10 Wisata di Ambarawa Elok di Pandang Mata


prita  January 31, 2021  0 Comment

Ambarawa merupakan nama sebuah kecamatan yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Meskipun kawasan ini tidak terlalu besar, namun Ambarawa memiliki banyak sekali potensi wisata, khususnya wisata alam. Ambarawa berada di daerah dataran tinggi, maka tak heran jika kawasan ini memiliki udara yang lebih sejuk. Tak hanya ada wisata alam, Ambarawa juga memiliki sederet wisata sejarah, religi hingga wisata kuliner yang layak untuk kamu singgahi. Bila kamu ada rencana untuk berlibur ke Ambarawa, berikut ini adalah Wisata di ambarawa banyak sekali mulai museum kereta api hingga danau

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa
travelspromo.com

Wisata di Ambarawa yang pertama adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Sesuai dengan namanya, museum ini berisikan segala hal tentang kereta api dan sangat menarik bagi kamu yang menyukai wisata sejarah dan perkeretaapian.

Museum ini menceritakan semua hal tentang kereta api beserta jalurnya. Kamu bisa menemukan replika bagian kereta api dari berbagai zaman, alat pemutar gerbong kereta hingga halte kereta api tempo dulu. Tak hanya bisa menyaksikan, disini kamu juga bisa mencoba naik kereta api uap. Kereta api ini memiliki dua rute, yaitu Ambarawa-Bendono dan Ambarawa-Tuntang.

review wisata

Explore Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Rasa Tiongkok

Lawang Sewu: Pesona Gedung Tua Penuh Sejarah. Beneran Angker?

2. Rawa Pening

Rawa Pening
inspiration.rehlat.com

Rawa Pening juga menjadi salah satu wisata di Ambarawa yang wajib untuk kamu kunjungi. Danau yang satu ini memang menjadi daya Tarik wisatawan untuk berkunjung ke Ambarawa karena memiliki panorama yang indah.

Danau seluas 2.670 hektar ini juga dikenal dengan legendanya yang masih dikenang sampai saat ini. Terlepas dari kisahnya, Rawa Pening ini memiliki pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Danau ini ditumbuhi dengan tanaman enceng gondok dan menjadi spot terbaik untuk memancing atau hanya sekedar bersantai sambil menyegarkan pikiran.

3. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa
semarangplus.blogspot.com

Masih berada di kawasan Rawa Pening, wisata di Ambarawa yang satu ini merupakan pusat kuliner sekaligus wisata selfie yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat dan wisatawan.

Kampoeng Rawa ini berada di tengah rawa dengan konsep gazebo-gazebo terapung dan biasa dijadikan sebagai area makan dan berfoto. Kamu jadi bisa merasakan sensasi makan diatas gazebo yang terapung diatas rawa. Kamu pun tak perlu takut gazebo-gazebo tersebut tenggelam karena semua gazebo disini telah dilengkapi dengan pelampung yang kuat dan mampu menopang gazebo sehingga tidak akan membuatnya oleng atau tenggelam.

4. Jembatan Biru Ambarawa

Jembatan Biru Ambarawa
salatigaexplore.blogspot.com

Wisata di Ambarawa berikut ini juga masih berada di sekitar Rawa Pening dan menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Rawa Pening, yaitu Jembatan Biru Ambarawa.

Jembatan Biru Ambarawa ini awalnya dibuat untuk penanggulangan eceng gondok agar tidak masuk ke sungai di wilayah tersebut, namun semakin lama banyak orang yang mengabadikan momen dengan berfoto di sepanjang jembatan ini sampai akhirnya jembatan ini dijadikan sebagai tempat wisata.

5. Eling Bening

Eling Bening
brobali.com

Wisata di Ambarawa selanjutnya adalah Eling Bening. Eling Bening merupakan sebuat restoran diatas pegunungan yang memiliki pemandangan menawan.

