10 Tempat Wisata di Selayar, Kepulauan Cantik di Sulawesi Selatan


prita  January 15, 2021  0 Comment

Pernah dengar soal Kepulauan Selayar? Kepulauan yang cantik ini berada di Provinsi Sulawesi Selatan dan menjadi salah satu destinasi unggulan di provinsi tersebut. Hal tersebut dikarenakan Selayar memiliki keindahan alam yang sangat menarik untuk dijelajahi, bahkan keindahan Selayar ini telah terdengar hingga mancanegara, lho. Banyak sekali destinasi wisata di kabupaten kepualauan ini yang patut untuk dijelajahi, karena lokasinya yang merupakan kepulauan, tentu saja wisata baharinya yang menjadi unggulan. Namun selain wisata bahari, kamu juga bisa lho menemukan destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk disinggahi. Seperti Tempat wisata di Selayar menjadi salah satu destinasi unggulan di provinsi sulawesi selatan

1. Pantai Pinang

Pantai Pinang
djpbn.kemenkeu.go.id

Tempat wisata di Selayar yang wajib untuk dikunjungi yang pertama adalah Pantai Pinang. Pantai Pinang adalah pantai dengan pasir putih yang luas membentang sepanjang 2 kilometer.

Pantai ini dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah karena selain pemandangan pantai, di sisi belakangnya terdapat sebuah perbukitan dengan pepohonan yang menambah eksotikanya. Tak hanya pemandangan pantainya saja yang menawan, Pantai Pinang juga memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Perairannya yang dangkal bisa membuatmu dengan mudah untuk melihat berbagai terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang ada disana.

Review wisata

Mencari Sarapan Di Pasar Beringharjo Jogja, Pilihan Lauknya Ada Banyak!

Gunung Suwati Nongkojajar – Tracking Singkat Bonus Sejuta Pesona

2. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate
triptrus.com

Tempat wisata di Selayar yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Taman Nasional Taka Bonerate. Wisata ini merupakan sebuah taman laut yang memiliki kawasan atoll terbesar ketiga di dunia dengan persebaran terumbu karang yang mencapai 500 kilometer persegi.

Taman nasional ini memiliki setidaknya 15 pulau di sekitarnya yang sangat cocok digunakan untuk lokasi diving, snorkeling juga kegiatan wisata bahari lainnya. Disini wisatawan biasa menghabiskan waktu dengan menyelam atau snorkeling sambil menikmati terumbu karang yang ada di bawah perairan ini.

3. Pantai Liang Kareta

Pantai Liang Kareta
bataritours.com

Selayar memang dikelilingi oleh perairan yang luas, maka tak perlu heran jika kebanyakan wisata disini adalah wisata pantai. Salah satu pantai yang wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Liang Kareta.

Pantai Liang Kareta yang berada di Desa Bontoburusu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Selayar ini memiliki pantai seluas 300 meter dengan air laut yang jernih dan biru kehijauan. Tak hanya air lautnya saja yang indah, namun pemandangan dibawah lautnya pun tak kalah memukau. Pantai Liang Kareta ini juga menjadi spot diving dan snorkeling favorit, bahkan pantai ini juga menjadi area memancing favorit. Tak heran jika Pantai Liang Kareta menjadi salah satu tempat wisata di Selayar yang menarik bagi wisatawan.

4. Pantai Ngapalohe

 Pantai Ngapalohe
pariwisataindonesia.id

Tempat wisata di Selayar yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Ngapalohe. Pantai ini sangat unik karena terlihat layaknya dua buah teluk kecil yang menyerupai huruf W dengan atol di tengah muaranya.

Pantai Ngapalohe ini memang lebih mirip seperti laguna atau telaga biru yang berada di tepi pantai dengan pemandangan yang indah. Di sisi utara pantai ini terlihat landau dengan pasir berwarna putih, sementara di bagian selatan terdiri dari batuan datar dengan ukiran kikisan air. Hal inilah yang menjadikan Pantai Ngapalohe menarik untuk dikunjungi.

5. Pantai Batu Karapu

Pantai Batu Karapu
wartakita.id

Pantai Batu Karapu menjadi tempat wisata di Selayar yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki keindahan panorama tebing yang sangat menakjubkan.

Pantai Batu Karapu memiliki pasir putih yang luas membentang dan dikelilingi oleh tebing serta tumbuhan di sekitar pantai. Apalagi dengan air laut yang jernih berwarna biru yang mampu menyegarkan mata setiap pengunjungnya.

6. Puncak Pusera

Puncak Pusera
facebook.com

Selain pantai, tempat wisata di Selayar yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Puncak Pusera. Puncak Pusera merupakan sebuah area perbukitan dengan panorama laut yang sangat indah. Tak hanya itu, puncak bukit ini juga memiliki udara yang sejuk sehingga cocok dijadikan sebagai area camping atau hunting foto.

Kamu bisa berkemah di bukit ini dan bisa melihat langsung keindahan malam. Kamu bisa melihat ribuan bintang di langit denga jelas serta merasakan hembusan angin di sekitar bukit tersebut. Tak heran pengunjung yang datang ke Puncak Pusera ini banyak yang memilih untuk bermalam dengan berkemah.

7. Air Terjun Punagaang

 Air Terjun Punagaang
ekowisatabumiselayar.com

Tempat wisata di Selayar yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Punagaang. Air terjun ini berada di kawasan Lelemang, Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu dan menjadi salah satu destinasi favorit jika kamu sudah bosan dengan pantai.

Air terjun ini memiliki aliran yang sangat jernih dengan air yang segar karena berasal dari aliran sungai di pegunungan hijau disana. Keindahan air terjun ini ditambah dengan asrinya alam yang mengelilinginya sehingga terasa sangat pas dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat.

8. Museum Tanadoang

Museum Tanadoang
nurulnoe.com

Tak hanya wisata alam, Selayar juga memiliki wisata museum yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Museum ini bernama Tanadoang dan berlokasi di Bontobangung, Bontoharu, Kepulauan Selayar.

Museum Tanadoang ini akan mengajak kamu untuk melihat berbagai benda kuno yang berhubungan dengan Kepulauan Selayar ini. Koleksinya juga cukup beragam, mulai dari keramik lampu, berbagai miniature hingga senjata kerajaan. Museum Tanadoang ini menjadi salah satu tempat wisata di Selayar yang tak boleh dilewatkan, khususnya jika kamu pecinta sejarah.

9. Mangrove Matalalang

Mangrove Matalalang
makassar.terkini.id

Tempat wisata di Selayar yang patut untuk dikunjungi selanjutnya adalah Mangrove Matalalang. Berada di lokasi yang sama dengan Museum Tanadoang, yaitu Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi untuk sekedar melepas penat.

Kamu bisa menikmati indahnya pepohonan bakau yang rimbun di pantai dengan cara berjalan kaki diatas jembatan kayu yang telah disediakan. Agar pengalamanmu berkunjung kesini semakin berkesan, kamu bisa datang di sore hari saat menuju matahari terbenam karena fenomena sunset di kawasan ini sangat indah.

10. Goa Abadi Balojaha

Goa Abadi Balojaha
steemit.com

Tempat wisata di Selayar yang terakhir adalah Goa Abadi Balojaha. Goa ini menawarkan sensasi berlibur yang berbeda karena kamu bisa melakukan kegiatan menyusuri goa yang indah ini.

Goa yang berada di kawasan Bontoborusu, Bontoharu ini menawarkan pengalaman yang seru, yaitu berenang di dalam goa sambil menikmati stalakmit yang indah. Goa Abadi Balojaha ini memiliki bentuk semi vertical dengan bebatuan kapur yang licin.

Di dalamnya terdapat kolam alami yang airnya sangat segar juga jernih dimana pengunjung bisa berenang dengan bebas disana. Wisata goa ini terbilang masih sangat alami dan terjaga kebersihannya, untuk itu bila kamu hendak berkunjung kesana, wajib hukumnya untuk tetap membuatnya bersih dan terjaga kelestariannya.

Demikianlah 10 tempat wisata di Selayar yang tak boleh kamu lewatkan saat bertandang kesana. Tentunya masih ada banyak lagi tempat wisata di kabupaten tersebut yang menarik, namun 10 destinasi diatas adalah yang paling direkomendasikan. Selamat berlibur.



Leave a Reply