20 Tempat Wisata di Barru Pesonanya Bikin Bahagia Yang Mengharu Biru


Fida  November 13, 2021  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Beberapa wisata yang bisa kamu kunjungi di antaranya tempat wisata alam hingga tempat wisata bersejarah. Adanya tempat wisata kekinian dan instagenic juga sayang untuk kamu lewatkan. Barru menjadi salah satu daerah yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Daerah yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 20 rekomendasi tempat wisata di Barru yang menawarkan keindahan luar biasa.

1. Air Terjun Waesai

air terjun waesai
pusatinfowisata26.blogspot.com

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Barru, kamu dapat datang ke Air Terjun Waesai. Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah Lompo Riaja, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Saat datang ke lokasi wisata yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan indahnya aliran air yang mengalir dari ketinggian mencapai 25 meter. Tempat wisata yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun melepas penat. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah serta suasana yang tenang. Saat mencari rekomendasi wisata di daerah Kabupaten Barru, Air Terjun Waesai tentu sayang untuk tidak kamu kunjungi.

Gotravelly

Pantai Kembar, Pantai Pasir Putih Andalan Watubangga

Sensasi Tenang Dan Sejuknya Pemandian Mata Air Fotuno Rete Di Muna

2. Pantai Ujung Batu

pantai ujung batu
akbarpost.com

Rekomendasi tempat wisata di Barru selanjutnya adalah Pantai Ujung Batu. Pantai memang menjadi tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak heran jika pantai ini juga didatangi banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Pantai Ujung Batu berlokasi di Jalan Ladullah, Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Untuk datang dan menyusuri kawasan pantai, kamu hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 3.000,- per orang. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang sangat menakjubkan serta berbagai spot menarik yang dapat di manfaatkan untuk berfoto. Pantai ini menjadi rekomendasi yang tepat bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata di Barru.

3. Bukit Jomblo

bukit jomblo
travel.tempo.co

Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Barru yang menarik untuk kamu kunjungi, salah satunya adalah Bukit Jomblo. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan bukit dengan ciri khas yakni adanya satu pohon yang berdiri tegak. Pohon yang terdapat di bukit ini disebut dengan pohon jomblo.

Bukit jomblo menawarkan keindahan yang sangat luar biasa dengan suasana yang sangat sejuk. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto menarik. Kamu dapat mengunjungi Bukit Jomblo di daerah Kading, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi. Bagi kamu yang suka kemping, tempat wisata yang satu ini juga menawarkan camping ground sebagai lokasi untuk mendirikan tenda.

4. Hutan Pinus Lajoanging

hutan pinus lajoanging
nyero.id

Rekomendasi tempat wisata di Barru berikutnya adalah Hutan Pinus Lajoanging. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata yang satu ini memang merupakan hutan pohon pinus. Tidak kalah dengan wisata hutan pinus lainnya, Hutan Pinus Lajoanging juga menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Pengunjung dapat merasakan suasana yang asri dan masih alami. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Bagi pecinta foto, kamu tentu dapat dengan mudah menjumpai banyaknya spot menarik yang ditawarkan. Saat berkunjung ke daerah Kabupaten Barru, indahnya Hutan Pinus Lajoanging wajib kamu kunjungi.

5. Air Terjun Manuba

air terjun manuba
profil.digitaldesa.id

Air Terjun Manuba dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Barru yang populer dan banyak didatangi wisatawan. Tempat wisata yang satu ini merupakan air terjun dengan ketinggian mencapai 12 meter. Di bawah air terjun terdapat kolam berwarna hijau toska yang sangat menarik perhatian pengunjung.

Untuk masuk dan menikmati indahnya kawasan wisata yang satu ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Sangat menyenangkan bukan? Tidak hanya aliran air yang deras dan jernih, indahnya tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan pemandangan tampak semakin mengesankan. Kamu akan dibuat betah saat berkunjung ke air terjun yang satu ini.

6. Pantai Padongko

pantai padongko
phinemo.com

Diantara banyaknya pilihan tempat wisata di Barru yang menarik untuk dikunjungi, Pantai Padongko menjadi rekomendasi yang tepat dan sayang untuk dilewatkan. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Mangempang, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Selain dikenal menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan, pantai ini juga menawarkan beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah saat pagi dan sore hari. Kamu dapat memilih untuk bersantai di gazebo dan menikmati pemandangan pantai yang berpadu dengan indahnya sunset. Pantai yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama teman, pasangan, maupun keluarga.

7. Pulau Dutungan

pulau dutungan
makassar.tribunnews.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan tempat wisata di Barru, kamu dapat mengunjungi indahnya Pulau Dutungan. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Desa Cilellang, Palanro, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 50.000,- untuk biaya transportasi penyeberangan antar jemput termasuk tiket masuk.

Pengunjung tentu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan. Adanya pepohonan di kawasan pulau juga menjadikan pemandangan tampak asri dan rindang. Selain indah, kawasan pulau ini juga menawarkan beberapa fasilitas salah satunya adalah penginapan. Kamu dapat memilih untuk bermalam di resort dan menghabiskan waktu cukup lama di pulau yang satu ini.

8. Monumen Pacekke

museum pacekke
transsulawesi.com

Tidak hanya indahnya tempat wisata alam, kamu juga dapat mendatangi salah satu tempat wisata di Barru yang bersejarah. Monumen Pacekke rekomendasi wisata bersejarah yang tepat dan sayang untuk kamu lewatkan.

Di kawasan Monumen ini terdapat surat perintah atau mandat dari Panglima Besar Tri Jenderal Sudirman yang masih ditulis dengan ejaan lama. Surat Perintah tersebut ditujukan kepada Mayjen Andi Mattalatta untuk melaksanakan konferensi. Kamu dapat mengunjungi Monumen Pacekke di daerah Pacekke, Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

9. Bukit Paralayang Maddo

bukit paralayang maddo
bukitmaddo.net

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur. Pernah mencoba sensasi paralayang? Kamu dapat mencobanya di salah satu tempat wisata di Barru yakni Bukit Paralayang Maddo.

Untuk mencoba sensasi seru paralayang, kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 450.000,- untuk sekali terbang. Tidak hanya mencoba sensasi seru paralayang, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas camping dan bersantai menikmati pemandangan sungai, gunung, hingga sunset dan sunrise. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini di daerah Maddo, Tellumpanua, Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

10. Bukit Maddo

bukit maddo
liputan6.com

Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Barru yang direkomendasikan untuk kamu datangi, salah satunya adalah Bukit Maddo. Bukit yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Maddo, Tellumpanua, Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Adanya Sungai yang berkelok-kelok menjadi pemandangan indah yang dapat dinikmati dari bukit yang satu ini. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan serta suasana yang sejuk. Bukit ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri. Saat berkunjung ke daerah Kabupaten Barru, bukit yang satu ini menjadi rekomendasi wisata yang sayang untuk tidak kamu kunjungi.

11. Copo Tille

copo tille
akbarpost.com

Pernah mendengar sebutan tempat wisata di Barru yakni Copo Tille? Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu puncak tertinggi di Kabupaten Barru. Puncak yang ditawarkan mencapai 843 meter diatas permukaan laut. Karena memiliki daerah yang tinggi, tidak heran jika kamu akan merasakan suasana sejuk saat datang ke tempat wisata yang satu ini.

Copo Tille berlokasi di daerah Kamiri, Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Tidak hanya warga lokal, banyak wisatawan yang juga tertarik untuk datang ke tempat wisata yang satu ini. Kamu juga dapat menjumpai adanya air terjun di kawasan gunung. Air terjun yang dapat kamu jumpai adalah Air Terjun Wae Lato.

12. Lappa Laona

lappa laona
makassar.tribunnews.com

Rekomendasi tempat wisata di Barru yang sayang untuk dilewatkan adalah Lappa Laona. Lappa Laona merupakan tempat wisata yakni padang rumputan hijau yang luas. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan yang tampak sangat menakjubkan dan bisa kamu kunjungi di daerah Harapan, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang memiliki jiwa petualang. Pengunjung dapat memilih untuk mendirikan tenda dan berkemah serta menghabiskan waktu untuk menikmati pemandangan yang ditawarkan. Wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat dan memanjakan mata.

13. Rumah Adat Saoraja Lapinceng

saoraja lapinceng
triptrus.com

Rumah Adat Saoraja Lapinceng menjadi rekomendasi yang tepat bagi kamu yang ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Barru. Rumah adat yang satu ini menjadi saksi perjuangan kerajaan Balusu saat melawan penjajah Belanda. Adanya Kerajaan Balusu awalnya dipimpin oleh keturunan raja-raja Gowa.

Saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, manjakan dengan sensasi seru yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya. Bangunan dengan arsitektur yang unik dan bersejarah dapat kamu nikmati saat berkunjung ke Rumah Adat Saoraja Lapinceng. Rumah adat yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Balusu, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

14. Celebes Canyon

celebes canyon
liputan6.com

Tidak kalah menarik dengan wisata lainnya, Celebes Canyon menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Barru yang dikenal menawarkan pemandangan indah. Tempat wisata yang satu ini bisa kamu kunjungi di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Kamu akan dimanjakan dengan indahnya perpaduan tebing serta bebatuan kars dan aliran sungai ule yang jernih dan bersih. Air yang mengalir diantara bebatuan tentu menghasilkan pemandangan yang sangat indah. Tidak heran jika Celebes Canyon dikenal sebagai tempat wisata indah dan kekinian karena menawarkan banyak spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto instagramable. Saat berkunjung ke daerah Barru, tempat wisata yang satu ini sangat sayang untuk tidak kamu kunjungi.

15. Batu Mallopie

batu mallopie
akbarpost.com

Salah satu tempat wisata di Barru yang dikenal indah dan bisa kamu kunjungi adalah Batu Mallopie. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Lompo Riaja, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Batu Mallopie memiliki arti batu yang berbentuk perahu dalam bahasa Indonesia. Kawasan wisata ini memang menawarkan batu besar yang memiliki bentuk menyerupai Perahu. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak sedikit pengunjung yang datang dan menyempatkan untuk mengabadikan momen di kawasan wisata yang satu ini. Bagaimana tidak, bebatuan yang ada memiliki bentuk yang indah dan memanjakan mata.

16. Air Terjun Batulappa

air terjun batulappa
anekawisatanusantara.blogspot.com

Kamu tentu sudah tidak asing lagi bahwa ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Barru yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Air Terjun Batulappa. Air terjun yang satu ini berlokasi di Dusun Batulappa, Desa Tompo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Batulappa kerap memiliki sebutan air terjun sarang burung karena pengunjung akan mendengar suara kicauan burung sepanjang perjalanan hingga tiba di lokasi air terjun. Akses menuju ke air terjun ini masih cukup sulit dilalui sehingga belum ramai didatangi wisatawan seperti air terjun lainnya. Perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Penasaran untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini.

17. Sungai Salopuru

sungai salopuru
barru.org

Tidak hanya air terjun, kamu juga dapat mengunjungi indahnya sungai saat mencari salah satu tempat wisata di Barru. Sungai yang cukup populer dan dikenal indah adalah Sungai Salopuru. Kamu dapat mengunjungi Sungai Salopuru di Desa Kemiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan beserta air sungai yang tenang. Adanya bebatuan dan bunga-bunga liar di kawasan sungai juga menjadikan pemandangan tampak lebih menakjubkan. Indahnya tempat wisata alam yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Barru.

18. Pulau Pannikiang

pulau panikiang
mydaypack.com

Pulau Pannikiang menjadi rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi saat mencari tempat wisata di Barru. Pulau ini dikenal sebagai habitat kelelawar hingga memiliki sebutan Pulau Sejuta Kelelawar. Pulau Pannikiang bisa kamu kunjungi di daerah Madello, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan indah, pengunjung juga dapat merasakan suasana yang sejuk dan khas. Karena memiliki keindahan luar biasa, tidak heran jika kawasan pulau ini kerap dipilih sebagai lokasi foto prewedding. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

19. Diana Waterpark Barru

diana waterpark barru
topwisata.info

Rekomendasi tempat wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Diana Waterpark Barru. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Dusun Balusu, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka wahana wisata air. Kamu akan dimanjakan dengan adanya berbagai pilihan kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba berbagai fasilitas atau permainan yang ditawarkan.

20. Pantai Laguna

Tempat Wisata di Barru
travelspromo.com

Pantai Laguna menjadi rekomendasi tempat wisata yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di desa Pao Pao, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan pantai yang ditawarkan. Tidak hanya itu, kawasan pantai ini juga sangat cocok dipilih sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat. Saat berkunjung ke daerah Kabupaten Barru, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Pantai Laguna.



Leave a Reply