Wisata

6 Pemandian Air Panas di Semarang, Destinasi Yang Menyehatkan

Pemandian air panas di Semarang bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menyehatkan. Berendam di kolam air panas diketahui memiliki banyak sekali manfaat. Seperti melancarkan aliran darah, meningkatkan metabolisme tubuh, relaksasi dan baik untuk kesehatan kulit. Apalagi jika kamu berendam air panas yang mengandung belerang, tentu saja deretan manfaat tersebut bisa didapatkan.

Jika kamu berada di Semarang atau sedang merencanakan liburan ke Semarang dan kota sekitarnya, tak perlu kesulitan untuk menemukan pemandian air panas. Semarang memang memiliki pemandian air panas dengan fasilitas yang lengkap sehingga kamu bisa bersantai dan menikmati pemandangan alam. Nah, berikut ini adalah daftar beberapa tempat pemandian air panas di Semarang dan sekitarnya yang wajib untuk kamu kunjungi.

Pemandian Air Panas di Semarang:

1. Pemandian Air Panas Derekan

djangki.wordpress.com

Pemandian air panas di Semarang yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Pemandian Air Panas Derekan. Pemandian air panas ini lokasinya berada tak jauh dari Candi Ngempon.

Candi Ngempon dan pemandian air panas ini dipisahkan oleh aliran sungai. Sungai tersebut dapat dijadikan sebagai patokan untuk mencari lokasi pemandian ini. Setelah lelah jalan-jalan di Candi Ngempon, kamu bisa berkunjung ke Pemandian Air Panas Derekan untuk sekedar relaksasi. Disini terdapat beberapa kolam mandi dan kolam untuk laki-laki dan perempuan juga terpisah. Kamar mandi dan kamar bilas juga dipisahkan.

2. Pemandian Air Panas Gedong Songo

kompasiana.com

Pemandian Air Panas Gedong Songo menjadi salah satu pemandian air panas di Semarang yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya. Pemandian ini berada tak jauh dari lokasi wisata Candi Gedong Songo dan pemandian ini memiliki kadar belerang yang tinggi. Tak heran jika dari jauh bau belerang sudah tercium.

Bau belerang tersebut semakin kuat ketika kamu melewati pipa penyuplai air panas dari sumber air yang mengalir ke kolam tempat berendam. Air yang di pemandian ini berasal dari Kawah Gunung Kenalisodo yang kemudian dialirkan ke kolam agar tidak menumpuk di sawah.

Berendam di Pemandian Air Panas Gedong Songo ini tidak perlu terlalu lama karena akan membuat sakit kepala akibat terlalu lama mencium aroma belerang yang menyeruak dari sumber airnya. Cukup 30 menit saja waktu maksimal untuk berendamnya.

Suhu air di pemandian air panas ini juga cukup tinggi sehingga disarankan untuk sedikit demi sedikit memasukkan tubuh ke dalam air kolam agar tubuh bisa beradaptasi dengan suhu air. Meskipun kolam ini tidak terlalu besar, namun kamu bisa memilih kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda dan dipastikan aman untuk anak-anak.

3. Pemandian Air Panas Diwak

kompasiana.com

Pemandian air panas di Semarang yang satu ini juga cukup rekomended untuk dikunjungi, yaitu Pemandian Air Panas Diwak. Nama Diwak ini merupakan akronim dari Kendi Kawak yang berarti kendi kuno.

Penamaan tersebut diambil karena banyak sekali ditemukan kendi di lokasi pemandian ini. Sampai saat ini, masih belum ada keterangan jelas sejak kapan sumber mata air panas di Dusun Kali Desa Diwak ini muncul. Pastinya, kemunculan sumber air yang mengandung mineral alami ini menjadi berkah bagi warga sekitar, pasalnya sumber mata air panas yang muncul disini dijadikan sebagai pemandian umum. Banyak warga yang datang ke tempat ini karena tertarik untuk berendam mengingat banyaknya manfaat dari mata air belerang ini karena sangat menyehatkan bagi tubuh.

4. Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti

wisatainfo.com

Jika kamu ingin berendam di pemandian air panas dengan pemandangan kece, maka kamu wajib berkunjung ke Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti. Pemandian Air Panas Umbul Sidomukti ini menjadi salah satu pemandian air panas terbaik di Semarang karena disini kamu bisa berendam ditemani pemandangan alam yang indah nan asri. Pegal di tubuh pun hilang dan mata juga akan segar karena pemandangan alam yang memanjakan mata.

Kolam air panas ini berada di luar ruangan dan dibuat bertingkat sehingga pengunjung bisa memilih kolam mana yang nyaman untuk berendam. Tak hanya bisa berendam di kolam air panas, di Umbul Sidomukti kamu juga bisa menemukan area permainan lainnya, seperti flying fox, marine bridge dan ATV. Selain itu juga ada permainan panahan dan Little Ranch dimana kamu bisa belajar sambil jalan-jalan di kebun sayur.

Tak hanya itu, disini kamu juga bisa berkunjung ke Goa Tirta yang dibangun untuk melengkapi sarana di pemandian air panas Umbul SIdomumti. Goa ini berbeda dengan goa bawah tanah pada umumnya yang gelap dan pengap karena goa ini didesain cantik sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. untuk ukuran gua tidak terlalu panjang, yaitu sekitar 135 meter saja. Goa ini bisa kamu kunjungi sebelum berendam di kolam air panas Umbul Sidomukti.

5. Pemandian Air Panas Guci

pantura.tribunnews.com

Meskipun tidak berlokasi di Semarang, namun pemandian air panas yang satu ini layak untuk dimasukkan dalam daftar pemandian air panas di Semarang, yaitu Pemandian Air Panas Guci. Pemandian yang berada di Kendal ini memang cukup populer dan menarik untuk dikunjungi.

Pemandian Air Panas Guci ini berada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Suhu air di pemandian ini mencapai 410 derajat celsius sehingga cocok untuk menghangatkan badan di tengah suhu dingin yang ada di kawasan ini.

Kolam untuk berendam ini disebut dengan pancuran 13 dan terbagi menjadi dua tipe, ada kolam berbayar dan kolam gratis. Kolam berendam yang tidak berbayar ini memiliki pancuran yang mengalirkan air hangat dan total terdapat 25 pancuran yang tersebar di 12 titik di kawasan ini.

Baca Juga :

10 Pemandian Air Panas di Sulawesi dan Sekitarnya

Dari seluruh pancuran yang terdapat di pemandian ini, yang paling populer adalan pancuran pengasih. Orang-orang sekitar percaya bahwa pancuran pengasih dapat mendekatkan jodoh jika kamu mencuci muka disana.

Baca Juga :

Ayana Gedongsongo : Spot Wisata Unik Yang Instagramable Di Semarang

Aliran sungai yang mengalir di kawasan pemandian ini juga tidak boleh dijadikan tempat berendam karena suhunya yang tinggi. Untuk itu, saat beredam di kolam ini kamu harus pelan-pelan masuk ke dalam air agar tubuh tidak kaget saat bersentuhan dengan suhu air yang tinggi.

6. Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo

ihategreenjello.com

Pemandian air panas di Semarang yang terakhir adalah Pemandian Air Panas Nglimut Gonoharjo. Sebenarnya, pemandian air panas ini tidak berada di Semarang, melainkan di Kendal. Namun, aliran air panasnya berasal dari Gunung Ungaran.

Baca Juga :

Lawang Sewu: Pesona Gedung Tua Penuh Sejarah. Beneran Angker?

Kolam pemandian disini ada bermacam-macam. Ada kolam anak dan dewasa yang dipisah. Kolam untuk anak-anak berada di area bawah. Menariknya, area kolam bawah dan atas dipisahkan dengan jarak 3 kilometer sehingga kamu harus meniti jalan dengan medan yang naik turun untuk mencapai area bawah ke atas, begitu juga sebaliknya. Tak hanya kolam air panas, disini juga ada kolam air dingin sebagai alternatif kolam lain bagi pengunjung yang ingin bermain air.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago