Kuliner

6 Makanan Khas Padang Lawas Bikin Nambah Terus

Padang Lawas merupakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata, padang Lawas juga memiliki berbagai kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Ada cukup banyak pilihan makanan khas Padang Lawas yang bisa kamu coba mulai dari makanan berat hingga camilan. Berbagai makanan dibuat dengan bumbu khusus sehingga menawarkan cita rasa yang khas dan menggugah selera. Saat berkunjung ke daerah yang satu ini, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba salah satu kuliner yang ditawarkan. Inilah daftar 6 rekomendasi makanan khas Padang Lawas yang sayang untuk tidak kamu coba.

6 Makanan Khas Padang Lawas :

1. Gulai Bulung Gadung

thr.kompasiana.com

Gulai bulung gadung dikenal sebagai salah satu rekomendasi makanan khas Padang Lawas yang menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya daun singkong, kecombrang, dan ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti santan, bawang putih, bawang merah, lengkuas, cabai rawit, garam, dan juga serai.

Gulai bulung gadung tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, tetapi juga sangat cocok dikonsumsi bersama dengan nasi hangat. Hidangan yang satu ini juga tidak hanya banyak diminati oleh masyarakat lokal tetapi juga berhasil membuat wisatawan penasaran akan kelezatannya. Tidak jarang wisatawan yang telah mencoba gulai bulung gadung akan dibuat ketagihan.

Saat mencoba gulai bulung gadung, kamu akan dimanjakan dengan bumbu khas serta aroma yang menggugah selera. Tidak hanya lezat, hidangan yang satu ini juga dikenal sangat menyehatkan. Karena dibuat dengan berbagai bahan yang mudah dijumpai, maka tidak heran jika hidangan yang satu ini kerap dibuat sendiri di rumah oleh masyarakat Padang Lawas. Saat berkunjung ke kawasan Padang Lawas, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu dan mencoba lezatnya kuliner gulai bulung gadung.

Menikmati Indahnya Selat Bali Dari Pantai Cacalan, View-Nya Kece

Ayam Goreng Roker Sawojajar, Kuliner Legendaris Dengan Cita Rasa Otentik

2. Udang Goreng Madu

idntimes.com

Selain gulai bulung gadung, rekomendasi makanan khas Padang Lawas berikutnya adalah udang goreng madu. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama udang segar. Langkah pertama pembuatan makanan ini adalah dengan cara membersihkan udang kemudian digoreng hingga garing. Setelah itu, udang yang telah digoreng kemudian diberi bumbu khas yakni madu. Bumbu inilah yang memberi cita rasa khas dan unik pada kuliner udang goreng madu khas Padang Lawas.

Olahan makanan khas Padang Lawas yang satu ini tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat tetapi juga memiliki tampilan yang menggugah selera. Kamu akan dimanjakan dengan lezatnya bumbu khas serta tekstur daging udang yang lembut saat mencobanya.

Hidangan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai restoran atau tempat makan di Padang Lawas. Karena dibuat dengan berbagai bahan yang mudah dijumpai, tidak heran jika makanan yang satu ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Menikmati udang goreng madu bersama dengan satu porsi nasi hangat tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Padang Lawas.

3. Gulai Ikan Mas

selerasa.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Padang Lawas yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah gulai ikan mas. Makanan yang satu ini sudah cukup populer dan tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja tetapi juga berhasil membuat banyak wisatawan penasaran. Sesuai dengan namanya, gulai yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan mas. Tekstur daging ikan yang lembut dan gurih menjadikan kuliner ini sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Padang Lawas.

Tidak hanya ikan mas, beberapa bahan dan bumbu lain yang digunakan untuk membuat gulai ikan mas di antaranya kunyit, santan, asam jawa, daun salam, cabai rawit, bawang putih, lengkuas, jeruk, dan juga jahe. Hidangan yang satu ini juga dikenal dengan kuahnya yang lezat memiliki tekstur kental. Hidangan yang satu ini juga tampak menggugah selera dengan adanya tambahan potongan kacang panjang dan cabai utuh. Saat berkunjung ke Padang Lawas, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menyempatkan berburu lezatnya kuliner gulai ikan mas.

4. Ikan Merah

seringjalan.com

Ikan merah juga menjadi salah satu makanan khas Padang Lawas yang sangat populer. Hidangan yang satu ini disebut ikan merah karena diolah dengan menggunakan bumbu merah yang khas dan dibuat dari sambal dengan campuran kuah asam. Tidak hanya memiliki tampilan yang menggoda yakni berwarna merah, hidangan yang satu ini juga dikenal menawarkan rasa yang sangat lezat dan nikmat.

Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, hidangan yang satu ini juga kerap dipilih untuk dikonsumsi bersama dengan satu porsi nasi. Kamu dapat dengan mudah menjumpai olahan kuliner ikan merah di berbagai restoran atau tempat makan di Padang Lawas. Tertarik untuk mencobanya?

5. Gulai Ikan Sale

merahputih.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan makanan khas Padang Lawas yang bisa dicoba, kamu dapat menikmati lezatnya gulai ikan sale. Jika dilihat dari tampilannya, gulai ikan sale memang memiliki tampilan tidak jauh berbeda dengan gulai ikan lainnya. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur daging ikan yang lembut serta lezatnya bumbu yang khas saat mencobanya.

Hidangan yang satu ini sangat cocok dicoba bagi kamu pecinta kuliner dengan perpaduan rasa pedas dan gurih. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja, gulai ikan sale juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Padang Lawas.

6. Alame

sumut.indozone.id

Salah satu rekomendasi makanan khas Padang Lawas yang menarik untuk dicoba adalah alame. Pernah mendengar sebutan makanan yang satu ini? Alame merupakan hidangkan dengan cita rasa lezat serta memiliki tekstur yang unik. Makanan yang satu ini biasa disajikan saat bulan puasa sebelum Hari Raya tiba.

Jika dilihat sekilas, makanan ini memiliki warna dan tekstur mirip dengan dodol tetapi dikemas dengan cara berbeda. Alame memiliki kemasan khas yakni terbuat dari anyaman atau yang biasa disebut dengan baul baul.

Tidak hanya dikenal dengan cita rasanya yang khas, hidangan yang satu ini juga memiliki proses pembuatan yang cukup panjang. Diperlukan waktu 6 jam lamanya untuk membuat hidangan alame. Tidak jarang alame juga diburu oleh wisatawan untuk dinikmati langsung maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Padang Lawas. Menarik sekali bukan?

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi makanan khas Padang Lawas yang dikenal lezat dan menggugah selera. Dari 6 rekomendasi tersebut, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba saat datang ke Padang Lawas?

Fida

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

3 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

3 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

3 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

3 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago