. Tidak hanya membeli dalam bentuk lembaran kain, pengunjung juga dapat membeli kain ulos yang siap pakai dan sudah diolah menjadi tas, ikat pinggang, sarung bantal, dompet, taplak meja, dan lain-lain.

Kain ulos dijual dengan harga yang cukup bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Saat berkunjung ke kawasan Danau Toba, kain ulos tentu menjadi salah satu oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso Piso ~ Air Terjun Sebagai Ikon Wisata Provinsi Sumatera Utara

2. Kacang Sihobuk

kacang sihobuk
food.detik.com

Salah satu oleh-oleh khas Danau Toba yang cocok untuk dibawa pulang adalah kacang sihobuk. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh yang satu ini merupakan kacang khas Sumatera Utara yang banyak diminati oleh semua kalangan. Sihobuk merupakan nama salah satu daerah penghasil kacang.

Saat mencoba kacang sihobuk, Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih. Kacang sihobuk diolah dengan cara direndam bersama dengan bumbu asinan khas sihobuk. Proses memasaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam menggunakan pasir di atas tungku kayu. Hal itu tentu menjadikan kacang ini memiliki aroma yang khas dan unik.

Kacang sihobuk biasa dijual dengan kemasan praktis dan dibanderol dengan harga sekitar Rp 80.000,- per 500 gram. Menikmati lezatnya kacang yang satu ini tentu sangat cocok bersama dengan satu gelas teh atau kopi. Anda dapat membeli kacang sihobuk di berbagai toko oleh-oleh di Danau Toba.

3. Mangga Sibandang

mangga sibandang
tobatabo.com

Mangga menjadi salah satu buah yang diminati oleh banyak kalangan. Saat berkunjung ke kawasan Samosir atau Danau Toba, Anda dapat mencoba lezatnya mangga khas yang disebut dengan mangga sibandang. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, mangga yang satu ini juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh khas Danau Toba.

Mangga yang satu ini merupakan buah musiman yang tumbuh subur di daerah Sibandang. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke kawasan Samosir penasaran dan mencoba lezatnya mangga sibandang.

Mangga sibandang dijual dengan harga sedikit lebih mahal dari mangga lainnya. Tetapi mangga yang satu ini sangat menarik untuk dicoba karena menawarkan cita rasa yang sangat manis dan tidak memiliki rasa asam sama sekali. Jika musim panen tiba, wisatawan yang datang ke kawasan Danau Toba dapat dengan mudah menjumpai penjual mangga yang satu ini. Anda dapat membeli mangga sibandang dengan harga sekitar Rp 45.000,- per kilogram. Saat bingung menentukan oleh-oleh khas Danau Toba untuk dibawa pulang, mangga sibandang tentu menjadi pilihan tepat untuk dicoba.

4. Arsik

arsik
merdeka.com

Salah satu oleh-oleh khas Danau Toba yang sayang untuk dilewatkan adalah Arsik. Beberapa dari anda mungkin masih asing dengan sebutan oleh-oleh yang satu ini. Arsik merupakan salah satu hidangan lezat yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke kawasan Danau Toba.

Berbagai olahan makanan menawarkan cita rasa lezat yang dibuat dengan bahan utama ikan mas arsik. Olahan ikan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa pedas, gurih, dan sedikit asam. Selain cita rasanya yang lezat, tampilan yang disuguhkan juga sangat menggugah selera.

Olahan ikan yang satu ini biasanya dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Danau Toba untuk dibawa pulang. Anda dapat dengan mudah menjumpainya di beberapa restoran di sekitar Danau Toba. Konon katanya, jika ikan mas arsik disimpan didalam kulkas selama 1 malam akan menghasilkan cita rasa yang lebih lezat saat digoreng. Tertarik untuk mencoba lezatnya ikan yang satu ini saat berkunjung ke kawasan Danau Toba?

5. Kaos Samosir

kaos samosir
bukalapak.com

Berkunjung ke berbagai atau tempat wisata tentu sangat disayangkan jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Salah satu oleh-oleh khas Danau Toba biasa diburu oleh Wisatawan adalah kaos Samosir atau kaos Danau Toba.

Kaos yang satu ini dijual dengan berbagai pilihan kain. Tidak hanya itu, desain atau tulisan kaos juga sangatlah beragam. Kaos-kaos tersebut tentu dapat dengan mudah dijumpai di toko sekitar lokasi wisata Danau Toba.

Dapat membeli kaos yang berisi tulisan khas dengan harga yang cukup terjangkau yakni mulai Rp 30.000,- hingga Rp 55.000,-. Kaos yang satu ini juga biasa ditawarkan dengan harga yang sedikit mahal sehingga wisatawan harus menawar untuk mendapat harga yang lebih terjangkau.

6. Naniura

naniura
indonesia.go.id

Pernahkah Anda mendengar sebutan olahan makanan naniura? Naniura merupakan salah satu oleh-oleh khas Danau Toba yang bisa Anda coba. Naniura merupakan olahan ikan yang dibuat dengan proses pengolahan yang unik dan menghasilkan cita rasa lezat.

Ikan terlebih dahulu dicampur dengan perasan jeruk asam dan garam, kemudian disimpan selama kurang lebih 5 jam. Setelah itu, proses selanjutnya adalah melumuri ikan dengan bumbu khas dan didiamkan selama 1 jam. Proses mendiamkan ikan dan bumbu dengan waktu yang cukup lama bertujuan agar bumbu meresap dengan sempurna.

Naniura yang telah selesai diolah menghasilkan tampilan yang sangat menggugah selera serta aroma yang khas. Makanan yang satu ini kerap dipilih sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan hingga 1 minggu lamanya. Untuk menikmatinya, Anda dapat membeli ikan naniura dengan harga Rp 100.000,- hingga Rp 150.000,- per kilogram.

7. Cinderamata Danau Toba

Oleh-oleh khas Danau Toba
pariwisatasumut.net

Saat berkunjung ke kawasan Danau Toba, Anda dapat membeli salah satu dari banyaknya rekomendasi oleh-oleh khas Danau Toba. Salah satu oleh-oleh yang sangat mudah dijumpai adalah cinderamata atau souvenir. Cinderamata khas Danau Toba banyak diburu oleh wisatawan karena menawarkan harga yang cukup terjangkau.

Tidak hanya itu, cinderamata yang ditawarkan juga sangat beragam dan memiliki bentuk unik. Anda dapat membeli berbagai oleh-oleh berupa gelang, kalung, hingga gantungan kunci. Hal yang paling unik adalah Anda juga dapat membeli miniatur rumah khas Samosir yang dijual dengan harga sekitar Rp 125.000,- per buah.



Leave a Reply