6 Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan Bikin Lidah Keenakan


Fida  February 27, 2022  0 Comment

Sipirok dikenal sebagai salah satu kawasan yang terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu ini tidak hanya dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata tetapi juga memiliki berbagai kuliner dengan cita rasa lezat. Oleh karena itu, tidak heran jika Sipirok kerap menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah.Ada cukup banyak pilihan kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang menarik untuk kamu coba mulai dari jajanan hingga makanan berat. Berbagai bumbu serta rempah yang digunakan menjadikan kuliner khas daerah ini memiliki cita rasa yang unik dan tidak dapat dijumpai di daerah lainnya. Tidak perlu bingung, inilah daftar 6 rekomendasi kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Arsik

arsik
merdeka.com

Arsik dikenal sebagai salah satu kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan mas. Selain ikan mas, hidangan yang satu ini juga biasa dibuat dengan bahan ikan kakap, ikan kembung, hingga daging. Di daerah Sipirok, arsik juga biasa disebut dengan ikan mas bumbu kuning.

Untuk membuat olahan arsik, langkah pertama adalah dengan cara menggoreng ikan mas hingga kering. Sebelum digoreng, ikan terlebih dahulu dibersihkan dan dilumuri dengan bumbu khusus. Hidangan ini juga dikenal dengan siraman kuah pedasnya yang lezat dan memiliki cita rasa khas.

Saat berkesempatan untuk datang ke kawasan Sipirok Tapanuli Selatan, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba olahan yang satu ini. Selain dikenal dengan cita rasanya yang lezat, hidangan yang satu ini juga memiliki tampilan yang sangat menggugah selera sehingga membuat siapapun tertarik untuk mencobanya.

Gotravelly

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Grand Monica Jogja, Pilihan Tempat Menginap Budget Di Jogja

2. Ombus Ombus

ombus ombus
daerahkita.com

Ombus-ombus dikenal sebagai salah satu rekomendasi kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang wajib kamu coba. Kuliner yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu jajanan tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras. Selain tepung beras, gula merah juga dipilih sebagai isian pada jajanan ini.

Ombus-ombus dikenal memiliki tampilan yang unik yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Menikmati jajanan ini saat masih hangat tentu menjadi pilihan yang tepat untuk kamu coba. Kue ini disebut dengan ombus-ombus karena konon katanya saat menikmati hidangan ini harus diberi tiupan atau hembusan nafas.

Ombus-ombus tentu sangat cocok dipilih untuk dinikmati saat bersantai bersama dengan satu cangkir teh atau kopi. Karena menawarkan kita rasa yang gurih dan manis, tidak heran jika ombus-ombus diminati oleh banyak kalangan. Meskipun dikenal unik serta memiliki cita rasa lezat, tetapi hidangan yang satu ini dijual dengan harga yang terjangkau. Menarik sekali bukan?

3. Lappet

lappet
sumut.indozone.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan lappet? Lappet merupakan salah satu kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang sudah cukup populer. Hidangan yang satu ini dikenal sebagai salah satu jajanan tradisional yang dibuat dengan beberapa bahan diantaranya tepung beras, gula merah, dan juga kelapa.

Menawarkan cita rasa yang lezat dan khas, jajanan ini juga dibuat dengan tampilan yang sangat unik yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Selain itu, lappet juga memiliki bentuk khusus yakni berbentuk limas.

Pembuatan kue ini memang tidak jauh berbeda dengan pembuatan kue ombus-ombus. Setelah adonan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membungkus adonan dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mengukus lappet hingga matang. Salah satu kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba.

4. Daging Bakar Sambal Asam

daging bakar sambal asam
cookpad.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan, daging bakar sambal asam tentu menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu coba. Daging bakar sambal asam merupakan salah satu hidangan khas yang banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang ke Sipirok.

Hidangan daging bakar sambal asap dibuat dengan menggunakan bahan utama daging kerbau atau daging sapi. Jika dilihat sekilas, menu yang satu ini memang mirip dengan dendeng balado yang biasa dijumpai di rumah makan Padang. Tetapi yang membedakan adalah potongan daging Pada daging bakar sambal asam ini berukuran lebih kecil.

Saat disajikan, potongan daging disuguhkan bersama dengan saus sambal asam yang dilengkapi dengan rajangan bawang merah. Sesuai dengan namanya, hidangan ini tidak hanya menawarkan cita rasa pedas tetapi juga sedikit asam. Karena memiliki cita rasa yang unik dan khas, maka tidak heran jika daging bakar sambal asam memiliki banyak penggemar. Berkunjung ke kawasan Sipirok, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu lezatnya kuliner yang satu ini.

5. Sup Sumsum Kerbau

sup sumsum kerbau
bobo.grid.id

Ada cukup banyak pilihan kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah sup sumsum kerbau. Sup sumsum kerbau juga biasa dikenal dengan sebutan sup Sipirok. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama sumsum kerbau.

Hidangan yang satu ini memang memiliki tampilan yang mungkin tidak biasa bagi beberapa orang. Namun setelah mencobanya, kamu tentu akan dibuat ketagihan karena sup sumsum kerbau menawarkan rasa yang gurih dan enak. Daging yang disajikan juga empuk dan memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan daging sapi.

Sup yang satu ini juga dikenal dengan kuahnya yang bening dan aromanya yang menggugah selera. Selain cocok untuk dinikmati langsung, sup sumsum kerbau juga tidak kalah lezat jika nikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Beberapa menu tambahan yang sayang untuk dilewatkan diantaranya teri tawar goreng, udang kecepe sambal pati, hingga gulai ikan sale. Tertarik untuk mencobanya?

6. Ikan Bakar Sinyarnyar

Kuliner Khas Sipirok
apakabarsidimpuan.com

Ikan Bakar Sinyarnyar juga sangat cocok dicoba bagi kamu yang ingin menikmati salah satu kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan. Jika dilihat sekilas, ikan bakar yang satu ini memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan ikan bakar pada umumnya. Yang membedakan adalah adanya bumbu tambahan berupa bumbu sinyarnyar.

Tampilan ikan bakar yang satu ini terlihat berminyak dengan bintik-bintik hitam sinyarnyar. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah ikan mas. Adanya tambahan berupa sambal juga menjadikan siapapun ketagihan setelah mencoba kuliner yang satu ini.

Nah itulah daftar 6 rekomendasi kuliner khas di Sipirok Tapanuli Selatan yang menarik untuk kamu coba. Saat berkesempatan datang ke kawasan Sipirok, kuliner manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply