14 Tempat Wisata di Gowa Terfavorit dan Terpopuler


Fida  April 16, 2023  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai negara yang menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata mulai dari wisata alam, religi, hingga tempat-tempat bersejarah. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Gowa. Gowa merupakan sebutan bagi salah satu kawasan yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan yang satu ini dikenal menyuguhkan banyak pilihan wisata dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Penasaran? Berikut daftar 14 rekomendasi tempat wisata di Gowa yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan.  

Wisata di Gowa :

1. Danau Tanralili

danau tanralili
celebes.co

Danau Tanralili dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Gowa yang menyuguhkan pemandangan indah. Jika dilihat sekilas, danau ini menyuguhkan panorama yang tidak kalah menakjubkan dari Ranu Kumbolo. Untuk mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke Kawasan Jalan Parigi, Manimbahoi, Kabupaen Gowa, Sulawesi Selatan. 

Tidak hanya wisatawan lokal, Danau Tanralili juga kerap dituju oleh wisatawan dari berbagai daerah sebagai tujuan berlibur. Meskipun akses jalan menuju lokasi terbilang cukup menantang dan sulit dilalui, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan berlibur di Danau Tanralili. Kamu dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan serta suasana yang sejuk dan segar. 

Panorama alamnya yang indah menjadikan danau ini sebagai tempat terbaik untuk berlibur bersama teman maupun keluarga. Tidak hanya dapat bersantai, pengunjung juga dapat berfoto dengan banyaknya spot yang ditawarkan. Selain itu, kamu juga dapat mencoba berbagai kegiatan seru seperti berkemah. Jangan lupa siapkan peralatan berkemah dari rumah jika ingin bermalam di danau ini.

2. Air Terjun Balang Bulang

air terjun balang bulang
celebes.co

Tidak kalah indah dengan tempat wisata di Gowa lainnya, Air Terjun Balang Bulang juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Air terjun yang satu ini memiliki lokasi yang cukup tersembunyi, oleh karena itu tidak heran jika keasrian dan kealamiannya masih sangat terjaga. Untuk menuju lokasi, penghujung harus melalui jalur yang cukup menantang. Selain jalanan yang terjal, pengunjung juga harus melewati sungai serta mendaki perbukitan untuk tiba di lokasi. Alamat Air Terjun Balang Bulang berada di Jalan Gantarang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. 

Kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Aliran air yang jatuh dari ketinggian mencapai 100 meter tentu akan membuatmu kagum. Air Terjun Balang Bulang menyuguhkan aliran air yang jernih dan sangat memanjakan mata. Tebing dan bebatuan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin indah. Saat berkunjung ke Gowa, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan mampir ke Air Terjun Balang Bulang. 

3. Malino Highland

malino highland
smartcity.gowakab.go.id

Tidak perlu bingung menentukan tujuan berlibur, Malino Highland jadi salah satu pilihan tempat wisata di Gowa yang bisa kamu datangi. Sesuai dengan sebutannya, wisata yang satu ini merupakan kawasan dataran tinggi. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah serta suasana yang masih sangat alami.

Di Malino Highland, kamu juga dapat melihat langsung adanya berbagai hewan seperti kuda hingga rusa. Kamu dapat bersantai sejenak sekaligus lepas penuh dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Selain pemandangan alamnya yang indah, Malino Highland juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya adalah adanya tempat makan.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Di Sragen Menarik Untuk Dikunjungi

Pengunjung dapat menikmati kopi dan beberapa hidangan lezat yang ditawarkan. Untuk mengunjungi wisata Malino Highland, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Pattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Meskipun menawarkan area yang luas dengan pemandangan indah, tetapi biaya tiket masuk yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 25.000,- per orang untuk menikmati indahnya pemandangan di Malino Highland. 

4. Air Terjun Parangloe

air terjun parangloe
nativeindonesia.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing jika Gowa merupakan kawasan yang dikenal kaya akan wisata, salah satunya adalah air terjun. Air Terjun Parangloe menjadi salah satu tempat wisata di Gowa berupa air terjun yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Air terjun yang satu ini dikenal dengan bentuknya yang unik dengan susunan bebatuan yang indah. Untuk mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Belapunranga, Parangloe, Kabupaten Gowa. 

Sebelum tiba di indahnya Air Terjun Parangloe, pengunjung perlu melewati jalanan yang terjal dan menantang. Tetapi meskipun begitu, tidak sedikit pengunjung yang datang karena penasaran dan ingin melihat langsung indahnya wisata alam yang satu ini. Air Terjun Parangloe dapat menjadi tujuan tepat bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri.

Untuk mengunjungi wisata yang satu ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni Rp 5.000,- per orang. 

