Wisata

Rayakan Hari Raya Waisak, Kunjungi 5 Patung Buddha Terbesar di Indonesia


Patung Buddha yang berukuran besar biasanya memang identik sekali dengan negara Thailand, karena memang patung tersebut merupakan patung terbesar yang ada di dunia. Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki patung Buddha terbesar di Indonesia salah satunya seperti patung Buddha tidur yang mirip di Thailand? Tentu saja Anda tidak mengetahuinya bukan? Nah, untuk informasi terkait seperti ini maka Anda bisa melihatnya langsung seperti di bawah ini.

1. Bogor Tepatnya di Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat

patung budha terbesar di Indonesia

Kompasiana.com

Patung Buddha terbesar di Indonesia yang pertama yaitu berada di Bogor, Jawa Barat tepatnya yaitu di Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat. Namun, tahukah Anda bahwa tidak banyak orang yang menyadari akan keberadaan patung Buddha tidur yang besar ini yang ada di Bogor. Patung terbesar ini terletak di dalam Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat yang berada di Desa Tonjong, Kec. Tajur Halang kabupaten Bogor.

Menurut kisah sejarahnya bahwa Vihara ini dibangun pada tahun 2005 dan pada saat itu belum ada patung Buddha tidur raksasa  tersebut. Lalu pada tahun 2010, barulah patung raksasa dan terbesar tersebut di bangun oleh prakarsa seorang pengurus dari Vihara tersebut. Patung yang berukuran besar itu telah dibangun di dalam Vihara serta memiliki panjang hingga 18 meter dengan tinggi bisa mencapai 3,75 meter. Tak hanya itu saja, untuk panjang depan tepatnya di bawah patung bisa mencapai hingga 22 meter dan patung ini juga digambarkan sedang menggunakan sebuah pakaian yang berwarna emas serta memiliki lambang Swastika di bagian dadanya.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin melihat patung Buddha tidur raksasa ini maka Anda bisa mengunjungi Vihara tersebut dan biasanya dibuka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 22.00 wib. Namun, perlu Anda ingat jika Anda datang ke Vihara ini cobalah untuk bersikap sopan dan sebisa mungkin dapat mengambil dengan posisi yang tidak membelakangi Buddha ataupun menutupi bagian kepala Buddha.

2. Mojokerto, Maha Vihara Mojopahit

patung budha di mojokerto

faidanovian.blogspot.com

Berikutnya ada juga patung terbesar Buddha di Mojokerto tepatnya yaitu di Maha Vihara Mojopahit. Seperti yang Anda ketahui bahwa Mojokerto ini memang dikenal dengan situs-situs sejarah dari peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Trowulan. Tak hanya itu saja, di tempat ini juga terdapat sebuah patung Buddha Tidur yang terbesar di Maha Vihara Mojopahit yang berada di Jalan Candi Brahu Gang I, tepatnya di Desa Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto.

Selain itu, patung Buddha tidur ini bisa dikatakan sebagai patung pertama yang ada di Maha Vihara Mojopahit, Jawa Timur. Patung ini pertama kali dibuat pada tahun 2001 dan diakui juga sebagai salah satu patung Buddha tidur terbesar yang ada di Asia pada posisi urutan ketiga setelah Thailand dan juga Nepal. Patung yang berada di Maha Vihara Mojopahit ini memiliki panjang sekitar 22 meter dengan lebar patung mencapai 6 meter serta tinggi 4,5 meter.

Patung Buddha tidur ini dicat dengan warna emas yang mengkilap sehingga menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama. Selain itu, patung tidur besar ini juga dibuat dengan menghadap langsung ke arah Selatan yang dipercaya dan dianggap sebagai kiblatnya umat Buddha. Untuk itu, setiap umat Buddha ataupun para wisatawan yang berkunjung atau datang kesini akan tersihir oleh kemegahan dari patung Buddha tidur terbesar ini.

3. Semarang, Vihara Buddhagaya Watugong

patung budha terbesar di indonesia
calyawisata.com

Semarang juga termasuk ke dalam salah satu kota yang memiliki nilai sejarah yang dalam yang ada di Indonesia. Tak hanya itu saja, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata yang dapat Anda kunjungi dan datang salah satunya jika Anda ingin melihat patung Buddha tidur terbesar yang mirip dengan Thailand yaitu di Vihara Buddhagaya tepatnya terletak di Jln. Raya Pudakpayung Watugong, Semarang.

Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia atau disebut juga dengan Buddha Parinibbana yang memang dibuat langsung pada masa awal dalam berdirinya vihara tersebut yakni pada sekitar tahun 1950-an. Posisi patung yang dibuat ini tentu menggambarkan sang Buddha Parinibbana dengan posisi tidur tepat di bawah dua pohon sala. Selain itu, pada bagian depan patung juga ada sebuah tempat untuk para umat Buddha melakukan aktivitas berdoa.

Tak hanya itu saja, untuk sehari-harinya patung Buddha tidur raksasa ini juga sangat ramai dikunjungi oleh para pengunjung wisata yang ingin melihat langsung patung terbesar tersebut yang ada di Vihara Buddhagaya Watugong. Bagi Anda semua yang memang ingin berkunjung ke Semarang dan penasaran dengan patung terbesar ini maka Anda bisa langsung mengunjungi Vihara tersebut yang dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 wib hingga 21.00 wib. Untuk masuk ke Vihara ini Anda bisa masuk dengan gratis, namun jika Anda ingin memberikan donasi seperti sumbangan maka Anda bisa memberinya ketika Anda berkunjung kesini.

4. Bali, Vihara Dharma Giri

patung budha terbesar di indonesia
bali.com

Pulau Bali memang sangat dikenal oleh wisatawan dengan memiliki berbagai tempat wisata yang terbaik dan keren. Namun selain tempat berlibur Bali juga dikenal dengan Vihara atau Wihara yang memiliki patung Buddha terbesar. Seperti yang Anda ketahui bahwa Vihara atau Wihara ini memang merupakan tempat suci peribadatan bagi umat Buddha. Di Bali sendiri memang memiliki sebuah patung besar seperti layaknya di Thailand tepatnya yaitu di Kabupaten Tabahan dan terdapat sebuah vihara yang termegah yaitu Vihara Dharma Giri.

Jika Anda ingin melihat patung Buddha tidur dengan berukuran besar maka Anda bisa langsung pergi ke lokasi yang berada di Jln. Raya Pupuan, Tabanan, Bali. Tak hanya itu saja, Vihara ini memang merupakan satu-satunya Vihara yang ada di Jln. Raya Pupuhan dan memang awalnya Vihara ini dijadikan sebagai tempat ibadah untuk umat Buddha. Namun, dengan berjalannya waktu tempat ini pun berubah menjadi sebuah tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan karena hadirnya patung Buddha tidur yang raksasa dan menjadi salah satu patung Buddha terbesar di Indonesia.

5. Batu, Vihara Dhammadipa Arama

patung budha di indonesia

Yang terakhir yaitu patung Buddha terbesar di Indonesia yang berada di kota Batu tepatnya di Vihara Dhammadipa Arama. Kota Batu ini memang dikenal juga dengan kota wisata dan terdapat banyak objek religi yang dapat dikunjungi oleh wisatawan salah satunya jika Anda ingin melihat patung Buddha terbesar yang ada di Vihara Dhammadipa Arama. Vihara ini berada di Jln. Ir Soekarno tepatnya di Desa Mojorejo, Kec. Junrejo, Kota Batu.

Selain itu, sebagai bentuk informasi yang bermanfaat bahwa Vihara ini memang telah lama berdiri sejak pada tahun 1971 dan menjadi tempat ibadah bagi umat Buddha serta kini tempat ini juga telah dibuka menjadi salah satu lokasi tempat wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan yang berada di Kota Batu. Tak hanya itu saja, menurut kabar yang ada bahwa Vihara Dhammadipa Arama ini juga disebut sebagai Padepokan Dhammadipa Arama yang memang biasanya dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan meditasi umat.

Nah, selanjutnya Vihara ini tidak hanya memiliki patung Buddha terbesar saja, melainkan Vihara ini juga terdapat replika Pagoda Shwedagon yang memang ada di Myanmar. Jadi, jika Anda nantinya datang atau berkunjung kesini dan masuk ke dalam maka Anda akan dapat melihat ada banyak sekali patung-patung sang Buddha. Selain itu, jangan lewatkan juga patung Buddha tidur terbesar di Vihara ini yang mirip dengan yang ada di Maha Vihara Mojopahit dan dicat dengan warna emas.

Jadi, bagi Anda yang ingin melihat patung Buddha terbesar di Indonesia maka Anda tidak perlu terbang jauh-jauh hingga ke Thailand, karena di Indonesia sendiri memiliki beberapa patung Buddha besar dengan beberapa tempat daerah seperti di atas.

Join The Discussion