20 Tempat Wisata di Perth, Australia Favourit Warga lokal


prita  July 12, 2021  0 Comment

Tempat Wisata di Perth dikenal sebagai sebuah kota cantik yang berada di Australia Barat. Perth memang tidak sepopuler Sydney ataupun Melbourne, namun kota ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang bisa memanjakan para wisatawan. Perth memang berada di pinggir laut, maka tak heran jika kota ini mendapat julukan sebagai kota pelabuhan. Udara di Perth juga sangat nyaman, maka tak heran jika tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Negara bagian Australia Barat. Nah, jika kamu ingin berlibur ke Perth, simak dulu daftar tempat wisata di Perth yang wajib untuk kamu kunjungi berikut ini.

1. The Swan Bells Tower

The Swan Bells Tower
westernaustralia.com

Tempat wisata di Perth yang pertama wajib kamu singgahi adalah The Swan Bells Tower. The Swan Bells Tower ini merupakan sebuah menara dengan 18 lonceng di dalamnya yang memiliki berat gabungan mencapai Sembilan ton. Tak heran jika lonceng dibunyikan akan mengerahkan kekuatan yang cukup besar pada struktur pendukungnya.

Disini pengunjung bisa menuju ke dek observasi di atas menara, dari situ kamu akan melihat pemandangan 360 derajat Sungai Swan dan CBD. Dek observasi ini memiliki 26 lonceng Carillon yang akan memainkan beberapa lagu terkenal dan lagu kebangsaan. Pengunjung juga bisa menikmati layar audio visual canggih yang memproyeksikan gambar dari 16 kamera yang difokuskan pada ruang lonceng dan lonceng.

Gotravelly

Abul Noodle Bar, Tawarkan Ragam Menu Mie Terjangkau Dengan Pemandangan Kota

Se’i Sapi Sisapi, Tawarkan Menu Daging Asap Dengan Sambal Nikmat Di Pusat Kota

2. Elizabeth Quay

Elizabeth Quay
thetowersperth.com.au

Elizabeth Quay menjadi destinasi wisata di Perth yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya. Elizabeth Quay ini menawarkan taman yang lengkap dengan segala fasilitasnya, seperti wahana bermain anak dengan air mancur dan deretan café.

Disini pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas, seperti jogging, bersepeda atau sekedar bersantai di taman ini. Di beberapa titik taman ini juga terdapat sumber air bersih yang bisa diminum langsung. Tak heran jika Elizabeth Quay ini menjadi wisata keluarga yang paling favorit.

3. Perth Zoo

Perth Zoo
southperth.wa.gov.au

Selain Elizabeth Quay, tempat wisata keluarga di Perth selanjutnya adalah Perth Zoo. Kebun Binatang Perth ini memiliki luas mencapai 41 hektar yang mampu menampung hingga 1.258 hewan dari 164 spesies dengan koleksi botani yang luas.

Kebun binatang ini memiliki tiga zona utama, yaitu Australian Walkabout, Rainforest Asia dan Savannah Afrika. Tak hanya itu, ada juga beberapa area pameran kecil yang semuanya dirancang untuk meniru habitat alami hewan dan memanfaatkan penghalang pasif. Disini kamu akan melihat beragam satwa khas Australia, seperti Kanguru, bangau leher hitam, bebek bermata biru dan masih banyak lagi lainnya.

4. King Park and Botanical Garden

King Park and Botanical Garden
expedia.co.id

King Park and Botanical Garden juga menjadi salah satu tempat wisata di Perth yang ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan. Taman seluas 4,06 kilometer persegi ini menjadi tempat pengunjung untuk beraktivitas atau sekedar bersantai melepaskan penat.

Kings Park and Botanic Garden ini menjadi habitat bagi tanaman yang telah berusia lebih dari 750 tahun. Kamu bisa melihat bunga-bunga liar bermekaran disini saat musim semi, yaitu pada bulan September hingga November. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menikmati keindahan Sungai Swan dan Canning yang dibingkai oleh pemandangan gedung-gedung kota Perth. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengikuti tur jalan kaki mengelilingi taman ini ini. Kamu akan mendapat wawasan seputar taman hijau yang sarat akan sejarah ini.

