6 Kuliner Khas Tana Tidung, Ada Nasi Subut Hingga Kue Lezat


Fida  November 27, 2021  0 Comment

Tana Tidung dikenal sebagai salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Utara. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan berbagai tempat wisata alam yang indah, tetapi juga memiliki banyaknya kuliner khas yang menarik untuk dicoba.Oleh karena itu, tidak heran jika Tana Tidung kerap dipilih sebagai tujuan para wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Tidak perlu bingung, berikut rekomendasi 6 kuliner khas Tana Tidung yang bisa kamu cicipi.

1. Sate Ikan Pari

sate ikan pari
cookpad.com

Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat lokal. Jika biasanya kamu dimanjakan dengan lezatnya sate dengan bahan dasar daging kambing atau ayam, pernahkah kamu mencoba sate ikan pari? Sate ikan pari dikenal sebagai salah satu kuliner khas Tana Tidung.

Ikan pari yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan sate ini diperoleh dari sungai Sesayap. Karena dikenal memiliki cita rasa serta aroma yang khas, tidak heran jika sate ini banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Tana Tidung.

Cara membuatnya adalah dengan cara mencuci dan membersihkan ikan pari terlebih dahulu. Setelah itu, daging ikan pari kemudian dipotong-potong dan direndam dalam air jeruk nipis. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan aroma amis pada ikan pari. Setelah itu, ikan pari kemudian ditambahkan dengan bumbu dan berbagai rempah-rempah. Adanya tambahan madu dan kecap juga menjadikan kuliner ini sangat khas dan sayang untuk kamu lewatkan.

Ikan pari yang telah dibakar hingga matang menghasilkan aroma yang sangat menggugah selera serta tekstur daging yang empuk. Saat ingin mencoba salah satu kuliner khas Tana Tidung, sate ikan pari tentu sangat direkomendasikan untuk kamu coba.

Gotravelly

Kuliner Taman Telkom Gasibu: Destinasi Kuliner Malam Kota Bandung Yang Seru

Beli Kopi : Nggak Cuma Kopinya Yang Enak, Ropangnya Juga Juara!

2. Nasi Subut

nasi subut
idntimes.com

Ada cukup banyak pilihan kuliner khas Tana Tidung yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah nasi subut. Pernahkah kamu mendengar sebutan kuliner nasi subut sebelumnya? Nasi yang satu ini dikenal memiliki tampilan yang unik yakni berwarna keunguan.

Warna ungu pada nasi subut berasal dari bahan gunakan yakni ubi ungu. Selain warnanya yang unik dan menarik, kuliner yang satu ini juga dikenal memiliki rasa gurih dan lezat. Nasi subut biasa disajikan dengan taburan jagung di atasnya.

Saat berkunjung ke kawasan Tana Tidung, tentu tidak sulit bagi kamu untuk menemukan kuliner yang satu ini. Nasi subut tidak hanya terkenal dan menarik di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga banyak membuat wisatawan penasaran.

Kuliner yang satu ini juga tidak jarang disajikan bersama dengan sambal goreng tempe, lalapan, dan juga sambal. Tampilan serta aromanya yang menggugah selera untuk membuat siapapun tertarik untuk mencoba kuliner nasi subut.

3. Sate Temburung

sate temburung
wadaya.rey1024.com

Tidak hanya kenal dengan sate ikan pari, sate temburung juga menjadi salah satu rekomendasi kuliner khas Tana Tidung yang menarik untuk kamu coba. Temburung adalah salah satu jenis hewan laut yang memiliki tampilan mirip dengan kerang. Tidak hanya tampilannya yang unik, temburung juga memiliki tekstur daging yang khas.

Sate temburung dibuat dengan tambahan berbagai rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Perpaduan rasa gurih dari bumbu serta segar dari jeruk nipis tentu akan membuat kamu ketagihan setelah mencobanya.

Kuliner sate temburung dapat dengan mudah kamu jumpai saat berkunjung ke kawasan Tana Tidung. Meskipun dikenal sangat khas, kuliner ini tetap menawarkan harga yang terjangkau. Pecinta sate, yakin tidak ingin mencoba lezat dan uniknya sate temburung?

4. Udang Galah

udang galah
cookpad.com

Rekomendasi kuliner khas Tana Tidung berikutnya yang bisa kamu coba adalah udang galah. Kuliner yang satu ini menggunakan bahan utama berupa udang galah yang diperoleh dari sungai Sesayap. Udang ini dikenal dengan ciri khasnya yang unik yakni memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan badannya. Hal tersebut dikarenakan kepala udang galah berisi banyak telur udang.

Dikenal cukup berbeda dengan udang lainnya yakni memiliki rasa cenderung manis dan gurih. Meskipun diperoleh dari sungai Sesayap, tetapi udang ini dikenal tidak berbau tanah. Konon katanya meskipun dimasak tanpa menggunakan bumbu, udang ini tetap memiliki cita rasa khas yang lezat untuk dinikmati. Salah satu rekomendasi kuliner khas Tana Tidung yang satu ini tentu sangat menarik untuk kamu coba.

5. Sambal Ikan Asin

sambal ikan asin
cookpad.com

Bagi pecinta sambal, tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi sambal ikan asin saat berburu kuliner khas Tana Tidung. Sesuai dengan namanya, sambal yang satu ini menggunakan ikan asin sebagai bahan utamanya. Sambal yang satu ini juga biasa disebut dengan sebutan gammy.

Saat mencoba olahan sambal ikan asin, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa pedas yang berpadu dengan asam dan manis yang pas. Sambal yang satu ini juga biasa dipilih sebagai pelengkap untuk menikmati satu porsi nasi hangat bersama lauk. Pecinta sambal, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya sambal ikan asin saat berkunjung ke Tana Tidung.

6. Kue Tambi

Kuliner Khas Tana Tidung
wisato.id

Kue tambi juga dikenal sebagai salah satu rekomendasi kuliner khas Tana Tidung yang bisa kamu coba. Kue yang satu ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan dikenal dengan teksturnya yang renyah.

Kue tambi dibuat dengan beberapa bahan diantaranya mentega, tepung terigu, santan air kapur sirih, juga gula merah. Kuliner yang satu ini dibuat dengan melalui proses penggorengan hingga dua kali. Penggorengan pertama dilakukan saat adonan berisi santan air kapur sirih dan mentega. Sedangkan penggorengan kedua dilakukan setelah adonan ditiriskan dan digoreng lagi menggunakan gula merah. Proses penggorengan dilakukan hingga 2 kali bertujuan untuk menambah tekstur renyah pada kue tambi.

Proses penggorengan kedua yang menggunakan gula merah juga menghasilkan cita rasa manis pada bagian luar kue. Hal tersebut juga menjadikan kue ini tampak sangat menggugah selera karena adanya lapisan gula merah di bagian luar. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat berkunjung ke Tana Tidung, kue tambi juga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Jajanan yang satu ini juga dikenal disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu dapat dengan mudah menjumpai lezatnya kuliner khas Tana Tidung yang satu ini di berbagai toko kue atau toko oleh-oleh.

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi kuliner khas Tana Tidung yang sangat menarik untuk dicoba. Berbagai kuliner disajikan dengan tampilan yang sangat menarik dan menggugah selera. Saat berkesempatan datang ke kawasan Tana Tidung, kuliner manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply