Wisata

20 Destinasi Street Art Terbaik di Dunia Cakep Buat Foto!

Street art di dunia belakangan ini memang cukup hangat diperbincangkan. Street art atau seni jalanan semakin hari memang semakin membuat kagum siapapun. Karya-karya yang ditampilkan mampu membuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum. Street art biasanya dibuat oleh seniman-seniman berbakat atau bisa juga oleh siapapun yang ingin membuat. Tema dari karya-karya tersebut pun beragam dan pastinya memiliki makna tersendiri. Nah, kamu yang tertarik untuk menikmati indahnya street art terbaik di dunia, berikut ini adalah kota-kota yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Melaka, Malaysia

travelnuity.com

Kota dengan street art terbaik di dunia yang pertama adalah Melaka. Melaka merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Malaysia dan bisa ditempuh dalam beberapa jam saja dari Kuala Lumpur.

Kota yang terkenal dengan budaya dan sejarahnya ini memiliki street art yang cukup semarak yang dilukis di seluruh kota. Beberapa street art bisa kamu temukan di sepanjang tepi Sungai Melaka di pusat kota. Seni jalanan ini dibuat dengan berbagai lukisan yang indah dan pastinya instagramable.

Burger Bangor, Underrated Burger Yang Rasanya Overrated

De Mandailing Cafe And Eatery : Cafe Unik Dan Instagramable Di Surabaya

2. George Town, Malaysia

id.pinterest.com

Masih di Malaysia, selain Melaka, George Town di Penang juga menjadi salah satu tujuan yang tepat untuk menikmati street art terbaik di dunia. Meskipun kota ini terbilang kecil, namun kota ini dikemas dengan ragam karya seni yang apik sehingga menarik minat wisatawan.

Street art di George Town banyak dibuat oleh seniman lokal dan senimal mancanegara dengan berbagai tema lukisan yang menarik. Street art yang paling populer adalah yang dibuat oleh Ernest Zacharevic asal Lithuania yang pada tahun 2012 mengubah dinding George Town yang tandus menjadi sebuah galeri luar ruangan yang indah.

3. Yangon, Myanmar

coconuts.co

Yangon mungkin bukan menjadi kota pertama untuk menikmati keindahan street art di dunia, namun ternyata bekas ibukota Myanmar ini menawarkan lukisan seni jalanan yang mampu membuat siapapun terkagum.

Street art di Yangon ini berada di gang-gang yang dulunya dipenuhi sampah. Hingga sebuah organisasi lokal bernama Doh Eain kemudian mengubahnya menjadi taman dengan beberapa mural karya seniman lokal. Gang-gang tersebut menjadi ruang bermain yang ramah anak dan menjadi spot foto yang menarik. Sekarang terdapat delapan gang yang tak hanya diisi dengan berbagai permainan, namun juga mural besar berwarna-warni.

4. Melbourne, Australia

sitchu.com.au

Kota dengan street art terbaik di dunia selanjutnya bisa kamu temukan di Melbourne. Kota kedua yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan ini memang memiliki banyak seni jalanan yang cantik dan mampu menarik perhatian wisatawan.

Pemerintah setempat mendukung dan meninjau langsung grafitti di dalam kota dan pinggiran kota. Kamu bisa berkunjung ke beberapa kawasan yang menampilkan banyak mural cantik di Melbourne, seperti Central Business District, Union Street dan Bourke Street.

5. Paris, Perancis

tripsavvy.com

Jika ingin menikmati street art paling indah di dunia, tentunya kamu harus berkunjung ke kota Paris. Street art di Paris ini memang sangat orisinil dan terdiversifikasi.

Menariknya, setiap karya mural di Paris ini memiliki gaya yang unik dan setiap karya yang dibuat menceritakan kisah yang berbeda. Salah satunya adalah karya Mister Pee yang melukis burung bebas. Ia dipengaruhi dengan gerakan hip hop di usia 14 tahun yang mana selera humornya mampu menciptakan sebagian karyanya.

6. Rotterdam, Belanda

esn-rotterdam.nl

Rotterdam juga menjadi salah satu kota yang menawarkan street art di dunia. Street art di kota ini memang tidak banyak diketahui oleh wisatawan, namun karya-karya yang ditampilkan sangat keren.

Kamu akan menemukan street art ini di seluruh kota Rotterdam yang kebanyakan ada di pusat kota. Tempat dengan mural paling banyak ada di Jalan Witte de With yang mana kamu bisa menukan lukisan Art Nouveau karya Ramon Martins. Selain itu, kamu bisa berkunjung ke Schieblok yang dekat dengan Stasiun pusat. Disini kamu bisa menikmati indahnya street art dari jembatan kuning di antara Schieblok dan stasiun pusat.

7. Berlin, Jerman

wanderlustchloe.com

Kota dengan street art terbaik di dunia berikutnya adalah Berlin. Bisa dibilang street art di kota Berlin ini bisa ditemukan dimana-mana yang mana mengisahkan sisksaan dan mengubah kota Berlin hingga menjadi saat ini.

Kamu bisa berkunjung ke Tembok Berlin lama yang juga dikenal dengan galeri sisi timur. Selain itu, kamu juga bisa pergi ke dekat Stasiun Warschauer Strasse. Disana terdapat murah sepanjang 1 kilometer yang berjajar di tepi Sungai Muhlenstasse.

8. Ghent, Belgia

golivegotravel.nl

Ghent merupakan sebuah kota di Belgia yang cukup keren untuk dikunjungi. Kota ini juga menjadi salah satu tujuan untuk menikmati street art di dunia yang bisa dinikmati secara gratis.

Lokasi terbaik untuk menikmati mural di Ghent ini adalah Graffiti Alley yang berada di Werregarenstraatje Street. Disini siapapun bebas mengekspresikan diri di dindingnya, tak heran jika penampilan gang ini selalu berubah. Sementara sebagian besar mural di Kota Ghent ini berada di luar pusat kota. Mural-mural ini sebagian besar dibuat selama festival seni jalanan yang sering digelar.

9. Athena, Yunani

croydonstreetart.co.uk

Kota dengan street art terbaik di dunia berikutnya adalah Athena. Ibukota Yunani ini memang cukup menarik untuk dikunjungi, karena menawarkan sketsa sederhana hingga mural yang indah untuk dinikmati.

Beberapa tempat terbaik untuk melihat karya seni jalanan di Athena ini adalah Psiri, Karamikos, Exarcheia dan di Anafiotika di lereng bukit Acropolis. Beberapa lukisan yang cukup terkenal antara lain Knowledge Speaks karya Wild Drawing yang berada di sudut Samou dan Konstantinou Palaiologou dan Hands yang dibuat oleh Pavlos Tsankonas di 20 Pirepos Street.

10. Bristol, Inggris

inspiringcity.com

Bristol menjadi kota selanjutnya untuk menikmati street art terbaik di dunia. Disini kamu bisa menikmati indahnya karya seniman jalanan paling terkenal di dunia, yaitu Banksy.

Kamu bisa menjelajah kota Bristol ini untuk menikmati banyak karya Banksy yang indah, seperti Well Hung Lover, Mild Mild West dan Girls with the Pierced Eardrum. Tak hanya di jalanan saja, karya Banksy ini juga bisa kamu nikmati di Museum Bristol yang berupa patung malaikat dengan pot cat merah muda yang dituangkan di atasnya. Untuk menikmati seni jalanan di Bristol ini kamu bisa melakukannya sendiri atau bisa juga dengan mengikuti tur berpemandu.

11. Warsawa, Polandia

meetngreetme.com

Tempat untuk menimkati street art terbaik di dunia selanjutnya adalah di Warsawa, Polandia. Polandia memang dikenal sebagai salah satu negara yang senimannya indah dan unik. Warsawa adalah salah satu kota dimana street art nya cukup keren.

Kamu bisa berkunjung ke distrik Praga yang ada di Warsawa. Distrik ini menjadi lingkungan hipster yang semarak dan terdapat ratusan grafitti yang tersebar di jalanan. Distrik Praga ini dulunya merupakan kawasan paling berbahaya di Warsawa karena banyak kejahatan yang terjadi, namun sekarang kawasan ini telah disulap menjadi tempat terbaik untuk menikmati seni jalanan. Bahkan, Distrik Praga ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata yang populer di Warsawa.

12. Kyiv, Ukraina

matadornetwork.com

Kyiv merupakan ibukota Ukraina yang mungkin bagi banyak orang bukanlah tempat pertama yang terlintas dalam pikiran mereka untuk dikunjungi jika ingin melihat street art terbaik di dunia. Namun, siapa sangka ternyata Kyiv ini memiliki tempat untuk menikmati seni jalanan.

Street art di Kyiv ini sangat hidup dan beraham. Karya-karya yang ditampilkan mengusung tema abstrak hingga citra yang menggabungkan warisan Cossack Ukraina dan peringatan bagi orang-orang yang meninggal selama Euromaidan 2014. Mural di kota Kyiv ini tersebar di seluruh kota, namun terbesar bisa kamu temukan di pusat kota. Saking banyaknya, tidak cukup waktu atu hari saja untuk melihat semuanya. Setidaknya butuh waktu 2 hingga 3 hari untuk melihat seluruh mural di kota Kyiv ini.

13. Kopenhagen, Denmark

donkey.bike

Kota untuk menikmati indahnya street art di dunia berikutnya adalah kota Kopenhagen di Denmark. Kota ini memang terkenal sangat indah dan salah satu tempat paling populer disana adalah Christiania, dimana disini kamu akan menemukan deretan seni jalanan yang menakjubkan.

Christiania ini merupakan sebuah negara otonom yang memproklamirkan diri dalam kota Kopenhagen, tak heran jika tempat ini disebut sebagai Freetown Christiania. Di seluruh Christiania ini kamu akan melihat mural yang dirancang dengan kreatif. Banyak sekali street art yang melibatkan elemen tambahan untuk memberikan dimensi pada setiap karyanya. Tak heran jika Christiania menjadi salah satu tujuan wisata populer untuk menikmati street art.

14. Lisbon, Portugal

portugalconfidential.com

Kota Lisbon di Portugal juga menjadi salah satu tempat untuk menikmati street art terbaik di dunia. Lisbon memang memiliki sejumlah besar bangunan dan pabrik yang ditinggalkan dan kemudian diubah menjadi geleri seni atau klub malam.

Banyak dari bangunan-bangunan tersebut yang ditutupi dengan karya mural yang indah dan besar. Wisatawan yang datang ke kota ini akan dibuat kagum dengan deretan mural yang indah ini dan pastinya setiap karya memiliki makna masing-masing.

15. Buenos Aires, Argentina

pinterest.fr

Kota terbaik untuk menikmati indahnya street art di dunia berikutnya adalah Buenos Aires. Sudah bukan rahasia lagi jika ibukota Argentina ini memiliki seni jalanan yang indah karena peraturan yang longgar dan budaya yang artistik sehingga menciptakan kota yang penuh mural.

Kamu bisa menikmati street art di blok-blok sekitar Usina del Arte La Boca yang pada dasarnya adalah museum seni jalanan terbuka. Selain itu, kamu bisa berkunjung ke gang-gang Palermo Soho, terutama Pasaje Russel dan Pasaje Soria yang menampilkan beberapa grafitti paling fotogenik di kota. Setelah dari Soho, kamu bisa berkunjung ke Villa Crespo, yaitu sebuah lingkungan perumahan yang terkenal dengan muralnya. Kamu bisa menjelajahi kawasan Palermo ini sendirian atau dengan tur berpemandu selama 2 jam. Setidaknya dibutuhkan waktu hingga 5 hari untuk bisa menjelajahi semua street art di Buenos Aires ini.

16. Santiago de los Caballeros, Republik Dominika

meridian.org

Santiago de los Caballeros memang dikenal sebagai tempat paling indah di Republik Dominika dan menjadi kota terbesar kedua di negara tersebut. Di kota ini juga kamu bisa menikmati street art terbaik di dunia yang penuh warna.

Sejak 2017, Walikota Santiago meminta seniman lokal untuk menggunakan bangunan dam lingkungan Los Pepines sebagai kanvas mereka. Dalam beberapa bulan pun seluruh kota Santiago penuh dengan mural yang indah dan rumah beraneka warna. Jalan-jalan terbaik untuk menikmati mural di kota ini adalah Calle Cuba dan Calle 16 Agisto. Kamu bisa berjalan-jalan selama beberapa jam untuk menikmati indahnya kawasan Los Pepines yang instagramable.

17. Meksiko, Meksiko

altinnov.blog

Kota dengan street art terbaik di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Kota Meksiko. Ibukota Negara Meksiko ini telah mengalami evolusi mural sehingga mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara untuk datang kesana menikmatinya secara langsung.

Menariknya, disini kamu bisa mengikuti tur dengan pemandu agar tidak tersesat saat menyusuri kawasan yang dipenuhi dengan seni jalanan. Ada dua jenis wisata yang bisa dipilih, salah satunya adalah Art Walk atau Street Art Tour. Tur ini dimulai dengan tujuan mempromosikan seni perkotaan di Meksiko. Mulai dari koeksistensi, budaya dan periwisatanya. Selama tur berlangsung, kamu bisa menikmati indahnya mural yang berwarna-warni dan mampu membuatmu kagum.

18. Sao Paulo, Brazil

traveler.marriott.com

Sao Paulo merupakan kota terbaik kedua di Brazil setelah Rio de Janeiro. Kota ternyata juga menyimpan ragam street art terbaik di dunia yang bisa membuat siapapun berdecak kagum.

Lokasi terbaik untuk memulai penjelajahan di kota ini adalah Vila Madalena. Kawasan ini memang paling populer yang kerap disebut sebagai Beco do Batman atau Batman’s Alley. Setiap inci dinding di kawasan ini ditutup dengan mural indah. Di luar Batman’s Alley ini ada beberapa tangga yang dipenuhi dengan seni yang mengesankan. Tangga tersebut juga dipenuhi dengan mural indah dan salah satunya adalah tangga dengan mural penari balet yang cantik. Disini kamu juga bisa, lho mengikuti tur dengan pemandu yang siap mengantarkan kamu menjelajahi setiap inci keindahan mural di kota ini.

19. Bogota, Kolombia

golivegotravel.nl

Bogota di Kolombia juga menjadi salah satu kota untuk menikmati keindahan street art di dunia. Kota ini cukup populer di kalangan wisatawan karena dinding yang dipenuhi dengan murah berwarna-warni di setiap penjuru kotanya.

Sempat mendapatkan protes, sekarang seni jalanan di kota ini telah dilegalkan sehingga kota jadi terlihat berwarna-warni. Kamu pun bisa melihat berbagai gambar dan pesan di dindingnya. Tempat terbaik untuk menikmati mural di Bogota adalah di La Candelaria, yaitu sebuah distrik yang dipenuhi dengan kafe dan perusahaan hip. Kamu pun bisa bergabung dengan tur jalan kaki yang gratis dan ramai untuk menjelajahi indahnya mural di Bogota ini. Atau kamu juga bisa memilih untuk mengikuti tur pribadi yang berbayar jika ingin lebih mendapatkan privasi.

20. New York, Amerika Serikat

wayfaringviews.com

Kota dengan street art terbaik di dunia yang terakhir adalah New York, Amerika Serikat. New York telah menghasilkan banyak seniman jalanan selama beberapa dekade sehingga di kota ini kamu bisa menikmati banyak mural.

Kamu bisa berkunjung ke Long Island City yang dinding lebih dari 200.000 kaki persegi dipenuhi dengan mural karya seniman lokal dan internasional. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke Bronx Wall of Fame di East 173rb Street, Manhattan’s Bowery dan Victor Goldfeld’s Ol Dirty Bastard memorial di Bed-Stuy.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago