Wisata

17 Wisata Alam di Myanmar Dengan Pemandangan Memukau

Wisata Alam di Myanmar termasyur ke seluruh dunia. Myanmar sendiri merupakan sebuah Negara di kawasan Asia Tenggara yang dikenal kaya akan sejarah, budaya juga tradisi. Negara ini merupakan pertengahan Antara urbanisasi sehingga kalau kamu berkunjung kesana kamu bisa melihat perpaduan yang luar biasa Antara kota modern dan kota tua.

Pagoda tentu menjadi daya Tarik utama di Negara yang juga dikenal sebagai Burma ini. Namun, Myanmar tak hanya seputar pagoda-nya saja, karena disini kamu juga bisa menemukan pemandangan alam yang menakjubkan. Mulai dari pegunungan dengan pemandangan epik hingga pantai yang ramah wisatawan. Tak hanya itu, Myanmar juga menjadi Negara yang menyenangkan bagi umat Buddha karena destinasi wisata religi yang berpadu indah dengan wisata alam. Nah, untuk kamu yang penasaran dan ingin menikmati langsung keindahan Myanmar, berikut ini adalah daftarnya

1. Inle Lake

lonelyplanet.com

Wisata alam di Myanmar pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Inle Lake. Danau Inle ini merupakan danau terbesar kedua dan tertinggi di Myanmar yang memiliki pemandangan indah.

Berada di Shan yang merupakan rumah bagi banyak spesies siput dan ikan endemik. Disini kamu bisa mengendarai perahu dan berkeliling danau yang indah ini. Kamu juga bisa melihat aktivitas nelayan setempat yang mengendarai perahu. Tak hanya itu, disini juga kamu bisa menjelajah bungalow air yang unik serta menikmati keindahan kehidupan danau yang sederhana.

Kopi Ortu Sidoarjo: Tempat Ngopi Seru Serasa Ditemani Ortu

Nikmatnya Ragam Menu Aci Di Baso Aci Akang Waru, Bikin Nagih!

2. Rih Lake

discoverydmc.com

Selain Inle Lake, wisata alam di Myanmar selanjutnya yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Rih Lake. Rih Lake ini merupakan salah satu danau yang memiliki keindahan yang luar biasa.

Danau berbentuk hati ini berada di perbatasan Myanmar dan India yang dikelilingi oleh perbukitan, diselimuti hutan dan sawah yang indah. Danau Rih ini memiliki air berwarna biru yang jernih. Konon, menurut mitos yang berkembang di masyarakat setempat, danau ini merupakan pintu gerbang ke surga versi Mizo dan semua harus melewatinya untuk mencapai rumah abadi mereka. Terlepas dari mitos tersebut, danau ini memang cukup menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung.

3. Mount Popa

trippingunicorn.com

Mount Popa atau Gunung Popa merupakan sebuah gunung yang juga menjadi salah satu destinasi wisata alam di Myanmar yang patut untuk kamu kunjungi, khususnya bagi kamu yang suka mendaki.

Mount Popa merupakan sebuah gunung berapi purbakala yang cukup terkenal di Myanmar. Gunung ini memiliki beberapa jalur pendakian yang semuanya menawarkan pemandangan indah. Disini kamu akan disuguhi dengan hijaunya pemandangan sawah dan air terjun yang menawan. Popa sendiri merupakan Bahasa Sansekerta yang berarti bunga. Untuk itu, disini kamu akan disuguhi dengan bunga-bunga liar yang banyak tumbuh di kawasan Mount Popa ini sehingga membuat pendakianmu akan terasa semakin menyenangkan.

4. Mount Victoria

remotelands.com

Tak hanya Mount Popa yang bisa kamu jadikan sebagai lokasi pendakian, namun kamu juga bisa berkunjung ke Mount Victoria. Gunung Victoria ini merupakan gunung tertinggi di Chin State yang juga menjadi spot pendakian favorit di Myanmar.

Mount Victoria menawarkan pemandangan alam yang menawan yang bisa kamu nikmati selama pendakian. Tak hanya itu mendaki di gunung ini akan membuka kesempatan bagi para pendaki untuk bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal. Di kawasan Mount Victoria ini terdapat desa minoritas, termasuk komunitas dimana wanita lokal memiliki tato wajah yang mencolok. Inilah yang membuat Mount Victoria menjadi salah satu destinasi wisata alam di Myanmar yang patut untuk kamu kunjungi.

5. Sai Yok National Park

thainationalparks.com

Jika kamu adalah seorang petualang atau pecinta alam sejati, maka kamu wajib untuk berkunjung ke wisata alam di Myanmar yang satu ini, yaitu Sai Yok National Park. Taman nasional ini cukup populer di kalangan pecinta alam karena memiliki jalur trekking yang baik dengan rute untuk menjelajahi seluruh taman.

Bisa dibilang jika Sia Yok National Park ini merupakan taman nasional yang sangat mudah diakses dan cocok untuk pemula. Tak hanya itu, taman nasional ini juga menawarkan fasilitas yang cukup memudahkanmu dan membuatmu nyaman, seperti adanya bungalow dan perkemahan yang disewakan dengan harga mulai dari 30 Bath per malam. Kamu pun bisa mendapatkan banyak fasilitas dan kenyamanan selama menginap disini. Terlebih lagi, kamu bisa menyusuri sungai dan air terjun yang berkelok-kelok melalui taman dan gua-gua yang indah.

6. Dat Taw Gyaint Waterfall

mustseespots.com

Destinasi wisata alam di Myanmar yang cocok bagi kamu yang pecinta alam selanjutnya adalah Dat Taw Gyaint Waterfall. Air terjun raksasa ini sering kali dilewatkan oleh wisatawan, padahal keindahannya sangat luar biasa.

Air terjun setinggi 250 kaki ini memang berada di lokasi yang cukup tersembunyi sehingga kamu harus berjalan sekitar 2 hingga 3 jam untuk tiba disana. Semua rasa lelah tentu akan sirna ketika kamu melihat langsung keindahan dari Dat Taw Gyaint Waterfall ini. Kawasan ini tak hanya menawarkan keindahan air terjun saja, lho. Disini kamu juga bisa menemukan gua, kebun raya yang indah hingga perkebunan buah stroberi. Tak perlu takut tersesat, pasalnya penduduk setempat akan dengan sigap menunjukan jalan menuju air terjun ini. Untuk itu, pastikan kamu mempersiapkan tenaga dan perbekalan untuk menuju ke air terjun ini.

7. Pindaya Cave

yourenotfromaroundhere.com

Pindaya Cave tak hanya dikenal sebagai salah satu destinasi wisata alam di Myanmar, namun juga menjadi salah satu destinasi wisata religi di Negara tersebut. Pindaya Cave merupakan sebuah gua yang megah di wilayah Myelat Timur dan menjadi tujuan wisata favorit.

Gua ini merupakan rumah bagi 8.000 gambar Buddha. Disini kamu bisa melihat patung-patung dan gambar-gambar Buddha yang dihiasi dengan warna emas yang indah serta efek berkilauan di bawah bayangan gua-gua. Gua Pindaya ini memang banyak dikunjungi oleh umat Buddha, namun kamu yang tidak beragama Buddha pun layak untuk berkunjung kesini. Kawasan ini sangat indah karena di sampingnya kamu bisa menemukan danau yang indah serta pemandangan pegunungan yang menawan.

8. Saddar Cave

flickr.com

Tak hanya Pindaya Cave, kamu juga bisa berkunjung ke Saddar Cave yang juga menjadi salah satu tempat wisata alam di Myanmar sekaligus wisata religi di Myanmar. Gua ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik, khususnya bagi umat Buddha.

Gua ini dihiasi dengan ratusan patung Buddha yang telah ada selama bertahun-tahun. Miniature Buddha yang ada disini tentu menambah keindahan dari gua ini. Di tambah lagi, formasi bebatuan yang diterangi lampu dalam gua ini membuatnya terlihat semakin indah. Untuk menuju ke gua ini kamu memang harus treeking terlebih dahulu, namun pemandangannya sangat indah.

9. Myeik Archipelago

silverkris.com

Jika kamu anak pantai, maka destinasi wisata alam di Myanmar yang satu ini tentu wajib masuk dalam daftar rencana perjalanan kamu. Myeik Archipelago atau Kepulauan Myeik merupakan deretan pulau cantik yang indah dan kebanyakan tak berpenghuni.

Pulau-pulau di Myeik ini terdiri dari hutan hijau yang indah, pantai yang menawan dan satwa liar yang masih sangat alami dan tak tersentuh oleh pembangunan. Banyak wisatawan yang datang ke pulau-pulau ini untuk menikmati keindahan alam dan bawah lautnya. Disini juga kamu tidak akan menemukan hotel ataupun restoran, sehingga kamu disarankan untuk menggunakan jasa pemandu dan mengikuti perjalanan dalam sehari. Kamu tidak akan bertemu dengan banyak orang disini, melainkan satwa liar yang hidup bebas, seperti ikan, burung dan cumi-cumi.

10. National Kandawgyi Botanical Gardens

frustratedgardener.com

Destinasi wisata alam terindah di Myanmar yang saying untuk dilewatkan selanjutnya adalah National Kandawgyi Botanical Gardens. Taman botani seluas 437 hektar ini terinspirasi oleh Kew Garden yang berada di London.

Taman yang dibangun pada tahun 1915 ini ditumbuhi dengan beraga jenis bunga dengan beragam warna yang indah, salah satunya adalah 25 jenis Bunga Mawar yang dirawat dengan baik. Tak hanya bunga, taman ini juga ditumbuhi dengan 600 spesies pohon. Kandawgyi Botanical Garden ini menjadi salah satu tempat rekreasi populer dan favorit banyak wisatawan.

11. Naypyidaw Water Fountain Garden

2hungrywanderers.com

Naypyidaw Water Fountain Garden ini merupakan sebuah taman di Naypyidaw, Myanmar yang juga bisa menjadi destinasi wisata alam di Myanmar yang cocok untuk bersantai dengan keluarga. Taman seluas 165 hektar ini berada tak jauh dari Balai Kota Naypyidaw.

Taman kota ini memiliki kolam utama dengan tiga air mancur dan 11 kolam kecil dengan 13 ar mancur yang berbeda. Tak hanya itu, di taman ini juga terdapat menara jam setinggi 9,1 meter, Sembilan pusat rekreasi, dua taman kecil, du ataman batu dan jalan kereta selebar sepuluh kaki serta ada jalan setapak. Naypyiday Water Fountai Garden ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai.

12. Kyauk Ka Lat

pinterest.com

Meskipun tidak setenar Inle Lake, Kyauk Ka Lat tentu menjadi salah satu destinasi wisata alam di Myanmar yang wajib untuk kamu kunjungi. Kyauk Ka Lat menjadi salah satu situs paling ikonik di Myanmar.

Kyauk Ka Lat ini merupakan puncak batu kapur sempit yang berada di atas danau besar dengan pagoda di bagian atasnya. Bukit kapur ini memiliki bentuk yang lancip pada bagian bawahnya, namun sangat seimbang. Pemandangan di sekitar sini pun sangat menawan karena kamu bisa melihat Gunung Zwegabin sebagai latar belakangnya dan suasana danau yang tenang.

13. The Golden Rock

globalintergold.info

Destinasi wisata alam terindah di Myanmar berikutnya adalah The Golden Rock. The Golden Rock ini merupakan sebuah batu berwarna emas yang berada di bukit setinggi 7,6 meter.

Batu tersebut berada dalam posisi miring namun tidak terjatuh. Konon, umat Buddha percaya jika untaian rambut Buddha yang mencegah batu tersebut jatuh dari tepi. Disini juga terdapat pagoda megah yang dikenal sebagai Pagoda Kyaiktiyo dan telah menjadi tujuan wisata religi umat Buddha saat berkunjung ke Myanmar. Para pengunjung pria yang datang kesini terus menghiasi batu besar tersebut dengan daun emas sehingga warna emasnya tidak pudar. Waktu yang tepat untuk berkunjung kesini adalah saat sore hari sebelum mataharu terbenam karena kamu bisa melihat keindahan matahari terbenam dengan latar Pegunungan Mon State yang indah.

14. Gokteik Viaduct

backpackinglikeaboss.com

Gokteik Viaduct juga menjadi salah satu destinasi wisata alam di Myanmar yang menarik untuk dikunjungi. Gokteik Viaduct merupakan sebuah jembatan tua yang cukup bersejarah dan untuk mencapai jembatan ini harus dengan menggunakan kereta api terpanjang di Myanmar.

Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1901 dan memiliki panjang 700 meter. Jembatan yang berlokasi sekitar 30 mil dari Pyin Oo Lwin dan kamu akan menemukan jembatan ini dalam perjalanan menuju Mandalay.

Saat menaiki kereta, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan ngarai yang indah. Ngarai tersebut dipenuhi tanaman hijau yang sejuk dan menyegarkan mata. Ngarai ini tentu menjadi pemandangan yang menyenangkan bagi penumpang kereta yang melintasi Gokteik Viaduct.

15. Ngwe Saung Beach

adventureinyou.com

Destinasi wisata alam di Myanmar yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Ngwe Saung Beach. Pantai ini memang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pantai Ngwe Saung ini memiliki ciri khas beripa pohon palem, laut biru serta pasir putih yang lembut. Pantai yang juga dikenal sebagai Silver Beach ini menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil berjemur di pinggiran pantainya. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa melakukan scuba diving dan snorkeling. Setelah lelah melakukan olahraga air, disini kamu juga bisa bersantai di café dan restoran yang ada di dekat pantai ini dan menikmati hidangan khasnya.

16. Ayeyarwady River

insightguides.com

Ayeyarwady River atau yang juga dikenal sebagai Irrawaddy River ini merupakan salah satu wisata alam di Myanmar yang cukup populer. Sungai sepanjang 2.000 kilometer ini dijuluki sebagai The Road to Mandalay karena merupakan sungai terbesar di Myanmar.

Sungai terbesar ini memang sangat luas sehingga dijadikan untuk ragam aktivitas yang menarik. Sungai ini digunakan sebagai sarana transportasi masyarakat setempat untuk berdagang atau bekerja dengan menggunakan longboat kayu. Tak hanya itu, di sungai ini kamu juga bisa menemukan rumah-rumah panggung dengan atap jerami yang indah berlatarkan gunung-gunung yang tinggi menjulang.

Tak hanya bisa menikmati kehidupan masyarakat setempat, kamu juga bisa melihat sejumlah flora dan fauna dengan hutan bakau yang lebat, burung-burung hingga buaya. Ditambah lagi, Sungai Irrawaddy ini juga menjadi habitat bagi lumba-lumba Irrawaddy yang terancam punah.

17. Mandalay Hill

pinterest.nz

Destinasi wisata alam di Myanmar yang terakhir adalah Mandalay Hill. Mandalay Hill merupakan sebuah bukit setinggi 760 kaki yang menjadi spot favorit wisatawan untuk menikmati keindahan kota Mandalay dari ketinggian.

Pendakian menuju bukit ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menaiki anak tangga. Tak hanya menawarkan keindahan pemandangan kota, bukit ini juga memiliki pagoda dan kuil. Sepanjang perjalanan menuju puncak, kamu akan menemukan kuil-kuil kecil dan pemandangan alam yang indah. Rasa lelah selama pendakian tentu akan terbayar setelah melihat pemandangan menawan dari atasnya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Mandalay ini adalah saat sore hari sebelum matahari terbenam karena kamu akan disuguhi dengan pemandangan matahari terbenam yang indah.

Demikianlah daftar destinasi wisata alam di Myanmar yang populer dan layak untuk kamu kunjungi. Beragam sekali kan pilihan wisatanya? Jangan lupa segera agendakan perjalanan kamu ke Myanmar ya.

prita

Recent Posts

7 Taman Asri di Surabaya Cocok Untuk Jalan Sehat Hingga Piknik

Surabaya merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang cukup populer dan dikenal dengan sebutan…

5 hours ago

7 Rekomendasi Es krim dan Gelato Enak di Jakarta

Jakarta memang menjadi salah satu Kota yang terkenal sekali dengan kulinernya yang beragam, dan banyak…

8 hours ago

10 Taman Terbaik di Dunia Bikin Betah Duduk Santai Seharian

Saat musim panas memang sangat menyenangkan dan menyegarkan mata jika kita berkunjung ke taman. karena…

12 hours ago

7 Kaledo Enak di Palu Dengan Sensasi Gigitan Daging Kenyal Dan Empuk

Indonesia memang memiliki beragam budaya, adat, tradisi, dan dengan keberagaman inilah yang membuat Indonesia ini…

17 hours ago

10 Rekomendasi Penginapan Murah di Solo Dekat Stasiun

Solo dikenal sebagai salah satu daerah yang kaya akan budaya, kuliner, hingga tempat wisata. Tidak…

1 day ago

10 Rekomendasi Es Krim dan Gelato Enak di Yogyakarta

Apa yang Anda ingat saat mendengar kata Yogyakarta? Daerah Yogyakarta memang dikenal menawarkan banyak tempat…

1 day ago