5. Hutan Pinus Bissoloro

hutan pinus bissoloro
smartcity.gowakab.go.id

Selain indahnya air terjun, kamu juga dapat datang ke tempat wisata di Gowa berupa hutan pinus. Hutan Pinus Bissoloro menjadi salah satu rekomendasi wisata hutan pinus yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan sebutannya, kamu akan dimanjakan dengan deretan pohon pinus yang sangat memanjakan mata.

Selain bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, pengunjung juga dapat itu dengan berbagai spot menarik dan instagramable. Tempat wisata alam yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Bissoloro, Bungaya, Kabupaten Gowa. Hanya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, kamu dapat menyusuri luasnya hutan pinus yang satu ini.

Bagi kamu yang hobi berkemah, Hutan Pinus Bissoloro juga menawarkan camping ground yang luas. Jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah dari rumah jika ingin bermalam di indahnya wisata Hutan Pinus Bissoloro. 

6. Air Terjun Takapala

air terjun takapala
anekatempatwisata.com

Berapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Air Terjun Takapala bukan? Air Terjun Takapala menjadi salah satu ikon tempat wisata di Gowa yang populer, baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Air terjun yang satu ini tampak sangat indah dan menawan karena alirannya yang dia oleh tebing-tebing batu. Selain itu, adanya penghijauan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami.

Untuk mengunjungi indahnya wisata alam yang satu ini, kamu dapat langsung menuju ke Jalan Bontolerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. Lokasinya yang tidak jauh dari Malino Highland menjadikan kamu dapat mengunjunginya sekaligus.

Pengunjung dapat menikmati aliran air yang jernih dan jatuh dari ketinggian. Meskipun dikenal indah, tetapi tiket masuk menuju ke Air Terjun Takapala bilang cukup terjangkau yoni sekitar Rp 2.000,- per orang.

Baca juga :  20 Tempat Wisata di Jaipur India Yang Eksotik dan Keren Abis

7. Gowa Discovery Park

gowa discovery park
smartcity.gowakab.go.id

Jika ingin mengajak anak-anak untuk habiskan waktu berlibur, Gowa Discovery Park menjadi pilihan tepat yang bisa kamu datangi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan luasnya area waterboom dengan berbagai pilihan wahana. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan.

Selain nikmati luasnya area waterboom, kamu juga dapat menyusuri area taman burung yang menyuguhkan 18 jenis unggas dari berbagai daerah. Selain berwisata, pengunjung juga dapat mengetahui banyak hal baru di Gowa Discovery Park. 

Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di Jalan Tumanurung Benteng, Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Untuk masuk dan menyusuri kawasan wisata, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 55.000,- per orang. Saat berkunjung ke Gowa, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Gowa Discovery Park. 

8. Lembah Ramma

lembah ramma
smartcity.gowakab.go.id

Diantara banyaknya pilihan wisata alam di Gowa, Lembah Ramma menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Lembah dengan pemandangan indah dan menakjubkan ini akan memberikanmu suasana tenang dan nyaman saat berlibur. Selain dikenal dengan pemandangannya yang indah, Lembah Ramma juga memiliki beberapa mitos yang beredar. Konon katanya, siapa yang berkunjung dan berjanji untuk kembali lagi, maka orang tersebut memang dapat kembali ke tempat ini. Menarik sekali bukan?

Saat datang ke Lembah Ramma, kamu akan dimanjakan dengan cuaca serta udara khas pegunungan. Lokasi lembah ini juga berada tidak jauh dari Danau Tanralili, tepatnya berada di Jalan Bonto Lerung, Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Menuju ke lokasi lembah, pengunjung harus melalui jalanan yang berkelok dan cukup menantang.

Keindahan yang ditawarkan oleh Lembah Ramma tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. Kamu tidak perlu khawatir karena wisata alam yang satu ini menawarkan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000,- per orang. 

9. Bendungan Kampili

bendungan kampili
smartcity.gowakab.go.id

Tidak perlu jauh-jauh datang ke Grand Canyon Amerika Serikat, kamu dapat mengunjungi wisata yang sama indahnya yakni Bendungan Kampili. Banyak yang mengatakan bahwa wisata ini menyuguhkan panorama layaknya sedang berada di Grand Canyon. Sesuai dengan sebutannya, wisata ini merupakan bendungan atau kawasan perairan yang dihiasi dengan bebatuan di sekelilingnya.

Bagi pecinta foto, Bendungan Kampili tentu sayang untuk kamu lewatkan. Perairan yang jernih dengan bebatuan indah menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Untuk mengunjungi Bendungan Kampili, dapat langsung menuju ke Jalan Kampili, Pallangga, Bontoramba, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Untuk menyusuri kawasan wisata ini, kamu perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Suasananya yang masih sangat asri tentu akan membuatmu betah berlama-lama di tempat wisata yang satu ini. 

10. Air Terjun Cinta

air terjun cinta
celebes.co

Diantara banyaknya pilihan wisata berupa air terjun di Gowa, Air Terjun Cinta menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Air terjun yang satu ini suasana yang masih sangat alami dan belum banyak didatangi oleh wisatawan. Sebutan Air Terjun Cinta berasal dari kolam air terjun yang memiliki bentuk mirip dengan bentuk hati.

Saat mengunjunginya, kamu dapat melihat langsung indahnya aliran Air Terjun Cinta yang deras dan jernih. Air terjun yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Manuju, Tamalatea, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jika kesulitan untuk menemukan lokasi air terjun yang cukup tersembunyi, kamu dapat bertanya kepada penduduk setempat. 

Baca juga :  6 Pemandian Air Panas di Semarang, Destinasi Yang Menyehatkan

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, pengunjung cukup membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang untuk menikmati indahnya pemandangan Air Terjun Cinta. 

11. Museum Balla Lompoa

museum balla lompoa
detik.com

Tidak hanya tempat wisata alam, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Gowa berupa tempat bersejarah. Salah satu tempat wisata bersejarah yang menarik untuk kamu datangi adalah Museum Balla Lompoa. Museum yang satu ini dikenal menyimpan banyak bukti sejarah peradaban Kerajaan Gowa. 

Museum Balla Lompoa dapat kamu datangi di Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 39, Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Lokasinya yang sangat strategis juga memudahkan pengunjung untuk datang ke museum ini. Selain sebagai sarana rekreasi, Museum Balla Lompoa juga menjadi sarana edukasi yang cocok didatangi bersama keluarga maupun anak-anak. 

Untuk masuk dan menyusuri kawasan museum, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- per orang.

12. Benteng Somba Opu

benteng somba opu
smartcity.gowakab.go.id

Tempat wisata bersejarah berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Gowa adalah Benteng Somba Opu. Bangunan benteng yang satu ini sebenarnya telah hancur dan terendam oleh ombak pasang. Tetapi pada tahun 1990, Benteng Somba Opu mendapat pemugaran dan masih dirawat dengan baik hingga saat ini.

Saat datang ke Benteng Somba Opu, pengunjung dapat menikmati adanya berapa benda bersejarah seperti meriam hingga rumah adat khas Bugis. Kamu dapat berlibur sekaligus mengetahui banyak hal baru dengan menyusuri Benteng Somba Opu.

Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Kamu dapat mengunjungi Benteng Somba Opu di Jalan Benteng Somba Opu, Barombong, Kabupaten Gowa. 

13. Air Terjun Salewangan

air terjun salewangang
celebes.co

Pernah mendengar sebutan Air Terjun Salewangang? Air Terjun Salewangan merupakan tempat wisata alam yang dapat kamu datangi di Gowa. Wisata yang satu ini menyuguhkan indahnya pemandangan yang masih sangat alami. Untuk mengunjungi Air Terjun Salewangan, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa. 

Meskipun harus melalui jalanan yang terjal dan menantang untuk tiba di lokasi air terjun, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan berlibur di Air Terjun Salewangan. Bagi kamu yang hobi berpetualang, mengunjungi Air Terjun Salewangan tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun. Kamu dapat melepas penat sekaligus menenangkan diri dengan menikmati indahnya pemandangan Air Terjun Salewangan.

14. Air Terjun Biroro

air terjun biroro
smartcity.gowakab.go.id

Satu lagi rekomendasi wisata di Gowa yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Air Terjun Biroro. Air terjun yang satu ini berlokasi di kawasan Jalan Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Untuk menyusurinya, kamu hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. 

Setelah melalui jalanan yang licin dan menantang, kamu akan dibuat kagum dengan keindahan Air Terjun Biroro. Air terjun yang satu ini tampak sangat mempesona dengan ketinggiannya yang mencapai 15 meter. Selain pemandangannya yang indah, suasananya yang sejuk dan asri juga akan membuatmu betah. Di bagian bawah air terjun, kamu akan menjumpai adanya kolam dengan kedalaman mencapai 8 meter. Saat berlibur ke Gowa, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan datang ke indahnya air terjun yang satu ini. 

source : https://www.youtube.com/@DOYANWISATA

Nah itulah daftar 14 tempat wisata di Gowa yang menarik untuk kamu tuju untuk menghabiskan waktu berlibur. Terdapat berbagai pilihan wisata mulai dari tempat wisata bersejarah hingga tempat wisata alam yang beragam. Dari rekomendasi di atas, wisata manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi?



Leave a Reply