Wisata

20 Tempat Wisata di Vientiane Favorit Wisatawan Mancanegara

Tempat Wisata di Vientianne merupakan ibukota dari Negara Laos yang indah. Tak hanya sebagai pusat pemerintahan dan pusat ekonomi Laos, Vientiane juga merupakan sebuah kota dengan pesona wisata yang indah dan unik. Lokasinya yang berada di Lembah Mekong dan berbatasan langsung dengan Thailand tentu menjadikan kota ini cukup unik dan menarik unruk dikunjungi.

Vientiane sendiri memiliki banyak sekali spot menakjubkan dan bersejarah. Cocok sekali untuk berjalan-jalan atau berwisata edukasi seputar sejarah Laos. Nah, jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Laos, maka Vientiane menjadi salah satu kota yang tak boleh dilewatkan. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Vientiane yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Buddha Park

worldtravelconnector.com

Tempat wisata populer di Vientiane yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Buddha Park atau yang juga dikenal dengan Xieng Khuan. Buddha Park ini merupakan sebuah komplek taman besar dengan patung-patung Buddha dan candi-candinya.

Patung-patung Buddha dalam taman ini memang sangat besar, maka tak heran jika Buddha Park ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi. Taman ini pertama kali ditemukan pada tahun 1958 oleh biksu yang juga seniman, yaitu Bunleua Sulila.

Abul Noodle Bar, Tawarkan Ragam Menu Mie Terjangkau Dengan Pemandangan Kota

Se’i Sapi Sisapi, Tawarkan Menu Daging Asap Dengan Sambal Nikmat Di Pusat Kota

2. Pha That Luang

nationsonline.org

Pha That Luang menjadi destinasi wisata kedua di Vientiane yang wajib untuk kamu kunjungi. Pha That Luang merupakan sebuah stupa emas yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Pha That Luang ini konon pertama kali dibangun pada abad ketiga, namun sempat melalui proses renovasi pada tahun 1566 setelah kota Vientiane menjadi ibukota Laos. Stupa ini memiliki tinggi hingga 44 meter dan semuanya terbuat dari emas. Pha That Luang sebenarnya tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang, apalagi wisatawan. Namun kamu tak perlu kecewa karena wisatawan tetap diperbolehkan untuk masuk hingga gerbang pertama. Dari sini kamu juga tetap bisa melihat stupa ini dengan jelas.

3. Vat that Khao

blog.pergi.com

Masih berada di lokasi yang sama dengan Pha That Luang, Vat That Khao juga menjadi salah satu tempat wisata di Vientiane yang wajib untuk kamu kunjungi. Di Vat That Khao ini kamu bisa melihat patung Buddha tidur menyamping yang sangat besar dan megah. Seperti yang ada di Thailand.

Patung Buddha ini memiliki bentuk yang unik juga klasik. Kamu pun bisa berfoto dengan latar patung Buddha ini. Jika ingin berfoto berlatarkan patung Buddha yang lengkap, kamu harus mundur agak jauh agar terlihat seluruhnya.

4. Setthathirath

travellaosonline.com

Setthathirath atau Xaysettha juga menjadi spot menarik di Vientiane yang wajib dikunjungi. Setthathirath ini merupakan sebuah patung atau monument yang lokasinya berada di kawasan Pha That Luang.

Patung ini berwarna hitam dan menggunakan pakaian kuning. Sangat kontras dengan latar belakangnya yang berupa stupa emas. Monumen ini dikelilingi oleh banyak bangunan dan stupa yang indah.

5. That Dam

asiatravelgate.com

Tempat wisata di Vientianne yang wajib untuk kamu kunjungi berikut ini dikenal dengan nama That Dam. That Dam sendiri memiliki arti Black Stupa karena memang stupa ini memiliki warna hitam.

Stupa ini konon dikatakan menampung seorang serpent Naga berkepala tujuh yang melindungi warga Vientianne. Stupa yang berada di Chantha Khoumane road ini dulunya merupakan stupa bata yang pernah dilapisi dengan emas. Namun, menurut legenda orang-orang Siam mengambilnya saat mereka menyerang Vientiane pada tahun 1820-an.

6. Patuxai

puluongvietnam.net

Patuxai tak hanya menjadi tempat wsata di Vientiane yang terkenal namun juga menjadi ikon dari kota ini. Berlokasi di Lang Xang Avenue, Patuxai ini memiliki bentuk yang mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris. Namun, patuxai memiliki perbedaan yaitu terdapat simbol-simbol Buddha dan Hindu.

Monumen ini merupakan simbol perjuangan Laos setelah bebas dari penjajahan Perancis selama lebih dari satu abad. Pertama kali dibangun pada tahun 1962, patuxai ini sebenarnya belum rampung karena kondisi ekonomi Laos yang tidak stabil. Meskipun begitu, patuxai tetap menarik perhatian wisatawan. Gerbang ini dikelilingi dengan Taman Patuxai sehingga kamu yang datang kesini bisa bersantai di taman.

7. Vientiane Night Market

justgola.com

Tempat wisata menarik di Vientiane yang satu ini juga wajib untuk kamu singgahi, khususnya bagi kamu yang suka berbelanja dan mencicipi kuliner khas Laos. Viantiane Night Market ini berada di tepian sepanjang Sungai Mekong.

Disini kamu akan menemukan deretan kios beratap merah yang menjual beragam barang, seperti pakaian, kerajinan tangan, souvenir hingga elektronik. Kios disini biasanya baru buka setelah matahari terbenam. Di pasar ini kamu bisa membeli berbagai oleh oleh khas Laos yang menarik, seperti kemeja dengan logo Beer Lao, lukisan Buddha, gantungan kunci dan masih banyak lagi lainnya.

Tak perlu khawatir jika tidak bisa berbahasa Laos karena kebanyak penjual disini berbahasa Inggris, maka tak perlu heran jika banyak wisatawan yang gemar berbelanja disini. Jangan lupa menawar agar bisa mendapat harga terjangkau. Setelah berbelanja, kamu pun bisa mencicipi ragam street food yang lezat di pasar malam ini.

8. Vientiane City Pillar Shrine

justgola.com

Vientiane City Pillar Shrine adalah sebuah kuil kecil dengan bangunan yang indah serta menawan. Bangunan kuil ini baru selesai dibangun pada tahun 2012, namun cukup menarik untuk dikunjungi.

Kuil yang berlokasi di Desa Phaiwat, Distrik Sisattanak ini memiliki 473 pilar dan dibangun dengan tujuan untuk melestarikan peninggalan kuno dan sisa-sisa artefak Kota Vientiane. Wisatawan yang datang pun bisa menikmati wisata religi dan sejarah di kuil ini. Meskipun bangunannya kecil, namun gaya bangunannya bisa membuatmu kagum.

9. Wat Si Saket

vientiane.crowneplaza.com

Tempat wisata di Vientiane selanjutnya adalah Wat Si Saket. Wat Si Saket ini mrupakan biara Buddha dari abad ke-19 yang dibangun di pusat kota Vientiane.

Wat Si Saket ini merupakan kuil tertua yang mana bangunannya masih sama dengan aslinya. Sekarang kuil ini sudah menjadi rumah bagi 10.000 patung Buddha yang mengelilingi kuil ini. Wisata ini dibuka dua kali sehari, yaitu pada pagi hari pukul 8 hingga siang dan pukul 1 siang hingga 4 sore.

10. Wat Mixay

justgola.com

Wat Mixay juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Vientiane. Wat Mixay merupakan sebuah kuil yang tidak terlalu besar, namun kamu akan mengagumi gaya bangunan kuil ini.

Wat Mixay ini memiliki bangunan kecil yang berwarna emas. Desain kuil ini cukup unik dan mencolok karena didominasi dengan warna-warna yang terang. Gerbang dari kuil ini berwarna cerah dan berdiri tegak untuk menyambut wisatawan yang datang. Wat Mixay ini menjadi salah satu spot foto yang menarik untuk kamu kunjungi dan akan membuatmu merasa benar-benar berasa di Laos.

11. Phou Khao Khuoay National Park

expedia.com

Jika kamu menyukai wisata alam, maka kamu wajib berkunjung ke tempat wisata di Vientiane yang satu ini. Phou Kha Khuoay National Park ini merupakan sebuah taman nasional yang sangat luas dan menarik untuk dikunjungi.

Phou Khao Khuoay National Park sendiri memiliki arti Gunung Tanduk Kerbau dan sangatlah luas. Meskipun jaraknya sekitar 40 kilometer dari pusat kota Vientiane, namun keindahan taman nasional ini akan membuatmu terpesona. Semua rasa lelah selama perjalanan akan sirna dengan adanya pemandangan indah yang disuguhkan oleh Phou Khao Khuoay National Park ini. Disini kamu bisa menikmati hutan pinus yang sejuk, sungai dan air terjun. Tak hanya itu, taman nasional ini juga memiliki flora dan fauna khas Laos yang sangat menarik untuk dilihat.

12. Ho Phra Keo

en.vietnamitasenmadrid.com

Tempat wisata di Vientiane yang satu ini juga tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, yaitu Ho Phra Keo atau yang sering disebut sebagai Haw Phra Kaew. Ho Phra Keo ini merupakan kuil Buddha yang dibangun pada tahun 1565 yang mana sekarang telah dijadikan sebagai museum seni dan budaya.

Destinasi wisata ini tentu sangat cocok bagi kamu yang suka dengan sejarah, budaya juga seni. Disini kamu bisa melihat beragam kolaksi patung-patung Buddha serta benda-benda unik dari abad ke-6. Ho Phra Keo berada d Setthathirath Road dan bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 12 siang dan pukul 1 siang hingga 4 sore.

13. Wat Si Muang

en.vietnamitasenmadrid.com

Wat Si Muang adalah salah satu kuil terindah di Vientiane yang cukup menarik wisatawan untuk datang kesana. Wat Si Muang sampai saat ini memang masih menjadi tempat ibadah, namun juga kerap dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Vientiane.

Terdapat sebuah kisah yang cukup populer seputar kuil ini. Konon, ada seorang wanita hamil yang mengorbankan dirinya untuk menenangkan roh yang marah dengan cara melompat ke dalam lubang dimana terdapat pilar kota besar berasa. Untuk itulah, banyak orang yang datang kesini untu memohon keberuntungan.

14. The Presidential Palace

trip.com

The Presidential Palace juga menjadi salah satu tempat menarik di Vientiane yang wajib untuk kamu kunjungi. Istana Presiden Laos ini lokasinya berada cukup dekat dengan banyak destinasi wisata di kota Vientiane.

Meskipun wisatawan tak diperbolehkan untuk masuk ke dalam istana, namun kamu bisa berfoto di depannya dan mengagumi gaya bangunan dari The Presidensial Palace ini. Bangunan istana ini sangat megah juga mewah sehingga menjadi spot foto yang unik di Laos.

15. Lao National Museum

laotiantimes.com

Satu lagi tempat untuk kamu mengetahui tentang sejarah dan budaya Laos, yaitu Lao National Museum. Museun Nasional Laos ini memang menjadi salah satu tempat wisata di Vientiane yang cukup menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi kamu yang menyukai sejarah dan museum.

Museum ini enempati sebuah bangunan yang dibangun selama periode colonial Perancis. Disini kamu akan menemukan banyak sekali pameran yang menarik. Seperti artefak lokal, lukisan, perhiasan, patung dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan kamu akan menemukan galeri yang didedikasikan untuk foto periode, salah satunya adalah periode prasejarah yang menampilkan tulang dinosaurus dan fragmen tembikar kuno.

16. Kaysone Phomvihane Museum

vientiane.holiday

Kaysone Phomvihane Museum merupakan sebuah museum yang dibuka untuk memperingati ulang tahun presiden Laos ke-75 yang juga merupakan monument bagi salah satu pemimpin komunis paling terkenal di Indochina.

Museum ini terdiri dari sejumlah galeri yang menceritakan kisah Kaysone. Seperti kehidupan kesehariannya yang agak pribadi. Baik di luar maupun di dalam museum kamu akan melihat patung Kaysone yang terbuat dari perunggu dan kamu juga bisa melihat berbagai memorabilia pribadi dari Kaysone. Bahkan, kamu bisa melihat model rumah masa kecilnya dan miniatur gua yang menjadi tempat persembunyiannya di Provinsi Hua Phan.

17. Lao Textile Museum

alifewithoutborders.org

Lao Textile Museum juga menjadi salah satu tempat wisata di Vientiane yang cukup menarik untuk dikunjungi. Museum ini memang tidak terlalu besar dan dulunya dimiliki secara pribadi oleh keluarga lokal yang juga memiliki Butik Kanchana.

Setelah menjadi museum, tempat ini banyak menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung. Disini kamu akan melihat rumah kayu yang khas berisikan alat tenun kuno dan tekstil antik yang mewakili berbagai kelompok etnis di Laos. Disini pun kamu juga bisa ikut kelas untuk melukis tekstil yang seru untuk diikuti.

18. Cooperative Orthotic and Prosthetic Enterprise

id.pinterest.com

Tempat wisata menarik di Vientianne yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Cooperative Orthotic and Prosthetic Enterprise atau yang sering disingkat sebagai COPE. COPE merupakan badan amal di Vientiane yang bertujuan untuk mengobati dan merehabilitasi penduduk setempat yang menjadi korban ranjau darat yang belum meledak sisa dari Perang Vietnam.

Terdapat sejumlah pusat rehabilitasi di seluruh Laos, namun kamu bisa berkunjung yang di Vientiane. Disini terdapat galeri pendidikan untuk mengajari pengunjung lebih banyak tahu tentang misi COPE seluruhnya. Kamu juga bisa melihat video pekerjaan yang mereka lakukan di kawasan pedesaan LAOS.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi lokakarya pembuatan prostetik disini untuk mempelajari bagaimana anggota tubuh buatan dibuat.

19. National Ethnic Cultural Park

justgola.com

National Ethnic Cultural Park atau Taman Budaya Etnis Nasional ini merupakan sebuah taman budaya yang berlokasi di pinggiran kota Vientiane. Taman budaya ini sangat terkenal di kalangan wisatawan, khususnya bagi mereka yang ingin berwisata edukasi karena memiliki miniature rumah tradisional yang mewakili semua kelompok etnis yang berbeda di Laos.

Disini pengunjung bisa berkeliling ke berbagai rumah di taman budaya ini dan melihat beberapa patung dinosaurus serta mengunjungi kebun binatang kecil disini. Tak hanya itu, kamu juga bisa menonton pertunjukan budaya yang diadakan disini yang sangat seru. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke taman budaya ini setelah berkunjung dari Buddha Park karena lokasinya yang cukup berdekatan.

20. Mekong Riverside Park

m.justgola.com

Tempat wisata di Vientiane yang terakhir adalah Mekong Riverside Park. Mekong Riverside Park ini merupakan sebuah taman yang luas di samping Sungai Mekong. Memang rasanya belum lengkap liburan ke Laos jika belum berkunjung ke Sungai Mekong, yaitu sungai yang menjadi perbatasan Laos dan Thailand.

Taman ini biasa digunakan untuk bersantai, jogging, bersepeda hingga senam. Di sekitar taman ini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap. Taman ini pun tertata dengan cukup baik sehingga saat akhir pekan banyak yang berolahraga disini.

Demikianlah daftar tempat wisata di Vientiane yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Cukup menarik sekali bukan? Yuk segera agendakan perjalanan kamu ke ibukota Laos ini.

prita

Recent Posts

7 Taman Asri di Surabaya Cocok Untuk Jalan Sehat Hingga Piknik

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang cukup populer dan dikenal dengan sebutan…

5 hours ago

7 Rekomendasi Es krim dan Gelato Enak di Jakarta

Jakarta memang menjadi salah satu Kota yang terkenal sekali dengan kulinernya yang beragam, dan banyak…

8 hours ago

10 Taman Terbaik di Dunia Bikin Betah Duduk Santai Seharian

Saat musim panas memang sangat menyenangkan dan menyegarkan mata jika kita berkunjung ke taman. karena…

12 hours ago

7 Kaledo Enak di Palu Dengan Sensasi Gigitan Daging Kenyal Dan Empuk

Indonesia memang memiliki beragam budaya, adat, tradisi, dan dengan keberagaman inilah yang membuat Indonesia ini…

17 hours ago

10 Rekomendasi Penginapan Murah di Solo Dekat Stasiun

Solo dikenal sebagai salah satu daerah yang kaya akan budaya, kuliner, hingga tempat wisata. Tidak…

1 day ago

10 Rekomendasi Es Krim dan Gelato Enak di Yogyakarta

Apa yang Anda ingat saat mendengar kata Yogyakarta? Daerah Yogyakarta memang dikenal menawarkan banyak tempat…

1 day ago