10 Tempat Wisata di Tenggarong Bikin Enggan Pulang


Fida  December 2, 2021  0 Comment

Tenggarong merupakan salah satu kawasan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Daerah yang satu ini dikenal menawarkan banyak tempat wisata yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya tempat wisata alam, Tenggarong juga menawarkan tempat wisata religi hingga tempat wisata bersejarah. Berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Tenggarong yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Museum Mulawarman

museum mulawarman
kaltimprov.go.id

Salah satu tempat wisata di Tenggarong yang sayang untuk tidak dikunjungi adalah Museum Mulawarman. Museum yang satu ini dikenal cukup populer dan merupakan bekas istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara. Anda dapat mengunjungi Museum Mulawarman di daerah Jalan Tepian Pandan, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Museum yang satu ini diresmikan pada 25 November 1971. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Tenggarong dan menyempatkan mampir ke tempat wisata bersejarah yang satu ini. Museum yang satu ini sangat cocok dikunjungi khususnya bagi Anda pecinta tempat wisata bersejarah. Anda dapat mengunjungi Museum Mulawarman mulai pukul 08.30 hingga 16.30 setiap harinya.

Gotravelly

Cantiknya Pantai Payangan Bagaikan Khayangan, Bikin Enggan Pulang

Miniatur Raja Ampatnya Jawa Timur Waduk Bajulmati Yang Mempesona

2. Istana Bunga Jembayan

istana bunga jembayan
dipar.kutaikartanegarakab.go,id

Istana Bunga Jembayan menjadi salah satu destinasi menarik yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Kalimantan Timur. Salah satu tempat wisata di Tenggarong yang satu ini menawarkan pemandangan indah dan sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Untuk masuk dan menyusuri indahnya Istana Bunga Jembayan, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000,- per orang. Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan seperti adanya berbagai wahana, kolam renang, hingga outbond. Tempat wisata yang satu ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 17.00. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto menarik saat mengunjungi Istana Bunga Jembayan.

3. Pulau Kumala

pulau kumala
gotravelly.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan Pulau Kumala. Salah satu tempat wisata di Tenggarong ini sudah cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Pulau yang satu ini daerah delta yang terletak di Sungai Mahakam.

Sejak tahun 2000, Pulau Kumala sudah dibangun menjadi kawasan wisata. Namun pada tahun 2006, pembangunan pulau ini menjadi mangkrak karena Bupati Syaukani Hasan Rais yang menjabat pada saat itu terjerat kasus korupsi. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena saat ini Pulau Kumala sudah menjadi daerah wisata yang ramai didatangi wisatawan. Pemandangan indah yang ditawarkan akan menyambut pengunjung yang datang ke pulau ini.

4. Taman Ladaya Tenggarong

taman ladaya
celebes.co

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Tenggarong yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Taman Ladaya Tenggarong. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Ladaya atau yang memiliki sebutan Ladang Budaya ini menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi saat datang ke kawasan Tenggarong. Pengunjung dapat mengenal alam sekaligus budaya khas Kalimantan Timur. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin berwisata untuk menikmati keindahan alam sekaligus mempelajari tentang berbagai budaya yang ada. Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Tenggarong, Taman Ladaya tentu sangat direkomendasikan untuk Anda datangi.

5. Planetarium Jagad Raya

planetarium jagad raya
indonesiakaya.com

Salah satu tempat wisata di Tenggarong yang menarik untuk dikunjungi adalah Planetarium Jagad Raya. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Diponegoro, Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Tempat wisata yang satu ini berlokasi di sebelah kiri bangunan Museum Mulawarman. Wisata yang telah dibangun pada tahun 2002 ini diresmikan pada 16 April 2003. Selain berwisata, pengunjung juga dapat mempelajari tentang alam semesta seperti planet, bintang, dan objek-objek lainnya. Pengunjung juga dapat menikmati adanya teater bintang atau teater alam yang memperlihatkan isi alam semesta. Tempat yang satu ini cocok dipilih sebagai wisata edukasi yang bisa dikunjungi bersama keluarga maupun anak-anak.

6. Waduk Panji

waduk panji
amp.bernas.id

Waduk Panji dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Tenggarong yang cocok dipilih untuk menghabiskan waktu berlibur. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Selimpat, Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Meskipun terkesan sederhana, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Suasana yang tenang juga menjadikan waduk ini cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri. Saat berkunjung ke kawasan Tenggarong, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Waduk Panji Sukarame.

7. Kedaton Kutai Kartanegara

kedaton kutai kartanegara
id.wikipedia.org

Kedaton Kutai Kartanegara menjadi salah satu destinasi wisata di Tenggarong yang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang satu ini merupakan istana milik Sultan Kutai Kartanegara yang berlokasi di pusat Kota Tenggarong.

Anda dapat datang ke Kedaton Kutai Kartanegara yang berlokasi di Jalan Monumen Timur, Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pengunjung akan dimanjakan dengan bangunan yang masih sangat megah dan suasana yang khas. Kedaton Kutai Kartanegara menjadi rekomendasi wisata yang tepat untuk Anda datangi saat berada di Tenggarong.

8. Kembang Jaong Loa Ipuh

kembang joang loa ipuh
beritakaltim.co

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Tenggarong yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Kembang Jaong Loa Ipuh. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Loa Ipuh Darat, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kembang Jaong Loa Ipuh cocok dikunjungi bersama teman, keluarga, maupun orang tersayang. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang ditawarkan. Tidak hanya itu, tempat wisata yang satu ini juga memiliki banyak spot menarik yang dapat dipilih untuk berfoto instagramable. Suasana yang masih sangat alami juga membuat pengunjung betah berlama-lama berada di Kembang Jaong Loa Ipuh.

9. Masjid Agung Sultan Sulaiman

masjid agung sultan sulaiman
nasutionzy.blogspot.com

Tidak hanya mengunjungi tempat wisata alam, Anda juga dapat datang ke tempat wisata religi saat ingin mendatangi salah satu tempat wisata di Tenggarong. Wisata religi yang cukup populer adalah Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Masjid yang satu ini dikenal memiliki bangunan yang megah dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Anda dapat mengunjungi Masjid Agung Sultan Sulaiman di Jalan Jendral Ahmad Yani, Panji, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Taman Gubang

Tempat Wisata di Tenggarong
nomorsatukaltim.com

Salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Taman Gubang. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di kawasan Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Di taman yang satu ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas salah satunya adalah menyusuri danau dengan menggunakan perahu. Taman Gubang menjadi salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan saat berada di kawasan Tenggarong, Kalimantan Timur.



Leave a Reply