10 Wisata Budaya di Solo Menarik Untuk Dijelajahi


prita  January 5, 2022  0 Comment

Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah hingga wisata budaya. Kota yang terkenal dengan Sungai Bengawan Solo-nya ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berwisata budaya dan mengetahui lebih dalam tentang budaya Jawa. Nah, daripada kamu bingung mencari destinasi wisata mana saja yang tepat untuk berwisata budaya, berikut ini adalah rekomendasi wisata budaya di Solo.

1. Keraton Solo

Keraton Solo
travelspromo.com

Destinasi wisata budaya di Solo yang pertama wajib untuk kamu singgahi adalah Keraton Solo. Keraton Solo ini dibangun pada tahun 1745 oleh Pakubuwana II saat memindahkan ibukota kerajaan dari Kartasura ke Desa Sala.

Keraton ini mencakup beberapa bangunan dan memiliki area yang cukup besar, seperti Alun-Alun Lor, Alun-Alun Kidul, Sitinggil, Sasana Sumewa, Sri Manganti, Kamandungan dan Kedhaton. Tak hanya itu, keraton ini juga memiliki museum yang menyimpan ragam benda bernilai seni tinggi, seperti pusaka kerajaan, kereta kencana hingga berbagai artefak.

Gotravelly

Sarapan Di Depot Jawa Timur: Nasi Langgi-Nya Juara!

Ayam Bakar Wong Solo: Ayam Bakar Legendaris Khas Jawa Tengah

2. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Selain Keraton Solo, destinasi wisata budaya di Solo yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran ini adalah istana kediaman Gusti Pangeran Adipatu Arya Mangkunegara.

Bangunan yang berdiri sejak tahun 1757 ini memiliki gaya bangunan yang indah dengan ciri khas Jawa Klasik dan Eropa. Di pura ini terdapat pendopo berbentuk joglo besar dengan soko guru yang terbuat dari kayu jati utuh. Di dalam pura ini kamu bisa melihat berbagai koleksi benda bersejarah dari berbagai daerah, seperti gamelan kuno, wayang golek hingga koleksi kitab kuno dari jaman Majapahit dan Mataram yang masih tersimpan rapi.

3. Museum Pesanggrahan Langenharjo

Museum Pesanggrahan Langenharjo
reportasee.com

Destinasi wisata budaya di Solo yang tak boleh untuk dilewatkan berikutnya adalah Museum Pesanggrahan Langenharjo. Museum ini juga menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Solo.

Museum Pesanggrahan Langenharjo ini dibangun tepat di samping Sungai Bengawan Solo sehingga menjadikannya sebagai salah satu museum terbaik di Solo. Museum ini dulunya menjadi tempat wisata keluarga kerajaan Keraton Surakarta pada masanya. Hingga saat ini, museum ini bisa menjadi wisata budaya yang tak boleh untuk dilewatkan.

4. Museum Keris

Museum Keris
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Museum Keris adalah salah satu destinasi wisata budaya di Solo yang sayang sekali untuk dilewatkan. Museum yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 ini memang sangat menarik untuk dikunjungi.

Museum Keris ini menyimpan sekitar 400 koleksi keris dan beberapa senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya koleksinya saja yang menarik, bangunan museum ini juga cukup menarik. Bangunan museum ini memiliki ukiran kayu yang khas dengan ornamen gebyog dan wayang. Museum ini juga dilengkapi dengan video visual mengenai perkembangan keris di Indonesia, lho.

5. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka
surakarta.go.id

Jika kamu ingin mengetahui museum apa yang paling tua di Indonesia, maka jawabannya adalah Museum Radya Pustaka. Museum yang dibangun pada tahun 1980 ini menyimpan ragam benda kuno seperti arca batu dan arca perunggu yang berasal dari zaman Hindu dan Buddha.

Selain menyimpan arca, Museum Radya Pustaka ini juga menyimpan koleksi keris, senjata tradisional, gamelan dan hadiah dari Napoleon Bonaparte. Tak hanya itu, museum ini juga menyimpan koleksi kitab kesusastraan kuno yang ditulis dengan bahasa Jawa Kuno dan buku lainnya berbahasa asing. Tak heran jika Museum Radya Pustaka ini menjadi salah satu wisata budaya di Solo yang menarik untuk dikunjungi.

6. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari
jejakpiknik.com

Bosan berkunjung ke museum, kamu bisa berkunjung ke salah satu destinasi wisata budaya di Solo yang tak kalah menyenangkan, yaitu Taman Sriwedari. Taman ini menjadi pusat hiburan, seni dan budaya yang cukup ramai di kunjungi di Solo.

Disini kamu bisa menonton ragam pentas seni yang ditampilkan oleh para seniman. Salah satu seni yang sering ditayangkan di taman ini adalah Wayang Orang Sriwedari. Tak heran jika banyak pengunjung yang menantikan pertunjukan ini.

7. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg
rentalmobiljogja.id

Destinasi wisata budaya di Solo yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Benteng Vastenburg. Benteng ini merupakan salah satu cagar budaya kota Solo peninggalan Belanda yang dibangun di tahun 1745.

Benteng yang dibangun atas perintah Baron Van Imhoff ini dulunya digunakan oleh Belanda untuk menguasai penguasa Surakarta. Sekarang, benteng ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik karena memiliki gaya bangunan kolonial yang kental sehingga sangat cantik dijadikan sebagai latar foto.

8. Museum Pers Nasional

Museum Pers
cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Museum Pers Nasional juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Museum ini juga menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang seru untuk dikunjungi karena sangat edukatif.

Museum ini menjadi pusat dokumen-dokumen kuno disimpan dengan rapi sejak masa penjajahan Belanda. Disini terdapat sekitar 13.000 koleksi naskah  yang disimpan rapi. Tak hanya naskah, disini kamu juga bisa menemukan peralatan pers yang masih dijaga dengan baik.

9. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi
pegipegi.com

Jika kamu pecinta batik, maka destinasi wisata budaya di Solo yang tak boleh untuk kamu lewatkan berikutnya adalah Museum Batik Danar Hadi. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan ragam koleksi kain batik yang jumlahnya mencapai ribuan.

Museum Batik Danar Hadi ini bahkan telah tercatat dalam MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak. Kain batik yang dipamerkan di museum ini berasal dari berbagai periode juga dipengaruhi dengan budaya serta lingkungan yang berbeda. Salah satu koleksi yang cukup menarik di museum ini adalah koleksi Batik Belanda. Tak hanya itu, di museum ini kamu juga bisa melihat proses pembuatan batik tulis dan batik cap. Terlebih lagi, kamu juga bisa berbelanja batik, lho.

10. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan
joss.co.id

Wisata budaya di Solo yang terakhir adalah Kampung Batik Laweyan. Laweyan merupakan sentra batik di Solo yang mana kampung ini telah ada sejak pemerintahan Kerajaan Pajang.

Kampung Batik Laweyan ini memiliki tata letak yang khas dengan deretan bangunan yang menjulang dan gang sempit yang membentuk lorong. Bahkan, deretan rumah di kampung ini memiliki gaya bangunan dari perpaduan budaya Jawa, Islam, Eropa dan Tiongkok.

Nah, itulah tadi daftar 10 wisata budaya di Solo Yang wajib untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana. Cukup menarik sekali bukan? Kira-kira wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply