10 Wisata Pulau Buton Keindahannya Membuatmu Gagal Move on


prita  April 9, 2021  0 Comment

Pulau Buton merupakan sebuah pulau yang berada di Provinsi Sulawesi Tenggara dan sangat terkenal sebagai produksi aspal. Tak hanya itu, kawasan ini juga menyimpan ragam keindahan wisata alam yang pastinya bisa membuat siapapun terpukau dan patut untuk dijelajahi. Nah, jika kamu tertarik untuk berlibur ke Sulawesi Tenggara, jangan lewatkan untuk menjelajah Pulau Buton ini. Sebelum pergi kesana, Berikut ini adalah wisata Pulau Buton

1. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
indonesiakaya.com

Wisata Pulau Buton yang pertama adalah Pantai Nirwana. Pantai Nirwana ini berlokasi di Kelurahan Sula, Kecamatan Betombaru, Bau-Bau, Buton.

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Keindahan pantai ini dipancarkan dari kombinasi warnanya, yaitu putihnya pasir pantai, air laut berwarna biru kehijauan serta langit yang berwarna biru muda. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk melakukan bergam aktivitas, seperti snorkeling dan berenang.

paket wisata murah

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

2. Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi
trippers.id

Pulau Liwutongkidi juga menjadi salah satu wisata Pulau Buton yang wajib untuk dikunjungi. Pulau ini sering kali disebut sebagai Pulau Pribadi karena tidak ad penghuninya. Meskipun begitu, pulau ini menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Pulau seluas 1000 meter ini memiliki pantai cantik lengkap dengan pasir putihnya yang lembut. Kamu bisa bersantai di tepiannya sambil menikmati deburan ombak dan pepohonan yang ada di pinggirannya. Kamu yang suka menikmati keindahan bawah laut pun bisa menyelam di perairan pulau ini karena terdapat terumbu karang berwarna-warni yang menjadi rumah bagi ikan-ikan cantik yang berenang bebas disana.

3. Pantai Bahari

Pantai bahari
suluhdesa.com

Wisata Pulau Buton yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Bahari. Pantai Bahari ini menjadi salah satu surga yang keindahannya bisa membius siapapun yang datang.

Disini kamu tak hanya bisa menikmati keindahan pantainya, namun juga bisa singgah di sebuah bukit indah yang dipenuhi padang rumput berlatarkan pemandangan laut yang indah. Pantai ini berlokasi di Desa Bahari dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan yang berkunjung ke Buton.

4. Pantai Katembe

 Pantai Katembe
pantainesia.com

Masih berupa pantai, wisata Pulau Buton yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Katembe memiliki hamparan pasir putih dan lautan berwarna biru yang jernih sehingga membuat pemandangannya sangat menawan.

Pantai Katembe ini sering dijadikan sebagai sarana berolahraga seperti voli pantai dan sepakbola. Namun, pantai ini memiliki keunikannya tersendiri, yaitu adanya sumur air tawar yang lokasinya 30 meter dari bibir pantai. Hal ini memang tidak umum, namun justru inilah yang membuat Pantai Katembe ini menjadi sangat unik. Sumur ini digunakan oleh warga setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan bisa juga digunakan oleh wisatawan untuk membilas tubuh.

5. Wisata Kampung Bajo

wisata kampung bajo
beritasatu.com

Tak hanya bisa menikmati keindahan pantai, kamu juga wajib untuk menikmati keunikan lain dari wisata Pulau Buton ini, salah satunya adalah Wisata Kampung Bajo yang berada di Desa Holimomno, Wabula, Buton.

Tempat ini merupakan pemukiman yang unik karena rumah penduduk yang ada di perkampungan ini adalah rumah apung dengan suasana nyaman dan sejuk. Disini kamu bisa belajar dan mengenal teknik menangkap ikan seperti warga Suku Bajo. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat proses pengolahan bulu babi yang dilakukan oleh para ibu penduduk setempat. Menariknya lagi, saat sore hari kamu bisa duduk di tepi dermaga kecil yang ada di ujung kampng untuk melihat matahari terbenam.

6. Air Terjun Kandawu Ndawuna

 Air Terjun Kandawu Ndawuna
flickr.com

Selain pantai, wisata Pulau Buton yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Air Terjun Kandawu Ndawuna. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter dengan air yang jatuh melewati bebatuan alami sehingga menciptakan pemandangan yang indah.

Air terjun yang berlokasi di Desa Wondo, Kecamatan Kapuntori ini menawarkan suasana asri yang bisa membuatmu tenang dan nyaman. Hal ini karena posisi air terjunnya berada di tengah hutan dimana bagian bawah air terjun terdapat kolam alami yang berwarna hijau kebiruan sehingga menambah pesonanya. Kamu pun bisa berenang di kolam alami ini, namun harus berhati-hati karena dasarnya cukup dalam.

7. Danau Udang Merah

Danau udang merah
wisato.id

Wisata Pulau Buton yang layak untuk dikunjungi selanjutnya adalah Danau Udang Merah. Sesuai dengan namanya, Danau Udang Merah ini merupakan habitat dari udang merah, yaitu jenis udang yang cukup langka.

Danau yang berlokasi di Desa Mopano, Kecamatan Lasalimu Selatan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1971. Jika kamu ingin berkunjung ke danau ini, kamu dilarang untuk bermain air ataupun menangkap udang merah yang ada disini dikarenakan danau ini masih digunakan oleh ilmuwan untuk penelitian lebih lanjut.

8. Benteng Lipuogena Takimpo

Benteng Lipuogena Takimpo
zh-cn.facebook.com

Selain wisata alam, Pulau Buton juga memiliki sebuah wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi, khususnya jika kamu adalah penikmat sejarah, yaitu Benteng Lipuogena Takimpo. Benteng ini berada di atas perkampungan warga dan memiliki pemandangan indah.

Benteng ini dibangun dengan batu kapur dan batu karang. Menariknya kagi, pembuat bangunan ini sama sekali tidak menggunakan perekat buatan. Jadi batu kapur dan batu karang hanya ditumpuk dan dilekatkan dengan putih telur. Meskipun begitu, benteng ini masih bisa berdiri kokoh sampai saat ini meskipun telah berusia puluhan tahun. Tak heran jika Benteng Lipuogena Takimpo ini juga menjadi salah satu destinasi wisata Pulau Buton yang menarik.

9. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
pedomanwisata.com

Bukit Teletubbies juga masuk dalam daftar Wisata Pulau Buton yang wajib untuk dikunjungi. Disebut demikian karena bukit ini memiliki pemandangan bagaikan bukit di rumah Teletubbies.

Bukit ini berlokasi di Desa Wakaokili dan masuk dalam bagian Taman Nasional Opa Watumohai. Bukit Teletubbies ini terdiri dari lapangan luas dengan beberapa bukit kecil yang diselimuti dengan padang rumput. Keindahan bukit ini tentu tak perlu diragunkan lagi, karena kawasan ini sering menjadi spot untuk foto prewedding atau spot hiking yang seru.

10. Gua Lakasa

Gua Lakasa
wisato.id

Wisata Pulau Buton yang terakhir aalah Gua Lakasa. Gua Lakasa ini menjadi tempat wisata yang menarik karena memiliki kolam biru sejernih Kristal.

Gua Lakasa ini disebut sebagai salah satu keajaiban alam unggulan kota Baubau. Gua ini berlokasi di Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari. Jika kamu suka menjelajah gua dan ingin menjelajahi gua cantik ini, kamu bisa membawa senter karena suasananya yang gelap. Setelah menyusurinya, kamu akan menemukan sebuah kolam berisikan air berwarna biru jernih yang menawan.

Itulah tadi 10 wisata Pulau Buton yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana. Yuk segera agendakan perjalananmu ke Pulau Buton.



Leave a Reply