Kuliner

10 Wisata Kuliner di Kotagede, Kelezatannya Bikin Kalap

Kotagede merupakan nama sebuah kecamatan di Kota Jogya yang terkenal sebagai Kawasan pengrajin perak. Tak hanya itu, Kotagede juga menawarkan berbagai destinasi wisata sejarah yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berkunjung kesana, tentunya kamu juga wajib mampir ke deretan wisata kuliner di Kotagede yang legendaris dan terkenal enak. Dimana saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Omah Dhuwur Restaurant

guideku.com

Wisata kuliner di Kotagede yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Omah Dhuwur Restaurant. Restoran ini memang memiliki kesan yang mewah, meskipun begitu harga menu di restoran ini relatif terjangkau.

Omah Dhuwur Restaurant menawarkan beragam menu yang menggugah selera, mulai dari menu tradisional Indonesia, Western Food dan menu Asia. Beberapa menu andalan dari restoran ini seperti Bebek Santan Lombok Ijo dan Vegetarian Fried Rice. Kamu bahkan bisa mencoba Wedang Kotagede dan Kopi Merapi.

Alamat: Jalan Mondorakan No 252, Koyagede, Yogyakarta

Isi Perut Di Angkringan Kopi Joss Pak Tris Tugu Jogja!

Honeymoon kami sebagai backpacker. Menyusun itinerary sendiri, melakukan perjalanan dengan kereta ekonomi, dan mengeksplore tempat wisata

2. Sekar Kedhaton Restaurant

2pos.asia

Selain Omah Dhuwur Restaurant, satu lagi destinasi wisata kuliner di Kotagede yang dikenal sebagai tempat makan sultan, yaitu Sekar Kedhaton Restaurant. Memiliki slogan A Luxurious Touch of The Royal Javanese Majesty, semua pengunjung di restoran ini akan mendapatkan sajian kelas satu.

Menariknya, restoran ini menempati bangunan tua yang telah berdiri sejak tahun 1800an dengan arsitektur Jawa, Belanda, Tiongkok dan Portugis. Di restoran ini kamu juga akan menemukan berbagai menu masakan Indonesia yang lezat dan porsinya cukup besar. Tak heran jika restoran ini cocok untuk menikmati sajian Bersama keluarga atau teman-teman.

Alamat: Jalan Tegal Gendu No 28, Kotagede, Yogyakarta

3. Sate Kambing Waru Doyong

wikimapia.org

Jika kamu pecinta daging kambing, maka kamu wajib untuk mencicipi Sate Kambing Waru Doyong ini. Sate Kambing Waru Doyong menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Kotagede yang cukup terkenal dan banyak penggemarnya.

Berlokasi di sebelah timur Pasar Kotagede, warung sate kambing ini kerap menjadi buruan wisatawan karena menawarkan sate kambing dengan cita rasa yang nikmat. Sate kambing di warung ini memang berbeda dengan sate kambing lainnya. Tekstur dagingnya lebih empuk dan sama sekali tidak amis. Bahkan bumbunya juga terkenal sangat nikmat. Sate Kambing Waru Doyong ini menjadi salah satu tempat makan siang yang banyak diburu.

Alamat: Jalan Karanglo Timur, Pasar Kotagede, Yogyakarta.

4. Warung Sate & Gulai Kambing Mbah So

jogja.tribunnews.com

Masih berupa olahan kambing, wisata kuliner di Kotagede selanjutnya juga tak kalah populer yaitu Warung Sate & Gulai Kambing Mbah So. Warung ini terkenal sangat legendaris dan memiliki banyak langganan sejak dulu sampai sekarang.

Warung ini terkenal dengan sate kambingnya yang terkenal enak dan teksturnya empuk. Tak hanya sate kambing, disini kamu juga bisa menemukan tengkleng, gulai kambing dan nasi goreng yang memiliki rasa tak kalah nikmat.

Alamat: Jalan R. Ronggo No 33, Kotagede, Yogyakarta

5. Sate Karang Pak Prapto

ksmtour.com

Destinasi wisata kuliner di Kotagede berikutnya juga masih berupa sate, yaitu Sate Karang Pak Prapto. Meskipun Namanya sate karang, namun sate yang disajikan bukanlah sate dengan batu karang, melainkan sate daging sapi. Nama karang ini karena warung sate ini berlokasi di Lapangan Karang.

Warung Sate Karang Pak Prapto ini memang cukup legendaris karena telah berusia lebih dari setengah abad dan sekarang warung ini dikelola oleh generasi ketiga. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini disajikan dengan bumbu kacang dan dinikmati dengan lontong sayur. Lontong sayur disini pun terkenal memiliki kuah yang mantap dan cocok sekali dipadukan dengan satenya. Sate disini sangat cocok dinikmati sebagai menu makan malam karena warungnya sendiri baru buka mulai sore hari hingga malam hari.

Alamat: Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta

6. Sate Sapi Pak Cipto

qraved.com

Kalau kamu suka dengan olahan sapi, maka destinasi wisata kuliner di Kotagede ini wajib untuk kamu kunjungi, yaitu Sate Sapi Pak Cipto. Warung sate Pak Cipto ini memang cukup terkenal dan memiliki banyak penggemar.

Sate daging sapi disini memiliki tekstur empuk dengan bumbu lezat yang bisa membuat ketagihan. Warung sate ini juga terkenal cukup legendaris karena sudah ada sejak tahun 1945. Tak hanya bisa memesan sate, disini kamu juga bisa memesan lontong sayur yang rasanya tak kalah nikmat dan harganya cukup terjangkau.

Alamat: Jalan Kemasan No 9, Kotagede, Yogyakarta

7. Bakmi Mbah Gito

jogjakita.co.id

Kalau pecinta bakmi Jogja, maka kamu wajib mampir ke destinasi wisata kuliner di Kotagede yang satu ini, yaitu Bakmi Mbah Gito. Warung bakmi ini memang cukup terkenal dan legendaros larena menawarkan sajian bakmi Jogja yang khas.

Satu hal yang membuat bakmi Mbah Gito ini cukup berbeda dengan bakmi pada umumnya adalah proses pembuatannya. Setiap pesanan bakmi dimasak satu per satu dengan menggunakan anglo dan bakmi ini diberi telur beber sehingga terasa lebih gurih dan lezat.

Alamat: Jalan Nyi Ageng Nis No 9, Koyagede, Yogyakarta

8. Soto Lumayan Kang Sarman

ranselmungil.com

Destinasi wisata kuliner di Kotagede yang satu ini juga tak kalah terkenal, lho, yaitu Soto Lumayan Kang Sarman. Warung soto ini memang cukup terkenal dan sangat cocok bagi kamu penyuka hidangan berkuah.

Soto Kang Sarman ini memang memiliki ciri khas tersendiri yaitu kuah bening yang di dalamnya terdapat isian daging ayam, lentok, tauge, tomat, bihun dan seledri. Soto ini menggunakan potongan ayam kampung sehingga cita rasanya semakin nikmat. Sajian soto ini sangat cocok dinikmati sebagai menu sarapan dan makan siang. Tak perlu khawatir soal harga, pasanya seporsi soto disini dibanderol dengan harga mulai Rp 13.000,- saja.

Alamat: Jalan Kemasan, Kotagede, Yogyakarta

9. Warung Es Sido Semi

kotajogja.com

Di tengah teriknya matahari kota Jogja, kamu bisa menemukan sebuah warung es terkenal yang juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Kotagede, yaitu Warung Es Sido Semi. Berlokasi di belakang SMA Muhammadiyah 4 Kotagede, warung ini menawarkan berbagai menu es yang siap menyegarkan tenggorokan kamu di tengah perburuan perak di Kawasan Kotagede. Menu es yang ditawarkan disini antara lain Es Buah, Es Kacang Ijo, Es Limun Saparilla dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya menu-nya yang segar, warung ini juga memiliki gaya bangunan jadul dan unik sehingga sangat nyaman.

Alamat: Jalan Centeng, Kotagede, Yogyakarta

10. Kipo Bu Djito

adira.co.id

Wisata kuliner di Kotagede yang terakhir adalah Kipo Bu Djito. Kipo ini merupakan salah satu jajanan legendaris karena telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno dan Mataram Islam.

Nama kipo sendiri berasal dari Bahasa Jawa, yaitu Iki Opo yang berarti ini apa. Kipo ini terbuat dari tepung beras, tepung ketan yang kemudian dicampur dengan daun suju, kelapa dan daun pandan. Keberadaan Kipo sendiri belakangan ini mulai langka karena sudah mulai jarang yang menjualnya. Namun, kamu masih bisa menemukan salah satunya, yaitu Kipo Bu Djito. Kipo ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah.

Alamat: Jalan Mondorakan No 27, Kotagede, Yogyakarta

prita

Recent Posts

10 Kuliner Kikil Paling Enak di Surabaya Kenyalnya Ngangenin

Kuliner kikil enak di Surabaya masih banyak diminati hingga saat ini. Ditengah banyaknya kuliner kekinian…

22 mins ago

10 Spot Sunrise Terbaik di Jawa Timur Dengan Pemandangan Spektakuler

Tempat wisata alam di Indonesia tentu memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda kunjungi. Beberapa tempat…

4 hours ago

10 Rekomendasi Kuliner Enak Dekat Candi Borobudur

Borobudur dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang populer di Indonesia. Tempat wisata yang satu…

10 hours ago

10 Taman di Depok Yang Asyik Buat Refreshing Dan Bersantai

Taman di Depok berikut tak hanya asyik untuk oleh raga tapi juga untuk duduk santai.…

21 hours ago

Pecinta Drakor, Nih 7 Brand Soju Paling Terkenal di Korea

Sejumlah Negara di Asia memang dikenal memiliki minuman alkohol yang khas, misalnya seperti Indonesia yang…

1 day ago

10 Pulau Paling Indah di Sulawesi Pesonanya Bikin Enggan Pergi

Indonesia dikenal dengan banyaknya pulau-pulau indah yang bisa didatangi untuk berlibur. Ada beberapa pulau di…

1 day ago