Oleh oleh

21 Oleh-oleh Khas Daerah di Indonesia Paling Diminati

Oleh-oleh khas daerah di Indonesia memang cukup beragam dan bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memberikan oleh oleh bagi teman atau kerabat yang tinggal di luar negeri untuk bisa terus mengingat Indonesia. Indonesia memang dikenal memiliki budaya yang beragam, maka kamu tak perlu bingung untuk membelikan oleh oleh khas Indonesia karena pilihannya banyak.

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang berbeda di setiap daerahnya. Dengan sumber daya alam tersebut, masyarakat lokal bisa memanfaatkan setiap daerahnya menjadi sesuatu yang khas hingga menjadikannya ikon tersendiri bagi daerah tersebut. Hal ini juga yang membuat pariwisata Indonesia semakin maju dan meningkat.

Dengan ragam daerah yang berbeda, maka kamu juga akan menemukan beragam buah tangan yang berbeda di setiap daerahnya yang cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan, terutama buah tangan bagi wisatawan asing. Nah, jika kamu ingin membeli oleh oleh khas Indonesia, berikut ini adalah pilihannya.

1. Batik

pegipegi.com

Oleh-oleh khas Daerah di Indonesia yang pertama adalah Batik. Batik adalah salah satu kain khas Indonesia yang memiliki gambar serta corak yang indah juga unik.

Batik ini dibuat dengan teknik khusus yang memerlukan keterampilan juga ketelitian sehingga proses pembuatannya membutuhkan waktu yang agak lama agar batik bisa selesai sempurna. Kain batik sendiri memiliki berbagai macam corak yang indah dan memiliki makna. Batik juga merupakan warisan leluhur yang telah turun temurun dan saat ini telah dicatat oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Borong Oleh-Oleh Di Bakpia TelO Yang Lezat Dan Beraneka Camilan Dengan Harga Terjangkau Bisa Kalian Temukan Disini Loh!

Menikmati Lembutnya Kue Lumpur Muda Mudi Harum

2. Kain Tenun

review.bukalapak.com

Selain batik, Kain Tenun juga menjadi salah satu oleh-oleh khas daerah di Indonesia yang bisa kamu beli. Kain tenun memang sangat populer di Indonesia, bahkan sudah mendunia, salah satunya adalah Kain Songket khas Sumatera yang memiliki kualitas tinggi serta motif yang indah.

Masyarakat Indonesia memiliki kesenian berupa menenun kain di berbagai daerah. Kain tenun ini memang memiliki kualitas yang bagus sehingga bisa bersaing dengan kain-kain yang dijual di luar negeri.

3. Ulos

detik.com

Tak hanya Batik dan Tenun saja yang menjadi oleh-oleh khas Dearah di Indonesia yang cukup populer, Kain Ulos juga bisa jadi pilihan oleh oleh, lho. Ulos merupakan kain tenun khas Suku Batak yang memiliki arti berbeda sesuai dengan motifnya.

Seperti halnya songket dan batik, ulos juga biasanya digunakan saat upacara pernikahan atau acara-acara resmi lainnya. Bagi Suku Batak, Ulos juga menjadi benda sakral dan memiliki peran penting bagi masyarakat. Ada beberapa jenis ulos yang sering digunakan masyarakat seperti ulos sadum, ulos sibolang dan ulos jugia.

4. Lukisan Batik

femina.co.id

Oleh oleh khas daerah di Indonesia yang wajib untuk dibeli selanjutnya adalah Lukisan Batik. Oleh oleh ini sangat cocok untuk kamu yang tertarik dengan tekstil batik karena lukisan ini sangat indah.

Pola lukisan ini cukup bervariasi, tergantung dimana kamu membelinya. Lukisan batik ini sering menampilkan desain seperti bunga, desa, pemandangan alam, kehidupan tradisional hingga penari tradisional.

5. Kerajinan Kulit

blog.tribunjualbeli.com

Kerajinan kulit juga bisa menjadi salah satu oleh oleh khas daerah di Indonesia yang cukup menarik untuk dibeli. Kerajinan kulit khas Indonesia memang cukup terkenal, salah satunya adalah kerajinan kulit khas Jombang yang mampu bersaing dengan kerajinan kulit di pasar internasional.

