6 Hidden Gem Jogja yang Cocok Banget Buat Healing


Fida  April 29, 2023  0 Comment

Beberapa dari kamu tentu sudah mengetahui bahwa Jogja merupakan Daerah Istimewa dengan segudang wisata serta kuliner lezat. Saat berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya jika kamu datang ke beberapa tempat hidden gem. Istilah hidden gem merujuk kepada wisata tersembunyi yang sangat indah, maupun kuliner dengan kelezatan tak terduga. Dengan pemandangan indah dan menakjubkan, inilah daftar tujuan wisata hidden gem di Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan. 

6 Hidden Gem Jogja :

1.  Gua Jomblang

gua jomblang
garasijogja.com

Gua Jomblang menjadi salah satu wisata hidden gem jogja yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Gua yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan yang akan membuat siapapun kagum saat melihatnya. Salah satu yang menjadi ciri khas dari gua ini adalah indahnya pemandangan sinar matahari yang menerobos masuk ke dalam gua. 

Gua vertikal yang satu ini terbentuk akibat amblesnya tanah beserta vegetasi di atasnya. Hal tersebut telah terjadi sejak ribuah tahun lalu. Karena kejadian tersebut, akhirnya terbentuk sumur atau mulut gua dengan lebar mencapai 50 meter persegi. Bentuknya yang menyerupai sumur menjadikan gua ini kerap disebut sebagai Luweng Jombang. 

Bagi kamu yang hobi menyusuri tempat wisata alam, Gua Jombang dapat menjadi hidden gem menarik untuk didatangi. Kamu akan mendapatkan pengalaman berkesan dengan menuruni mulut goa. Teknik yang digunakan untuk menysuuri goa vertikal adalah menggunakan tali tunggal atau Single Rope Technique. Setibanya di dasar gua, jangan lupa abadikan momen dengan berfoto bersama pemandangan yang ciamik!

Baca juga :  Adrenalin Junkies, Cobain 10 Jalur Offroad Paling Menantang Di Dunia

2. Grojogan Lepo Dlingo

grojogan lepo dlingo
travel.kompas.com

Pernah mendengar sebutan wisata Grojogan Lepo Dlingo? Grojogan Lepo Dlingo merupakan salah satu wisata hidden gem di Jogja yang juga kerap disebut dengan Air Terjun Lepo. Wisata alam dengan pemandangan indah dan menakjubkan ini dapat kamu datangi di kawasan Jalan Pokoh, Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Bagi kamu pecinta alam, Grojogan Lepo Dlingo menjadi tujuan wisata yang akan membuatmu betah dan enggan pulang. Selain dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, kamu juga dapat mencoba sensasi berenang. Perairan yang jernih dengan suhu dingin tentu akan membuatmu merasakan sensasi segar. Grojogan Lepo Dlingo menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menangkan diri. 

Meskipun tergolong wisata baru, tetapi Grojogan Lepo Dlingo menawarkan keindahan yang sangat memanjakan mata. Untuk masuk dan menyusuri wisata hidden gem Joga yang satu ini, kamu hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? 

3. Kedung Pedut

kedung pedut
tribunnewswiki.com

Rekomendasi wisata hidden gem Jogja berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Kedung Pedut. Wisata yang satu ini terbilang belum banyak diketahui wisatawan, jika dibandingkan dengan wisata Jogja lainnya. Di Kedung Pedut, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan perairan yang jernih dan bersih. Selain itu, adanya tebing dan pepohonan juga menjadikan suasana tampak semakin alami. Udara sejuk dan segar juga akan menyambut kedatangan pengunjung di Kedung Pedut. 

Selain Kedung Pedut, wisata ini juga kerap disebut dengan Curug Kedung Pedut. Dalam bahasa Jawa, curug memiliki arti air terjun, kedung memiliki arti kolam, dan pedut memiliki arti kabut. Sesuai dengan istilah yang disematkan, disini kamu akan dimanjakan dengan adanya air terjun, kolam, serta perairan dengan warna indah. 

Baca juga :  10 Kota dengan Panorama Malam Paling Indah di Indonesia

Untuk mengunjungi Kedung Pedut, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya yang terbilang cukup tersembunyi menjadikan Kedung Pedut sebagai hidden gem yang tidak boleh kamu lewatkan. 

4. Pantai Timang

pantai timang
garasijogja.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata hidden gem Jogja yang satu ini bukan? Pantai Timang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan karena memiliki pulau karang yang unik. Pengunjung dapat menyebrang dari pantai ke pulau dengan menggunakan gondola sederhana yang dibuat oleh masyarakat setempat. Hal itulah yang menjadi ciri khas serta daya tarik dari pantai ini. 

Selain gondola, kamu juga dapat melewati jembatan gantung untuk tiba ke Pulau Timang. Kedua permainan ini terbilang cukup menantang dan menguji adrenalin. Meskipun harus mengeluarkan biaya mahal untuk menyebrangi Pulau Timang, tetapi hal tersebut sebanding dengan pengalaman seru yang ditawarkan. 

Untuk mengunjungi Pantai Timang, kamu dapat langsung menuju ke Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Dari pusat Kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Saat berburu hiddem gem Jogja, Pantai Timang menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan.

5. Museum Ullen Sentalu

museum ullen sentalu
kompas.com

Tidak hanya tempat wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi tempat bersejarah saat berada di Jogja. Museum Ullen Sentalu menjadi salah satu wisata sekaligus hidden gem Jogja yang dikenal cukup populer, baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Untuk mengunjungi museum ini, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman. 

Tersedia beberapa pilihan paket tur yang ditawarkan. Disini, pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi lukisan, foto, hingga batik yang dikisahkan secara dongeng. Selain berwisata, kamu juga dapat mengetahui banyak hal baru dengan mengunjungi Museum Ullen Sentalu. 

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Jember yang Terkenal Karena Sangat Indah

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok kamu datangi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. Setiap sudut museum yang menyuguhkan arsitektur indah juga menjadi salah satu hal menarik yang dapat kamu nikmati. Guide yang sangat informatif juga memudahkan pengunjung untuk mengetahui informasi lengkap mengenai sejarah museum yang satu ini. 

6. Tebing Breksi

tebing breksi
gotravelly.com

Satu lagi wisata hidden gem Jogja yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Tebing Breksi. Sesuai dengan sebutannya, wisata yang satu ini menyuguhkan banyaknya tebing tebing tinggi. Pengunjung dapat menyusuri wisata Tebing Breksi hanya dengan membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang. 

Tebing yang merupakan area bekas tambang ini menyuguhkan indahnya panorama yang akan membuatmu betah dan enggan pulang. Wisata yang satu ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. 

Selain menyusuri area tebing yang indah, kamu juga dapat berfoto dengan banyaknya spot yang ditawarkan. Waktu terbaik untuk datang dan menyusuri Tebing Breksi adalah saat pagi atau sore hari. 

https://www.youtube.com/@kreatorkwsuper3528

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi hidden gem Jogja yang sayang untuk kamu lewatkan. Dari beberapa pilihan di atas, hidden gem manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply