5 Makanan Khas Dairi Lezatnya Nempel di Hati


Fida  November 28, 2021  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Dairi merupakan salah satu kawasan yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu ini juga dikenal memiliki banyak tempat wisata sehingga tidak heran jika banyak didatangi wisatawan. Tidak hanya itu, Dairi juga dikenal memiliki berbagai kuliner unik dan lezat yang bisa kamu coba. Kamu dapat mencoba lezatnya berbagai kuliner mulai dari makanan berat hingga makanan ringan atau jajanan. Cita rasa yang khas dijamin akan membuat kamu ketagihan setelah mencoba berbagai makanan khas Dairi. Berikut daftar 5 rekomendasi makanan khas Dairi yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Ginaru

ginaru
medan.tribunnews.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Dairi yang menarik untuk kamu coba adalah ginaru. Makanan yang satu ini memiliki tampilan seperti kolak ubi jika dilihat sekilas. Meskipun begitu, bumbu yang digunakan hingga cita rasa yang ditawarkan sebenarnya berbeda dengan kolak ubi.

Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan adonan ubi yang dicampur dengan kunyit, cabe, jahe, cikala, dan juga bawang gendera. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan gurih saat mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Tidak hanya dikenal lezat dan khas, ginaru juga dikenal mengenyangkan serta memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Makanan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati saat hujan atau cuaca dingin. Kamu akan dimanjakan dengan kelezatan yang luar biasa. Untuk proses memasaknya, makanan ini juga biasa ditambahkan dengan pete dan sayuran lainnya. Tampilan yang menggugah selera serta cita rasa yang lezat tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencoba makanan yang satu ini.

Ginaru juga menjadi salah satu warisan budaya tak benda yang diresmikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diresmikan pada tahun 2010. Saat berkunjung ke kawasan Dairi, tidak ada salahnya untuk berburu lezatnya ginaru dan mencoba kelezatannya. Salah satu makanan khas Dairi yang satu ini tidak hanya banyak diburu oleh masyarakat lokal tetapi juga membuat beberapa wisatawan penasaran.

Gotravelly

Restaurant Tip Top Medan

Rumah Blepots ! Serius Blepots Nya, Serius Kenyangnya, Serius Puasnya

2. Lappet

lappet
loveusaha.com

Rekomendasi makanan khas Dairi selanjutnya yang menarik untuk kamu coba adalah lappet. Makanan yang satu ini juga dikenal dengan lapet. Jika dilihat sekilas, lapet memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan makanan awug yang berasal dari Bandung. Hanya saja lapet memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan awug.

Makanan yang satu ini dikenal menawarkan kelezatan luar biasa. Lapet dibuat dengan beberapa bahan diantaranya beras, parutan kelapa, dan juga gula merah. Bahan-bahan tersebut kemudian diolah dan dibungkus dalam daun pisang. Lapet juga memiliki bentuk khas yakni berbentuk kerucut.

Makanan ini sangat cocok dicoba bagi kamu pecinta hidangan gurih sekaligus manis. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang khas serta gula merah yang meleleh di mulut. Meskipun dikenal sebagai salah satu makanan tradisional, tetapi lapet masih cukup banyak diburu hingga saat ini.

Untuk menikmati salah satu makanan khas Dairi yakni lapet, kamu dapat membelinya di berbagai pasar tradisional atau toko kue di kawasan Dairi. Makanan yang satu ini akan membuat siapapun ketagihan setelah mencoba kelezatannya.

Karena memiliki bahan yang mudah dijumpai serta proses pembuatan yang tidak rumit, maka tidak heran jika banyak yang memilih untuk membuat lapet sendiri di rumah.

3. Pelleng

pelleng
ksmtour.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan nama makanan pelleng? Pelleng merupakan salah satu rekomendasi makanan khas Dairi yang sangat menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini juga kerap dianggap sakral karena biasa disajikan saat ada acara besar seperti upacara adat atau acara lainnya.

Pelleng dibuat dengan beberapa bahan seperti nasi, santan, cabe, jahe, lada, kunyit, dan juga bawang rambu. Berbagai bahan tersebut diolah dengan cara di tanah hingga matang. Pelleng biasa disajikan dengan bentuk menggunung di atas piring. Adanya tambahan gulai ayam tentu menjadi pelengkap yang pas untuk menikmati pelleng. Daging ayam yang digunakan sebagai pelengkap biasanya adalah daging ayam kampung. Tekstur daging ayam yang empuk serta kuah yang kental dan lezat tentu menghasilkan kenikmatan tersendiri.

Makanan yang satu ini memiliki tampilan menyerupai nasi kuning tetapi bercita rasa pedas. Adanya berbagai rempah yang digunakan untuk menghasilkan cita rasa yang sangat lezat dan menggugah selera. Tidak hanya dikenal lezat dan khas, makanan yang satu ini juga memiliki beberapa makna diantaranya untuk menumbuhkan jiwa semangat, untuk mempererat tali persaudaraan, sebagai ungkapan rasa bahagia, ungkapan rasa syukur, dan masih banyak lagi.

4. Ikan Lae

ikan lae
tripadvisor.com

Ada beberapa rekomendasi makanan khas Dairi yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah ikan lae. Ikan lae memang merupakan ikan yang sangat mudah dijumpai di kawasan Dairi. Oleh karena itu, ada cukup banyak olahan yang memiliki bahan dasar ikan lae. Ikan yang satu ini memiliki bentuk kepala seperti ikan mas dan badan seperti ikan arwana.

Beberapa olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan lae diantaranya ikan bumbu kuning, ikan sambalado, ikan bakar, dan masih banyak lagi. Ikan lae sendiri sangat cocok diolah menjadi berbagai menu karena dikenal memiliki daging yang lembut dan empuk saat dikonsumsi. Saat berkunjung ke daerah Dairi, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai berbagai olahan makanan yang dibuat dengan bahan dasar ikan lae.

5. Getuk

Makanan Khas Dairi
tribunnews.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutkan makanan getuk. Getuk merupakan salah satu olahan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ketela pohon. Makanan yang satu ini memang sudah tidak asing dijumpai di daerah Jawa. Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa getuk juga merupakan salah satu makanan khas Dairi.

Cara membuat olahan makanan yang satu ini adalah dengan cara menumbuk halus ketela pohon kemudian direbus hingga matang. Getuk biasa ditambahkan pewarna makanan yang bertujuan untuk mempercantik sekaligus membuat makanan ini semakin menarik.

Getuk biasa dihidangkan bersama dengan parutan kelapa dan juga gula. Kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang lembut serta perpaduan rasa manis dan gurih saat mencoba getuk. Tidak hanya dikenal mengenyangkan, getuk juga memiliki gizi yang baik bagi tubuh. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Nah itulah 5 daftar makanan khas Dairi yang dikenal lezat dan bisa kamu coba. Diantara 5 makanan tersebut, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba saat berkesempatan datang ke Dairi?



Leave a Reply