5. Penguin Island

Penguin Island
destinationlesstravel.com

Tempat wisata populer di Perth yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Penguin Island. Disebut sebagai Pulau Penguin karena banyaknya penguin kecil yang tinggal di pulau ini.

Pulau ini berada 700 meter di lepas pantai Rockingham dan menjadi cagar alam dengan area seluas 12,5 hektar. Penguin Island ini menjadi rumah bagi ragam satwa liar. Kawanan penguin kecil terbesar hidup di pulau ini selama musim dingin dan di pulau inilah mereka bersarang. Saat musim panas, penguin tersebar luas di kawasan ini dan mereka sesekali terlihat memancing dan berenang di perairan sekitar pulau. Tak hanya bisa melihat kawanan penguin, disini kamu bisa menjumpai kawanan pelican dan burung kormoran. Lalu ada juga lumba-luma dan singa laut Australia yang berada di sekitar pulau tersebut.

6. Rottnest Island

Rottnest Island
danflyingsolo.com

Rottnest Island atau yang sering dijuluki sebagai Rotto ini merupakan sebuah pulau yang memiliki 63 pantai indah, 20 teluk indah, terumbu karang dan bangkai kapal. Pulau ini juga menjadi hewan ikonik Australia Barat, yaitu Quokka.

Pulau ini memiliki luas sekitar 19 kilometer persegi dan untuk menjelajahi salah satu tempat wisata di Perth ini pengunjung membutuhkan sepeda. Rottenest Island ini menjadi tujuan wisata sempurna bagi kamu yang suka dengan olahraga air, seperti berenang, menyelam, memancing dan berselancar. Tak hanya itu, pulau ini juga menjadi lokasi yang sempurna untuk menyaksikan migrasi Paus bungkuk dan paus sikat dari selatan.

7. Fremantle Markets

Fremantle Markets
australiayourway.com

Tempat wisata populer di Perth yang satu ini juga terbilang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Fremantle Markets. Pasar Fremantle ini pertama kali dibuka pada tahun 1897 dan menjadi tujuan populer bagi penduduk lokal juga wisatawan.

Pasar ini terdiri dari dua bagian, yaitu The Yard dan The Hall. Kamu juga bisa menjelajahi lebih dari 150 kios unik yang masing-masing menjual berbagai produk. Pasar ini memiliki banyak kios produk segar dan berbagai produk lokal, seperti kamu akan menemukan kios didgeridoos dan boomerang. Kamu juga bisa berburu souvenir khas Perth di pasar ini, juga mencicipi jajanan lokal yang rasanya nikmat.

8. Twilight Hawkers Market

Twilight Hawkers Market
scoop.com.au

Selain Fremantle Market, Twilight Hawkers Market juga menjadi salah satu pasar yang wajib untuk kamu singgahi. Twilight Hawkers Market ini juga menjadi salah satu tempat wisata menarik di Perth yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sesuai dengan namanya, pasar ini buka saat senja, yaitu pukul 16.00 setiap hari Jumat. Pasar yang berlokasi di Forrest Place dekat Murray Street ini memang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Perth. Tak hanya karena enak dan murah, pasar ini juga menawarkan kuliner halal dari Malaysia, Singapura, Turki hingga Maroko. Sambil menikmati kuliner disini, pengunjung juga akan disuguhi dengan panggung music yang cukup meriah.

9. Perth Mint Museum

Perth Mint Museum
community.snapwire.co

Jika kamu suka berkunjung ke museum, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Perth Mint Museum ini. Perth Mint sebenarnya merupakan nama sebuah perusahaan logam mulia terbesar di Australia. Perusahaan ini menyediakan produk dan layanan jual beli platinum, perak dan emas ke pasar dunia.

Di museum ini kamu akan menemukan toko souvenir emas juga pernak pernik lainnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan yang igin berkeliling museum ini akan ditemani oleh pemandu dan selama setengah jam pemandu akan menjelaskan bagaimana perkembangan emas di Australia dan dunia. Kamu juga akan diajak melihat emas seberat 1 ton dan proses pembuatan emas batangan.

10. Yagan Square

Yagan Square
jetstar.com

Tempat wisata populer di Perth yang layak untuk kamu singgahi selanjutnya adalah Yagan Square. Yagan Square ini merupakan sebuah ruang terbuka public yang menghubungkan CBD Perth dengan Northbridge.

Yagan Square ini terinspirasi dari alam Australia Barat yang memiliki ruang public terpadu dengan taman yang asri, restoran, café, bar dan pasar yang menjual prosuk lokal. Tak hanya itu, kamu juga akan mendapati amfiteater yang biasa digunakan untuk pertunjukan music di siang hari ataupun malam hari.

11. Caversham Wildlife Park

Caversham Wildlife Park
tiket.com

Caversham Wildlife Park merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Perth yang cukup direkomendasikan untuk dikunjungi. Caversham Wildlife Park ini adalah sebuah kebun binatang milik keluarga yang dikelola oleh David Thorne besama dengan istri dan kedua anaknya.

Lahan seluas 2 hektar ini menjadi rumah bagi 200 spesies fauna yang jumlahnya lebih dari 2.000 ekor. Disini kamu akan menemukan ratusan kanguru yang mana sebagian besar dari mereka lahir di taman ini. Pengunjung pun diijinkan untuk berinteraksi dan memberi makan kanguru disini. Uniknya, pengunjung disini akan disuguhkan dengan beragam atraksi yang banyak melibatkan domba sebagai objeknya. Seperti penggiringan sekelompok domba oleh beberapa ekor anjing hingga pencukuran bulu domba.

12. Sorrento Beach

Sorrento Beach
pinterest.es

Tempat wisata di Perth yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Sorrento Beach. Pantai Sorrento ini merupakan sebuah pantai kota yang sangat indah dan menjadi tujuan wisatawan.

Berada di pinggiran Sorrento, pantai ini memang menjadi kawasan wisata yang cukup menarik dan sangat mudah untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki perairan biru yang jernih berpadu dengan hamparan pasir putih yang lembut dan bersih. Pantai ini membentang sejauh 600 meter dan memberikan banyak ruang untuk melakukan berbagai aktivitas bagi pengunjungnya.

13. Cottesloe Beach

Cottesloe Beach
baseimagery.com.au

Tak hanya ada Sorrento Beach, destinasi wisata pantai di Perth yang satu ini juga layak untuk kamu kunjungi, yaitu Cottesloe Beach. Pantai ini juga berada cukup dekat dengan pusat kota, maka tak heran jika pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat sore hari hingga malam hari.

Kalau kamu suka menikmati pemandangan mata hari terbenam, kamu bisa berkunjung ke Cottesloe Beach ini saat sore hari. Pemandangan birunya air laut disini berpadu dengan warna jingga dari matahari terbenam tentu bisa membuatmu betah berkama-lama disini. Di kawasan pantai ini juga terdapat banyak café yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kuliner khas Perth sambil menikmati indahnya pantai.

14. City Beach

City Beach
visitperth.com

Tempat wisata di Perth yang satu ini juga masih berupa wisata pantai, yaitu City Beach. City Beach adalah pantai di pinggiran kota Perth, tepatnya di kota Cambridge. City Beach merupakan istilah untuk menyebutkan pantai yang berada di pinggiran kota dengan nama yang sama.

City Beach ini memiliki dua pantai utama, yaitu Pantai Floreat dan City Beach. Masing-masing pantai ini memiliki klub selancar dengan semua fasilitasnya. Olahraga selancar sangat populer di wilayah pantai ini, hal ini karena pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk peselancar pemula hingga menengah.

15. London Court

London Court
pinterest.com

London Court merupakan sebuah tempat wisata belanja di Perth yang akan memajakan kamu yang suka sekali berbelanja. Bangunan ini memiliki empat lantai dimana pengunjung bisa bebas berbelanja.

Berdiri sejak tahun 1937, bangunan tua ini menyimpan banyak sekali toko souvenir dimana wisatawan yang ingin membeli oleh oleh khas Perth bisa berbelanja disini. Tak hanya berbelanja souvenir, disini kamu juga bisa berbelanja barang-barang antic, berbagai macam karya seni dan artefak budaya. Ditambah lagi, kamu juga bisa mencicipi berbagai makanan dan berbagai jenis kopi disini, pasalnya kamu akan menemukan banyak café untuk bersantai dan menikmati coklat gourmet.

16. Barracks Arch

Barracks Arch
heritageperth.com.au

Barracks Arch merupakan sebuah bangunan yang berada di sudut Jalan Malcolm dan Elder. Bangunan hasil rancangan Richard Roach Jewell ini dibangun sejak tahun 1866 dan memiliki tiga lantai.

Barracks Arch mrmiliki gaya bangunan Tudor yang bentuknya menyerupai kastil abad pertengahan. Pada tahun 1887, bangunan ini pernah hancur terbakar pada bagian lantai kayu di sisi timur serta di bagian tengah lantai dua, namun berhasil diselamatkan dan dibangun lagi. Sekarang, bangunan bersejarah ini menjadi salah satu tempat wisata di Perth yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jika ingin berkunjung ke Barracks Arch, kamu bisa datang ke Jalan Malcolm dan Elder.

17. Old Mill

Old Mill
wabiz.org

Jika kamu suka berwisata sejarah dan ingin mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah di kota Perth, maka kamu wajib datang ke Old Mill ini. Old Mill merupakan salah satu tempat wisata di Perth yang lokasinya berada di Perth Selatan.

Old Mill merupakan sebuah menara pabrik yang telah mengalami restorasi kembali ke kondisi seperti di tahun 1830-an. Old Mill ini juga menjadi landmark bersejarah di Perth karena dibangun pada tahun 1835. Bangunan berkincir dan bercat putih klasik ini menghadap ke arah pusat kota, di sebelah selatan Sungai Swan. Untuk menuju ke Old Mill ini tidaklah susah, kamu bisa menggunakan bus atau kapal ferry dari Barrack Street Jetty ke Mends Street Jetty yang berada di pantai selatan.

18. Scitech

Scitech
m.sworld.co.uk

Kalau kamu ingin berwisata edukasi di Perth, kamu bisa berkunjung ke Scitech. Scitech merupakan tempat wisata edukasi di Perth yang paling oke dan terbuka untuk umum.

Scitech menampilkan pemran interaktif yang akan membuat pengunjung tertarik pada ilmu pengetahuan. Pertama kali dibuka pada tahun 1988, Scitech ini dikelola oleh sebuah organisasi non-profit yang bertujuan untuk menambah minat, kemampuan dan kesadaran orang-orang akan ilmu pengetahuan lebih meningkat. Scitech juga sering mengadakan pameran berskala besar setiap tahunnya.

19. Adventure World

Adventure World
youtube.com

Apabila kamu ingin mengajak keluarga untuk berlibur dan menikmati beragam wahana, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Adventure World. Adventure World merupakan salah satu tempat wisata di Perth yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Adventure World ini berada sekitar 20 kilometer dari Perth CBD. Disini kamu akan disuguhkan dengan ragam wahana yang menarik serta seru. Bahkan, ada wahana yang telah berusia 20 tahun dan keasliannya masih terjaga dengan baik. Sementara beberapa atraksi juga telah diperbaiki dan ditambah. Deretan wahana yang bisa kamu coba disini Antara lain, Water Mountain, Skull Rock, Ole Swimming Hole dan Enchanted Castle.

20. Hillarys Boat Harbour

Hillarys Boat Harbour
weekendnotes.com

Tempat wisata di Perth yang terakhir adalah Hillarys Boat Harbour. Hillarys Boat Harbour ini merupakan sebuah taman bermain yang sangat populer di Perth.

Di taman ini kamu bisa membeli tiket pelayaran whale-watching yang akan membuatmu semakin senang. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan disini adalah berjalan-jalan menyusuri dermaga sambil menikmati keindahan pemandangan di depan mata. Taman ini sangat sempurna untuk berlibur sambil bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah.



Leave a Reply