10 Tempat Wisata di Sumenep Cocok Buat Liburan


prita  May 4, 2021  0 Comment

Sumenep merupakan sebuah kabupaten yang berada di ujung Pulau Madura. Mungkin Sumenep tidak begitu terkenal dalam sektor pariwisatanya, namun bukan berarti kota kecil ini tidak memiliki potensi wisata sama sekali. Sumenep justru memiliki sederet tempat wisata yang pemandangannya tak kalah dengan kabupaten lain yang ada di Indonesia. Nah, jika kamu penasaran dan ingin menjelajah keindahan wisata disana, Berikut ini adalah daftar Wisata Sumenep

1. Gili Labak

gili labak
wisataria.com

Tempat wisata di Sumenep yang pertama adalah Gili Labak. Gili Labak merupakan sebuah pulau yang cukup menarik banyak wisatawan, tak hanya wisatawan lokal tapi juga mancanegara.

Pulau ini menawarkan pemandangan pantai yang cantik dengan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut berwarna biru jernih. Tak hanya pantainya yang cantik, namun pemandangan bawah laut di Gili Labak ini juga sangat indah. Bawah laut di pulau ini memang menjadi spot menyelam atau snorkeling yang menarik semua wisatawan. Bahkan disini juga telah disediakan tempat persewaan alat menyelam.

Sayangnya, jika kamu ingin menginap di pulau ini masih belum disediakan penginapan. Namun, kamu bisa berkemah di kawasan pulau ini dan bisa merasakan langsung sensasi berkemah di tepi pantai dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Gotravelly

Pantai Sembilan Madura

Lezatnya Soto Ayam Khas Madura Ini Bikin Lidah Ngga Berhenti Bergoyang

2. Gili Iyang

 Gili Iyang
republika.co.id

Tak hanya Gili Labak, Sumenep juga memiliki pulau kecil lainnya yang tak kalah indah bernama Gili Iyang. Gili Iyang menjadi salah satu tempat wisata di Sumenep yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung kesana.

Pulau ini sangat terkenal karena dikenal sebagai pulau dengan kadar oksigen tertinggi di dunia, yaitu 21,5 persen. Disini kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti bermain-main pasir di tepi pantai, berenang hingga menyelam. Pantai di Gili Iyang ini dipenuhi dengan bebatuan karang yang mana dari celah bebatuan ini kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit atau terbenam yang sangat cantik.

3. Gili Genting

Gili Genting
1001malam.com

Tempat wisata di Sumenep yang layak kamu kunjungi selanjutnya adalah Gili Genting. Pulau seluas 30,31 kilometer persegi ini berada di sebelah tenggara Pulau Madura.

Gili Genting memiliki sejumlah pantai yang terkenal cantik dengan pasir putih dan laut berwarna biru jernih. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Sembilan. Pantai Sembilan ini memiliki sebuah pelabuhan kecil yang menjadi tempat bersandarnya perahu-perahu yang menghubungkan Gili Genting dengan pulau di seberangnya.

Selain Pantai Sembilan, ada sederet pantai lain di Gili Genting yang layak untuk kamu kunjungi, yaitu Pantai Kahuripan, Pantai Miring dan Pantai Wangi.

4. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken
nusadaily.com

Pulau Sapeken juga menjadi alternative tempat wisata di Sumenep yang tak boleh kamu lewatkan. Pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang bersih dan lembut dengan pemandangan laut yang menawan.

Pulau Sapeken juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah sehingga snorkeling atau diving bisa menjadi aktivitas yang wajib dilakukan disini. Selain bermain air, kamu juga bisa berjalan-jalan mengelilingi pulau ini untuk melihat kegiatan sehari-hari penduduk lokal yang masih menjunjung tinggi adat istiadat. Tak hanya itu, kamu pun juga bisa berjalan-jalan di kawasan Hutan Mangrove yang ada disini. Hutan Mangrove ini cukup besar karena menyumbang hampir 85 persen dari seluruh hutan mangrove di Provinsi Jawa Timur.

5. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng
travel.detik.com

Jika berbicara soal tempat wisata di Sumenep, tentunya banyak wisata pantai yang bisa kamu kunjungi. Jika kamu tak ingin menyeberang pulau untuk bisa berwisata di pantai, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Pantai Slopeng.

