Detak Kagum Menatap Pesona 10 Wisata Alam di Islandia


prita  March 30, 2020  0 Comment

Berada di tepi lingkaran Arktik, Islandia belakangan ini semakin terkenal sebagai tujuan wisata para selebritis dunia, seperti Ben Affleck, Kim Kardashian & Kanye West hingga Justin Bieber. Islandia juga kerap dipilih sebagai lokasi syuting berbagai film Hollywood seperti Oblivion, The Secret Life of Walter Mitty dan Interstellar. Tak hanya itu, Islandia juga menjadi setting pengambilan gambar untuk serial Game of Thrones. Hal ini tentunya karena Islandia memiliki daya tarik yang sangat luar biasa, yaitu wisata alamnya yang mengagumkan. Lalu, apa sih yang bisa dilihat di Islandia? Berikut wisata alam di Islandia yang mampu membuat kamu terpukau

1. Taman Nasional Thingvellir

taman nasional thingvellir
tucantravel.com

Islandia menarik wisatawan dari berbagai negara karena memiliki fenomena alam cantik yaitu Aurora Borealis. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati fenomena Aurora Borealis ini adalah Taman Nasional Thingvellir.

Taman Nasional Thingvellir masuk dalam situs warisan dunia UNESCO di tahun 2004 karena memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Salah satu wisata alam di Islandia ini memang selalu menjadi kecintaan para wisatawan yang ingin menikmati alam. Salju yang menutupi kawasan mampu mempercantik pemandangan Aurora Borealis yang tampak di langit.

Selain menikmati Aurora Borealis, taman nasional ini juga menawarkan pemandangan alam bebas yang lengkap, mulai dari geiser, danau hingga sejumlah air terjun yang cantik.

Gotravelly

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Wisata You And I Garden : Taman Bunga Bernuansa Jepang Di Kaki Gunung Semeru

2. Blue Lagoon

blue lagoon
businessinsider.com

Wisata alam di Islandia yang satu ini memang menjadi tujuan utama para wisatawan karena memang satu-satunya di dunia. Blue Lagoon adalah kolam air panas alami yang suhunya mencapai 40 derajat celcius.

Disini Anda bisa berendam dalam air panas yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, pemandangan di sekeliling Blue Lagoon ini juga sangat mengagumkan. Salju mengelilingi kawasan kolam air panas ini sehingga tampak kontras dengan sangat indah bila diabadikan dengan kamera.

3. Danau Es Jokulsarlon

Jokulsarlon
expertvagabond.com

Danau Es Jokulsarlon adalah salah satu wisata alam di Islandia yang paling tak boleh Anda lewatkan. Danau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa yang bahkan tak bisa ditemui di tempat lain.

Danau ini merupakan kombinasi gunung es yang megah dan laguna biru yang dipenuhi dengan es raksasa. Hal ini sangat kontras dengan tepiannya yang berpasir hitam dan terdapat kubah es yang menyembul di permukaan Vatnajokull yang menakjubkan. Danau menakjubkan ini dipercaya sebagai salah satu keajaiban alam yang terpopuler di Islandia yang mampu menghipnotis wisatawan, fotografer hingga pembuat film.

4. Great Geyser

Great Geyser
travelreykjavik.com

Great Geyser juga menjadi wisata alam di Islandia yang tak boleh Anda lewatkan. Wisata yeng berada di Islandia bagian selatan ini disinyalir telah aktif selama lebih dari 10.000 tahun dan salah satu fenomena alam yang paling diincar wisatawan.

Great Geyser bisa menyemburkan air mendidih hingga tujuh puluh meter ke udara. Geyser disebabkan oleh air permukaan sehingga membuat jalan turun sekitar 200 meter. Setelah mencapai titik didih, kemudian air yang sangat panas bersamaan dengan uap akan menyembur keatas. Kejadian alami ini tentunya sangat mengesankan untuk dilihat secara langsung.

5. Goa Es Skaftafell

Skaftafell
glacierguides.is

Wisata alam di Islandia yang menakjubkan selanjutnya juga bisa Anda temui di Taman Nasional Vatnajökull. Taman nasional ini cukup luas dan dibagi menjadi empat bagian yang terdiri dari gletser Vatnajökull dan gua es yang cukup terkenal yaitu Skaftafell Ice Cave.

Goa Es Skaftafell ini memiliki panjang hingga 7 meter dengan tinggi sekitar 1,2 meter. Goa ini merupakan hasil dari proses glasial atau moulin, dimana air hujan melelehkan es di permukaan gletse yang kemudian dialirkan ke sungai lalu masuk di celah-celah gletser. Bersamaan dengan udara yang bertiup, seiring waktu endapan mineral tersebut kemudian mengeras sementara airnya membeku dan sebagian tetap mengalir di bawah goa.

Butuh pengalaman dan keterampilan khusus untuk mencapai goa ini karena medan yang harus dilalui cukup licin.

6. Air Terjun Dettifoss

Dettifoss
worldfortravel.com

Wisata alam di Islandia yang tak boleh Anda lewatkan berikutnya adalah Air Terjun Dettifoss. Air terjun yang berada di utara Islandia ini berlokasi di Sungai Jokulsa a Fjollum yang mengalir dari gletser Vatnajokull kemudian mengumpulkan air dari area luas di timur Islandia.

Air Terjun Dettiffoss ini dikenal sebagai air terjun paling kuat di Eropa dan air terjun terbesar di Eropa perihal debit volume airnya. Karena kuatnya volume air terjun ini mampu membuat batu disekitarnya bergetar dan getarannya mampu dirasakan dengan tangan. Namun, pemandangan air terjun ini sudah pasti mampu menghipnotis Anda karena sangat indah.

7. Pantai Reynisfjara

Reynisfjara
mountainguides.is

Islandia memang dianugerahi berbagai macam wisata alam yang mampu memikat para wisatawan dan salah satu wisata alam di Islandia yang tak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Reynisfjara.

Jangan harap Anda bisa berjemur di pantai ini. Namun, hal lain yang bisa Anda nikmati saat berkunjung kesini adalah pemandangannya yang sangat cantik. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam, batu basal dan kabut yang terkadang menyelimutinya. Jika Anda beruntung, maka Anda bisa melihat secara langsung Aurora Borealis disini.

8. Taman Nasional Landmannalaugar

Landmannalaugar
adventures.is

Taman Nasional Landmannalaugar merupakan salah satu wisata alam di Islandia yang paling populer. Taman nasional ini memiliki beberapa panorama menarik seperti pegunungan, gunung berapi dan padang lava yang sangat luas.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan disini adalah hiking dan berkuda. Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman nasional ini mulai bulan Juni hingga akhir September, karena selain bulan tersebut jalan pendakian akan ditutup. Mendaki di kawasan ini tentunya akan menyajikan pemandangan pegunungan yang benar-benera luar biasa.

9. Fjaðrárgljúfur Canyon

Fjaðrárgljúfur Canyon
id.pinterest.com

Islandia juga memiliki canyon cantik yang berbeda dengan canyon di negara-negara lainnya, yaitu Fjaðrárgljúfur Canyon. Fjaðrárgljúfur Canyon ini memiliki pemandangan hijau yang segar lengkap dengan pemandangan aliran sungai yang menyejukkan.

Fjaðrárgljúfur Canyon diperkirakan sudah ada sejak jutaan tahun lalu dimana kedalamannya mencapai 100 meter dan panjangnya hingga 2 kilometer. Anda yang ingin menikmati pemandangan disini bisa datang di musim panas agar bisa melakukan hiking.

10. Danau Mývatn

 Danau Mývatn
adventures.is

Wisata alam di Islandia terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Danau Mývatn. Danau ini pernah muncul dalam salah satu film Hollywood yaitu Fast and Furious 8, dimana saat Dom dan actor lainnya beraksi dengan mobil mereka di sebuah danau beku.

Mývatn kadang tak hanya digunakan untuk menyebutkan nama danau, namun juga seluruh daerahnya. Keseluruhan kawasan Mývatn luasnya sekitar 4400 kilometer persegi dan danaunya memiliki luas hingga 37 kilometer persegi.

Mývatn merupakan daratan yang muncul akibat letusan vulkanik dari gunung berapi, tak heran jika disini terdapat sekitar puluhan gunung berapi dan kaldera yang mengeluarkan asap. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Mývatn adalah saat musim dingin karena semua permukaan daratan akan berubah menjadi putih karena tertutup salju.



Leave a Reply