7 Makanan Khas Indonesia Dimasak Dalam Bambu, Rasanya Khas Dan Enaknya Nggak Ketulungan


Reni  January 15, 2020  0 Comment

Masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan teknik masak dengan daun pisang. Nyatanya selain dengan daun pisang,masyarakat juga mengenal teknik masak menggunakan bambu. Rasa masakan jadi lebih sedap dan harum yang khas, tak heran terdapat berbagai macam makanan khas Indonesia dimasak dalam bambu.
Batang bambu memiliki rongga yang kokoh, itulah yang membuatnya bisa dimanfaatkan sebagai wadah mengolah makanan. Selain lebih alami, hasil masakan menjadi lebih harum dan bercita rasa tinggi. Di berbagai daerah di Indonesia terdapat makanan tradisional yang diolah dengan batang bambu.

Berikut Daftar Makanan Khas Indonesia Dimasak Dalam Bambu


1. Lemang

kuliner nusantara
travel.trubus.id

Lemang termasuk jenis masakan yang banyak disukai. Lemang tersedia dijual sepanjang tahun tanpa menunggu momen tertentu, di hari raya lemang dijual lebih banyak lagi. Di Malaysia lemang telah menjadi masakan istimewa sejak 1864. Namun diluar daerah Melayu/Minangkabau lemang agak sulit ditemukan dan harus menunggu momen tertentu.

Pada umumnya lemang sering disajikan bersama makanan lain seperti daging rendang atau ayam serundeng. Orang minangkabau sangat menggemari lemang, bahkan kota Tebing Tinggi melekat dengan julukan Kota Lemang di Minangkabau.

Lemang terbuat dari beras dan santan yang dimasukan ke batang bambu yang dalamnya dibungkus daun pisang, kemudian dibakar sampai matang. Proses memasak lemang adalah sekitar 2-3 jam. Ketika memanggang lemang perlu memutar bolak balik bambunya agar matangnya merata.

Seiring perkembangan zaman, jenis beras yang digunakan bisa bermacam-macam. Beras yang digunakan antara lain : berbagai jenis beras seperti beras putih, beras merah, beras hitam atau beras pulut. Diantara berbagai jenis beras yang digunakan, beras pulut adalah yang paling sering digunakan.

Gotravelly

Noodle Inc Malang: Rasakan Lembutnya Mie Tarik & Lezatnya Dimsum

Nasi Krawu Bu Azza Gresik

2. Nasi Jaha

Aneka Hidangan Nusantara Yang Dimasak Dalam Bambu
pesona.travel

Nasi jaha adalah sejenis kue khas Kota Manado-Minahasa-Sulawesi Utara. Asal muasal nama Nasi jaha adalah dari kata : Nasi dan Jahe, kue ini dibuat dari campuran beras ketan lalu dibumbui dengan jahe. Untuk bumbu jahe sendiri merupakan campuran dari perasan santan kelapa, kemudian dimasukkan ke dalam batang bambu dan dipanggang sampai matang.

Setelah itu bambu dipanggang diatas bara api hingga matang dan akhirnya siap untuk dihidangkan.
Metode dan cara pembuatan nasi jaha ini sangat sederhana dan khas. Menurut sejarah terdahulu orang Minahasa, nasi jaha sering dihidangkan pada acara tertentu baik dalam upacara adat maupun hari raya keagamaan dan nasional.

Setelah itu, batang bambu dipanggang di atas api sampai matang hingga siap disajikan. Metode pembuatan Nasi jaha ini sangat tradisional. Berdasarkan sejarahnya, menurut nenek moyang orang Minahasa, Nasi jaha seringkali dihidangkan pada acara-acara seperti upacara adat atau perayaan keagamaan dan nasional.

Sekarang ini, Nasi jaha menjadi jenis kue yang populer dengan masyarakat Minahasa-Sulawesi Utara termasuk Kota Manado. Di perayaan keagamaan seperti Natal, Paskah, Syukuran, dan Perayaan Gereja lainnya kue ini pasti terhidang di atas meja. Bahkan perayaan hari raya nasional dan event-event tertentu, Nasi jaha biasa disajikan.

Saat ini Nasi jaha tidak hanya bisa ditemui saat perayaan atau event besar saja. Kue Nasi jaha juga bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional, pasar swalayan, restoran, dan café di Kota Manado

3. Pa’piong

masakan nusantara dalam bambu
indonesia.go.id

Masyarakat Toraja memiliki makanan khas yang dimasak dengan bambu, makanan ini disebut Pa’piong. Dulu dikabarkan bahwa Pa’piong merupakan salah satu bangsawan Toraja pada masanya. Saat ini, resep Pa’piong sudah tersebar luas dan bisa dinikmati semua kalangan.

Pa’piong kerap kali disajikan sebagai makanan dalam upacara besar keagamaan dan tradisi adat setempat. Dibutuhkan bambu berukuran besar untuk mengolah Pa’piong. Bambu tersebut kemudian diisi berbagai macam lauk seperti ikan mas, daging sapi, ataupun ayam yang telah diberi bumbu.

Untuk mengolah Pa’piong memerlukan waktu yang tidak sedikit, yaitu sekitar 1 sampai 2 jam sampai Pa’piong matang dengan sempurna. Proses memasak Pa’piong adalah dengan dibakar secara perlahan di atas bara api. Makanan ini seringkali dihidangkan sebagai lauk makan bersama nasi.

4. Ayam Buluh

kuliner Nusantara Yang Dimasak Dalam Bambu
sajiansedap.grid.id

Ayam buluh merupakan olahan ayam yang dimasak di dalam bambu, masakan ini berasal dari Manado. Ayam Buluh memiliki rasa yang khas karena dimasak menggunakan bambu. Masakan ini terbuat dari potongan ayam yang telah dilumuri bumbu kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang dalamnya telah dilapisi daun pisang, kemudian dibakar sampai matang.

5. Kue Putu

makanan Nusantara Dimasak Dalam Bambu
genpi.co

Kue putu berasal dari bahasa Jawa yaitu ‘puthu’ merupakan jenis makanan Indonesia berupa kue yang diberi isi gula jawa dan diberi taburan parutan kelapa. Adonan dasar berupa butiran kasar tepung beras. Kue putu dikukus dan diletakkan ke dalam batang bambu berukuran kecil, dipadatkan dan dijual saat sore hari, ketika matahari tenggelam sampai larut malam.

Bagi penggemar kue putu, pasti tidak asing dengan suara uap yang terdengar saat pedagang kue putu lewat. Pedagang kue putu saat ini sebagian mengganti bambu dengan pipa PVC demi kepraktisan, meskipun penggunaan pipa PVC untuk makanan bisa membahayakan kesehatan.

Kue putu sudah terkenal hingga Negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Walaupun nama dan bentuknya sedikit berbeda, pada dasarnya rasanya sama dengan kue putu tradisional dari Indonesia.

6. Ayam Bambu

kuliner Nusantara Yang Dimasak Dalam Bambu
tribunnews.com

sesuai dengan namanya, Ayam Bambu merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam yang dimasak dengan sebilah bamboo. Masakan Ayam Bambu menjadi salah satu kuliner khas kota Palu, masakan ini juga banyak diolah di daerah Kulawi dan Manado.

ayam terlebih dulu dipotong-potong kemudian dilumuri bumbu khas setempat, kemudian dimasukkan ke dalam bilah bambu sambil dimasukkan air secukupnya. Setelah itu, Ayam Bambu dipanggang di atas bara api, dengan cara ini bumbu akan meresap sempurna ke dalam daging ayam hingga bagian tulangnya. Ayam Bambu sangat lezat dihidangkan hangat bersama nasi putih.

7. Bebek Timbungan

 Nusantara Yang Dimasak Dalam Bambu
travel.kompas.com

Bebek Timbungan termasuk masakan legendaris yang berasal dari Bali, dahulu makanan ini menjadi hidangan istimewa bagi keluarga kerajaan. Kuliner ini diolah dengan bumbu khas Bali yang disebut bumbu Basa Gede.

Cara membuat Bebek Timbungan adalah : bebek yang sudah dicuci bersih kemudian dilumuri bumbu Basa Gede lalu dimasukkan ke dalam bambu berukuran besar, kemudian dipanggang. Proses memasak Bebek Timbungan termasuk memerlukan waktu yang lama , jadi tidak heran ketika masak tekstur daging Bebek Timbungan sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Meski telah dilumuri bumbu yang bercita rasa kuat, orang Bali terbiasa menyantapnya dengan sambal matah. Bebek Timbungan tidak terlalu terkenal di Bali, meskipun begitu kuliner legendaris ini bisa ditemui di beberapa tempat di Bali.

Masakan yang diolah dengan bambu memang memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, teknik ini dapat membuat bumbu menjadi lebih meresap. Kekayaan kuliner Indonesia memang patut dilestarikan karena cita rasanya tidak kalah dengan masakan modern, termasuk masakan khas Indonesia yang dimasak dalam bambu di atas.



Leave a Reply