Wisata

20 Tempat Wisata di Jaipur India Yang Eksotik dan Keren Abis

India merupakan salah satu Negara di Asia yang terkenal akan budaya dan sejarahnya yang unik salah satu yang terbaik tempat wisata di Jaipur. Tak hanya itu, India pun dikenal dianugerahi dengan ragam wisata alam yang pastinya sangat indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

India tidak hanya seputar New Delhi dan Mumbai saja, kamu pun bisa berkunjung ke Kota Jaipur. Kota yang mendapat julukan sebagai Pink City atau Kota Merah Muda karena banyak sekali bangunan berwarna merah muda di kota ini. Bangunan-bangunan di Jaipur tersebut juga terkenal bersejarah dan sangat Instagram worthy. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Jaipur, Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Jaipur yang sayang untuk dilewatkan

1. Hawa Mahal

thrillophilia.com

Tempat wisata di Jaipur yang pertama adalah Hawa Mahal. Hawa Mahal atau yang juga dikenal sebagai Palace of Winds ini memang sangat besar dan memiliki gaya bangunan yang sangat indah.

Istana ini dulunya dibangun untuk tempat tinggal istri-istri Raja. Menariknya, bahan yang digunakan untuk membangun istana ini adalah dnegan menggunakan batu pasir merah dan merah muda. Dibangun oleh Maharaja Sawai Pratap Singh di tahun 1799, Hawa Mahal ini memiliki 953 jendela kecil yang membuatnya terlihat bagaikan sarang lebah. Ruang interior pada Hawa Mahal ini mendapat efek pendingin karena angin yang bertiup melalui celah jendela. Untuk itulah Hawa Mahal juga dijuluki sebagai Palace of Winds karena kamu masih bisa merasakan angin serta udara sejuk meskipun ruangannya tidak menggunakan pendingin.

Jika kamu menuju ke puncak Hawa Mahal, kamu bisa melihat indahnya pemandangan City Palace dan Jantar Mantar yang megah.

Hawa Mahal Jaipur: Istana Megah Dengan Ratusan Jendela

Jal Mahal Water Palace, Istana Paling Unik Dan Ikonik Di India

2. City Palace

thrillophilia.com

Berlokasi di tak jauh dari Hawa Mahal, kamu bisa menemukan salah satu tempat wisata di Jaipur yang tak kalah menawan, yaitu City Palace. Istana ini lokasinya berada di komplek Pink City Jaipur dan dibangun sekitar abad ke-17 oleh Maharaja Sawai Jai Singh II.

Tak kalah dengan Hawa Mahal, City Palace juga memiliki arsitektur yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Istana ini memiliki dinding berwarna merah muda, labirin berwarna cerah, lorong yang indah serta taman yang cantik untuk dikunjungi. City Palace ini setiap sudutnya sangat instagramable, lho dan pastinya bisa membuatmu betah berlam-lama disana.

3. Jal Mahal

indoindians.com

Jal Mahal juga menjadi salah satu tempat wisata di Jaipur yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Jal Mahal ini juga dikenal sebagai Istana Air dan menawarkan pemandangan yang menawan.

Jal Mahal ini lokasinya berada di tengah Danau Maan Sagar dan sama sekali tidak dibuka untuk uum. Meskipun terkesan misterius, namun keindahannya tetap bisa kamu nikmati dari kejauhan. Menariknya lagi, kamu bisa menemukan jasa sewa kostum Rajashtan dan berfoto disana. Kamu pun bisa mencoba pakaian khas Rajashtan ini sambil berfoto dengan latar Jal Mahal yang sangat indah.

4. Nahargarh Fort

thrillophilia.com

Tempat wisata di Jaipur yang wajib masuk dalam itinerary kamu selanjutnya adalah Nahargarh Fort. Benteng ini memang cukup populer karena menawarkan pemandangan kota Jaipur yang sangat indah dari ketinggian.

Nahargarh Fort ini terlihat bagaikan mengapung di atas kota karena memang lokasinya yang berada di atas bukit. Nahargarh Fort ini memiliki bentuk bangunan yang sangat indah, meskipun begitu kamu juga wajib untuk menjelajah bagian dalamnya. Benteng ini terdiri dari labirin kamar-kamar, lorong-lorong dan koridor yang sangat indah dan pastinya instagrambale.

5. Amber Fort

dnaindia.com

Amber Fort atau Benteng Amber ini dikenal sebagai ikon Jaipur yang cukup banyak menyedot perhatian wisatawan. Amber Fort ini dibangun dengan batu berwana pink dan kuning sehingga benteng ini terlihat sangat indah jika terkenal pantulan sinar matahari. Bahkan dinding dan lantai di benteng ini terbuat dari marmer putih berhiaskan desain yang rumit.

Kawasan Amber Fort ini memang cukup luas sehingga untuk sampai di Amber Fort kamu harus naik kendaraan. menariknya, kamu bisa menunggangi gajah, motor atau jeep. Sesampainya di atas, kamu tentu bisa menikmati indahnya Jaipur dari ketinggian. Amber Fort selalu menjadi salah satu destinasi untuk fotografi paling diminati di Jaipur.

6. Panna Meena ka Kund

outlookindia.com

Berada di bawah Amber Fort, kamu akan menemukan tempat wisata di Jaipur yang tak kalah menarik dan instagramable, yaitu Panna Meena ka Kund. Panna Meena ka Kund ini merupakan tangga yang unik dan cocok dijadikan sebagai spot foto.

Panna Meena ka Kund ini digunakan sebagai tempat untuk bersosialisasai, sumber air utama dan kolam pemandian yang airnya selalu dingin meskipun saat musim panas. Destinasi ini memang menjadi tempat favorit para wisatawan, khususnya bagi yang hobi fotografi. Kamu hanya butuh mencari angle yang tepat untuk berfoto disini. Pastikan juga kamu menggunakan pakaian yang warnanya kontras dengan warna bangunan disini agar fotonya terlihat lebih menarik.

7. Jaigarh Fort

jaipurtourism.co.in

Tempat wisata di Jaipur yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Jaigarh Fort. Benteng ini berdiri di ketinggian 500 kaki di atas permukaan laut dan dibangun pada abad ke-18.

Benteng ini berdiri kokoh menghiasi Cheel Ka Tila atau Bukit Elang di Pegunungan Aravali bagaikan mahkota. Selayaknya bangunan lain di Jaipur, Jaigarh Fort ini jiga dibangun dengan batu pasir berwarna merah. Salah satu hal yang cukup menarik perhatian wisatawan di benteng ini adalah adanya Meriam Jaivana, meriam ini dulunya merupakan meriam terbesar di dunia yang diletakkan di atas roda.

8. Choki Dhani

booking.com

Apabila kamu tertarik untuk berwisata budaya, maka Choki Dhani ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di Jaipur yang layak untuk kamu kunjungi. Choki Dhani ini memang menjadi tempat terbaik untuk merasakan budaya Rajashtani terbaik.

Disini kamu bisa menikmati perkampungan Rajashtani yang otentik, menonton pertunjukan boneka, mengendarai unta hingga menonton pertunjukan rakyat Rajashtani dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan. Tempat ini tak hanya cocok untuk kamu yang suka mempelajari sebuah budaya, namun juga cocok untuk kamu yang sudah bosan dengan hiruk pikuk perkotaan dan ingin menjauh sejenak dari perkotaan.

9. Birla Mandir

jaipurcityblog.com

Birla Mandir atau yang sering dikenal sebagai Laxmi Narayan Temple ini merupakan salah satu kuil paling megah di Jaipur. Pasalnya, kuil ini dibangun dengan batu marmer putih yang sangat indah.

Birla Mandir ini tak hanya menawarkan bangunan kuilnya yang megah dan indah, namun lokasinya pun cukup menyenangkan. Kuil ini beratarkan tanaman hijau yang subur sehingga menyajikan pemandangan yang menyegarkan mata. Dinding kuil ini dihiasi dengan berbagai adegan dan kutipan dari Bhagavad Gita. Birla Mandir ini sampai sekarang masih menjadi tempat ibadah dan sering juga dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan bangunannya. Apalagi jika kamu berkunjung pada malam hari, bangunan ini akan dihujani cahaya lampu yang membuatnya terlihat sangat indah.

10. Jawahar Circle Garden

facebook.com

Tempat wisata di Jaipur yang satu ini memang bukanlah bangunan bersejarah seperti tempat wisata lainnya. Jawahar Circle Garden ini sebenarnya merupakan sebuah taman yang memiliki sebuah gapura indah bernama Patrika Gate. Gapura yang memiliki desain estetik di tengah taman yang tak kalah indah.

Jawahar Circle Garden ini memang sangat indah dan cocok dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Kamu hanya perlu memakai outfit kece untuk kemudian bergaya dengan latar gapura yang bentuknya menawan ini. Wisatawan yang datang ke Jaipur pun kerap mengunjungi gapura cantik ini hanya untuk berfoto.

11. Jantar Mantar

thekarwaan.com

Jantar Mantar juga masuk dalam daftar tempat wisata di Jaipur yang wajib untuk kamu kunjungi saat belribur kesana. Jantar Mahar ini sebenarnya merupakan sebuah observatorium astronomi yang telah ada sejak tahun 1734 dan dibangun atas perintah Maharaja Sawai Jai Singh II.

Jantar Mantar ini menampung sunfial terbesar di dunia yang terbuat dari batu. Tempat ini tak hanya menjadi salah satu destinasi wisata yang indah, namun juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Tentunya Jantar Mantar ini layak untuk masuk dalam destinasi wisata kamu di Jaipur.

12. Albert Hall Museum

thrillophilia.com

Tempat wisata di Jaipur yang menarik dan bersejarah tak melulu bangunan bersejarah, namun ada juga sebuah museum bernama Albert Hall Museum. Albert Hall Museum ini merupakan sebuah museum tertua di Rajashtan yang menyimpan ragam artefak yang bisa memberikan pengunjung sekilas informasi seputar warisan dan peninggalan di kawasan ini.

Museum ini diberi nama dari Pangeran Wales, yaitu Albert Edward. Disini kamu bisa melihat koleksi lukisan, patung, perhiasan, karpet, artefak logam dan masih banyak lagi benda bersejarah lainnya. Namun, salah satu hal yang paling menarik disini adalah Mumi Mesir yang disimpan dalam museum ini. Berani melihatnya langsung?

13. Rambagh Palace

agoda.com

Kalau kamu ingin merasakan sensasi menginap di istana, maka Rambagh Palace ini wajib untuk kamu kunjungi. Rambagh Palace dulunya merupakan sebuah pondok berburu milik kerajaan yang lokasinya berada di tengah hutan lebat. Pada awal abad ke-20 kemudian pondok berburu ini diperluas hingga menjadi tempat tinggal yang besar bagi Maharaja Jaipur.

Sekarang, istana ii telah beralih fungsi sebagai salah satu hotel warisan terbaik di Jaipur. Dengan menginap disini kamu bisa merasakan kemewahan yang menyambutmu bagaikan sultan dan pastinya akan membuatmu betah menginap disana.

14. Jaipur Zoo

youtube.com

Jaipur tak hanya memiliki istana dan benteng yang bersejarah, namun kota ini juga memiliki sebuah kebun binatang yang indah. Tempat wisata di Jaipur yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata bersama keluarga.

Kebun Binatang Jaipur ini menjadi rumah bagi sekitar 50 spesies mamalia, burung dan reptil. Kamu bisa menjelajah kebun binatang ini bersama anak-anak dalam sehari untuk menikmati aneka macam satwa yang hidup disana. Tak hanya ada binatang, kebun binatang ini juga ditumbuhi dengan tanaman hijau yang subur dan menyejukkan.

15. Galta Monkey Temple

travelogyindia.com

Tempat wisata di Jaipur yang satu ini juga tak kalah menawan untuk kamu kunjungi. Galta Monkey Temple atau yang sering dikenal dengan Monkey Temple ini merupakan salah satu destinasi wisata populer yang lokasinya berada sekitar 10 kilometer dari pusat kota Jaipur.

Galta Monkey Temple ini memiliki dua pintu masuk dan perjalanan untuk menuju ke bukitnya cukup melalahkan. Sesuai dengan namanya, sepanjang perjalanan menuju ke kuilnya pun kamu akan melihat banyak monyet yang meminta makan atau mengambil sesuatu dari kita. Untuk itu, pengunjung yang ingin berkunjug kesini diharapkan untuk tidak memakai atau membawa sesuatu yang menarik perhatian mereka.

16. Johari Bazaar

swantour.com

Jika kamu gemar berbelanja, maka tempat wisata di Jaipur yang satu ini wajib masuk dalam bucket list kamu. Johari Bazaar ini adalah sebuah pasar tradisional yang menjual beragam souvenir dan makanan yang bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh khas Jaipur.

Johari Bazaar ini lokasinya berada di kawasan Pink City, tepatnya di seberang Hawa Mahal. Beberapa wisatawan menyebut berbelanja di Johari Bazaar ini cukup mahal, namun kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa menawar harga barang yang dijajakan disini. Johari Bazaar juga menjadi salah satu tempat wisata di Jaipur khusus kamu yang hobi berbelanja.

17. Bapu Bazaar

jaipurtourism.co.in

Selain Johari Bazaar, tempat wisata di Jaipur untuk kamu yang hobi berbelanja selanjutnya adalah Bapu Bazaar. Bapu Bazaar ini menawarkan ragam barang-barang etnis khas Jaipur yang sangat cantik dan otentik.

Di Bapu Bazaar ini banyak penjual yang menawarkan kerajinan tangan Rajashtani yang klasik, batu mulia, karya kuningan, tekstil, patung-patung cendana dan marmer, perhiasan dan masih banyak lagi lainnya. Selayaknya berbelanja di Johari Bazaar, kamu juga bisa menawar harga barang disini agar lebih hemat.

18. Sisodia Rani Ka Bagh

lawstreet.co

Tempat wisata di Jaipur yang satu ini cocok sekali bagi kamu yang ingin mengajak pasangan berlibur di tempat romantis. Sisodia Rani Ka Bagh ini disebut-sebut sebagai salah satu wisata paling romantis di Jaipur.

Sisodia Rani Ka Bagh ini adalah sebuah taman yang indah dan melambangkan cinta abadi Antara Maharaja Sawai Jai Singh II dan istri keduanya yang bernama Rani Sisodia Jai Singh. Taman ini dihiasi dengan air mancur yang indah, anak sungai yang tenang serta pavilion megah berhiaskan lukisan dinding Lord Krishna.

19. Amar Jawan Jyoti

holidify.com

Amar Jawan Jyoti juga menjadi salah satu tempat wisata di Jaipur yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Amar Jawan Jyoti ini merupakan sebuah monument peringatan yang dibangun untuk menghormati para prajurit pemberani yang mempertaruhkan kehidupan mereka dalam perang Indo-Pakistan di tahun 1871.

Monumen ini memiliki struktur yang sederhana, yaitu berupa senapan terbalik. Jika kamu berkunjung saat malam hari, maka kamu bisa melihat monument ini diterangi oleh cahaya dan menjadikannya sebagai salah satu tempat menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke Jaipur.

20. Central Park Jaipur

jaipurtourism.co.in

Tempat wisata di Jaipur yang terkahir adalah Central Park. Central Park ini lokasinya berada tepat di jantung kota Jaipur dan bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Central Park merupakan sebuah taman terbesar di kota ini dengan beragam fasilitas yang siap memanjakan para pengunjungnya. Seperti jogging track sepanjang 5 kilometer, kuil, air mancur musical dan patung batu yang indah. Selain itu, terdapat atraksi unik di taman ini yang tak boleh untuk dilewatkan, yaitu adanya tiang setinggi 206 kaki dengan Bendera Nasional berkibar diatasnya setiap hari. Tempat ini kemudian menjadi rumah burung, bahkan menjadi surga bagi pengamat burung.

prita

Recent Posts

10 Tempat Makan Seafood Enak di Surabaya Dengan Rasa Mengigit

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus…

5 hours ago

12 Museum Musik di Dunia Yang Menarik Dikunjungi Para Pecinta Musik

Siapa sih yang tidak ingin mengunjungi museum musik? Musik memang menjadi favorit semua orang untuk…

10 hours ago

10 Rekomendasi Mie Ayam Ceker Paling Enak di Surabaya

Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan dan menjadi Ibukota Jawa Timur. Kota yang satu ini…

17 hours ago

9 Rute Tujuan Wisata Bahari Oleh Pelni, Cobain yuk!

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni juga turut menunjang pariwisata Indonesia dengan menawarkan wisata bahari…

1 day ago

8 Es Cendol Paling Enak di Penang Selalu Ramai Pembeli

Es Cendol Enak di Penang di Malaysia memang terkenal dengan wisata sejarahnya dan kulinernya yang…

1 day ago

10 Taman Nasional di Sri Lanka Pesonanya Tak Kalah Dengan Afrika

Sri Lanka adalah salah satu Negara di Asia yang lokasinya berada di Samudera Hindia. Negara…

2 days ago