Kerajinan kulit ini bisa berupa tas, sepatu, ikat pinggang dan ragam barang lainnya. Kualitas kerajinan kulit Indonesia memang sangat baik dan memiliki keunikan tersendiri sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh.

6. Pahatan Kayu

jakartanotebook.com

Oleh oleh khas daerah di Indonesia yang satu ini juga cukup banyak diburu, yaitu pahatan kayu. Kerajinan pahatan kayu ini dibuat menjadi beragam barang, salah satunya adalah pajangan dinding.

Harga yang ditawarkan untuk pahatan kayu ini juga beragam, tergantung dari kesulitan pembuatannya. Semakin sulit cara membuatnya, maka semakin mahal juga harga yang ditawarkan. Namun, kamu tak perlu khawatir dengan kualitasnya karena kayu khas Indonesia cukup baik sehingga kualitasnya sebanding dengan harganya.

7. Miniatur Khas

id.pinterest.com

Souvenir berupa miniatur khas juga menjadi pilihan oleh oleh khas daerah di Indonesia yang cukup menarik untuk dibeli. Indonesia memang memiliki keunikan tersendiri dan banyak landmark menarik, seperti Tugu Monas dan Candi Prambanan.

Kamu bisa membeli miniatur Tugu Monas maupun Candi Prambanan dengan ukuran yang lebih kecil. Bisa juga dalam bentuk gantungan kunci maupun pajangan 3 dimensi lainnya. Tak hanya unik, miniatur khas ini juga memiliki harga yang relatif lebih murah sehingga bisa menjadi pilihan wisatawan yang ingin membeli oleh oleh.

8. Wayang

id.wikipedia.org

Oleh oleh khas daerah Indonesia yang tak kalah menarik untuk dibeli adalah Wayang. Wayang merupakan benda khas Indonesia yang berupa boneka dan sering dipertontonkan kepada masyarakat umum.

Wayang bisa berupa wayang orang, wayang kayu, wayang bambu, wayang rumput dan wayang kulit bila dibedakan berdasarkan materialnya. Budaya wayang ini juga menjadi salah satu budaya khas Indonesia yang berkembang di Pulau Jawa dan Bali. Wayang juga menjadi budaya khas yang mendapatkan pengaruh unsur Jawa dan Hindu. Tak heran jika pada tahun 2003 lalu UNESCO mengakui wayang menjadi salah satu warisan mahakarya dunia.

9. Caping

indonesiasouvenirs.wordpress.com

Siapa tidak kenal dengan caping? Caping adalah topi tradisional Pulau Jawa yang terbuat dari anyaman bambu tipis dan memiliki bentuk kerucut namun lebih lebar kemudian dibalut dengan cat beraneka warna.

Biasanya caping ini digunakan oleh petani dan masyarakat di desa. Tak melulu untuk dikenakan, caping juga bisa menjadi pajangan yang unik untuk diletakkan di rumah atau di café yang biasanya mengusung konsep tradisional.

10. Tembikar

hahehozonk.blogspot.com

Oleh oleh khas daerah di Indonesia yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Tembikar. Tembikar yang dibuat di Indonesia memang butuh waktu lama untuk membuatnya, sehingga hasilnya sangat indah.

Ada banyak pusat tembikar yang bisa kamu kunjungi di Indonesia, namun yang paling terkenal berada di Lombok, Klampok, Singkawang, Melikan, Kasongan, Plered, Sitiwinangun hingga Pundong.

11. Congklak

orami.co.id

Congklak atau permainan papan dakon juga bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh khas daerah di Indonesia. Papan permainan ini biasanya dibuat dari kayu dan memiliki lima hingga sembilan lubang di setiap sisinya.

Congklak ini memang terlihat sederhana, namun juga sangat dekoratif karena memiliki detail, warna dan bentuk yang indah. Harga dari congklak ini juga cukup bervariasi, tergantung pada bahan dan tampilan.

12. Topeng

inisumedang.com

Oleh oleh khas daerah di Indonesia yang wajib untuk dibeli berikutnya adalah topeng. Topeng merupakan variasi ekspresi tertua yang diciptakan oleh peradaban manusia dan kaya akan nilai-nilai magis.

Di Indonesia, topeng biasa digunakan dalam berbagai pertunjukan seni dan kegiatan keagamaan. Topeng di Indonesia juga memiliki bentuk yang bervariasi, tergantung pada fungsi dan daerah asal topeng.

