11 Makanan Khas Pacitan yang Paling Populer dan Enak


Fida  October 11, 2023  0 Comment

Pacitan merupakan sebutan bagi sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya berhasil menarik perhatian pengunjung dengan pesona alamnya yang memikat, Pacitan juga dengan dikenal menyajikan bebagai kuliner unik dan lezat. Hal tersebut sekaligus menjadi daya tarik utama bagi para pelancong yang ingin menjelajahi citarasa autentik daerah ini. Dengan anugerah alam yang melimpah seperti lautan yang kaya, sungai yang mengalir, dan perkebunan subur, Pacitan menghadirkan berbagai hidangan lezat yang mampu memanjakan lidah para pengunjung. Pengalaman mencoba berbagai makanan khas Pacitan menjadi suatu keharusan yang tak boleh dilewatkan ketika mengunjungi kota ini. Berikut makanan khas Pacitan yang terkenal dengan rasanya yang lezat dan menggugah selera.

11 Makanan Khas Pacitan :

1. Tahu Tuna Pacitan

tahu tuna pacitan
harga.web.id

Tahu Ikan Tuna Pacitan adalah salah satu makanan khas Pacitan yang sangat populer. Makanan yang satu ini tidak hanya disukai oleh masryarakat lokal Pacitan, tetapi juga banyak diminati wisatawan. Makanan ini menjadi ikonik karena Pacitan memiliki banyak pantai yang kaya akan ikan laut, termasuk ikan tuna.

Sesuai dengan sebutannya, Tahu Ikan Tuna Pacitan adalah hidangan yang terdiri dari tahu yang diisi dengan daging ikan tuna yang lezat. Tahu yang digunakan biasanya memiliki tekstur yang lembut di dalamnya. Daging ikan tuna yang digunakan diisi ke dalam tahu dibuat dengan tambahan bumbu-bumbu khas Pacitan sehingga menghadirkan cita rasa yang istimewa. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga :  Pedasnya 10 Penyetan Paling Enak di Semarang Bikin Nagih

2. Soto Pacitan

soto pacitan
cookpad.com

Selain Tahu Tuna, makanan khas Pacitan berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Soto Pacitan. Soto yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yakni memiliki kuah bening yang unik dengan sentuhan rempah yang kuat. Tidak hanya itu, soto pacitan juga ditambah dengan taburan kacang goreng yang melengkapi cita rasanya. Kecambah muda atau tauge yang disajikan di dalamnya menambahkan kelezatan hidangan ini. Sama halnya dengan soto lain, soto Pacitan juga menggunakan suwiran daging ayam kampung yang memberikan rasa gurih. kamu dapat menikmati Soto Pacitan di beberapa tempat terkenal seperti Warung Marem, Warung Soto Bu Maryati, Warung Soto Sugiatu, Soto Giyem, atau Soto Sebrok.

3. Nasi Tiwul

nasi tiwul
prabangkaranews.com

Makanan khas Pacitan berikutnya memiliki tampilan yang khas dan menggugah selera. Nasi Tiwul, merupakan hidangan terbuat dari gaplek atau singkong yang dikeringkan. Makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan pokok yang digunakan sebagai pengganti nasi di daerah Pengunungan Sewu, Pacitan. Nasi Tiwul dapat dinikmati dengan berbagai lauk seperti ikan, tahu, udang, dan sayuran. Sambal dan potongan ketimun seringkali ditambahkan untuk meningkatkan cita rasanya.

4. Punten

punten
selingkarwilis.com

Punten adalah makanan cepat saji yang digemari banyak orang. Hidangan yang satu ini seringkali disantap sebagai pengganti sarapan. Terbuat dari beras dengan bumbu santan, daun salam, dan garam, Punten kemudian dipukul-pukul hingga lengket dengan bonggol batang pisang atau gedebog pisang. Makanan ini biasanya diolah dengan cara direbus atau digoreng. Tidak jarang juga punten dinikmati bersama dengan pecel. Jika ingin mencobanya, kamu dapat berburu hidangan Punten di Pasar Minulyo Pacitan. Makanan khas yang satu ini biasa dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca juga :  10 Minuman Khas Lombok Enak Dan Sehat

5. Sego Godhong Jati

sego godhong jati
travel.detik.com

Pernah mendengar sebutan makanan khas Pacitan yakni Sego Godhong Jati? Sego Godhong Jati adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati. Hidangan yang satu ini dikenal memberikan rasa serta aroma yang khas. Sajian ini terdiri dari nasi urap dengan tumis tempe, serundeng, dan lauk ikan asin atau peyek. kamu dapat menemukan Sego Godhong Jati di Warung Godhong Jati Bu Maryani.

6. Jadah Bakar : Makanan Khas Pacitan

jadah bakar
cookpad.com

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan makanan Jadah Bakar. Jadah Bakar merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula merah. Makanan yang satu ini biasa dibungkus menggunakan daun pisang dan dipanggang hingga matang. Proses pemanggangan memberikan aroma khas dan rasa gurih pada jadah bakar. Makanan ini cocok dinikmati bersama kopi atau teh hangat dan dapat ditemukan di kios Jadah Bakar Mbah Geger.

7. Sale Anggur

sale anggur
salsawisata.com

Makanan khas Pacitan yang satu ini terbilang unik. Sale Anggur dapat dijadikan camilan atau oleh-oleh khas Pacitan. Terbuat dari pisang awak yang dipotong tipis-tipis dan dijemur di bawah sinar matahari, sale ini memiliki rasa manis dan tekstur yang legit. Kamu dapat membeli Sale Anggur di pusat oleh-oleh khas Pacitan atau di Pasar Arjowinangun.

8. Makanan Khas Pacitan : Kupat Tahu

Kupat Tahu adalah makanan yang berisi potongan lontong dan tahu dengan taburan kacang goreng, seledri, dan tauge yang disiram dengan kuah penuh bumbu. Biasanya, kupat tahu Pacitan dimakan dengan kerupuk udang. Kamu bisa menikmatinya di berbagai daerah, tetapi selalu ada nuansa cita rasa yang berbeda-beda.

9. Makanan Khas Pacitan : Cenil

cenil
mijil.id

Cenil merupakan sebuah hidangan yang berasal dari pati ketela pohon. Hidangan ini memiliki ciri khas berbentuk bulat-bulat kecil, memiliki tekstur kenyal, dan seringkali memiliki beragam warna yang menarik. Biasanya, Cenil disajikan dengan taburan parutan kelapa dan gula pasir. Namun, di Pacitan, Cenil memiliki sentuhan unik yang membedakannya. Meskipun parutan kelapa masih menjadi komponen penting dalam hidangan ini, Cenil Pacitan dilumuri dengan gula Jawa alami.

Baca juga :  Restoran Jepang ini Tawarkan 10 Sushi Enak di Surabaya

Cenil ala Pacitan tetap mempertahankan variasi warna yang menarik, dan sering disajikan dengan saus gula merah serta taburan kelapa parut. Keunikan bentuk, warna yang beragam, tekstur kenyal, dan cita rasa manis membuat Cenil Pacitan menjadi hidangan khas yang sangat disukai oleh penduduk Pacitan dan daerah sekitarnya.

10. Makanan Khas Pacitan : Sego Gobyos

sego gobyos
batu.jatimnetwork.com

Sego Gobyos adalah nasi yang disajikan dengan sayur kenikir dan lauk berupa daging yang diguyur dengan kuah sambal pedas. Kamu dapat menemukan Sego Gobyos di kawasan Penceng, terutama di malam hari.

11. Otak-Otak Tuna

otak otak tuna
tahutunapacitan.com

Otak-Otak Tuna juga merupakan pilihan yang baik jika kamu ingin membawa oleh-oleh khas Pacitan. kamu dapat menemukannya di toko oleh-oleh seperti Putra Samudra Pacitan atau di restoran seperti Dewi Sri Rumah Makan & Olahan Ikan Tuna.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Harga makanan khas Pacitan bervariasi tergantung dari lauk yang dipilih, tetapi sebagian besar sajian ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau, hal itu tentu membuat pengalaman kuliner kamu di Pacitan semakin memuaskan. Jadi, pastikan untuk mencicipi makanan-makanan khas ini saat kamu mengunjungi kota kecil yang mempesona ini.



Leave a Reply