21 Tempat Wisata di Kyoto Dikenal Menjadi Pusat Tradisi Jepang


prita  March 22, 2022  0 Comment

Kyoto merupakan salah satu kota terbaik di Jepang yang menawarkan banyak keindahan. Berlokasi di Pulau Honshu , kota ini dikenal memiliki sejarah yang menakjubkan sehingga kota ini menjadi pusat tradisi di Jepang. Banyak tempat wisata di Kyoto yang cukup menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata belanja hingga kuliner. Nah, jika kamu berencana untuk menikmati keindahan Kyoto, berikut ini adalah destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha
commons.wikimedia.org

Tempat wisata di Kyoto yang pertama adalah Fushimi Inari Taisha. Wisata yang satu ini memang cukup populer dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Fushimi Inari Taisha ini merupakan salah satu kuil agama Shinto untuk menyembah Dewa Beras atau Dewa Inari. Daya tarik dari wisata ini adalah bangunannya, dimana pada bagian pintu masuknya wisatawan akan disambut dengan pintu gerbang besar bernama Romon Gate. Ikon unik lainnya dari kuil ini adalah adanya ribuan gerbang dari vermillion torii berwarna merah terang.

GoTravelly

Menjelajah Sensoji Temple, Sebuah Kuil Tertua Di Jepang

Sumiyoshi Taisha Osaka: Kuil Cantik Dengan Arsitektur Unik

2. Kinkaku-ji

Kinkaku-ji
theworldtravelguy.com

Kinkaku-ji juga menjadi salah satu tempat wisata di Kyoto yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kinkaku-ji merupakan sebuah kuil cantik yang dibangun pada tahun 1397 sebagai vila peristirahatan bagi shogun Ashikaga Yoshimitsu.

Kuil ini menawarkan pemandangan yang cantik saat matahari terbenam. Di sekitar kuil ini juga terdapat kuil sehingga menambah keindahannya. Istimewanya lagi, disini pengunjung bisa mencoba jamuan minum teh Jepang yang berada di sekitar lokasi objek wisata ini.

3. Ginkaku-ji

Ginkaku-ji
travel.gaijinpot.com

Tempat wisata di Kyoto selanjutnya adalah Ginkaku-ji. Ginkaku-ji ini adalah kuil Sekte Rinzai yang berada di distrik Sakyo.

Kuil yang sering disebut sebagai Silver Pavilion ini memiliki taman berupa pasir dengan pola yang indah untuk dilihat. Disini pengunjung juga bisa membeli souvenir dan jajanan khas Jepang, seperti mochi dan matcha di sekitaran kuil. Kuil Ginkaku ini memiliki desain yang lebih sederhana dan tidak semewah Kuil Kinkakuji. Meskipun begitu, kesederhanaannya yang menjadikan daya tarik utama dari kuil ini.

4. Tenryu-ji

Tenryu-ji
discoverykyoto.com

Tenryu-ji atau yang sering disebut sebagai Tenryu Shiseizen-ji adalah kuil kepala cabang dari sekte Rinzai dalam Buddhisme Zen yang lokasinya berada di Susukinobaba-cho, Ukyo. Dalam kuil ini terkenal dengan Bodhidharma Picture yang sangat eksotis dan terdapat Suibokuga yang merupakan lukisan naga di atas langit kuil.

Tak hanya itu, di kuil ini juga terdapat kolam yang indah dengan susuan batu-batu besar sehingga menambah kesan natural dari kuil cantik di Kyoto ini. Pada musim tertentu, wisatawan bisa menikmati indahnya Bunga Sakura dan Bunga Azaela yang sedang bermekaran.

5. Nanzen-ji

Nanzen-ji
jref.com

Tempat wisata di Kyoto yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Nanzen-ji. Nanzen-ji ini adalah kuil Buddha Zen yang telah didirikan sejak tahun 1291.

Kuil ini tak hanya memiliki bangunan yang indah, namun juga dikelilingi oleh pepohonan besar sehingga membuatnya rindang. Jika kamu berkunjung saat musim gugur, kamu bisa melihat pohon-pohon di sekitar kuil yang berubah warna menjadi merah dan jingga. Deretan pepohonan dengan daun yang berguguran ini tentu menjadi latar berfoto yang cantik.

