13 Wisata di Pariaman dengan Pemandangan Indah bikin takjub!


Fida  January 7, 2023  0 Comment

Pariaman merupakan sebutan bagi salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatera Barat. Dikenal menawarkan panorama alam yang indah, Pariaman kerap menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Terdapat beberapa pilihan destinasi wisata di Pariaman yang bisa kamu datangi mulai dari pantai, pulau, bukit, hingga air terjun. Kamu tidak perlu khawatir karena berbagai destinasi wisata menawarkan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau. Suasana sejuk dan segar serta panorama yang menakjubkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. Penasaran? Inilah daftar 13 rekomendasi wisata di Pariaman yang sayang untuk kamu lewatkan.

Wisata di Pariaman :

1. Air Terjun Nyarai

air terjun nyarai
nativeindonesia.com

Air Terjun Nyarai menjadi salah satu tempat wisata di Pariaman yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Air terjun yang satu ini menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri. Aliran air terjun yang deras dan jernih juga sangat memanjakan mata.

Pengunjung yang datang tidak hanya dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan, tetapi juga dapat bermain air hingga berenang. Dengan ketinggian mencapai 8 meter, Air Terjun Nyarai mampu menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Adanya tebing dan pepohonan di sekitar air terjun juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami. 

Air Terjun Nyarai dapat kamu datangi di daerah Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk menyusuri kawasan air terjun, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000,- per orang. Banyaknya pilihan spot instagramable di Air Terjun Ngarai juga sayang untuk dilewatkan bagi kamu pecinta foto. 

2. Pantai Kata Pariaman

pantai kata
superlive.id

Selain air terjun, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Pariaman berupa pantai. Salah satu pantai yang populer dan dikenal indah adalah Pantai Kata Pariaman. Pemandangannya yang masih sangat alami dan menakjubkan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Untuk mengunjungi Pantai Kata Pariaman, kamu dapat datang ke kawasan Taluk, Karan Alur, Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,-  per orang. 

Di Pantai Kata Pariaman, kamu akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang lembut. Tidak hanya itu, perairan di pantai ini juga dikenal bersih. Ombaknya yang tenang menjadikan Pantai Kata Pariaman sangat cocok kamu datangi sebagai tempat untuk menenangkan diri. Pengunjung diperbolehkan untuk bermain air dan berenang di pantai ini. 

Pantai Kata Pariaman juga menawarkan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan melakukan aktivitas snorkeling. Kamu dapat mengunjungi indahnya pantai ini bersama teman maupun keluarga. 

3. Pantai Cermin

pantai cermin
padang.tribunnews.com

Selain Pantai Kata Pariaman, Pantai Cermin juga menjadi wisata di Pariaman yang sayang untuk kamu lewatkan. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan asri. Bagaimana tidak, di sekitar Pantai Cermin terdapat banyak pepohonan yang menjadikannya rindang, mulai dari pohon kelapa hingga pohon pinus. 

Baca juga :  7 Jenis Martabak Dari Berbagai Negara Bikin Lidah Bahagia

Sejauh mata memandang, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang bersih dan indah. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok kamu pilih untuk menghabiskan   waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. 

Lokasi dari Pantai Cermin yang strategis juga menjadikan pantai ini sayang untuk tidak kamu datangi. Dari pusat Kota Pariaman, kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1.5 kilometer. Alamat Pantai Cermin berada di daerah Karan Alur, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman. Pengunjung tidak perlu khawatir karena akses jalan menuju pantai terbilang cukup mudah dilalui baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. 

4. Pantai Talao Indah

pantai talao indah
lampung.antaranews.com

Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Pariaman, kamu dapat mengunjungi Pantai Talao Indah. Pantai yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. Tidak hanya itu, Pantai Talao Indah juga menawarkan banyak spot menarik dan instagramable yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto. 

Pengunjung dapat melihat langsung adanya jembatan hingga lanskap laut lepas. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah saat sore hari. Di waktu tersebut, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam serta suasana yang romantis. Tidak ada salahnya jika kamu memutuskan datang ke pantai ini bersama teman maupun pasangan. 

Pantai yang satu ini juga menyuguhkan fasilitas lengkap yang bisa dinikmati oleh pengunjung, salah satunya adalah adanya gazebo sebagai tempat beristirahat. Untuk menyusuri Pantai Talao Indah, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke Jalan Pasir Pauh, Pariaman Tengah, Kota Pariaman. 

5. Pulau Kasiak

pulau kasiak
nativeindonesia.com

Tidak hanya pantai dan air terjun, kamu juga dapat mengunjungi wisata di Pariaman berupa pulau. Pulau Kasiak merupakan pulau indah dengan pemandangan menakjubkan. Oleh karena itu, tidak heran jika pantai ini banyak didatangi wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur. 

Di Pulau Kasiak, kamu akan disambut dengan suasana asri dan alami serta suasana yang sejuk. Perairan yang jernih juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karena terbilang masih cukup sepi pengunjung, maka tidak heran jika kamu dapat merasakan sensasi layaknya pulau pribadi saat datang ke Pulau Kasiak. 

Pulau Kasiak dikenal sebagai habitat penyu. Pengunjung dapat melihat langsung adanya jenis penyu sisik dan penyu belimbing. Selain itu, keindahan bawah laut di sekitar pulau ini juga wajib kamu nikmati dengan snorkeling. Bagi kamu yang ingin melepas penat sekaligus menenangkan diri, Pulau Kasiak menjadi rekomendasi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. 

6. Pantai Ketaping

pantai ketaping
tribunpekanbarutravel.tribunnews.com

Tidak kalah indah dengan wisata di Pariaman berupa pantai lainnya, Pantai Ketaping juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai yang satu ini dikenal dengan ombaknya yang tenang kertas suasananya yang sejuk dan segar. Pengunjung yang datang dipastikan hampir tidak dapat melihat gulungan ombak besar di Pantai Ketaping. 

Pantai Ketaping juga sudah dilengkapi dengan adanya gazebo atau tempat beristirahat yang dikhususkan bagi pengunjung. Banyaknya pepohonan di sekitar pantai juga menjadikan suasana tampak semakin asri dan alami.

Untuk menyusuri indahnya Pantai Ketaping, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di daerah Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Saat hari libur tiba, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga di indahnya Pantai Ketaping. 

Baca juga :  7 Destinasi Wisata Ala Marshanda, Cocok Buat Yang Pingin Healing!

7. Air Terjun Baburai

air terjun baburai
tripadvisor.co.id

Ada banyak pilihan tempat wisata alam di kawasan Pariaman yang bisa kamu datangi, salah satunya adalah Air Terjun Baburai. Air terjun yang satu ini menawarkan panorama yang tidak kalah dengan air terjun lainnya. Pengunjung dapat melihat langsung aliran air yang bersih dan jernih. Selain itu, adanya pepohonan di sekitar air terjun juga menjadikan suasana semakin sejuk dan asri.

Bagi kamu yang hobi berkemah, Air Terjun Baburai dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Pengunjung dapat berlama-lama dengan mendirikan tenda di camping ground yang telah disediakan. Bermalam di tenda yang langsung menghadap ke air terjun tentu akan memberikanmu pengalaman berkesan saat berlibur.

Air Terjun Baburai dapat kamu kunjungi di kawasan Sikucur, Padang Pariaman. Untuk menyusuri kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5.000,- per orang. Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri, Air Terjun Baburai menjadi tujuan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. 

8. Tapian Puti

tapian puti
atourin.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan wisata Tapian Puti? Tapian Puti merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di kawasan Pariaman. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan pemandian air hangat yang terdiri dari tujuh kolom kecil. Kolom-kolom tersebut memiliki tingkat panas yang berbeda-beda. Tidak tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi Tapian Puti. Konon, berendam di air hangat dapat membuat tubuh kita lebih rileks. 

Selain suhu panasnya yang beragam, pengunjung juga dapat merasakan adanya kerikil kecil di dasar kolam. Jika lelah bekerja maupun berlibur di kawasan Pariaman, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan berendam air panas di Tapian Puti. 

Tapian Puti memiliki lokasi yang cukup mudah dicari, tepatnya berada di kawasan Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Bagi kamu yang ingin menumbuhkan semangat dan mengembalikan kesegaran tubuh, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berendam di Tapian Puti saat berada di kawasan Pariaman. 

9. Pantai Tiram

pantai tiram
tribunnewswiki.com

Destinasi wisata unik yang dapat kamu kunjungi di Pariaman berikutnya adalah Pantai Tiram. Pantai Tiram menjadi pantai yang terbilang baru dikelola. Tetapi meskipun begitu, Pantai Tiram berhasil menarik perhatian banyak wisatawan untuk mengunjunginya. 

Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung adalah adanya jembatan gantung. Jembatan yang satu ini kerap dipilih sebagai spot foto oleh para wisatawan. Waktu terbaik untuk datang ke Pantai Tiram adalah saat sore hari. Di waktu tersebut, kamu akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan matahari terbenam. Tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan berfoto dengan indahnya pemandangan dengan pantai yang berpadu dengan senja. 

Pantai Tiram menawarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Kamu dapat menghabiskan waktu berlibur di pantai ini dengan datang ke kawasan Tiram, Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. 

10. Pantai Belibis

pantai belibis
binews.id

Tidak kalah indah dengan wisata di Pariaman lainnya, Pantai Belibis juga menjadi salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai yang satu ini dikenal unik karena terbentuk dari bekas abrasi. Meskipun begitu, Pantai Belibis tetap menyuguhkan panorama yang menakjubkan dan ramai wisatawan, terlebih saat hari libur tiba.

Baca juga :  15 Danau Terindah di Sumatera Segarkan Mata

Tidak hanya dikenal indah, pantai ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Beberapa fasilitas yang ditawarkan diantaranya adanya lapangan futsal, lapangan voli, hingga banyaknya spot foto menarik dan instagramable.

Jika berencana untuk menghabiskan waktu berlibur di Pantai Belibis, kamu dapat langsung menuju ke kawasan Balai Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.

10. Pulau Angso Duo

pulau angso duo
riau.antaranews.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing bahwa Pariaman dikenal memiliki banyaknya pulau-pulau indah. Salah satu pulau indah yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Pulau Angso Duo. Untuk menuju ke pulau ini, pengunjung harus perjalanan dengan menggunakan perahu.

Perjalanan menuju ke Pulau Angso Duo yang terbilang cukup melelahkan tidak akan menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur. Suasana yang sejuk dan segar akan menyambut kedatangan pengunjung di pulau ini. Pulau Angso Duo juga dikenal menyuguhkan banyaknya terumbu karang. 

Tidak hanya bersantai, pengunjung juga dapat mencoba berbagai permainan air yang ditawarkan seperti jetski. Saat sore hari, pemandangan akan tampak semakin indah karena pengunjung dapat melihat langsung indahnya senja dari Pulau Angso Duo. 

11. Pantai Gondoriah

pantai gondoriah
nativeindonesia.com

Rekomendasi wisata di Pariaman berikutnya yang dikenal indah dan sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Gondoriah. Pantai yang satu ini berlokasi di jalan Nasri Nasar, Komplek Wisata Gondoriah, Pasir, Kota Pariaman. Untuk menghabiskan waktu di pantai ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang.

Baca Juga :

Wisata Edukasi jelajahi 10 Hutan Mangrove di Sumatera

Pengunjung dapat memilih untuk bersantai dan menikmati indahnya pemandangan serta menghirup udara segar. Tidak hanya itu, Pantai Gondoriah menawarkan berbagai kegiatan seru yang menarik untuk kamu coba. Pengunjung dapat mencoba sensasi snorkeling hingga diving dan menikmati keindahan bawah laut di sekitar Pantai Gondoriah. Pengalaman berlibur yang mengesankan tentu bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi indahnya pantai yang satu ini. 

12. Pemandian Tirta Alami Malibo

pemandian tirta alami malibo
pariwisatasumut.net

Ada banyak pilihan destinasi wisata di Pariaman yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Pemandian Tirta Alami Malibo. Sesuai dengan namanya, kawasan wisata yang satu ini menyuguhkan adanya kolam alami air panas. Pengunjung dapat mencoba sensasi berendam sembari menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan.

Baca Juga :

Rumah Makan Lamun Ombak: Nikmati Sajian Khas Minangkabau yang Lamak Bana

Untuk masuk dan menikmati berbagai fasilitas di Pemandian Tirta Alami Malibo, pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp 10.000,- per orang. Selain dapat berendam, kawasan wisata yang satu ini juga menyuguhkan berbagai kuliner lezat yang menarik untuk dicoba. Jika penasaran dan ingin mengunjunginya, kamu dapat datang langsung ke daerah Guguak, Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

13. Panorama Puncak Kiambang

panorama puncak kiambang
twitter.com

Satu lagi rekomendasi wisata di Pariaman yang tidak boleh kamu lewatkan yakni Panorama Puncak Kiambang. Dari tempat wisata yang satu ini, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan Kota Pariaman dari ketinggian. Luasnya area hutan, hijaunya persawahan, gunung, hingga perairan tampak sangat menakjubkan jika dinikmati dari atas Puncak Kiambang.

Baca Juga :

Pantai Gandoriah Primadona bagi Wisatawan di Sumatra Barat

Selain pemandangannya yang indah, Panorama Puncak Kiambang juga menawarkan suasana sejuk dan segar yang akan membuatmu betah. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di Jalan Raya Padang Bukittinggi, Lubuk Pandan, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. 

Nah itulah daftar 13 rekomendasi wisata di pariaman yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, tempat wisata manakah yang tampak paling menakjubkan dan ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply