15 Rekomendasi Tempat Wisata di Lampung Tengah


Fida  September 22, 2022  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur. Ada cukup banyak pilihan tempat wisata yang bisa kamu datangi seperti tempat wisata alam, tempat wisata bersejarah, hingga tempat wisata religi. Lampung Tengah merupakan salah satu kawasan yang juga menawarkan banyak pilihan tempat wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Lampung Tengah kerap dipilih sebagai tujuan wisatawan untuk berlibur. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 15 rekomendasi tempat wisata di Lampung Tengah yang menarik untuk kamu kunjungi

1. Air Terjun Curup Lestari

air terjun curub lestari
ihategreenjello.com

Mengunjungi destinasi wisata berupa air terjun menjadi salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu berlibur. Air Terjun Curup Lestari dikenal sebagai salah satu wisata di Lampung Tengah yang menyuguhkan indahnya aliran air terjun. Tidak hanya air yang deras dan jernih, pengunjung juga akan dimanjakan dengan megahnya tebing dan bebatuan.

Air Terjun Curup Lestari juga dikelilingi oleh pepohonan sehingga menawarkan suasana yang sejuk dan asri. Bagi kamu yang suka berpetualang, air terjun ini sangat cocok untuk kamu datangi. Akses menuju ke Air Terjun Curup Lestari terbilang masih cukup sulit dilalui. Oleh karena itu, tidak heran jika air terjun ini masih tampak asri dan belum ramai wisatawan. 

Suasananya yang tenang menjadikan Air Terjun Curup Lestari sangat cocok dipilih sebagai tempat untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Kamu dapat mengunjungi air terjun ini di kawasan Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat melihat indah dan megahnya Air Terjun Curup Lestari. 

Gotravelly

Blue Lagoon ( Puncak Sari ) Surga Tersembunyi Di Pualu Bali

Surga Tersembunyi “Gili Labak”

2. Air Terjun Curup Tujuh

air terjun curub tujuh
tripjalanjalan.com

Selain Air Terjun Curup Lestari, wisata di Lampung Tengah yang dapat kamu kunjungi berikutnya adalah Air Terjun Curup Tujuh. Air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Marga Jaya, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah. Dari Bandar Lampung, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 hingga 4 jam untuk tiba di Air Terjun Curup Tujuh.

Tidak jauh berbeda dengan air terjun lainnya, pengunjung juga harus berjalan kaki untuk tiba di lokasi Air Terjun Curup Tujuh. Kamu tidak perlu khawatir karena selama berjalan kaki, kamu akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan pemandangan yang asri. 

Air Terjun Curup Tujuh memiliki ketinggian mencapai 75 meter. Adanya beberapa tingkatan air terjun juga menjadikan pemandangan tampak semakin indah dan memanjakan mata. Tidak hanya dapat berfoto dengan pemandangan indah, kamu juga dapat bebas bermain air di bawah air terjun. 

3. Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas

danau biru tambang kapur batu padas
lampung.tribunnews.com

Hobi berfoto? Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas menjadi wisata yang tepat untuk kamu datangi. Danau yang satu ini sangat populer dan dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Lampung Tengah yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Sesuai dengan namanya, danau yang satu ini terbentuk karena dulunya terdapat aktivitas pertambangan kapur. Siapa sangka jika kawasan yang dulunya bekas tambang kini berubah menjadi destinasi wisata danau dengan perairan biru yang memanjakan mata. Karena keindahannya, tidak heran jika Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas banyak didatangi wisatawan dari berbagai daerah. 

Meskipun menawarkan pemandangan indah dan mempesona, pengunjung yang ingin datang ke Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Waktu terbaik untuk datang ke danau ini adalah saat pagi dan sore hari. Danau Biru Tambang Kapur Batu Padas dapat kamu datangi di kawasan Payung Mulya, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. 

4. Bukit Batu Bara

bukit batu bara
dpmptsp.lampungtengahkab.go.id

Tempat wisata di Lampung Tengah berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Bukit Batu Bara. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan perbukitan dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Bukit Batu Bara sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka berpetualang. Untuk tiba di puncak Bukit Batu Bara, pengunjung perlu mendaki. Kamu tidak perlu khawatir karena meskipun melelahkan, semua akan hilang saat kamu sudah tiba di puncak Bukit Batu Bara. 

Waktu terbaik untuk datang ke Bukit Batu Bara adalah saat sore hari. Selain teduh, pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan juga dapat dinikmati dari puncak bukit. Dari puncak Bukit Batu Bara, pengunjung dapat melihat langsung indahnya kawasan Lampung Tengah dari ketinggian. Suasana yang sejuk dan asri juga membuat pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu di bukit ini. 

Bukit Batu Bara dapat kamu datangi di kawasan Linggapura, Kecamatan Selagai Lingga, Kabupaten Lampung Tengah.

5. Bukit Batu Tumpang

bukit batu tumpang
m.lampost.co

Tidak hanya dapat mengunjungi Bukit Batu Bara, kamu juga dapat mengunjungi perbukitan lainnya seperti Bukit Batu Tumpang. Salah satu tempat wisata di Lampung Tengah ini menawarkan banyak spot menarik dan instagramable yang dapat di manfaatkan untuk berfoto. Oleh karena itu, tempat yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan khususnya bagi kamu pecinta foto. Waktu terbaik untuk datang ke bukit ini adalah saat pagi dan sore hari. 

Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini identik dengan adanya batu yang ditumpangkan. Batu besar yang ditumpangkan ke batu yang berukuran lebih kecil menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri dari bukit ini. Hamparan penghijauan yang luas juga sangat memanjakan mata. 

Bukit Batu Tumpang menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Kamu dapat mengunjungi indahnya Bukit Batu Tumpang kawasan Payung Rejo, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah.

6. Danau Tirta Gangga

danau tirta gangga
dpmptsp.lampungtengahkab.go.id

Ada cukup banyak pilihan destinasi wisata di Lampung Tengah yang tidak boleh kamu lewatkan, salah satunya adalah Danau Tirta Gangga. Danau yang satu ini dikenal sebagai tempat wisata alam sekaligus tempat wisata religi yang banyak didatangi oleh wisatawan. Wisatawan yang datang tidak hanya tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Lokasi tepat dari Danau Tirta Gangga berada di kawasan Sakti Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten Lampung Tengah. 

Sebutan Danau Tirta Gangga memang mirip dengan sebutan danau yang ada di Bali. Hal itu dikarenakan di sekitar danau terdapat banyak umat Hindu keturunan Bali. Kawasan wisata yang satu ini dibuka untuk umum sehingga dapat dikunjungi semua kalangan. Suasana di sekitar danau yang sejuk dan asri juga menambah kesan alami dan membuat pengunjung betah.

7. Danau Bekri

danau bekri
lampung.co

Pernah mendengar sebutan destinasi wisata Danau Bekri? Danau Bekri merupakan salah satu tempat wisata di Lampung Tengah yang populer dan banyak didatangi oleh wisatawan. Danau yang satu ini menawarkan keindahan serta memiliki daya tarik tersendiri. 

Danau Bekri merupakan gabungan dari dua danau dan terdapat gundukan di bagian tengahnya. Jika dilihat dari kejauhan, pegunungan tersebut tampak menyerupai pulau. Pengunjung dapat datang ke bagian tengah danau dengan melewati jembatan yang telah disediakan. Dengan melewati jembatan, kamu dapat merasakan sensasi berada di tengah danau yang mengesankan. 

Kamu dapat mengunjungi indahnya danau yang satu ini di kawasan Sinar Banten/Bekri, Kecamatan Bekri, Kabupaten Lampung Tengah. Banyaknya spot menarik yang ditawarkan juga menjadikan pengunjung dapat berfoto atau mengabadikan momen di kawasan danau. Menarik sekali bukan?

8. Danau Telogo Rejo Sendang Biru

danau telogo rejo
liburanlampung.blogspot.com

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Lampung Tengah berupa danau yang dapat kamu kunjungi yakni Danau Telogo Rejo Sendang Biru. Danau yang satu ini terletak di kawasan Sendang Baru, Kota Batu, Kecamatan Sendang Agung, Kabupaten Lampung Tengah. Lokasi danau yang terletak di lereng Bukit Barisan menjadikan pengunjung dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar saat berwisata ke danau ini. 

Hamparan perairan luas yang ditawarkan tentu sangat memanjakan mata. Tidak hanya itu, di sekitar danau juga terdapat banyaknya pepohonan dan penghijauan sehingga suasana tampak semakin alami. Selain memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan, danau ini juga dihuni oleh berbagai jenis ikan air tawar. Bagi kamu yang hobi memancing, melakukan aktivitas memancing saat berkunjung ke danau ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Saat berkunjung ke Lampung Tengah, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir dan berlibur di Danau Telogo Rejo Sendang Biru. 

9. Tugu Kopiah Emas

tugu kopiah emas
travel.detik.com

Tugu Kopiah Emas salah satu destinasi wisata di Lampung Tengah yang ikonik. Tugu yang satu ini berhasil menarik minat wisatawan maupun masyarakat lokal untuk mengunjunginya. Tugu Kopiah Emas dapat kamu datangi di Jalan Lintas Sumatera, Gunung Sugih, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. Lokasinya yang sangat strategis dan berada di tengah kota tentu sangat memudahkan pengunjung atau wisatawan untuk datang bangunan ikonik yang satu ini. 

Tugu Kopiah Emas memiliki tinggi mencapai 11 meter dan dibuat oleh pematung serta pemahat dari Jawa Tengah. Bangunan ini dibangun dengan tujuan untuk menggambarkan budaya serta adat istiadat Lampung Tengah. Tugu Kopiah Emas juga termasuk ke dalam kawasan Taman Budaya Lampung Tengah. Saat berkunjung ke Lampung Tengah, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan datang dan menghabiskan waktu di tugu yang satu ini. 

10. Tugu Pepadun

tugu pepadun
uun-halimah.blogspot.com

Tidak jauh dari Tugu Kopiah Emas, kamu dapat mengunjungi Tugu Pepadun yang juga merupakan salah satu ikon khas Lampung Tengah. Tugu yang satu ini kerap dikunjungi wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata di Lampung Tengah. Lokasinya berada di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah. 

Tugu Pepadun memiliki bentuk khas yakni berbentuk dua pasang tangan yang dilapisi dengan perunggu berwarna kuning. Di atas tangan penari terdapat singgasana dari Pepadun. Tidak hanya itu, di bagian paling atas tugu terdapat tiga susun payung berwarna putih, kuning, dan merah. 

Masyarakat setempat menyebut payung ini dengan sebutan Payung Agung yang tidak bisa dipakai oleh sembarang orang. Payung ini hanya bisa dipakai berdasarkan aturan serta adat khusus. Saat berkunjung ke Lampung Tengah, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan datang dan menyusuri indahnya kawasan Tugu Pepadun. 

11. Gua Maria Fajar Mataram

gua maria fajar mataram
lampung.inews.id

Gua Maria Fajar Mataram merupakan salah satu tempat wisata alam sekaligus tempat wisata religi bagi umat Katolik. Gua yang satu ini juga kerap didatangi oleh wisatawan sebagai destinasi wisata di Lampung Tengah. 

Pengunjung yang datang akan dimanjakan suasana sejuk dan asri yang ditawarkan. Suasananya yang tenang juga menjadikan Gua Maria Fajar Mataram sayang untuk kamu lewatkan saat berlibur ke Lampung Tengah. 

12. Masjid Istiqlal Bandar Jaya

masjid istiqlal bandar jaya
jamdigital.co.id

Masjid Istiqlal Bandar Jaya juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Lampung Tengah yang banyak didatangi oleh wisatawan. Tempat wisata yang satu ini juga dikenal sebagai wisata religi bagi umat muslim. Nama Masjid Istiqlal Bandar Jaya diberikan karena pembangunan masjid ini terinspirasi dengan bangunan Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta.

Masjid Istiqlal Bandar Jaya berlokasi di Jalan Proklamator Raya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah. Lokasinya yang sangat strategis menjadikan masjid yang satu ini sangat mudah untuk didatangi.

Selain dapat melakukan ibadah bagi umat muslim, menikmati megahnya masjid serta arsitekturnya yang menarik. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Lampung Tengah dan menyempatkan untuk singgah maupun beribadah di masjid yang satu ini.

13. Wisata Alam Karya Terpadu

wisata alam karya terpadu
lampung.tribunnews.com

Ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di Lampung Tengah? Wisata Alam Karya Terpadu dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan luasnya kolam renang dan berbagai fasilitas lainnya. Pengunjung dapat mencoba berbagai pilihan permainan yang ditawarkan seperti jaring laba-laba, flying fox, hingga menaiki perahu.

Wisata Alam Karya Terpadu sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang ke Jalan Proklamator Raya Nomor 222, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

14. Kolam Renang Telaga Putri

kolam renang telaga putri
ticmpu.id

Destinasi wisata di Lampung Tengah berupa kolam renang berikutnya yang juga sayang untuk kamu lewatkan adalah Kolam Renang Telaga Putri. Kolam renang yang satu ini sudah cukup populer dan berlokasi di Jalan Seputih Banyak, Kecamatan Metro, Kabupaten Lampung Tengah.

Selain akan dimanjakan dengan luasnya area kolam renang, kamu juga dapat menikmati berbagai wahana serta fasilitas yang ditawarkan. Terdapat sliding atau seluncuran pada kolam renang yang cukup menguji adrenalin dan bisa kamu coba. Tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur di Kolam Renang Telaga Putri bersama keluarga?

15. Tugu Pengantin

tugu pengantin
inews.id

Satu lagi rekomendasi tempat wisata di Lampung Tengah yang tidak boleh kamu lewatkan di Tugu Pengantin. Salah satu ikon sekaligus destinasi wisata ini juga kerap disebut dengan Bundaran Pengantin. Kamu tidak perlu bingung saat ingin mengunjungi tugu ini karena lokasinya yang sangat strategis dan mudah dijumpai.

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Lampung Tengah dan menyempatkan untuk berfoto di sekitar Tugu Pengantin. Saat malam hari tiba, suasana sekitar tugu akan semakin ramai karena terdapat banyak pedagang dan wisatawan. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin bersantai dan menghabiskan waktu berlibur di Lampung Tengah.

Nah itulah daftar 15 rekomendasi tempat wisata di Lampung Tengah yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Berbagai tempat wisata menawarkan kesan serta pesonanya masing-masing. Saat berkesempatan datang ke Lampung Tengah, kira-kira tempat wisata manakah yang kamu kunjungi?



Leave a Reply