6. Toji

Toji
japan-guide.com

Kyoto tampaknya memiliki banyak sekali kuil yang cantik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Toji. Toji adalah sebuah kuil yang terkenal dengan pagoda setinggi 57 meter dan menjadi pagoda tertinggi di Jepang.

Wisata ini terbilang sangat indah apalagi memiliki budaya yang sangat luar biasa sehingga pengunjung akan dibuat takjub karenanya. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melihat taman yang indah nanasri dan berwarna saat musim gugur.

7. Yasaka Shrine

Yasaka Shrine
discoverykyoto.com

Yasaka Shrine merupakan kompleks kuil agama Shinto yang berada di kawasan Gion. Bisa dibilang kuil ini cukup populer karena menjadi tempat diselenggarakannya Festival Gion yang meriah.

Festival Gion ini biasanya berlangsung saat menyambut musim panas pada pertengahan bulan Juli. Kamu bisa berkunjung ke kuil ini saat malam hari karena pemandangannya sangat cantik dengan adanya lampion yang banyak dan berkilauan. Disini kamu juga bisa mencicipi aneka makanan ringan khas Jepang yang banyak dijual oleh warga setempat lho.

8. Heian Shrine

Heian Jingu
travel.gaijinpot.com

Tempat wisata di Kyoto berikutnya adalah Heian Shrine. Heian Shrine atau yang juga dikenal dengan Heian Jingu ini merupakan salah satu kuil penting bagi umat Shinto di Jepang.

Kuil Heian ini dikenal memiliki banyak sekali spot menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari pintu gerbangnya yang disebut dengan Vermillion Torii hingga bangunan kuilnya yang megah. Tak hanya itu, disini wisatawan bisa membeli jimat dan membuat harapan di kuil. Jika kamu datang pada hari-hari tertentu, di kuil ini kerap diselenggarakan festival agama Shinto yang meriah.

9. Kiyomizu-dera

Kiyomizu-dera
travel.gaijinpot.com

Kiyomizu-dera merupakan salah satu tempat wisata di Kyoto yang cukup populer dan banyak menarik perhatian wisatawan setiap tahunnya. Kiyomizu-dera adalah sebuah kuil Buddha kuno yang telah ada sejak tahun 798.

Kuil ini sering dilakukan perbaikan karena sering terkena dampak dari bencana alam di Jepang. Meskipun begitu, kuil ini masih tetap mempertahankan keindahan bangunannya sehingga pengunjung beramai-ramai datang untuk melihatnya. Kiyomizu-dera ini lokasinya berada di ketinggian sehingga menjadi lokasi yang pas untuk menikmati pemandangan kota Kyoto dari atas. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan banyak toko-toko yang menjual berbagai makanan khas Jepang dan oleh-oleh yang menarik.

10. Arashiyama

Arashiyama
dailytravelpill.com

Jika berbicara soal tempat wisata di Kyoto, rasanya kurang lengkap jika tidak menyebutkan destinasi wisata yang satu ini, yaitu Hutan Bambu Arashiyama. Hutan bambu ini memang sangat populer di media sosial karena menawarkan pemandangan yang indah dan instagramable.

Di Hutan Bambu Arashiyama ini kamu bisa menjelajahinya dengan berjalan kaki. Jika tidak ingin merasa lelah, kamu juga bisa menyewa sepeda atau Jinrikisha, yaitu transportasi sejenis becak khas Jepang yang unik. Agar lebih terasa sensasi wisata ala masyarakat lokal, kamu bisa menyewa pakaian kimono dan berfoto di antara hutan bambu ini.

Selain bisa menikmati pemandangan hutan bambu, disini kamu juga bisa menikmati pemandangan gunung dan sungai serta udara yang sejuk. Setelah lelah berkeliling dan berfoto di hutan bambu, disini kamu juga bisa berhenti sejenak untuk membeli makanan ringan dan minuman yang banyak dijual di kawasan wisata ini.

11. Nijo Castle

Nijo Castle
discoverykyoto.com

Tempat wisata di Kyoto yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Nijo Castle. Kastil Nijo ini merupakan sebuah kastil yang dibangun di dataran dan biasa disebut dengan Kastil Hirajiro.

Kastil Nijo ini dibangun pada tahun 1603 Masehi di sebuah tempat yang dulunya pernah terjadi Restorasi Pemerintahan Imperial yang berhasil mengubah sejarah Jepang. Wisatawan yang datang kesini akan mendapatkan pengalaman berharga dengan berkeliling di dalam kastil tersebut. Sementara di bagian luarnya, kamu akan menemukan parit yang cantik dan sangat instagramable untuk dijadikan sebagai latar befoto.

12. Kyoto Imperial Palace

Kyoto Imperial Palace
id.japantravel.com

Kyoto Imperial Palace atau yang juga dikenal sebagai Kyoto Gosho ini merupakan bangunan bekas istana pemerintahan kekaisaran Jepang yang lokasinya berada di tengah Kyoto Gyoen National Garden.

Bangunan istana ini masih sangat bersih dan terawat hingga menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Komplek istana ini memiliki luas hingga 27 hektar dan memiliki beberapa bangunan dengan fungsi yang berbeda. Bangunan tersebut antara lain Shodaibuma untuk pertemuan resmi, Shishinden untuk bangunan upacara resmi dan Seiryoden untuk tempat tinggal kaisar. Sayangnya, pengunjung hanya boleh menikmati istana ini dari luarnya saja dan tidak boleh memasuki bagian dalam istana. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menjelajahi tamannya yang luas serta indah.

13. Sungai Kamo

Sungai Kamo
agoda.com

Tempat wisata di Kyoto yang sayang untuk dilewatkan adalah Sungai Kamo. Kyoto memang menjadi salah satu kota di Jepang yang dianugerahi dengan sumber air yang melimpah dimana kota ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki beberapa sungai yang mengalir ke pusat kota ini.

Sungai Kamo menjadi salah satu sungai di Kyoto yang terkenal dengan kebersihannya. Banyak sekali penduduk setempat yang menjadikan sungai ini sebagai sarana rekreasi dengan menghabiskan waktu untuk bersantai bersama teman, keluarga maupun pasangan di pinggiran sungainya. Tak ada salahnya kamu untuk turut bersantai di pinggir sungai ini untuk sekedar melepas lelah sambil menikmati pemandangan yang begitu jernih.

14. Kyoto Tower

Kyoto Tower
klook.com

Kalau kamu cari tempat wisata di Kyoto yang lebih modern, kamu wajib untuk berkunjung ke Kyoto Tower. Kyoto Tower ini menjadi salah satu ocjek wisata modern Kyoto yang populer.

Menara Kyoto ini dibuka pertama kali untuk umum pada bulan Desember 1964 setelah Olimpiade Tokyo di Jepang yang diselenggarakan dengan sukses. Menara ini memiliki ketinggian hingga 131 meter dan kamu bisa naik hingga ke atas gedung berlantai 9 ini untuk menikmati keindahan kota Kyoto dari ketinggian.

15. Gion

Gion
auroraxa.com

Tempat wisata di Kyoto yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Gion. Gion menjadi salah satu kawasan populer di kalangan wisatawan karena disini kamu bisa bertemu dengan Geisha.

Kawasan Gion ini memang terlihat membosankan saat siang hari karena hanya ada bangunan-bangunan tua ala Jepang. Namun, jika kamu berkunjung pada siang hari, kamu bisa merasakan gemerlap kehidupan malamnya karena banyak restoran tradisional, kedai teh, toko barang antik hingga tempat pertunjukan geisha yang dibuka. Tak hanya itu, di kawasan Gion ini juga ada sebuah festival yang cukup terkenal di kalangan wisatawan, yaitu Festival Gion. Di festival ini kamu bisa melihat perayaan tahunan dan pawai tradisional yang sangat meriah.

16. Kyoto International Manga Museum

Kyoto International Manga Museum
japandeluxetours.com

Kalau kamu pecinta manga, maka wisata yang satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Kyoto International Manga Museum ini menjadi salah satu tempat wisata di Kyoto yang cukup populer di kalangan pecinta manga.