13. Rokok Kretek

nuranwibisono.net

Rokok kretek Indonesia juga kerap dipilih sebagai oleh oleh khas daerah yang banyak diburu. Rokok kretek yang dibuat secara tradisional merupakan salah satu ciri khas negeri kita.

Rokok kretek tradisional dibuat dengan cara dilinting atau digulung menggunakan tangan dengan kulit jagung sebagai pembungkusnya. Rokoh semacam ini masih banyak ditemukan di beberapa daerah pedesaan. Biasanya, rokok kretek ini dibuat dari tembakau asli yang dipadukan dengan saus cengkeh. Saat dihisap, akan terdengar bunyi kretek yang khas. Harga dari rokok kretek ini juga tidak terlalu mahal sehingga terjangkau bagi seluruh kalangan.

14. Senjata Tradisional

orami.co.id

Oleh oleh khas daerah di Indonesia yang bisa untuk dijadikan sebagai buah tangan adalah senjata tradisional. Senjata tradisional ini bukanlah senjata tajam, melainkan sebuah senjata tradisional yang telah dimodifikasi oleh pengrajin dengan dekorasi ukiran dan motif yang memiliki makna.

Salah satu senjata tajam yang bisa kamu beli adalah rencong. Rencong ini merupakan senjata tradisional Aceh yang melambangkan kebesaran para bangsawan dan keberanian para pejuang dan rakyat selama masa penjajahan Belanda dan Jepang. Kalau kamu ingin melihat cara membuat rencong, kamu bisa langsung menuju ke Kecamatan Suka Makmur, Acehe.

Selain Rencong, ada juga Keris yang merupakan senjata tradisional khas Jawa. Keris memiliki bentuk dasar yang tidak simetris dan melebar, bilahnya juga berliku.

15. Alat Musik Tradisional

notepam.com

Musik juga menjadi salah satu budaya Indonesia yang cukup terkenal. Jika kamu ingin membelikan oleh oleh khas daerah di Indonesia bagi teman yang suka musik, kamu bisa membeli alat musik tradisional.

Beberapa alat musik tradisional Indonesia yang bisa kamu beli antara lain Panting yang berasal dari Kalimantan Selatan, Angklung dari Jawa Barat hingga Sasando dari Nusa Tenggara Timur. Panting dan Sasando merupakan alat musik yang dipetik atau disentik, sementara Angklung dimainkan dengan cara digetarkan. Ketiga alam musik tersebut dibuat dari bambi sehingga sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Dimensi alat musik ini juga tidak terlalu besar juga bentuknya unik sehingga menarik dijadikan sebagai pajangan di rumah.

16. Produk Perak dan Batu Mulia

bisnisukm.com

Kalau orang yang ingin kamu beri oleh oleh menyukai perhiasan perak maupun batu mulia, maka kamu wajib untuk membeli souvenir yang satu ini. Produk perak dan batu mulia memang menjadi salah satu oleh-oleh khas daerah Indonesia yang banyak diburu.

Banyak sekali ornamen batu mulai dan kerajinan perak Indonesia yang dijual dengan harga terjangkau. Kamu bisa membeli produk-produk ini di pasar maupun pusat oleh-oleh. Namun, jika kamu ingin yang lebih eksklusif, maka kamu bisa membelinya di toko-toko resmi yang pengrajinnya langsung membuatnya di depan pelanggan.

17. Kopi

goodnewsfromindonesia.id

Oleh-oleh khas daerah di Indonesia tak hanya pajangan ataupun souvenir, lho, kamu juga bisa membeli kopi sebagai oleh oleh khas Indonesia yang memiliki cita rasa nikmat.

Kopi Nusantara memang menjadi salah satu kopi terbaik di dunia yang banyak diburu. Kopi khas Indonesia pun jenisnya cukup beragam, seperti Kopi Aceh Gayo, Kopi Luwak, Kopi Toraja hingga Kopi Wamena. Kopi-kopi tersebut memiliki cita rasa yang khas dan sangat nikmat disantap oleh pecinta kopi. Sekarang, teknologi semakin maju sehingga kopi-kopi tersebut dikemas dengan sangat baik dan aman sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan oleh wisatawan asing untuk dinikmati di negara asalnya.

18. Teh

lifestyle.okezone.com

Selain kopi, teh juga menjadi salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Apalagi, Indonesia memiliki salah satu jenis teh yang dikenal sebagai teh terbaik di dunia, yaitu Teh Hitam Kayu Aro.

Teh Hitam Kayu Aro ini merupakan salah satu jenis teh terbaik yang disandingkan dengan beberapa teh terbaik lainnya, seperti Teh Sencha dari Jepang dan Teh Putih Fujian dari Tiongkok. Tak hanya teh hitam kayu aro saja, masih banyak jenis teh Indonesia yang rasanya tak kalah nikmat dibandingkan dengan teh terbaik dunia, seperti teh hitam, teh oolong, teh hijau dan teh melati. Teh-teh tersebut memiliki aroma khas yang nikmat sehingga cocok dijadikan sebagai buah tangan.

19. Olahan Makanan Khas

inews.id

Oleh-oleh khas daerah Indonesia yang satu ini juga wajib untuk dibeli, yaitu ragam olahan makanan khas. Indonesia memang memiliki beragam olahan khas yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Salah satu makanan khas Indonesia yang diakui dunia adalah Rendang. Rendang merupakan makanan khas Padang yang telah mendunia dan disukai banyak orang. Selain rendang, ada beberapa makanan khas lainnya bisa bisa kamu beli, yaitu Bakpia, telur asin, pempek hingga bika Ambon.

20. Sambal Khas

rukita.co

Sambal khas juga bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas daerah di Indonesia yang cukup banyak peminatnya. Sambal yang berbahan dasar cabai serta memiliki cita rasa pedas yang khas dan lezat ini juga cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Indonesia tak hanya memiliki satu jenis sambal saja, lho. Berbagai macam jenis sambal bisa ditemukan di Indonesia dengan cita rasa yang berbeda dan pastinya unik. Sebut saja sambal terasi, sambal cabe hijau, sambal matah, sambal kecap, sambal pete dan masih banyak lagi lainnya.

Sambal khas Indonesia dibuat dari rempah-rempah yang kemudian dipadukan menjadi sebuah sajian lezat dan memiliki cita rasa khas. Sambal Indonesia sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh karena rasanya yang unik dan bisa jadi teman makan yang nikmat.

21. Jamu

jovee.id

Oleh-oleh khas daerah Indonesia yang terakhir adalah Jamu. Jamu dikenal sebagai minuman masyarakat Jawa yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Belakangan ini jamu disebut sebagai minuman untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sejak dahulu, jamu memiliki khasiat yang berfungsi sebagai obat herbal karena dibuat dari bahan alami seperti buah, kulit batang, akar-akaran dan daun-daunan.

Dulunya, bahan-bahan alami tersebut dicampur dan diolah menjadi jamu cair. Sekarang, seiring berkembangnya teknologi, jamu bisa dikonsumsi secara instan. Sekarang, sudah banyak penjual jamu yang mengolah jamu menjadi bentuk bubuk sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.

Itulah tadi daftar oleh oleh khas daerah di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Selain itu, kita juga harus terus mengembangkan berbagai macam buah tangan khas Indonesia agar terus lestari dan bisa dikenal banyak orang di dunia.

prita

Recent Posts

10 Tempat Wisata di Buleleng Bikin Wisatawan Mancanegara Betah

Buleleng dikenal sebagai salah satu kabupaten yang dapat kamu kunjungi di Provinsi Bali. Daerah yang…

2 hours ago

10 Kuliner Malam di Jember, Tempat Asyik Dan Murah

Pernahkah anda merasa jenuh dengan urusan pekerjaan? tentu anda pasti pernah merasa hal demikian. Apalagi…

10 hours ago

10 Wisata Alam di Grobogan Tenangkan Jiwa

Grobogan dikenal sebagai salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Saat ingin menghabiskan…

1 day ago

10 Oleh Oleh Khas Blora, Ada Kerajinan Hingga Jajanan

Blora merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Tidak hanya…

1 day ago

6 Pemandian Air Panas di Semarang, Destinasi Yang Menyehatkan

Pemandian air panas di Semarang bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menyehatkan. Berendam di…

2 days ago

10 Minuman Khas Semarang Enak Dinikmati Dingin Maupun Hangat

Minuman khas Semarang menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana. Semarang…

2 days ago