7 Bukit Terindah di Papua Pemandanganya Bikin Hati Bahagia


Fida  December 16, 2021  0 Comment

Papua dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan cukup banyak tempat wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Papua menjadi destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Tidak hanya masyarakat lokal saja, Papua juga menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara.Ada beberapa pilihan tempat wisata alam di Papua yang menarik untuk didatangi seperti danau hingga perbukitan. Inilah daftar 7 rekomendasi wisata bukit di Papua yang dikenal indah dan menarik untuk kamu kunjungi.

1. Bukit Bintang Raja Ampat

bukit bintang
travel.kompas.com

Bukit Bintang Raja Ampat dikenal sebagai salah satu bukit di Papua yang populer dan banyak didatangi wisatawan. Bukit yang satu ini merupakan bukit cadas dan terjal yang dikenal menawarkan keindahan bebatuan karang di tengah Raja Ampat.

Untuk tiba di puncak bukit, kamu harus mendaki dengan medan yang cukup menguji adrenalin. Tetapi jangan salah, bukit yang satu ini menawarkan keindahan luar biasa yang dapat dinikmati dari puncak. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya panorama alam yang sangat menakjubkan.

Berkunjung ke Bukit Bintang Raja Ampat, tentu sangat disayangkan jika tidak menyempatkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Bukit yang satu ini disebut Bukit Bintang karena pengunjung dapat melihat telaga yang berbentuk bintang jika dilihat dari ketinggian. Telaga berbentuk bintang akan semakin indah karena dikelilingi oleh tebing berupa bebatuan karang. Saat berkesempatan datang ke kawasan Raja Ampat, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki Bukit Bintang Raja Ampat.

GoTravelly

Seven Summit Pegunungan Nongkojajar Pasuruan

Gunung Agung adalah atapnya Pulau Bali dengan ketinggian 3.142 Mdpl

2. Bukit Ifar

bukit ifar
dananwahyu.com

Salah satu bukit di Papua yang populer berikutnya adalah Bukit Ifar. Bukit yang satu ini berlokasi tidak jauh dari Jayapura dan hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Bukit Ifar cukup populer karena dikenal sebagai lokasi perang dunia II di Papua. Tidak hanya dimanjakan dengan indahnya pemandangan hijau perbukitan, pengunjung juga dapat menikmati hamparan perairan yang ada.

Di Kawasan bukit ini juga terdapat Tugu Mac Arthur merupakan tokoh Jenderal bintang 5 Amerika Serikat. Tugu yang satu ini menandakan bahwa tentara sekutu sudah berhasil mencapai Papua. Kawasan ini juga dikenal memiliki markas TNI sehingga tidak heran jika banyak tentara yang akan kamu jumpai saat mengunjungi Bukit Ifar.

Tempat yang satu ini sangat cocok dipilih bagi kamu yang ingin merasakan suasana tenang sekaligus menyegarkan pikiran. Bagaimana tidak, Bukit Ifar menawarkan suasana yang masih sangat alami dan asri. Salah satu wisata bukit di Papua yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun orang tersayang.

3. Bukit Jokowi

bukit jokowi
kumparan.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Bukit Jokowi bukan? Bukit Jokowi dikenal sebagai salah satu wisata Bukit di Papua berada di kawasan Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Dulunya, kawasan ini merupakan lahan yang dipenuhi dengan rumput liar dan ilalang. Namun kawasan itu berubah sejak presiden Joko Widodo datang pada tahun 2014. Sejak saat itu, kini kawasan Bukit Jokowi berubah menjadi indah dan terawat. Pengunjung dapat menikmati indahnya perairan serta hamparan perbukitan hijau dari ketinggian. Selain itu, udaranya yang segar juga membuat pengunjung nyaman. Kawasan ini juga beberapa spot selfie yang unik dan instagramable.

Saat ingin mengunjungi salah satu wisata Bukit di Papua, tidak ada salahnya untuk datang ke Bukit Jokowi. Menarik sekali bukan? Pengunjung tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan alam yang ditawarkan, tetapi juga dapat mengabadikan dengan latar salah satu dari banyaknya spot yang ada.

4. Bukit Tungku Wiri

bukit tungku wiri
travel.tempo.co

Rekomendasi bukit di Papua berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Tungku Wiri. Bukit yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa dan cocok dipilih bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Jika dilihat, pemandangan Bukit Tungku Wiri mirip dengan perbukitan di kartun Teletubbies. Hal itu dikarenakan perbukitan ini memiliki savana yang luas.

Untuk datang dan menikmati indahnya kawasan Bukit Tungku Wiri, kamu dapat datang ke daerah Waibu, Kota Jayapura, Papua. Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam yang luar biasa terlebih lokasi bukit yang satu ini bersebelahan dengan danau Sentani. Dari Bandara Sentani, kamu perlu menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 20 menit untuk tiba di kawasan bukit.

Bagi kamu pecinta foto, bukit ini sangat cocok untuk dikunjungi karena menawarkan banyak sekali spot menarik dan instagramable. Pemandangan yang ditawarkan akan tampak lebih indah jika kamu datang ke Bukit Tungku Wiri saat pagi atau sore hari.

5. Bukit Kollang Moko

bukit kollang mokko
papua.tribunnews.com

Bukit Kollang Moko menjadi rekomendasi yang tepat untuk dikunjungi saat ingin datang ke salah satu wisata bukit di Papua. Bukit yang satu ini menawarkan keindahan alam luar biasa yang dapat dinikmati dari ketinggian. Bukit Kollang Moko biasa ramai pengunjung saat pagi atau sore hari untuk melihat indahnya pemandangan matahari terbit maupun terbenam.

Tidak hanya dimanjakan dengan indahnya hamparan penghijauan, pengunjung juga dapat melihat langsung indahnya kawasan Danau Sentani. Tidak hanya itu, perkotaan Sentani juga dapat dilihat dari puncak Bukit Kollang Moko.

Bukit Kollang Moko menawarkan suasana yang sangat asri dan masih sangat alami. Pengunjung akan dibuat betah saat berwisata di kawasan Bukit Kollang Moko. Tidak kalah dengan bukit-bukit lainnya, Bukit Kollang Moko juga memiliki beberapa tempat yang menjadi favorit pengunjung sebagai spot menarik untuk berfoto. Tertarik untuk mengunjungi bukit yang satu ini saat datang ke Papua?

6. Bukit Sontiri

bukoit sontiri
travel.kompas.com

Ada cukup banyak pilihan wisata bukit di Papua yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Bukit Sontiri. Bukit yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri yakni setiap pagi hari kerap ditutupi oleh jaring laba-laba berwarna putih, terlebih saat embun pagi.

Bukit Sontiri berlokasi di daerah Kebar, Tambraw, Provinsi Papua Barat. Dari puncak bukit yang satu ini, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan deretan perbukitan yang membentang. Karena keindahannya, tidak heran jika kawasan bukit ini banyak didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

7. Bukit Yotoro

Bukit di Papua
radarmerauke.co

Tidak kalah menarik dengan wisata Bukit di Papua lainnya, Bukit Yotoro juga menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu datangi. Bukit yang satu ini berlokasi di kampung Kwadeware, Waibu, Kota Jayapura. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam berupa perbukitan serta perairan yang sangat menakjubkan.

Kawasan bukit ini juga biasa dipilih sebagai tempat untuk bermalam dengan mendirikan tenda. Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Bukit Yotoro saat berkunjung ke Papua.



Leave a Reply