5 Makanan Khas Muara Teweh Bercita Rasa Khas


Fida  September 26, 2022  0 Comment

Muara Teweh merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Tidak hanya kerap didatangi wisatawan karena menawarkan banyak pilihan wisata, Muara Teweh juga menawarkan beberapa kuliner lezat yang menarik untuk dicoba. Berbagai makanan khas Muara Teweh disajikan dengan cita rasa yang khas dan tidak dapat dijumpai di daerah lainnya. Oleh karena itu, saat datang ke Muara Teweh, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mencoba lezatnya beberapa makanan berikut ini. 

1. Juhu Umbut Sawit

juhu umbut sawit
merdeka.com

Beberapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan kuliner Juhu Umbut Sawit bukan? Hidangan yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Muara Teweh. Makanan yang satu ini disajikan dengan tampilan yang menggugah selera dan berhasil membuat siapapun ingin mencobanya.

Biasanya, Juhu Umbut Sawit disajikan sebagai hidangan untuk menyambut tamu atau wisatawan yang datang ke Muara Taweh. Cita rasanya yang lezat dan khas menjadikan hidangan ini banyak disukai baik oleh masyarakat lokal maupun para wisatawan. Tidak hanya disajikan untuk menyambut tamu, hidangan ini juga kerap disuguhkan dalam acara penting lainnya. 

Sesuai dengan namanya, Juhu Umbut Sawit dibuat menggunakan sawit sebagai bahan utamanya. Hidangan ini menawarkan cita rasa yang unik dan gurih. Jika dilihat sekilas, olahan Juhu Umbut Sawit memang tampak sepertoi olahan rebung, tetapi sebenarnya berbeda. 

Cara membuat Juhu Umbut Sawit juga terbilang cukup mudah yakni dengan cara memotong umbut sawit menjadi tipis tipis, kemudian direndam menggunakan air. Proses perendaman tersebut dilakukan agar umbut sawit tidak berubah warna menjadi merah. Setelah direndam, langkah selanjutnya adalah meniriskan. Beberapa bumbu yang dibutuhkan untuk membuat Juhu Umbut Sawit adalah daun salam, ketumbar, kunyit, dan masih banyak lagi. Saat berkesempatan datang ke Kalimantan Barat, tidak ada salahnya jika kamu mencoba lezatnya makanan khas Muara Taweh yang satu ini. 

Gotravelly

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Pondok Patin Bakar Banjarmasin

2. Soto Batara Kuin

soto batara kuin
apahabar.com

Rekomendasi makanan khas Muara Taweh berikutnya yang tidak kalah menggugah selera adalah Soto Batara Kuin. Pernah mendengar sebutan makanan yang satu ini? Soto Batara Kuin merupakan soto yang dibuat dengan bumbu khas Muara Taweh sehingga memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan soto pada umumnya. 

Tidak hanya banyak disukai oleh masyarakat lokal, Soto Batara Kuin juga berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mencobanya. Soto Batara Kuin memiliki cita rasa yang lezat serta aroma yang khas. Oleh karena itu, tidak heran jika Soto Batara Kuin masuk ke dalam daftar makanan paling enak di Kalimantan. Menarik, ya!

Bagi kamu pecinta kuliner nusantara, mencicipi salah satu makanan khas Muara Taweh yang satu ini juga menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Berbagai rempah yang digunakan berhasil menjadikan Soto Batara Kuin banyak disukai oleh semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. 

Soto Batara Kuin juga semakin menggugah selera dengan adanya tambahan ayam kampung sebagai pelengkap. Kamu dapat menikmati Soto Batara Kuin secara langsung maupun ditambahkan dengan satu porsi nasi. 

3. Bangamat

Makanan Khas Muara Teweh
backpackerjakarta.com

Bangamat juga dikenal sebagai salah satu makanan khas Muara Taweh yang bisa kamu coba. Makanan yang satu ini tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, tetapi juga banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Muara Taweh. 

Bangamat dikenal sangat khas karena dibuat menggunakan kelelawar besar sebagai bahan utamanya. Oleh masyarakat sekitar, kelelawar besar juga biasa disebut dengan kalong. Beberapa orang mungkin akan tabu jika tau hidangan ini terbuat dari kelelawar, tetapi bagi masyarakat Kalimantan hal ini tentu menjadi hidangan yang biasa dikonsumsi. 

Kalong diolah menggunakan berbagai tambahan bahan serta rempah sehingga menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Sebelum diolah, kelelawar akan terlebih dahulu dibersihkan hingga benar benar bersih. Tidak hanya bagian luarnya, kalong dibersihkan hingga ke bagian dalam. Bagian kuku kalong juga dipotong dan dibuang sebelum diolah. 

Saat berkesempatan datang ke kawasan Kalimantan Tengah, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba lezat dan uniknya hidangan Bangamat.

4. Karuang/ Kalumpe

karuang kalumpe
pegipegi.com

Makanan khas Muara Teweh berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Karuang. Hidangan yang satu ini juga biasa disebut dengan Kalumpe. Tidak hanya banyak disukai oleh masyarakat lokal, Karuang juga banyak diburu oleh wisatawan. Karuang memang sering digunakan sebagai hidangan untuk menyambut tamu atau wisatawan yang datang dari berbagai daerah. 

Karuang dibuat dengan menggunakan bahan utamai daun singkong. Daun singkong memang menjadi bahan yang kerap digunakan untuk membuat berbagai hidangan lezat. Oleh karena itu, hidangan Karuang juga sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. 

Saat mencoba hidangan ini, kamu akan dimanjakan dengan rasa gurih dan lezat. Daun singkong yang ditumbuk halus juga menjadikan hidangan ini memiliki tekstur yang unik dan khas. Bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini adalah terong pipit atau terong kecil. Sedangkan bumbu dan rempah yang dibutuhkan diantaranya bawang putih, bawang merah, serai, dan juga lengkuas. 

Bagi pecinta pedas, kamu dapat menikmati Karuang pedas dengan menambahkan cabe dan terasi. Dengan begitu, Karuang akan semakin lezat dan menggugah selera. Makanan khas Muara Teweh yang satu ini memang sayang untuk tidak kamu coba. 

5. Juhu Umbut Rotan

juhu umbut rotan
cookpad.com

Satu lagi rekomendasi makanan khas Muara Teweh yang sayang untuk dilewatkan yakni Juhu Umbut Rotan. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama rotan muda. Beberapa orang mungkin masih asing dengan hidangan yang dibuat dari rotan ini, tetapi saat mencobanya kamu dijamin akan ketagihan dengan kelezatan yang ditawarkan. 

Sebelum diolah, rotan terlebih dahulu dibersihkan hingga benar benar bersih. Setelah dibersihkan dan dibuang kulitnya, rotan muda kemudian dipotong potong hingga berukuran kecil. Selain menggunakan rotan, Juhu Umbut Rotan juga menggunakan bahan lainnya seperti ikan baung atau terong asam. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan bahan sesuai selera pada hidangan Juhu Umbut Rotan. 

Juhu Umbut Rotan memiliki rasa yang khas dan menyuguhkan perpaduan rasa gurih dan sedikit pahit. Hal itu dikarenakan Juhu Umbut Rotan dibuat dengan berbagai rempah khusus. Dalam pembuatannya, hidangan ini juga ditambahkan dengan gula putih atau gula merah sehingga menghadirkan rasa manis. 

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi makanan khas Muara Teweh yang enak dan menggugah selera. Saat berkesempatan datang dan berlibur ke Muara Teweh, makanan manakah yang paling ingin kamu coba? 



Leave a Reply