Pantai Slopeng ini cukup terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki pemandangan yang sangat indah. Pantai ini memiliki gundukan pasir setinggi 15 meter yang ditumbuhi dengan pepohonan sehingga membuatnya menyerupai bukit di tepi pantai. Karena Pantai Slopeng memiliki garis pantai yang lumayan panjang, maka untuk menjelajahinya kamu disarankan untuk menunggangi kuda yang bisa disewa di kawasan pantai ini.

6. Pantai Lombang

Pantai Lombang
jalanbareng.com

Tempat wisata di Sumenep yang wajib kamu kunjungi selanjutnya juga masih berupa pantai, yaitu Pantai Lombang. Pantai Lombang juga memiliki pemandangan pantai yang tak kalah menawan dibandingkan Pantai Slopeng.

Selayaknya pantai lain yang ada di Sumenep, Pantai Lombang juga memiliki pasir putih yang bersih. Pantai ini juga memiliki arus ombak yang tenang sehingga cukup aman dijadikan sebagai tempat berenang. Tak hanya itu, Pantai Lombang juga memiliki keunikan, yaitu adanya Pohon Cemara Udang yang ranting-rantingnya membungkuk seperti udang. Konon, tidak semua pantai bisa ditumbuhi oleh pohon cemara udang ini, lho.

7. Pulau Mamburit

pantai mamburit
kangean.net

Mungkin pulau yang satu ini masih agak asing ditelinga wisatawan, tak seperti Gili Labak atau Gili Genting. Meskipun tidak terlalu sering terdengar namanya, namun Pulau Mamburit juga menjadi salah satu tempat wisata di Sumenep yang layak untuk kamu kunjungi.

Pulau Mamburit ini berada di sebelah barat Pulau Kangean dan bisa ditempuh dengan menggunakan perahu tongkang. Pulau Mamburit ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil dan ditinggali oleh segelintir orang saja.

Pulau ini dikelilingi oleh pasir putih yang indah dan pantai dengan air laut yang berwarna biru jernih. Pulau Mamburit sangat terkenal dengan buah Sukun yang terkenal manis dan besar. Disini kamu juga bisa menikmati ikan segar yang baru saja ditangkap oleh nelayan setempat.

8. Bukit Tinggi Daramista

wisata terdekat
akurat.co

Tak hanya pantai, Sumenep ternyata juga memiliki tempat wisata dataran tinggi yang cukup indah bernama Bukit Tinggi Daramista. Bukit Tinggi Daramista ini adalah wisata baru di Sumenep, meskipun begitu wisata yang satu ini cukup digemari wisatawan, khususnya bagi mereka yang menyukai fotografi.

Disini pengunjung bisa menikmati kota Sumenep dari ketinggian. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fenomena matahari terbit tanpa adanya penghalang. Kamu juga bisa menemukan sederet spot selfie dengan nama unik, seperti Zona Kece and Hits, Hometrees, Happy Swing, Bird’s Nest, Home Love dan masih banyak lagi lainnya. Tak heran jika Bukit Tinggi Daramista ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumenep yang menarik untuk dikunjungi.

9. Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep
opensource.petra.ac.id

Tempat wisata di Sumenep yang satu ini masuk dalam kategori wisata religi dan cukup terkenal di kalangan wisatawan. Masjid Agung Sumenep ini dikenal sebagai masjid terbesar di kota Sumenep yang memiliki arsitektur indah.

Gaya bangunan dari masjid ini secara garis besar dipengaruhi oleh budaya Eropa, Tiongkok, Jawa dan Madura. Bangunan utama pada masjid ini dipengaruhi oleh budaya Jawa di bagian atapnya, lalu pada pewarnaan pintu utama dan jendela masjid dipengaruhi oleh budaya Madura. Kemudian untuk interior masjid cenderung bernuansa Tiongkok.

10. Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep
panduanwisata.id

Tempat wisata di Sumenep yang terakhir adalah Museum Keraton Sumenep. Wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai wisata sejarah dan ingin belajar tentang sejarah Sumenep.

Museum ini menyimpan banyak sekali peninggalan Keraton Sumenep yang sebagian besar merupakan peninggalan Bangsawan Sumenep. Museum ini menyimpan kereta kencana yang merupakan peninggalan Keraton Sumenep pada masa pemerintahan Sultan Aburrachman. Tak hanya itu, museum ini juga menyimpak koleksi Al-Quran besar berukuran 4 meter dengan lebar 3 meter.



Leave a Reply