10 Tempat Wisata di Tanah Datar, Sumatera Barat Paling Terkenal


Fida  September 24, 2021  0 Comment

Batusangkar merupakan salah satu daerah yang berlokasi di Tanah Datar, Sumatera Barat. Kawasan yang satu ini dikenal menawarkan banyak tempat wisata di tanah datar dengan keindahan luar biasa. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya tempat wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan lain-lain.

Tidak hanya banyak didatangi oleh wisatawan lokal, beberapa wisata di Tanah Datar juga kerap dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, Berikut daftar tempat wisata di Tanah Datar yang sayang untuk kamu lewatkan

1. Cagar Budaya Batu Batikam

Cagar Budaya Batu Batikam
dodirullyandapgsd.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Batusangkar yang bisa Anda kunjungi adalah Cagar Budaya Batu Batikam. Tempat wisata yang satu ini sudah sangat populer yang memiliki luas kurang lebih 1800 meter persegi. Cagar Budaya Batu Batikam dulunya merupakan tempat yang digunakan untuk bermusyawarah para kepala suku.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini di Jalan Jenderal Sudirman nomor 160, Dusun Tuo, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Batu yang terdapat di tempat wisata ini populer dengan bekas tusukan di tengahnya. Konon katanya lubang yang terdapat pada batu tersebut merupakan bekas tusukan keris milik Datuak Parpatiah Nan Sabatang.

Paket wisata murah

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

2. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
travel.detik.com

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Batusangkar dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Lembah Anai. Air terjun yang satu ini memiliki tinggi mencapai 35 meter dan dikenal sebagai salah satu maskot pariwisata Sumatera Barat.

Air terjun yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan serta aliran air yang deras dan jernih. Suasananya yang masih sangat alami juga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama menikmati indahnya Air Terjun Lembah Anai. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi air terjun yang satu ini saat ini datang ke salah satu tempat wisata di Batusangkar.

3. Danau Singkarak

Danau Singkarak
liputan6.com

Diantara banyaknya pilihan tempat wisata di Batusangkar, Anda dapat mengunjungi wisata Danau Singkarak yang cukup populer di kalangan wisatawan. Danau yang satu ini berlokasi di 2 kabupaten sekaligus yakni Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok.

Danau yang satu ini menawarkan perairan luas sekitar 107,8 km persegi. Danau ini juga dinobatkan sebagai danau luas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau Singkarak juga dikenal dengan 19 jenis ikan yang hidup di dalamnya. Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat alami serta pemandangan yang sangat menakjubkan.

4. Ngalau Pangian

Ngalau Pangian
sumbar.travel

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Batusangkar dan salah satu yang bisa Anda datangi adalah Ngalau Pangian. Ngalau Pangian merupakan goa yang berlokasi di Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Salah satu hal yang menjadi daya tarik adalah di gua ini terdapat air yang konon katanya terus mengalir sepanjang musim. Adanya stalakmit dan stalaktit juga menambah keindahan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Anda juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik yang dapat di manfaatkan untuk berfoto.

5. Batu Basurek

Batu Basurek
lifestyle.okezone.com

Batu Basurek menjadi salah satu tempat wisata di Batusangkar yang bisa Anda kunjungi di daerah Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Tempat wisata yang satu ini menawarkan uniknya batu bertuliskan bahasa Jawa kuno dan Sansekerta.

Batu yang satu ini merupakan peninggalan kerajaan Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar. Batu dengan tulisan tersebut memiliki lebar 25 cm, tinggi 8 cm, dan tebal 10 cm. Batu yang memiliki usia kurang lebih 6 abad ini memiliki berat mencapai 50 kg. Batu Basurek dapat menjadi tujuan tepat bagi Anda yang ingin mendatangi tempat wisata bersejarah di Tanah Datar.

6. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung
travel.kompas.com

Istana Pagaruyung menjadi salah satu tempat wisata di Batusangkar yang sangat populer. Istana ini juga disebut dengan Istano Basa. Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini di daerah Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Istana ini merupakan replika istana yang pernah terbakar habis pada tahun 1804 akibat kerusuhan di atas Bukit Batu Patah. Pengunjung dapat menikmati indahnya dan megahnya bangunan serta arsitektur yang ditawarkan. Anda juga dapat menikmati benda-benda peninggalan Kerajaan Pagaruyung serta mempelajari nilai-nilai sejarah yang ada.

7. Benteng Van Der Capellen

Benteng Van Der Capellen
tribunnewswiki.com

Salah satu tempat wisata di Batusangkar yang sayang untuk dilewatkan adalah Benteng Van Der Capellen. Tempat wisata yang satu ini merupakan benteng peninggalan Belanda di kawasan Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Benteng yang satu ini menawarkan bangunan yang masih sangat megah dan dapat dikunjungi bagi Anda khususnya pecinta tempat wisata bersejarah. Benteng ini juga memiliki hubungan erat dengan Perang Padri yang berlangsung pada tahun 1821 di Kabupaten Tanah Datar. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto.

8. Rumah Gadang Kampai Nan Panjang

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang
bobo.grid.id

Rumah Gadang Kampai Nan Panjang menjadi salah satu rumah yang memiliki arsitektur Minang dengan atap bergonjong 4 yang terbuat dari ijuk. Anda dapat mengunjunginya sebagai salah satu tempat wisata di Batusangkar yang berlokasi di daerah Nagari Blimbing, Kecamatan rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Rumah yang satu ini konon sudah berumur sekitar 300 tahun dan dibangun oleh Datuk Penghulu Basa dari suku Kampai Nan Panjang. Anda dapat mengunjungi rumah ini sebagai salah satu tempat wisata bersejarah di daerah Batusangkar.

9. Puncak Pato

Puncak Pato
rentalmobuilpadang.co.id

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Batusangkar yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Puncak Pato. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang masih sangat alami yang ditawarkan. Adanya pohon pinus yang menjulang tinggi serta udara yang sejuk tentu membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata yang satu ini. Anda dapat menemukan banyak tempat menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto instagramable.

10. Panorama Tabek Patah

Tempat wisata terdekat
sumbar.travel

Panorama Tabek Patah merupakan salah satu tempat wisata di Batusangkar yang cukup populer. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Indahnya panorama ini berlokasi di lereng gunung berapi antara kota Bukittinggi dan kota Batusangkar. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya dua danau cantik yakni Danau Aie Taganang dan Danau Pakih.

Nah, di atas merupakan daftar 10 tempat wisata di Batusangkar yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan. Tempat wisata manakah yang terlihat sangat menarik dan ingin Anda kunjungi?



Leave a Reply