Wawasan

14 Tradisi Unik Terlihat Cantik yang Dilakukan Wanita di Berbagai Negara

Terlihat cantik adalah impian setiap wanita. Tidak heran bila para wanita di dunia berlomba – lomba melakukan berbagai hal agar terlihat cantik. Dalam berbagai kebudayaan, kecantikan memiliki definisi yang berbeda – beda. Walaupun pada umunya kriteria cantik memiliki ciri – ciri yang sama antara satu kebudayaan dan kebudayaan lainnya. Tetapi tahukah kamu jika di sejumlah negara di dunia mempunyai tradisi turun termurun yang dilakukan agar wanita terlihat cantik dan bahkan tradisi yang dilakukan ini tidak jarang membuat mereka merasakan sakit yang luar biasa lho. Berikut ini 15 tradisi unik terlihat cantik yang dilakukan para wanita dari berbagai negara dan kebudayaan di dunia :

Tradisi Unik di Dunia

1. Meruncingkan gigi di Jepang

cvltnation.com

Tradisi unik terlihat cantik yang pertama adalah meruncingkan gigi. Jika kamu pernah melihat film vampir, begitulah gigi para remaja di Jepang. Wanita dianggap cantik apabila memiliki taring panjang di gigi bagian atas. Mereka tak segan – segan mendatangi klinik dokter gigi untuk membentuk giginya menjadi runcing dan gingsul. Ada beberapa prosedur untuk membuat taring seperti gambar diatas baik sementara maupun permanen. Dokter akan menempelkan taring kecil pada gigi yang sudah ada. Gigi pun akan sedikit menonjol keluar seolah memiliki taring. Tampilan ini disebut Yaeba yang berarti gigi berlapis atau gigi dobel.

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

Indomie Food Truck Selera Rakyat : Indomie Viral Jombang Yang Ngantri Banget!

2. Bedak dari kotoran burung dan menghitamkan gigi di Jepang

grid.id

Satu lagi tradisi unik terlihat cantik dari Jepang yang dilakukan oleh para Geisha zaman dulu. Mereka menghitamkan gigi mereka sebagai simbol kecantikan yang disebut dengan Ohaguro. Kebiasaan unik ini dilakukan agar para wanita Jepang dianggap menarik oleh lawan jenis. Hingga akhir abad ke 19 masyarakat masih terdoktrin dengan pernyataan bahwa ciri – ciri wanita yang cantik dan menarik adalah mereka yang memiliki gigi hitam. Selain itu para Geisha juga menggunakan make up yang sangat tebal sampai seluruh wajah menjadi putih. Uniknya adalah bedak yang digunakan terbuat dari kotoran burung bul – bul yang dicampur dengan tepung beras, eitss.. kotoran burung bul – bul ini tidak berbau kok!

3. Rambut bertanduk dari rambut nenek moyang di Suku Myamo, China

merdeka.com

Tradisi unik terlihat cantik ini dilakukan oleh masyarakat suku Myamo di China. Mereka membuat tanduk yang terbuat dari rambut – rambut nenek moyang mereka yang telah meninggal. Anak – anak dari suku Myamo ini mengumpulkan rambut rontok milik neneknya pada waktu masih hidup saat sedang menyisir. Tradisi ini diyakini berasal dari kebiasaan masyarakat yang menganggap sapi adalah hewan yang suci sehingga mereka membuat rambut tanduk sebagai lambang dari sapi. Hiasan kepala ini biasanya digunakan pada saat perayaan baik di hari pernikahan maupun hari raya.

4. Lotus feet di China

surabayapagi.com

Satu lagi tradisi unik terlihat cantik dari China, wanita yang punya kaki mungil dianggap memiliki keindahan dan kemakmuran. Pembuatan kaki ini dilakukan pada mereka sejak usia belia, yaitu pada usia 4-7 tahun. Kaki mereka dioleskan menggunakan ramuan tumbuh-tumbuhan dan darah hewan agar kaki jadi lemas dan ditekuk gitu. Proses pembuatan kaki itu tergolong lama dan sakit lho. Mirisnya mereka juga bisa megalami infeksi yang menyebabkan kaki mereka berbau busuk. Agar bau busuk nggak nyebar, pemilik kaki mungil harus menggunakan kaus kaki. Tapi meskipun begitu wanita berkaki mungil lebih disukai oleh para lelaki lho!

5. Gemuk itu cantik di Mauritania, Afrika Barat

dunia.tempo.co

Banyak wanita mendambakan bentuk badan yang ramping dan ideal. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk warga Mauritania karena tradisi unik terlihat cantik wanita disana berlomba – lomba untuk menjadi gemuk. Selain ketentuan untuk cepat memperoleh suami, mempunyai badan gemuk juga menjadi simbol kemakmuran. Semenjak berumur 8 tahun, wanita di Mauritania telah mengkonsumsi lemak tinggi agar tubuh mereka menjadi gemuk. Sementara menurut pandangan pria di Mauritania, seorang perempuan yang gemuk tidak hanya cantik namun juga sehat sehingga mampu memberikan mereka keturunan yang banyak.

6. Mentato seluruh tubuh dan wajah di Amazon

phinemo.com

Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang mulus dan indah. Tetapi berbeda dengan tradisi unik terlihat cantik suku Amazon ini. Para wanita di suku Amazon justru mentato seluruh badannya hingga ke wajah untuk memiliki penampilan yang cantik dan menarik. Mereka mentato seluruh badan dan wajah dengan tanaman maupun darah hewan.

7. Menggunakan kosmetik berbahaya di Mesir Kuno

kumparan.com

Kecantikan wanita Mesir Kuno memang sudah sangat meleganda khususnya Cleopatra. Rupanya tradisi unik terlihat cantik yang mereka lakukan adalah merias wajah dengan menggunakan bahan yang berbahaya seperti timah, tembaga, galena (sulfide timah) dan kohl (bahan berbentuk pasta dari logam campuran timah/bijih besi). Padahal kosmetik dengan bahan – bahan tersebut bisa membuat kulit wajah terkelupas dan merusak kulit.

8. Menggores tubuh di Suku Karo, Ethiopia

meramuda.com

Tradisi unik terlihat cantik yang selanjutnya dilakukan oleh laki – laki dan perempuan Suku Karo di Ethiopia menggoreskan tubuhnya menggunakan benda tajam. Jika para laki – laki memberikan goresan pada dadanya untuk menunujukkan keberhasilan perang, maka wanita memberikan goresan pada tubuhnya agar terlihat cantik. Luka goresan yang mereka buat dioleskan oleh sari tumbuhan dan bahan berwarna gelap seperti arang dan bubuk mesiu.

9. Menggunakan Yapping Hullo di Suku Apatani, India Timur

travel.tribunnews.com

Suku Apatani tinggal di lembah Ziro di negara bagian Arunachal Pradesh di India Timur. Konon wanita-wanita suku Apatani ini tergolong wanita yang paling cantik di antara suku Arunachal. Saking cantiknya mereka harus membuat diri mereka menjadi jelek dan tidak menarik untuk perlindungan diri  dari suku lain yang merebutkannya. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk memakai Yapping Hullo atau penutup hidung yang terbuat dari colokan kayu besar dan dipasang di hidung mereka. Colokan yang terbuat dari kepingan kayu berukuran besar ini memang membuat mereka tampak tidak menarik. Tapi bagi suku apatani sendiri tradisi ini membuat lelaki memandang kaum wanita sebagai yang tercantik diantara suku suku lainnya

10. Leher panjang di Suku Kayan, Thailand

merdeka.com

Tradisi unik terlihat cantik berikutnya datang dari Thailand. Leher panjang ini bukan bawaan dari lahir. Mereka menggunakan kumparan atau gelang kuningan untuk dipasang pada lehernya sejak mereka berusia 5 tahun. Gelang yang melekat di leher itu akan diganti secara berkala lho gais. Berat gelang tersebut membuat tulang selangka terdorong turun dan menekan tulang rusuk sehingga leher menjadi panjang gitu. Kumparan ini nggak akan dilepas kecuali akan di ganti yang lebih tinggi.

11. Meruncingkan gigi di Suku Bagobo, Filipina

indozon.id

Jika anak muda di Jepang meruncingkan gigi taringnya saja, maka tradisi unik terlihat cantik wanita suku Bagobo justru meruncingkan seluruh giginya. Memiliki gigi runcing nggak membuat mereka menjadi seram tapi justru malah membuat mereka nampak jadi lebih cantik. Mereka harus rela menahan rasa sakit saat meruncingkan giginya dengan menggunakan kayu atau bambu. Jadi, peruncingan gigi ini pun butuh waktu lama untuk benar-benar runcing dan cantik.

12. Telinga panjang Suku Dayak, Indonesia

genpi.co

Tradisi unik terlihat cantik wanita suku Dayak adalah dengan memiliki telinga panjang yang menjuntai hingga ke pundak. Untuk memanjangkan telinga, wanita suku Dayak menggunakan anting logam atau emas dengan jumlah yang banyak. Konon, Kamu bisa tahu umur wanita Dayak tersebut dengan cara cukup menghitung jumlah antingnya. Panjangnya telinga dan banyaknya anting juga bisa digunakan sebagai penanda trata sosial mereka.

13. Bibir piring atau lip plate di Suku Mursi, Ethiopia

panarmenian.net

Wanita di Suku Mursi punya tradisi unik terlihat cantik. Mereka  menggunakan piring di mulutnya. Konon semakin lebar mulutnya makan wanita tersebut semakin cantik lho. Wanita di suku Mursi ini menggunakan piring di bibir ini sejak berusia 13 tahun hingga 16 tahun. Ibu mereka akan mengiris bibir bawah anaknya sepanjang 1 sampai 2 cm. Kemudian dimasuklah piring pada bibirnya yang lubang itu. Piring akan diganti secara berkala dengan yang lebih besar.

14. Bagel Head di Kanada

thestar.com

Bagel head adalah salah satu tradisi unik terlihat cantik terekstreme yang berasal dari kanada. Namun kemudian trend ini berkembang dikalangan anak anak muda jepang. Bagel head dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan salin dibawah permukaan kulit di dahi. Saat cairan yang dimasukkan cukup, bagian dahi kemudian membesar membentuk sebuah benjolan. Bagian tengah benjolan kemudian akan ditekan sehingga membentuk lekukan persis seperti bentuk roti bagel.

Altesa

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago