Wisata

20 Tempat Wisata di Udaipur, India Menjadi Idola Wisatawan Mancanegara

Udaipur merupakan sebuah kota yang berada di bagian barat laut India. Kota cantik ini dikelilingi oleh danau yang indah, tak heran jika mendapat julukan sebagai The City of Lake atau Venesia dari Timur. Udaipur memang menjadi salah satu kota yang cukup populer di India dan cukup banyak menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara, khususnya Indonesia. Tak hanya bisa menikmati indahnya danau yang mengelilingi kota ini, Udaipur juga memiliki ragam destinasi wisata lainnya yang tak kalah menawan dibandingkan dengan kota lain di India. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Udaipur, Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Udaipur yang sayang untuk dilewatkan

1. City Palace

in.finance.yahoo.com

Tempat wisata di Udaipur yang pertama wajib kamu kunjungi adalah City Palace. Udaipur City Palace ini terkenal tak hanya sebagai salah satu bangunan bersejarah di Udaipur, namun juga menjadi ikon kota Udaipur.

Bangunan ini merupakan sebuah komplek besar yang memiliki banyak kamar dan pilar di dalamnya. Butuh lebih dari 300 tahun untuk menyelesaikan struktur bangunan dengan benar. City Palace ini memiliki lokasi di tepi Danau Pichola yangindah sehingga jika kamu menuju ke puncak istana ini, kamu bisa menikmati indahnya danau dan suasana kota Udaipur.

Hawa Mahal Jaipur: Istana Megah Dengan Ratusan Jendela

Jal Mahal Water Palace, Istana Paling Unik Dan Ikonik Di India

2. Fateh Sagar Lake

thepalaceonwheels.org

Fateh Sagar Lake juga menjadi salah satu tempat wisata di Udaipur yang tak kalah populer di kalangan wisatawan. Danau Fateh Sagar ini dikenal sebagai danau terbesar di Udaipur yang lokasinya berada di utara Danau Pichola.

Danau Fateh Sagar ini merupakan danau buatan yang dibangun atas perintah Maharaja Jai Singh di tahun 1678. Meskipun danau buatan, namun kamu bisa menemukan tiga pulau di tengah danau ini yang bisa dicapai menggunakan perahu. Pulau paling besar memiliki taman dan restoran berbentuk perahu bernama Nehru Park. Pulau ini juga memiliki kebun binatang kecil dan menjadi wisata favorit masyarakat. Sementara di pulau kedua diubah menjadi taman yang indah dan di pulau ketiga dikelola oleh Udaipur Solar Observatory.

3. Lake Palace

blog.luxurygold.com

Tempat wisata di Udaipur yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Lake Palace atau Istana Danau. Istana Danau ini berada di Pulau Jag Niwas yang luasnya 1,5 hektar. Istana ini dibangun di tengah Danau Pichola atas perintah Maharaja Jagat Singh di tahun 1734.

Lake Palace ini dulunya merupakan istana musim panas bagi bangsawan Udaipur, namun sekarang telah menjadi hotel. Meskipun beralih fungsi, namun keaslian bangunannya masih dipertahankan dan terlihat bagaikan istana di negeri gonging. Istimewanya lagi, kamu bisa menginap disini sambil menikmati riak ombak danau yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang indah.

4. Lake Pichola

treebo.com

Danau Pichola merupakan salah satu tempat wisata di Udaipur yang dianggap penting. Pasalnya, karena danau inilah yang menjadi alasan mengapa Udaipur dijuluki sebagai The City of Lakes.

Sama halnya dengan Danau Fateh Sagar, Danau Pichola ini juga merupakan danau buatan. Danau ini dibangun pada tahun 1362 dengan panjang 3 mil dan luas 2 mil. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Wisatawan pun bisa mengelilingi danau ini dengan menggunakan perahu menuju ke Istana Danau atau Lake Palace yang megah.

5. Jaisamand Lake

trawell.in

Tempat wisata di Udaipur yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya juga masih berupa danau. Danau ini bernama Jaisamand Lake dan tak kalah populer dengan danau di Udaipur lainnya.

Jaisamand Lake ini juga merupakan danau buatan manusia yang dibandun pada abad ke-17 atas perintah Raja Jal Singh. Danau seluas 87 kilometer persegi ini dikelilingi oleh Jaisamand Wildlife Sanctuary sehingga pemandangan sekitar sangat indah dan suasananya damai. Jaisamand Lake ini juga memiliki tiga pulau yang menjadi rumah bagi Suku Bhil Minas yang menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Udaipur.

6. Badi Lake

holidify.com

Badi Lake atau yang juga dikenal dengan nama Tiger Lake ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Udaipur yang menarik untuk dikunjungi. Diberi nama Tiger Lake karena dulunya banyak harimau yang berkeliaran di sekitar danau ini. Badi Lake juga merupakan danau buatan yang dibangun pada abad ke-17 oleh Maharaja Jai Singh yang bertujuan untuk menanggulangi efek setelah kekeringan di kawasan tersebut. Sekarang, danau ini telah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer karena keindahannya dan kebersihannya.

Kawasan sekitar Badi Lake ini sangat cocok untuk piknik ataupun rekreasi. Disini juga terdapat jalur hiking yang mengarah pada jalan setapak dengan pemandangan desa-desa yang indah. Danau ini berada sekitar 12 kilometer dari pusat kota Udaipur sehingga menawarkan lingkungan dan suasana yang tenang serta jauh dari hiruk pikuk kota.

7. Jagdish Temple

udaipurtourism.co.in

Tak hanya ada danau, Udaipur juga memiliki destinasi wisata lainnya yang bisa memanjakan wisatawan yang datang kesana, salah satunya adalah Jagdish temple. Jagdish Temple ini dibangun oleh Maharaja Jagat Singh di tahun 1651 dan lokasinya berada di dalam Udaipur City Palace.

Kuil ini menjadi salah satu bangunan dengan arsitektur yang indah dengan pilar berukit halus, langit-langit yang didekorasi dengan indah, cat dinding yang indah serta aula dan koridor yang luas. Tak hanya itu, keindahan arsitektur kuil ini terlihat hingga pada menara piramida mandap dan terasnya.

8. Bagore Ki Haveli

visittnt.com

Tempat wisata di Udaipur yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Bangore Ki Haveli. Bangore Ki Haveli merupakan sebuah istana yang indah berlokasi di tepi Danau Picholi.

Istana ini dibangun selama abad ke-18 dan masih memegang kebanggan serta sikap megah keluarga kerjaan penguasa kuno. Bagore Ki Haveli ini memiliki lebih dari seratus kamar dengan tampilan kostum serta seni modern. Tak hanya itu, istana ini juga menyimpan ragam koleksi lukisan-lukisan terkenal dari rezim Mewar. Ditambah lagi adanya ragam koleksi bersejarah lainnya milik anggota kerajaan yang masih tersimpan rapi, seperti kotak panci, kotak perhiasan serta furniture lainnya.

9. Gulab Bagh and Zoo

greatudaipur.com

Gulab Bagh and Zoo merupakan salah satu tempat wisata di Udaipur yang cukup populer dan kerap dijadikan sebagai salah satu tempat wisata keluarga. Gulab Bagh and Zoo sangat cocok bagi kamu yang menyukai flora dan fauna.

Disini kamu bisa menikmati sejumlah mawar dan varietas bunga lainnya yang tersebar di area seluar seratus hektar. Selain bisa menikmati keindahan bunga, disini kamu juga bisa melihat berbagai macam satwa, seperti rusa, singa, harimau hingga berbagai macam jenis burung.

10. Jag Mandir

greatudaipur.com

Jag Mandir atau yang juga dikenal dengan nama Lake Garden Palace ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Udaipur yang wajib untuk dikunjungi. Jag Mandir ini dibangun di salah satu pulau di Danau Pichola yang indah.

Istana ini pembangunannya dikreditkan pada tiga Raja Mewar. Pembangunan dimulai oleh Maharaja Amar Singh di tahun 1551, kemudian dilanjutkan oleh Maharaja Karan Singh dan diselesaikan oleh Maharaja Jagat Singh. Untuk itulah istana ini diberi nama Jag Mandir atau Jagat Mandir.

Jag Mandir ini duluna berfungsi sebagai resor musim panas dan tempat rekreasi bagi anggota Kerajaan Mewar. Tak hanya itu, istana ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

11. Eklingji Temple

udaipurian.com

Tempat wisata di Udaipur yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Eklingji Temple. Komplek kuil ini tak hanya menjadi tempat ibadah, namun juga menjadi salah satu wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kuil berarsitektur indah ini didedikasikan untuk Eklingji. Maka tak heran jika di kawasan kompleks ini dipenuhi dengan patung-patung Siwa bersama dengan patung Saraswati, Parvati, Ganesh, Nandi dan Kartik.

12. Bada Mahal

rajasthantourplanner.com

Bada Mahal juga masuk dalam daftar tempat wisata di Udaipur yang tak kalah menarik untuk disambangi. Bada Mahal ini merupakan sebuah istana kota dengan arsitektur yang megah dan berasal dari abad ke-17.

Bada Mahal ini memiliki tiang setinggi 27 meter yang dihiasi dengan desain yang rumit, ukiran yang indah dan seni cermin di seluruh kompleknya. Istana ini juga dilengkapi dengan langit-langit berkubah tinggi, halaman, koridor yang luas, balkon dan beberapa taman yang indah.

13. Vintage Car Museum

udaipurtourism.co.in

Jika kamu adalah penyuka otomotif, maka tempat wisata di Udaipur yang satu ini bisa menjadi alternatif. Vintage Car Museum ini merupakan sebuah museum yang menyimpan mobil-mobil lama dan sudah ada sejak tahun 2000.

Museum ini menyimpan ragam koleksi mobil dari kerajaan Mewar. Ada juga kendaraan yang telah berusian 70 tahun namun masih tetap dipelihara hingga masih terlihat indah. Museum ini bagaikan sebuah garasi yang dipenuhi dengan mobil tua yang indah dan antik. Bahkan, kamu bisa melihat juga pompa bensin Shell yang tua di dalam garasi ini dan masih berfungsi dengan baik sampai saat ini.

14. Saheliyon Ki Bari

traveloaces.com

Tempat wisata di Udaipur yang satu ini juga tak kalah populer di kalangan wisatawan, yaitu Saheliyon Ki Bari. Saheliyon Ki Bali atau yang juga dikenal dengan nama ‘Garden of Maids’ ini dibangun pada abad ke-18 di tepi Danau Fateh Sagar.

Taman ini memang menawarkan pemandangan yang indah dengan air mancur, seni marmer dan rumput subur yang berwarna hijau. Menariknya, terdapat sebuah legenda di taman ini. Konon, taman ini dirancang sendiri oleh raja dan diberikan kepada ratunya. Ratu tersebut memiliki 48 pelayan untuk menemaninya setelah pernikahan dan kerap menghabiskan waktu di taman ini.

15. Ambrai Ghat

rajasthanblog.org

Ambrai Ghat juga menjadi salah satu tempat wisata di Udaipur yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Ambrai Ghat ini merupakan sebuah hotel yang megah dengan arsitektur yang indah khas Udaipur. Menariknya lagi, danau ini dibangun menghadap ke Danau Pichola yang indah sehingga jika kamu menginap disini kamu bisa sambil menikmati keindahan danaunya. Tempat ini juga masih menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi saat malam hari, terutama bagi mereka yang suka dengan suasana romantis.

16. Shilpgram Fair

flickr.com

Kalau kamu suka dengan benda-benda seni, jangan lupa untuk datang ke Shilpgram Fair. Shilpgram Fair merupakan pameran kerajinan khas Rajashtan dan tekstil yang sangat menarik unuk dikunjungi oleh wisatawan.

Rajashtan memang sangat terkenal dengan ragam kerajinan tangannya yang unik, mulai dari bandhej, dasi, hingga barang-barang yang terbuat dari kulit unta. Pameran ini memang tidak berlangsung setiap hari, namun diadakan selama bulan November atau Desember selama 10 hari berturut-turut dan menarik banyak desainer lokal hingga seniman lokal. Shiplgram Fair tentu bisa kamu jadikan alternatif tempat wisata di Udaipur yang menarik untuk dikunjungi.

17. Sajjangarh Monsoon Palace

udaipurian.com

Tempat wisata di Udaipur yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Sajjangarh Monsoon Palace. Istana ini dibangun pada tahun 1884 oleh Maharaja Sajjan Singh untuk memantau awan musim hujan.

Monsoon Palace ini memiliki arsitektur yang tak kalah megah dengan istana lainnya di Udaipur. Istana ini dibangun dengan marmer putih dan memiliki koridor serta kamar-kamar yang lebar di dalamnya. Menariknya, istana ini memiliki pemandangan yang indah dari balik jendelanya. Dari istana ini, kamu bisa menikmati indahnya Danau Pichola dan pemandangan kota Udaipur yang indah.

18. Udaipur Solar Observatory

trawell.in

Udaipur Solar Observatory merupakan sebuah bangunan observatorium yang lokasinya berada di pulau di tengah Danau Fateh Sagar. Observatorium ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Udaipur karena dikenal sebagai area pengamatan matahari terbaik di seluruh Asia.

Pulau ini dikelilingi oleh perairan yang luas sehingga membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk melakukan pengematan matahari. Gambar matahari yang tajam dapat diperoleh dengan mudah karena turbulensi udara lebih rendah di sebuah pulau dibandingkan di tanah normal. Terlebih lagi, observatorium ini menerima paparan sinar matahari secara maksimal dibandingkan tempat lainnya.

19. Mansapurna Karni Ropeway

trawell.in

Siapa bilang naik kereta gantung hanya bisa di Swiss saja? Udaipur juga memiliki salah satu kereta gantung yang tak kalah menarik untuk dicoba, yaitu Mansapurna Karni Ropeway.

Jalur kereta gantung ini menghubungkan Kuil Sri Karni Mata yang berada di Machala Hill dan Taman Deendayal Upadhyay yang berada di Udaipur. Kuil tersebut berada diatas bukit sehingga tak mudah diakses oleh banyak orang, namun dengan kereta gantung ini tentunya bisa menjadi lebih mudah.

Selain fungsinya yang jelas, kereta gantung ini juga bisa menjadi salah satu tempat wisata di Udaipur yang diminati wisatawan karena dengan mengendarainya kamu bisa menikmati indahnya Udaipur dari ketinggian. Kamu bahkan bisa melihat sederet ikon kota Udaipur, seperti City Palace, Danau Pichola, Danau Fateh Sagar dan masih banyak lagi lainnya.

20. Dudh Talai Musical Garden

udaipurtourism.co.in

Tempat wisata di Udaipur yang terakhir adalah Dudh Talai Musical Garden. Tempat ini merupakan sebuah kolam kecil yang dikelilingi oleh taman baru yang memiliki air mancur music di dalamnya.

Taman ini tertata dengan baik sehingga tampak sangat indah dan pemandangannya sangat luas. Dudh Talai Musical Garden ini berada dekat dengan Danau Pichola sehingga kamu bisa menikmati indahnya taman berpadu dengan pemandangan danau yang indah.

Tak hanya itu, ada ragam wahana yang bisa kamu coba. Seperti menunggangi kuda dan unta. Selain itu, kamu juga bisa mengendarai perahu di kolam. Keindahan taman ini memang susah tidak perlu diragukan lagi, pasalnya tak hanya wisatawan lokal yang berkunjung kesana, namun juga wisatawan dari berbagai Negara, khususnya bagi mereka yang suka fotografi.

prita

Recent Posts

10 Tempat Makan Seafood Enak di Surabaya Dengan Rasa Mengigit

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata sekaligus…

3 hours ago

12 Museum Musik di Dunia Yang Menarik Dikunjungi Para Pecinta Musik

Siapa sih yang tidak ingin mengunjungi museum musik? Musik memang menjadi favorit semua orang untuk…

8 hours ago

10 Rekomendasi Mie Ayam Ceker Paling Enak di Surabaya

Surabaya dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan dan menjadi Ibukota Jawa Timur. Kota yang satu ini…

15 hours ago

9 Rute Tujuan Wisata Bahari Oleh Pelni, Cobain yuk!

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni juga turut menunjang pariwisata Indonesia dengan menawarkan wisata bahari…

1 day ago

8 Es Cendol Paling Enak di Penang Selalu Ramai Pembeli

Es Cendol Enak di Penang di Malaysia memang terkenal dengan wisata sejarahnya dan kulinernya yang…

1 day ago

10 Taman Nasional di Sri Lanka Pesonanya Tak Kalah Dengan Afrika

Sri Lanka adalah salah satu Negara di Asia yang lokasinya berada di Samudera Hindia. Negara…

2 days ago