21 Gereja Dengan Arsitektur Terindah di Dunia, Menakjubkan!


prita  December 25, 2021  0 Comment

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia memang cukup banyak jumlahnya. Gereja merupakan sebuah tempat ibadah umat kristiani yang tersebar di seluruh dunia. Setiap negara di dunia ini memiliki gereja dengan bangunan yang bermacam-macam dan pastinya unik. Tak heran, jika selain menjadi tempat ibadah umat Kristiani, gereja juga menjadi sebuah objek wisata tanpa mengurangi kesakralannya. Biasanya gereja merupakan peninggalan dari kerajaan-kerajaan yang mayoritas pemeluk Nasrani atau Katolik. Nah, jika kamu ingin menghabiskan libur Natal dengan mengunjungi gereja, kamu bisa berkunjung ke gereja yang terkenal memiliki arsitektur indah berikut ini.

1. Sagrada Familia, Spanyol

Sagrada Familia
insidr.co

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Sagrada Familia. Gereja yang berada di Barcelona, Spanyol ini memang menjadi salah satu gereja yang cukup terkenal di dunia karena keindahan arsitekturnya yang padahal masih belum selesai di bangun.

Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1882 dan dirancang oleh arsitek terkenal Antoni Gaudi. Gaudi meninggal sebelum gereja ini selesai hingga sampai saat ini gereja ini belum terselesaikan pembangunannya. Meskipun begitu, gereja ini tetap memiliki bangunan yang indah dan menarik perhatian banyak wisatawan.

Gotravelly

Gereja Hati Kudus Yesus, Palasari

Sapa Cathedral: Cocok Untuk Menikmati Keindahan Vietnam

2. Catedral Basilica Del Pilar, Spanyol

Cathedral Basilica Del Pilar
en.wikipedia.org

Masih di Spanyol, ada salah satu gereja dengan arsitektur terindah di dunia berikutnya yang berlokasi di Zaragoza, yaitu Cathedral Basilica Del Pilar. Gereja ini konon didirikan untuk Maria karena menurut legenda, disinilah Maria menampakkan diri kepada St James.

Gereja ini memiliki bangunan yang sangat indah karena kapelnya dibangun di sekitar pilar. Katedral ini memiliki empat menara dengan atap ubin yang bergaya Mudejer. Selain itu, katedral ini juga memiliki aula besar dengan dekorasi cantik di dalamnya.

3. Notre Dame de Paris, Perancis

Notre Dame de Paris
id.rbth.com

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia selanjutnya adalah Notre Dame de Paris yang berada di Perancis. Gereja ini memang menjadi salah satu destinasi wisata populer di kota Paris karena memiliki gaya bangunan yang indah dan bersejarah.

Sayangnya, gereja yang selesai dibangun pada tahun 1345 ini mengalami kerusakan serius karena terbakar pada tahun 2019 lalu sehingga harus ditutup selama 5 tahun untuk pemulihan. Meskipun begitu, kamu masih tetap bisa melihat bangunan ala abad pertengahan dari luar dan bisa menjadi latar berfoto yang indah.

4. St Peter’s Basilica, Italia

St Peter's Basilica
st-peters-basilica-tickets.com

St Peter’s Basilica tak hanya dikenal sebagai salah satu gereja berarsitektur terindah di dunia, namun juga menjadi gereja terbesar di dunia yang berada di Kota Vatikan, yang juga menjadi pusat Katolik.

Basilika ini juga menjadi tujuan ziarah bagi umat Katolik karena dikatakan sebagai situs pemakaman St Peter, umat Kristus yang paling disukai. Gereja ini memiliki interior yang luas dengan dekorasi yang rumit namun terlihat sangat indah.

5. Duomo di Milano, Italia

Duomo di Milano
duomomilano.it

Gereja dengan arstitektur terindah di dunia yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Duomo yang berada di kota Milan, Italia. Italia memang menjadi salah satu negara yang memiliki banyak gereja-gereja besar juga katedral.

Duomo atau yang juga dikenal sebagai Katedral Milan ini merupakan mahakarya Gothic yang untuk membangunnya dibutuhkan waktu hingga enam abad. Duomo ini menjadi gereja terbesar ketiga di dunia karena sangat luas. Gereja ini memiliki menara yang indah dengan lantai keramik yang elegan nan indah.

6. St John’s Co-Cathedral, Malta

St John's Katedral
thrillinside.com

St John’s Katedral ini juga menjadi salah satu gereja dengan arsitektur terindah di dunia. Tak hanya itu, katedral ini juga menunjukkan pentingnya kekristenan bagi negara Malta.

Katedral yang dibangun pada abad ke-16 ini memang memiliki dekorasi Broque yang mewah dan kamu tidak akan menemukan lukisan dinding marmer atau emas di dalamnya. Di katedral ini kamu juga bisa menemukan karya seni pelukis Italia terkenal Caravaggio, yaitu St John the Baptist dan St Jerome Writing.

7. St Basil’s Cathedral, Rusia

St Basil's Cathedral
batamtoday.com

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah St Basil’s Cathedral. Katedral yang berada di kota Moskow, Rusia ini merupakan salah satu gereja paling berwarna-warni yang cukup populer di dunia.

St Basil’s Cathedral ini memiliki eksterior yang menyerupai api unggun, sementara di bagian dalamnya juga sangat indah karena kamu bisa melihat mural dan ikon yang indah di dalam gereja ini.

8. St Stephen’s Basilica, Hongaria

St Stephen's Basilica
blog.ansharphoto.com

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang satu ini juga tak kalah populer, yaitu St Stephen’s Basilica. Gereja yang berada di kota Budapest ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menarik juga populer di Hongaria.

Gereja ini memiliki ikatan yang kuat dengan budaya dan sejarah Hongaria karena merupakan rumah bagi St Stephan, pelindung Hongaria. Bangunan yang selesau pada tahun 1905 ini memang sangat megah dengan gaya bangunan neo klasik serta interior yang mewah. Bagaimana tidak, gereja ini memiliki altar berlapis emas dan kubah yang sangat menakjubkan.

9. Kölner Dom, Jerman

Kölner Dom
timesofindia.indiatimes.com

Kölner Dom merupakan sebuah gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang berlokasi di kota Cologne, Jerman. Gereja ini merupakan simbol kota Cologne dan masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia.

Kölner Dom sendiri menjadi gereja tertinggi kedua di Eropa dengan menara yang tinggi menjulang. Gereja ini memiliki pintu masuk utama yang sangat elegan dan menjadi kebanggan kota Cologne. Saat memasuki gereja ini, kamu bisa melihat langsung tinggi dan luasnya langit-langit gereja yang membuatmu merasa sangat kecil saat masuk kesana.

10. St Stephen’s Cathedral, Austria

St Stephen's Cathedral
hiddensecretstours.eu

Di jantung ibukota Austria, Vienna, kamu akan menemukan salah satu gereja dengan arsitektur terindah di dunia bernama St Stephen’s Cathedral. Katedral ini memang menjadi salah satu destinasi wisata di Austria yang cukup populer dan banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara.

Katedral ini memiliki atap yang ditutupi oleh pola luar biasa yang terbuat dari keramik berwarna-warni. Sementara di bagian depan bangunan, kamu bisa melihat asal usul Romanesque-nya. Katedral St Stephen ini dibangun pada tahun 1147 dan dianggap sebagai landmark Katolik yang paling penting di Vienna.

11. Hallgrimskirkja, Islandia

Hallgrimskirkja
iamreykjavik.com

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi gereja dengan gaya bangunan yang unik, maka kamu wajib untuk datang ke Hallgrimskirkja. Gereja yang berada di Reykjavik, Islandia ini merupakan sebuah gereja modern yang selesai dibangun pada tahun 1986.

Hallgrimskirkja ini berada di puncak bukit yang menghadap langsung ke ibukota Islandia. Gereja ini memiliki bentuk gereja yang terinspirasi dari unsur-unsur lanskap Islandia, seperti tumpukan batu basal yang terlihat di sepanjang pantai. Di bagian dalam gereja, kamu bisa melihat interiornya yang minimalis. Kamu bisa menemukan sebuah lift yang akan membawamu ke menara pusat yang mana kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota.

12. St Vitus Cathedral, Republik Ceko

St Vitus Cathedral
praguetraveller.com

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah St Vitus Cathedral. Gereja yang berada di kota Praha ini memang sangat terkenal dengan pemandangannya yang indah nan megah karena menghadap ke Kastil Praha.

St Vitus Cathedral ini merupakan landmark Gothic abad ke-14 yang luar biasa dan menjadi landmark yang cukup penting. Dari luar kamu bisa mengagumi keindahan bangunan gereja ala Gothic yang cantik. Lalu, jika kamu masuk ke dalamnya maka kamu bisa melihat indahnya jendela kaca patri yang semarak. Kamu bisa berkunjung ke Kapel St Wenceslas, disini kamu akan menemukan makam St Wenceslas, yaitu salah satu santo pelindung utama Republik Ceko.

13. Chapel of the Holy Cross, Amerika Serikat

Chapel of the Holy Cross
canyonvilla.com

Amerika Serikat ternyata juga memiliki salah satu gereja arsitektur terindah di dunia yang bisa membuat siapapun terkagum, yaitu Chapel of the Holy Cross. Gereja ini berada di kawasan Arizona dan menyembil keluar dari sisi tebing batu merah di gurun Arizona.

Gereja modern ini dibuat oleh Marguerite Brunswig Staude dan selesai di tahun 1957. Chapel of the Holy Cross ini memiliki fitur yang paling menonjol, yaitu salib setinggi 27 meter yang ada di depan kaca berwarna di ujung barat daya. Sementara itu, eksteriornya kontras dengan lanskap berbatu dan interioenya terasa idah karena berada di antara bebatuan dan pasir.

14. Notre-Dame Basilica, Kanada

Notre Dame Basilica
devenews.com

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang layak untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Notre-Dame Basilica. Gereja ini menjadi salah satu dari banyak alasan untuk mengunjungi Montreal, Kanada.

Basilika ini selesai dibangun pada tahun 1829 dan dirancang dengan gaya Gothic Revival. Gereja ini memiliki esksterior yang elegan dan keindahan yang sebenarnya adalah bagian dalamnya. Di dalam gereja ini kamu bisa menemukan dekorasi yang sangat hidup dan penuh dengan warna, biru, merah dan emas. Gereja ini juga memiliki langit-langit berkubah dan ratusan ukiran kayu di dalam aulanya.

15. Cathedral of Brasilia, Brazil

Cathedral of Brasilia
mapsofworld.com

Tak hanya di Eropa, kamu juga bisa menemukan gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang dibangun di kawasan Amerika Selatan, yaitu Cathedral of Brasilia. Katedral ini dirancang oleh Oscar Niemeyer dan baru selesai di tahun 1970 sehingga menjadi katedral dengan lambang arsitektur modern.

Terdapat 16 kolom beton menekuk ke tengah katedral yang meninggalkan ruang untuk atap kaca yang dihiasi dengan pola kaca patri. Interior dari gereja ini dibanjiri dengan cahaya berkat kaca-kaca yang ada disana. Saat memasuki gereja ini pertama kali, kamu akan merasakan sensasi berada di terowongan gelap. Bahkan, ada tiga patung malaikat yang digantung diatas sehingga membuatnya semakin unik dan tidak akan kamu temukan di katedral lainnya.

16. Westminster Abbey, Inggris

Westminster Abbey
hotels.cn

Westminster Abbey ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Gereja yang memiliki hubungan erat dengan keluarga Kerajaan Inggris ini memang cukup terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata wajib saat berkunjung ke kota London.

Gereja indah ini telah ada selama berabad-abad lalu dan juga menjadi tempat pernobatan Raja Inggris. Westminster Abbey ini dibangun pada tahun 1065 dan memiliki gaya bangunan Gothic yang kental. Gereja ini juga memiliki makam yang menjadi tempat peristirahatan terakhir para raja dan ratu Inggris sejak berabad-abad lalu.

17. Borgund Stave Church, Norwegia

Borgund Stave Church
archeyes.com

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia berikutnya adalah Borgund Stave Church. Gereja yang berada di Borgund, Norwegia ini merupakan sebuah gereja kayu abad pertengahan yang memiliki bentuk yang indah.

Dibangun pada tahun 1250, gereja ini masih terlihat menakjubkana dan terpelihara. Meskipun gaya bangunannya tidak terlalu rumitm namun tetap terlihat indah. Kamu bisa melihat empat kepala naga yang diukir di gables atas dan ukiran di sekitar lengkungan di dalamnya. Semua itu memberikan keindahan tersendiri bagi Gereja Borgund Stave yang sangat menarik untuk dikunjungi.

18. St Alexander Nevsky Cathedral, Bulgaria

St Alexander Nevsky Cathedral
theculturetrip.com

St Alexander Nevsky Cathedral juga layak untuk masuk dalam daftar gereja arsitektur terindah di dunia. Gereja yang berada di kota Sofia, Bulgaria ini memang cukup populer dan terkenal memiliki gaya bangunan yang indah.

Katedral ini memiliki gaya Neo-Bizantium dengan kubah berlapis emas yang menarik perhatian. Katedral St Alexander Nevsky ini terlihat berkilauan sehingga menjadi salah satu spot yang menarik untuk dikunjungi di ibukota Bulgaria. Gereja ini selesai dibangun pada tahun 1912, St Alexander Nevsky ini menjadi salah satu katedral Ortodoks Timur terbesar di dunia dan memiliki interios mosaik serta mural yang mewah agar sesuai dengan eksteriornya yang berlapiskan emas.

19. Church of the Assumption, Slovenia

Church of the Assumption
amazon.com

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Church of the Assumption. Gereja ini menempati sebuah pulau kecil di tengah Danau Bled, Slovenia.

Untuk menuju ke gereja ini pengunjung harus menaiki perahu kayu tradisional kecil. Tak hanya memiliki arsitektur abad 17 yang indah, gereja ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dari Danau Bled juga dari pegunungan Alpen Slovenia yang mengelilinginya. Menariknya lagi, ada sebuah mitos jika berkunjung ke gereja ini yaitu jika pengunjung membunyikan lonceng gereja tiga kali maka bisa membuat satu keinginan menjadi kenyataan.

20. Las Lajas Sanctuary, Kolombia

Las Lajas Sanctuary
destinationlesstravel.com

Las Lajas Sanctuary merupakan sebuah gereja yang berada di perbatasan antara Kolombia dan Ekuador. Gereja ini dikenal sebagai salah satu gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang dibangun di dalam ngarai di Sungai Guaitara.

Las Lajas Sanctuary ini memang menjadi salah satu gereja yang unik dan menarik di dunia karena memiliki jembatan yang melintas hingga 50 meter dari genteng hingga ke lantai ngarai. Gereja ini kemudian juga menjadi tempat ziarah karena di tempat ini Maria pernah menampakkan diri.

21. Church of the Nativity, Jerusalem

Gereja Dengan Arsitektur Terindah
commons.wikimedia.org

Gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang terakhir adalah Church of the Nativity. Gereja yang berada di Betlehem, Jerusalem ini merupakan rumah bagi Gereja Kelahiran dna menjadi salah satu gereja tertua di dunia.

Gereja ini dibangun pada tahun 326 oleh Constantine Agung di sebuah gua yang sebagai tempat kelahiran Yesus. Gereja ini sempat dilahap api kamudian dibangun kembali pada abad ke-6. Church of the Nativity ini menampilkan kolom batu kapur merah dan bagian mosaik yang ada pada dindingnya.

Nah, itulah daftar 21 gereja dengan arsitektur terindah di dunia yang bisa untuk kamu kunjungi saat liburan Natal. Tak hanya menjadi tempat ibadah, gereja juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sangat menyejukkan hati.



Leave a Reply