Categories: Oleh oleh

20 Oleh Oleh Khas Jerman Yang Unik Dan Berkualitas

Jerman adalah salah satu Negara di Benua Eropa yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan dari Indonesia. Jerman memang terkenal memiliki daya Tarik yang cukup menarik untuk dijelajahi.

Setelah puas berkeliling Negara Industri ini, kamu wajib untuk membeli oleh oleh untuk dibawa pulang bagi keluarga atau kerabat di rumah. Sebagai salah satu Negara maju di Eropa, tentunya kamu tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan buah tangan yang unik, berkualitas namun harganya tetap terjangkau. Tentunya, banyak sekali pilihan oleh oleh yang bisa kamu bawa pulang, mulai dari souvenir hingga makanan. Nah, untuk kamu yang masih bingung untuk membeli oleh oleh apa dari Jerman,

Berikut ini adalah rekomendasi oleh oleh khas Jerman yang wajib untuk dibeli

1. Cokelat

grapefrute.com

Oleh oleh khas Jerman pertama yang wajib untuk kamu beli adalah cokelat. Jerman memang dikenal sebagai salah satu penghasil cokelat terbaik di dunia dan sejumlah merk cokelat ternama bisa kamu temukan disini. Seperti Milka, Alpia, Sarroti, Kinder Schokolade dan Ritter Sport.

Meskipun cokelat tersebut dikenal bermerk, namun harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau. Membeli cokelat sebagai oleh oleh tentu bisa menjadi alternatif karena selain harganya terjangkau, banyak orang yang suka dengan cokelat.

Pupuk Bawang Batu Sensasi Nongkrong Di Perkebunan Seledri

Mangkokku, Bisnis Rice Bowl Anak Presiden Dan Chef Arnold. Ternyata Gini Rasanya

2. Parfum

globalblue.com

Jerman dan parfum memang menjadi dua hal yang tak terpisahkan, maka tak perlu heran jika banyak wisatawan yang memilih parfum sebagai salah satu oleh oleh khas Jerman untuk dibawa pulang.

Kamu bisa berkunjung ke kota Cologne atau Koln untuk berburu parfum sebagai oleh oleh. Di kota tersebut terdapat banyak sekali galeri parfum jenis Eau de Cologne dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang paling murah hingga paling mahal. Beberapa galeri parfum yang terkenal dan wajib untuk kamu siggahi adalah Haus 4771 dan Outlet Farina. Harga parfum disana beragam, mulai dari 15 ribuan hingga jutaan rupiah. Tergantung dengan jenis dan ukurannya.

3. Gummibaerchen

pikist.com

Oleh oleh khas Jerman yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dibawa pulang, pasalnya sangat digemari terutama oleh anak-anak. Gummibaerchen atau juga dikenal dengan Gummy Bear ini sering dijadikan oleh oleh karena rasanya yang manis.

Jajanan ini terbuat dari gelatin dan berbentuk beruang yang lucu. Manisan ini memiliki berbagai rasa buah, seperti nanas, lemon, jeruk hingga strawberry. Untuk membeli Gummibaerchen ini kamu bisa pergi ke supermarket-supermarket yang ada di Jerman dengan harga berkisar Rp 68.000 per bungkusnya.

4. Elisenlebkuchen

daringgourmet.com

Selain Gumminaerchen dan Cokelat, oleh oleh khas Jerman yang berupa makanan ringan selanjutnya adalah Elisenlebkuchen. Elisenlebkuchen ini juga layak untuk dibawa pulang karena bentuknya yang lucu dan memiliki cita rasa yang khas.

Elisenlebkuchen merupakan kue khas Jerman yang diolah secara tradisional menggunakan tangan. Kue ini terbuat dari tepung, kayu manis, jahe dan kapulaga dan sangat cocok dijadikan sebagai teman minum kopi atau teh saat bersantai. Kue Jahe ini memiliki banyak macamnya dan dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp 30.000an, tergantung variasi dan beratnya. Untuk kamu yang ingin membeli Elisenlebkuchen dengan harga terjangkau, kamu bisa berkunjung ke toko Lebkuchen Schmidt yang berada di Hauptmarkt, Nurnberg, Jerman.

5. Bratwurst

meatwave.com

Bratwurst dikenal sebagai salah satu makanan khas Jerman yang cukup banyak digemari. Tak hanya bisa dijadikan sebagai kuliner wajib saat berkunjung ke Jerman, Bratwurst juga bisa menjadi salah satu oleh oleh khas Jerman yang patut untuk kamu bawa pulang.

Bratwurst sendiri merupakan sosis khas Jerman yang memiliki tekstur lebih padat, lembut dan bentuk yang lebih panjang dibandingkan dengan sosis pada umumnya. Bratwurst sendiri bisa bertahan lama karena akan awet disimpan hingga berbulan-bulan. Kamu bisa memilih varian daging bratwurst sesuai selera, seperti daging sapi atau daging babi.

6. Teh Jerman

researchgermany.com

Selain makanan, minuman juga bisa menjadi salah satu oleh oleh khas Jerman yang wajib untuk kamu bawa pulang, salah satunya adalah Teh Jerman atau Germany Tea. Di Jerman, teh memang menjadi salah satu minuman yang cukup digemari, terutama di kawasan Frisia Timur, dimana rata-rata masyarakatnya meminum sekitar 300 liter teh setiap tahunnya.

Teh memang sangat berakar kuat dalam budaya Frisia tImur sehingga masyarakatnya selalu meminum teh setiap harinya. Untuk itu, tak ada salahnya untuk membeli teh khas Jerman untuk oleh oleh. Beberapa varian teh yang bisa kamu beli, seperti Schwarztee (teh hitam) dan Fruchtetee (teh buah). Tentu saja kamu tak perlu pergi ke kawasan Frisia Timur untuk bisa membeli teh, pasalnya semua varian tersebut bisa ditemukan dengan mudah di toko teh artisan di seluruh Jerman.

7. Piring Keramik

pinterest.com

Oleh oleh khas Jerman yang satu ini juga tak kalah unik dan menarik untuk dibawa pulang, lho. Piring Keramik ini biasa dijadikan sebagai pajangan di rumah karena memiliki desain gambar berupa landmark Jerman yang sangat cantik.

Harga yang ditawarkan untuk piring keramik ini juga cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp 38.000 sampai Rp 127.000 saja. Piring keramik ini juga sangat mudah ditemukan karena hampir di seluruh toko souvenir di Jerman menjual piring keramik ini. Piring keramik ini tentu bisa membuat ruangan di rumah kamu terasa semakin cantik dan pastinya bisa membuatmu teringat akan Jerman.

8. Serpihan Tembok Berlin

amazon.com

Satu lagi oleh oleh khas Jerman yang wajib untuk dibeli, yaitu Serpihan Tembok Berlin. Mungkin souvenir yang satu ini agak sedikit aneh, namun bisa menjadi oleh oleh yang menarik juga unik.

Seperti yang kita semua tahu bahwa Tembok Berlin memiliki sejarah yang penting bagi bangsa Eropa. Untuk itu, dengan membeli pecahan Tembok Berlin ini kamu akan mendapatkan sebuah sertifikat yang menyatakan bahwa serpihan ini adalah benar bagian dari Tembok Berlin. Unik sekali, bukan?

9. Buddy Bear

pixabay.com

Buddy Bear juga bisa menjadi salah satu alternatif oleh oleh khas Jerman yang bisa kamu beli. Buddy Bear ini adalah sebuah ikon Kota Berlin dan tersedia dalam berbagai macam ukuran.

Buddy Bear yang biasa dibeli oleh wisatawan adalah yang berukuran miniature sehingga lebih mudah untuk masuk dalam koper. Untuk membeli Buddy Bear ini kamu bisa menemukannya di seluruh wilayah Kota Berlin. Tak hanya di kota Berlin, kamu juga bisa menemukan Buddy Bear ini di hampir semua kota di Jerman.

10. Miniatur VW

aliexpress.com

Kalau kamu adalah pecinta otomotif atau kamu ingin memberikan oleh oleh untuk keluarga dan kerabat yang memiliki otomotif, maka Miniatur VW ini bisa menjadi pilihan. Miniatur VW ini menjadi salah satu oleh oleh khas Jerman yang cukup banyak diburu karena sangat unik.

Jerman memang menjadi salah satu Negara yang memproduksi deretan kendaraan kenamaan, seperti Mercedes-Benz, BMW dan VW. Nah, kalau kamu belum kesampaian untuk membeli mobil-mobil tersebut, kamu bisa membeli miniaturnya terlebih dahulu. Miniature VW ini dibuat sangat mirip dengan mobil aslinya. Maka tak heran jika miniatur VW ini cukup banyak digemari sebagai oleh oleh.

Jika ingin membelinya, kamu bisa berkunjung ke KaDeWe yang berada di Kota Berlin. Harga miniature VW ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 400.000 saja.

11. Magnet Kulkas

aliexpress.com

Magnet Kulkas memang selalu menjadi souvenir yang cukup sering diburu untuk dijadikan oleh oleh saat berkunjung ke suatu tempat dan magnet kulkas bisa menjadi salah satu oleh oleh khas Jerman yang cukup menarik untuk dibeli.

Magnet kulkas khas Jerman ini memiliki desain gambar yang cukup beragam dan yang paling banyak diburu adalah magnet kulkas dengan gambar Tembok Berlin. Souvenir ini memang cukup mudah ditemukan di seluruh Jerman, kamu bisa pergi ke toko cenderamata yang ada di Jerman. Biasanya magnet kulkas ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 50.000an saja.

12. Gantungan Kunci

pinterest.com

Selain magnet kulkas, gantungan kunci juga bisa menjadi pilihan oleh oleh khas Jerman yang patut  untuk dibawa pulang. Sama halnya dengan magnet kulkas, gantungan kunci ini lebih mudah di dapat dimana saja dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu, gantungan kunci khas Jerman tentunya memiliki desain dan bentuk yang unik juga menarik, seperti melambangkan bendera Jerman hingga landmark-landmark Jerman yang ikonik dan terkenal.

13. Kaos Jerman

hr.clearancesale2021.ru

Oleh oleh khas Jerman yang wajib untuk dibeli selanjutnya adalah Kaos Jerman. Kaos ini memiliki tulisan nama Negara tersebut atau kota di Jerman.

Tak hanya itu, kaos Jerman ini juga memiliki bahan yang bagus sehingga sangat nyaman digunakan dan disukai oleh banyak orang. Kaos Jerman ini bisa menjadi oleh oleh yang pas karena disukai sangat bermanfaat dan bisa digunakan salam kesehariannya. Jika kamu ingin berburu kaos Jerman dengan harga terjangkau, kamu bisa berkunjung ke shopping street yang ada di kota Cologne. Harga kaos Jerman disana cukup terjangkau, dengan harga mulai dari Rp 50.000 saja.

14. Jersey Jerman

sbnation.com

Jerman juga menjadi salah satu Negara yang terkenal dengan olahraga sepak bolanya. Jerman memang menjadi markas bagi beberapa klub sepak bola yang cukup terkenal, seperti BV Borussia Dortmund, DSC Arminia Bielefeld hingga FC Bayern Munchen.

Tak hanya bisa menyaksikan pertandingannya langsung, kamu bahkan bisa membeli jersey original dari klub sepak bola kesayangan kamu. Jersey original dari klub sepak bola Jerman ini sangat mudah ditemukan. Bahkan kamu bisa menemukannya dengan harga yang bervariasi, tentunya dengan kualitas yang sebanding dengan harganya. Jersey ini bisa menjadi salah satu pilihan oleh oleh khas Jerman untuk keluarga atau kerabat yang suka dengan sepak bola.

15. Ampelmannchen

en.wiktionary.org

Oleh oleh khas Jerman yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Ampelmannchen. Ampelmannchen memiliki bentuk mirip dengan traffic light, namun bentuknya lebih lucu dan unik.

Benda ini bisa kamu beli dalam berbagai bentuk. Seperti gambar di kaos dan gantungan kunci. Bentuknya yang khas tentu bisa membuat Ampelmannchen ini sangat cocok dijadikan sebagai souvenir khas Jerman.

16. 3D Puzzle Brandenburger Tor

id.aliexpress.com

Kalau kamu suka dengan mainan, maka kamu wajib untuk membeli 3D Puzzle Brandenburger Tor. Puzzle ini bisa dijadikan sebagai salah satu oleh oleh khas Jerman yang menarik karena tampilannya yang sangat cantik.

Puzzle ini memiliki tampilan 3D yang sangat menarik sehingga tak hanya warga lokal saja yang gemar memainkannya, namun juga wisatawan asing. Souvenir ini bisa juga kamu berikan kepada keluarga atau kerabat yang suka dengan permainan teka teki atau bisa juga digunakan sebagai pajangan di rumah.

17. Tas Retro

petersofkensington.com.au

Kalau kamu penyuka style retro atau memiliki keluarga yang suka bergaya retro, maka tas retro bisa menjadi salah satu oleh oleh khas Jerman yang wajib untuk dibeli.

Berlin merupakan salah satu kota di Jerman yang memiliki ciri khas fashin trend tersendiri, salah satunya adalah penggunaan tas retro ini. Tas retro asli Berlin ini memang memiliki desain yang unik dan khas sehingga bisa melengkapi gaya retro kamu. Tidak hanya bisa ditemukan di Berlin, tas retro ini banyak dijual di toko oleh oleh hampir di seluruh Jerman, pastinya dengan berbagai macam warna dan model.

18. Set Poci dan Cangkir Teh

theriaults.com

Oleh oleh khas Jerman yang wajib untuk kamu beli selanjutnya adalah satu set poci porselen dan cangkir teh. Set perlengkapan minum teh ini memiliki gaya klasik yang memang masih dipertahankan di Jerman.

Jika kamu berminat untuk membelinya sebagai oleh oleh, pastinya kamu harus berhati-hati saat membawanya pulang agar tetap utuh hingga tiba di rumah. Pasalnya set poci dan cangkir teh ini adalah benda pecah belah yang sangat rawan hancur jika tidak dilindungi.

19. Barang-Barang Branded

german-way.com

Jika kamu adalah penggemar barang branded, maka kamu wajib untuk membeli barang-barang branded sebagai oleh oleh khas Jerman untuk dibawa pulang. Tapi kamu tak perlu khawatir, pasalnya tidak selamanya barang branded dibanderol dengan harga yang mahal.

Kamu bisa pergi ke Rattingten yang berada di dekat Bandara Duesseldorf. Di kawasan ini kamu bisa menemukan banyak factory outlet yang menjual berbagai barang cuci gudang dengan berbagai brand terkenal, seperti Adidas, Escada, Buberry, Hugo Boss, Fossil, Oaklay dan masih banyak lagi lainnya.

Meskipun style-nya telah off season, namun kualitasnya terjamin original. Menariknya lagi, kamu bisa membelinya dengan harga yang sangat terjangkau. Jika di outlet dibanderol dengan harga jutaan, maka disini kamu bisa membelinya dengan harga ratusan ribu rupiah saja.

20. Cuckoo Clocks

id.aliexpress.com

Oleh oleh khas Jerman yang terakhir adalah Cuckoo Clocks. Meskipun namanya sering dikaitkan dengan Swiss, namun jam ini berasal dari wilayah Black Forest di Jerman bagian barat daya.

Cuckoo Clocks ini memiliki gaya klasik yang tidak berubah selama ratusan tahun lalu sehingga terlihat semakin menarik. Terakhir desain yang ditampilkan sangat rumit, yaitu terdapat hewan liar, adegan berburu atau pertemuan keluarga. Apalagi jam ini dilengkapi dengan suara “cuckoo”.

Untuk membeli jam ini kamu bisa berkunjung ke deretan pasar natal di Jerman dengan harga yang tentunya sepadan dengan kualitas barang yang kamu dapatkan. Tentu jam Cuckoo ini bisa menjadi souvenir yang tepat untuk keluarga, kerabat atau sekedar menjadi pajangan di rumah kau.

Itulah tadi 20 rekomendasi oleh oleh khas Jerman yang menarik untuk kamu beli dan dibawa pulang. Pastinya, Jerman tak hanya menarik dari segi destinasi wisatawanya saja, namun oleh oleh-nya juga tak kalah menarik untuk dibawa pulang.

prita

Recent Posts

Racikan 7 Teh khas Indonesia Memiliki Aroma Dan Rasa Berbeda

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang menarik sekali untuk kita bahas, dan budayanya yang…

16 hours ago

10 Tempat Wisata di Baturaden Banyumas Yang Layak Untuk Kamu Kunjungi

Baturaden merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Kota Purwokerto. Kecamatan ini sangat terkenal di kalangan…

23 hours ago

Kangen Pulau Dewata? Nih 5 Cafe di Jogja dengan Nuansa Bali

Indonesia memang memiliki banyak sekali kota yang indah, dan salah satunya berada di Jogja. Jadi…

1 day ago

10 Taman Nasional Terbaik di Thailand Dengan Alam Liar Yang Menarik Untuk Dijelajahi

Thailand merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang cukup populer sebagai destinasi wisata bagi…

1 day ago

10 Oleh Oleh Khas Purwakarta Yang Murah dan Berkesan

Saat berkunjung ke Purwakarta, Anda akan dimanjakan dengan banyak tempat wisata alam sekaligus kuliner lezat.…

2 days ago

10 Wisata Alam di Taiwan Cakepnya Kebangetan

Taiwan merupakan salah satu Negara yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai destinasi berlibur. Selain karena…

2 days ago