Dari sini kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang sangat indah berupa Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Telomoyo. Lalu kamu juga bisa melihat indahnya Rawa Pening dari kejauhan. Selain menikmati pemandangan, beragam aktivitas juga bisa kamu lakukan di Eling Bening ini, mulai dari kegiatan outbond, trekking, hunting foto sampai berenang di kolam renang. Karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan disini, Eling Bening menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi semua kalangan.

6. Benteng Williem I

Benteng Williem I
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Benteng Williem I atau yang lebih dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Ambarawa. Selain dikenal sebagai bangunan bersejarah, benteng ini juga bisa menjadi destinasi di Ambarawa yang cukup populer.

Benteng Williem I ini dibangun pada tahun 1834 dan baru selesai di tahun 1845. Kondisi benteng ini sekarang memang masih berupa bangunan aslinya meskipun telah berusia lebih dari satu abad. Saat berkunjung kesini, kamu akan dibawa kembali ke masa colonial Belanda. Benteng ini kerap dipilih sebagai latar berfoto karena memang sangat estetik dan instagramable.

7. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa
lingkarjateng.com

Wisata di Ambarawa yang satu menjadi salah satu dari sekian banyak wisata sejarah di Ambarawa yang bisa kamu kunjungi. Monumen Palagan Ambarawa adalah simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa yang berlangsung pada 12 Desember – 15 Desember 1945.

Tak hanya monument, disini kamu juga bisa menemukan museum yang menyimpan berbagai koleksi senjata, pakaian perang, kendaraan tempur dan benda-benda lain yang dipergunakan dalam Pertempuran Ambarawa. Museum dengan bangunan joglo khas Jawa Tengah ini menjadi wisata edukasi yang menarik karena kamu akan belajar tentang sejarah sambil mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

8. Desa Bejalen

Desa Bejalen
simpleblog606.wordpress.com

Desa Bejalen juga menjadi salah satu wisata di Ambarawa yang patut untuk kamu kunjungi. Desa ini terbilang cukup unik karena hampir semua rumah di perkampungan ini dicat warna-warni sehingga tampak seperti kampong pelangi.

Desa ini berada di pinggir sungai yang indah sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berfoto dengan latak kampung warna-warni ini. Wisata desa ini memang terbilang cukup populer, tak jarang juga beberapa event digelar di desa ini, terutama saat menjelang hari-hari besar.

9. Pemandian Muncul

Pemandian Muncul
explorewisata.com

Pemandian Muncul juga menjadi salah satu alternative wisata di Ambarawa yang bisa kamu singgahi bersama keluarga. Kawasan pemandian ini tak hanya dimanfaatkan sebagai objek wisata air, namun juga menyediakan area pembibitan serta pemancingan ikan yang memiliki panorama hamparan sawah dan sungai yang asri.

Di kawasan ini juga secara rutin diadakan acara budaya, yaitu ritual padusan yang dilakukan setahun sekali saat menjelang Bulan Raadhan. Ritual tersebut sangat menarik wisatawan untuk datang berkunjung.

Pemandian Muncul merupakan pemandian alami yang dibangun pada tahun 1987. Air yang berada di pemandian ini berasal dari sumber mata air yang keluar pada masa penjajahan Belanda. Meskipun begitu, sumber air tersebut memiliki kualitas air yang sangat bagus dengan sirkulasi air yang terjaga.

10. Gua Maria Ambarawa

Gua Maria Ambarawa
sintiaastarina.com

Wisata di Ambarawa yang terakhir adalah Gua Maria Ambarawa yang juga menjadi destinasi wisata religi di Ambarawa. Gua Maria pertama kali didirikan di tahun 1954 dan terus dipelihara serta dikembangkan sampai saat ini.

Disini kamu melihat Patung Bunda Maria setinggi 42 meter yang berdiri dengan indahnya. Dibawah patung tersebut terdapat lukisan tentang kehidupan Yesus. Tak hanya itu, disini juga terdapat kapel dan beberapa perhentian jalan Salib yang biasa digunakan untuk ziarah Umat Katolik. Kamu juga bisa berjalan-jalan di taman dengan batu jalan setapak yang indah juga berkeliling melihat diorama dari beberapa kisah yang diambil dari Alkitab.



Leave a Reply