Museum yang diresmikan pada tanggal 25 November 2006 ini lokasinya berada di bekas Sekolah Dasar Kyoto Tatsuike di distrik kota Nakagyo. Museum ini memiliki tiga lantai dan satu basemen, serta sebagian besar dindingnya terdapat rak untuk koleksi manga. Menariknya, kamu bisa menemukan sekitar 300.000 komik dan pameran yang berhubungan dengan manga. Pengunjung pun bisa membaca setiap bagian dari manga yang disukai. Seru sekali, kan?

17. Kyoto National Museum

Kyoto National Museum
japan-guide.com

Tempat wisata di Kyoto yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Kyoto National Museum. Museum yang diresmikan pada Mei 1897 ini dikelola oleh Institut Nasional Peninggalan Budaya di Kyoto.

Museum Nasional Kyoto ini menyimpan ragam koleksi dari peninggalan budaya Kyoto dari zaman Heian hingga zaman Edo. Museum ini memang sering digunakan sebagai lembaga penelitian, namun museum ini juga sangat cocok untuk kamu yang menyukai wisata sejarah. Disini kamu bisa menikmati berbagai pameran karya seni mulai dari lukisan hingga patung.

18. Kyoto Botanical Garden

Kyoto Botanical Garden
flickr.com

Jika kamu pecinta kebun, Kyoto Botanical Garden tentu menjadi salah satu tempat wisata di Kyoto yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Taman botani seluar 24 hektar ini berlokasi di sebelah Sungai Kamo dan menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Kebun botani ini dibagi menjadi beberapa area, seperti Kebun Bambu, Kebun ala Eropa, Taman Bonsai, Taman Sakura dan masih banyak lagi lainnya. Pengunjung bisa berfoto dengan keindahan bunga-bunga disini saat bermekaran. Untuk itu, pastikan kamu berkunjung saat musim bunga sedang bermekaran, ya.

Setelah puas berkeliling kebun, kamu bisa membeli souvenir berbentuk tanaman kecil dalam pot, seperti kaktus, bunga pot hingga tanaman succulent. Setelah itu, pastika juga kamu berkunjung ke restoran yang ada di Kebun Botani Kyoto ini untuk mencicipi sajian khas Jepang yang nikmat.

19. The Philosopher’s Path

The Philosopher's Path
befreetour.com

Tempat wisata di Kyoto yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan karena menampilkan pemandangan yang indah, yaitu The Philosopher’s Path atau yang lebih dikenal dengan nama Tetsuga No Michi.

The Philosopher’s Path ini merupakan sebuah nama jalan sepanjang 2 kilometer yang terdapat banyak pohon sakura. Kawasan ini memang dikenal sebagai salah satu tempat terbaik di Jepang untuk menikmati keindahan Bunga Sakira saat hanami di Jepang. Jalanan ini lokasinya berada di antara Kuil Ginkaku-ji dan Kuil Eikan-do.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim semi karena saat musim semi Bunga Sakura di Jepang akan mulai bermekaran dengan indahnya.

20. Pantai Amanohashidate

Pantai Amanohashidate
japan-guide.com

Berada di Pulau Honshu, Kyoto tentu memiliki destinasi wisata berupa pantai yang cukup populer, yaitu Pantai Amanohashidate. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Kyoto yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Amanohashidate ini dikenal sebagai salah satu pantai terindah di Jepang. Tak hanya itu, disini ada sebuah jalur yang menghubungkan dua pantai dimana kamu bisa melewati jalur tersebut dengan berjalan kaki ataupun bersepeda.

21. Nishiki Market

Tempat Wisata di Kyoto
nodestinations.com

Tempat wisata di Kyoto yang terakhir adalah Nishiki Market. Nishiki Market ini cukup populer di kalangan wisatawan karena menjadi tempat sempurna untuk mencicipi berbagai kuliner khas Kyoto.

Pasar tradisional ini menjual banyak sekali jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat dengan harga yang cukup terjangkau dan rasanya sangat lezat. Tak hanya bisa membeli berbagai jenis makanan, disini kamu juga bisa membeli barang-barang dengan harga yang cukup murah. Kamu bisa membeli souvenir, oleh-oleh, kerajinan hingga barang fashion khas Kyoto.

Itulah tadi daftar tempat wisata di Kyoto yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Kira-kira, wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply