Cuaca Panas Melanda? 13 Kota di Indonesia Ini Tawarkan Selimut Dingin


Reni  June 25, 2019  2 Comments

Di musim kemarau di Indonesia, kondisi cuaca panas sering kali tidak tertahankan. Jika ingin menghindari udara ini, berikut adalah rekomendasi kota dingin di Indonesia yang bisa dikunjungi sebagai alternatif wisata. Setiap rekomendasi di bawah ini dijamin Setiap kota memiliki udara yang bagaikan selimut dingin.

Kota Dingin di Indonesia

1. Garut, Jawa Barat

Garut

Travel – Tempo.co

Garut adalah kota dingin di Indonesia pertama yang bisa jadi pilihan. Lokasi yang favorite untuk dinikmati udara dinginnya adalah area Gunung Papandayan. Gunung ini memiliki area yang seperti hutan mati. Area misterius ini cocok dijadikan tempat foto – foto bagi yang suka selfie.

Selain gunung, Anda juga bisa berendam di air terjun dan kolam alami di sini. Rekomendasi tempat main air di Garut ini contohnya adalah Curug Jagapati, Curuk Cibadak dan Leuwi Jurig. Semua tempat ini menawarkan tempat main air unik yang sayang jika dilewatkan.

Gotravelly

Delicious Sedap Nasi Lemak: Nasi Lemak Enak Di Kuala Lumpur

Nyobain Lezatnya Kuliner Di Kedai Pak Sis Lobster, Enak Parah!

2. Bandung, Jawa Barat

Bandung

Beritagar

Bandung memang sudah terkenal sebagai kota dingin di Indonesia, terutama karena memiliki lokasi seperti Lembang dan Ciwidey. Kedua daerah tersebut memang nikmat untuk bersantai sambil menikmati pemandangan gunung dan udara sejuk.

Untuk rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi, jangan lewatkan daerah Tangkuban Perahu dan Kawah Putih Gunung Patuha. Di area sekitar Lembang dan Ciwidey, Anda juga bisa menjumpai lokasi wisata kemah dan outbound jika ingin merasakan lebih dekat dengan alam.

3. Banyumas, Jawa Tengah

Banyumas

KSMTour.com

Jika berkunjung ke kota dingin Banyumas, Anda wajib datang ke Baturaden. Daerah Banyumas memang terkenal dingin, tapi untuk menikmati tempat wisatanya, Baturaden menawarkan keindahan alam dan pilihan bersantai yang lebih.

Baca juga :  10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Stasiun Malang

Daerah Baturaden inilah yang sebenarnya membuat Banyumas dikenal sebagai kota dingin di Indonesia. Kota yang hanya menawarkan udara dingin sulit untuk dikenal tanpa adanya dorongan tempat wisata.

Hal yang bisa dinikmati di Baturaden contohnya wisata mendaki Gunung Slamet, air terjun Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Tempat wisata lain juga bisa ditemukan, biasanya tempatnya menawarkan tempat kemah dan outbound.

4. Batu, Jawa Timur

Batu
wisatalengkap.com

Kota yang berbatasan dengan Malang ini menawarkan hiburan serta udara segar. Bagi yang membawa rombongan besar, sangat disarankan untuk menginap di sini. Udara segar di kota dingin ini hanya sebagian kecil dari daya tarik wisata yang ditawarkan.

Anda bisa memilih untuk mengunjungi pemandian air panas Cagar, air terjun Cuban Rondo dan Cuban Sewu, dan wiata modern seperti Secret Zoo dan juga Museum Angkot. Pilihan tempat wisata yang banyak akan membuat waktu menginap Anda makin memuaskan.

5. Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo

JejakPiknik.com

Jika Anda tertarik mengunjungi kota dingin di Indonesia dan ingin menikmati gunung – gunung, langsung saja datang ke Wonosobo. Di sini Anda bisa mendaki Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Tentu tidak sekedar mendaki, setiap lokasi gunung ini memiliki pilihan tempat wisata yang unik dan tentunya berudara sejuk.

Contoh saja Anda bisa mencoba pemandian air panas, melihat kawah belerang, air terjun, tlaga, waduk dan bahkan kebun teh. Jika ingin yang lebih menantang, Anda bisa memilih wisata kemah di Gunung yang tentunya memberikan pengalaman menginap berbeda dari hotel.

6. Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Bukit Tinggi
siapliburan.com

Destinasi kota dingin di Indonesia ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Bukit Tinggi bisa digolongkan sebagai kota dengan daya tarik wisata sejarah dan alam yang bagus. Sebagai kota wisata yang dingin, Anda tentu tidak boleh melewatkan tempat ini.

Baca juga :  11 Tempat Wisata Nusa Tenggara Timur Paling Keren

Untuk pilihan wisata favorite di sini, Anda bisa coba kunjungi Jam Gadang, Tabiang Kakurang dan Ngarai Sianok. Untuk Ngarai Sianok sendiri, Anda bisa pilih untuk mengunjungi berbagai tempat menarik di sepanjang area. Contoh saja, Tembok China Bukit Tinggi, Taman Panorama dan juga Air Terjunnya.

7. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Ruteng

Pinterest

Kota Runteng ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Ketinggian ini membuat suhu di sini selalu segar dan dingin. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, Anda akan melihat bangunan – bangunan tua ala Eropa yang berbeda dengan tempat lain.

Bagi yang mencari wisata alam, Anda cukup ke arah perbukitannya. Di bukit ini Anda bahkan bisa mengunjungi gua yang menjadi tempat penemuan fosil purba. Gua ini memiliki nama Gua Liang Bua. Di bukit ini, Anda akan melihat juga hamparan padang rumput luas. Jika dibayangkan, gundukan bukit – bukit di sini bagaikan diselimuti karpet hijau tebal.

8. Mamasa, Sulawesi Barat

Mamasa
wisatanasional.net

Mamasa adalah kota dingin di Indonesia yang terkenal karena pemandangan di atas awannya. Beberapa daerah di Mamasa merupakan gunung, jadi jika Anda memutuskan mendaki dan menginap, Anda bisa melihat gulungan awan di pagi hari.

Gulungan awan ini bagaikan kapas tebal yang indah. Kombinasi ombak awan dengan cahaya matahari terbit tentunya tidak boleh dilewatkan. Gunung ini sayangnya masih kurang fasilitasnya, jadi bagi yang ingin mendaki, usahakan membawa perlengkapan keamanan.

9. Karanganyar, Jawa Tengah

Karanganyar

Mytrip123.com

Karanganyar memang terkenal sebagai kota dingin di Indonesia yang wajib dikunjungi. Daya tarik utama kota ini adalah Tawangmangu. Di lokasi ini Anda bisa menikmati Air Terjun Gerojokan Sewu, Candi Cetho, Perkebunan Teh Kemuning dan masih banyak tempat wisata lain.

Di tempat wisata tersebut Anda akan menemukan spot – spot untuk bersantai. Contoh saja Bale Brati yang posisinya dekat dengan perkebunan teh. Jadi setelah capek jalan – jalan di kebun, Anda bisa duduk ngopi ataupun menikmati secangkir teh.

Baca juga :  11 Tempat Makan Keluarga di Malang Paling Enak

10. Tomohon, Sulawesi Utara

Tomohon

Pegipegi

Tempat unik lain di Sulawesi Utara adalah Tomohon. Kota ini merupakan salah satu kota dingin di Indonesia yang menawarkan berbagai hiburan dan wisata. Untuk wisata alam, Anda bisa kunjungi Bukit Doa. Bukit ini terlihat unik seperti gundukan yang ditutupi karpet hijau terang. Bukit ini terkenal karena padang rumputnya.

Di kaki gunung ini Anda juga bisa menikmati kebun bunga kota ini. Tomohon memang terkenal sebagai Kota Seribu Bunga. Jika Anda datang bertepatan dengan Tomohon Internasional Flower Festifal, Anda bisa melihat parade mobil hias bunga, pameran bunga, kontes ratu bunga dan berbagai event kesenian yang tentunya menarik.

11. Bedugul, Bali

Bedugul

Pegipegi

Jika ingin tempat wisata berkualitas, Bali tentu dipenuhi dengan destinasi yang menarik. Salah satu destinasi Bali yang sekaligus kota dingin di Indonesia adalah Bedugul. Bedugul berlokasi di dataran yang cukup tinggi, tapi yang membuat lokasi ini menarik adalah daya tarik wisatanya.

Di sini Anda bisa mengunjungi Pura di atas danau yaitu Pura Ulun. Selain itu jalan – jalan di kota ini terkadang dihiasi hamparan sawah terasering. Paduan gaya budaya Bali, daerah dingin serta daya tarik alamnya, membuat Bedugul wajib untuk dikunjungi.

12. Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi

Nonikhairani

Kota dingin ini menawarkan kombinasi hawa sejuk dan tempat wisata yang menarik di daerah Sumatera Utara. Di sini Anda bisa memilih untuk mendaki Gunung Sibayak dan Sinabung. Area wisata gunung ini juga menawarkan beberapa air terjun dan juga kawasan hutan yang cocok untuk outbond.

Jika datang ke kota ini, jangan lupa mengunjungi wisata bersejarahnya juga. Salah satu contoh tempat unik ini adalah Pagoda Alam Lumbini. Bagunan unik ini merupakan pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia yang sayang jika dilewatkan.

13. Waghete, Papua

Waghete

YouTube

Jika berbicara mengenai kota dingin di Indonesia, Papua juga punya lho. Kota ini menjadi dingin tidak hanya karena berada di dataran tinggi, tapi juga karena jarang terkena matahari. Lokasinya yang diapit oleh bukit dan gunung menyebabkan cahaya matahari selalu tertutupi. Kota ini hanya akan terasa hangat saat matahari berada di atas kepala pada siang hari, selain waktu tersebut, matahari akan bersembunyi dibalik gunung.



Leave a Reply

2 Comments
  1. Anonim says:

    Ruteng bukan Runteng.