Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Pesona 10 Tempat Wisata di South Wales Britania Raya


prita  May 23, 2020  0 Comment

South Wales merupakan sebuah kawasan dari negara bagian Wales. Negara yang dipimpin oleh Pangeran Charles ini merupakan sebuah negara bagian dari Britania Raya yang secara geografis menempati ujung barat pulau. Wilayah Wales sendiri berbatasan dengan di Inggris di sebelah timur, Briston Channel di sebelah selatan dan Laut Irlandia di sebelah barat dan utara. Dengan posisi yang cukup strategis inilah yang membuat negara ini kaya akan wisata. Terutama South Wales. South Wales menjadi salah satu kawasan yang memiliki banyak tempat wisata menarik untuk Anda kunjungi. Nah, berikut ini adalah

10 tempat wisata di South Wales Britania Raya.

1. Cardiff

Tempat Wisata di South Wales
independent.co.uk

Tempat wisata di South Wales Britania Raya yang pertama adalah Cardiff. Cardiff menjadi ibukota Negara Wales sekaligus kota terbesar di negara ini. Kota ini berada di ujung selatan Wales, di tepi pantai Bristol Channel.

Sejak diresmikan menjadi ibukota Wales di tahun 1955, Cardiff tentu memiliki segudang wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Beberapa landmark utama yang bisa Anda temukan di kota ini antara lain Cardiff Castle, Cardiff Bay, Bute Park, Cardiff City Hall dan masih banyak lagi lainnya.

Di kota ini Anda bisa menemukan bandara Internasional utama Wales, yaitu Cardiff International Airport. Selain dengan pesawat, akses menuju kota ini juga bisa ditempuh dengan menggunakan kereta dari London, Birmingham, Edinburg, Glasglow, Bristol dan Machester.

2. Swansea

Tempat Wisata di South Wales
thegrandhotelswansea.co.uk

Nama Swansea tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang gemar menonton Liga Inggris. Bagaimana tidak, Swansea menjadi kawasan kelahiran klub sepak bola Swansea City AFC. Tak heran juga, selain berkunjung ke Cardiff wisatawan juga suka singgah ke kota ini.

Kota Swansea merupakan kota terbesar kedua di Wales setelah Cardiff. Kota ini juga berada di Wales bagian selatan, tepatnya di pinggir pantai Swansea Bay dan Bristol Channel. Tak heran jika Swansea menjadi salah satu tempat wisata di South Wales Britania Raya yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa wisatanya seperti Swansea Museum, Mission Gallery, Pantasia, Swansea Castle, National Waterfront Museum, Clyne Gardens dan masih banyak lagi lainnya.

Akses menuju kota ini pun cukup mudah, Anda bisa menumpang kereta dari London, Newport, Cardiff dan Reading. Tak hanya itu, Swansea juga bisa ditempuh menggunakan kapal fery dari arah Dublin Irlandia.

3. Taman Nasional Brecon Beacons

Tempat Wisata di South Wales
nationalgeographic.com

Jika Anda suka berwisata alam, berkunjung ke Taman Nasional Brecon Beacons ini tentu menjadi kewajiban. Tempat wisata di South Wales Britania Raya ini memang memiliki daya tarik tersendiri karena lokasinya yang berada di tengah-tengah bentangan bukit sehingga menyuguhkan panorama alam yang indah.

Taman Nasional yang dibangun di tahun 1957 ini merupakan salah satu dari tiga taman nasional di Wales. Wilayah taman nasional ini berbentuk tanah yang tandus berumput dan dihuni oleh Kuda Poni Gunung Welsh dan Domba Gunung Welsh. Selain padang rumput, Anda juga bisa menemukan lembah dan perkebunan yang tersebar di area taman nasional ini.

4. Glamorgan Heritage Coast

glamorgan heritage coast
freespiritimages.com

Tak hanya pegunungan, kawasan South Wales juga memiliki wisata pantai yang tak kalah memukau, yaitu Glamorgan Heritage Coast. Glamorgan membentang diantara Ogmore-by-Sea dan St Athan dengan Nash Point sebagai titik tengahnya. Wisata pantai ini memang menjadi primadonya dan selalu menjadi alasan wisatawan berkunjung ke South Wales.

Glamorgan Heritage Coast menjadi salah satu tempat wisata di South Wales Britania Raya yang cukup populer diantara pesepeda dan pejalan kaki, pasalnya untuk menikmati wisata ini Anda bisa menggunakan kedua cara tersebut.

Tak hanya menampilkan wisata pantai bersejarah, kawasan ini juga kaya akan flora dan fauna, playground untuk anak-anak hingga pemandangan batuan kapur dari pinggir tebing yang memukau.

5. The Wye Valley

the wye valley
theculturetrip.com

Tempat wisata di South Wales Britania Raya selanjutnya adalah The Wye Valley. The Wye Valley atau Lembah Wye dikenal sebagai salah satu wisata yang menakjubkan di Wales.

Disini Anda bisa melihat keindahan alam yang luas membentang khas Inggris. Mulai dari Sungai Wye hingga lembah yang merupakan perpaduan dari ngarai batu kapur dan hutan yang rimbun. Tak hanya pemandangan alam saja, Anda pun juga bisa menemui beberapa satwa liar yang hidup disini, seperti burung elang. Lembah ini kerap dijadikan spot favorit untuk mengamati burung-burung yang hidup di alam bebas.

6. The Vale of Neath

Tempat Wisata di South Wales
flickr.com

The Vale of Neath atau Sungai Neath juga menjadi salah satu tempat wisata di South Wales Britania Raya yang tak boleh Anda lewatkan. Sungai ini berada di kawasan Bristol Channel di Swansea dan cukup populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Disini Anda bisa berjalan kaki menyusuri jalan setapak untuk kemudian menjelajah keindahan alamnya dan salah satu spot menarik dari kawasan ini adalah Air Terjun Aberdulais. Air terjun indah ini tak hanya menjadi tempat wisata yang menarik namun juga sebagai pembangkit listrik tenaga air yang terbesar di Eropa. Aliran listrik dari ini guna untuk memberikan energi dalam sector industri.

7. Carreg Cennen Castle

carreg cennen castle
visitwales.com

Berkunjung ke South Wales rasanya belum afdol jika belum berkunjung ke kastil. Di kawasan ini, Anda bisa menemukan sebuah kastil bernama Carreg Cennen Castle yang bersejarah. Meskipun namanya kastil, namun beberapa orang menyebutnya sebagai sebuah banteng atau Menara, karena bentuknya yang sudah tidak utuh lagi.

Bangunan ini berdiri di sebuah karang besar setinggi 300 metes diatas Sungai Cennen. Hal inilah yang membuat kastil ini menawarkan pemandangan luar biasa. Dari sini Anda bisa menikmati indahnya Taman Nasional Brecon Beacons dan kawasan pedesaan di sekitarnya.

Carreg Cennen Castle menjadi tempat wisata di South Wales Britania Raya yang juga cukup menyedot perhatian banyak wisatawan karena sejarahnya dan juga pemandangan alamnya yang spektakuler.

8. Rhondda Heritage Park

rhondda heritage park
commons.wikimedia.org

Rhondda Heritage Park merupakan salah satu situs warisan menarik yang wajib Anda kunjungi di Wales. Salah satu tempat wisata di South Wales Britania Raya ini menawarkan pengetahuan tentang kehidupan masyarakat pertambangan batubara yang dulunya hidup di daerah tersebut hingga tahun 1980an.

Rhondda Valley merupakan salah satu tambang batubara paling penting di dunia hingga akhir abad 20an. Disini Anda bisa merasakan langsung kehidupan penambang batubara yang akan dipandu dengan seorang pemandu wisata yang merupakan mantan pekerja Colliery.

9. The Big Pit National Coal Museum

destinasi Wisata di South Wales
museum.wales

Selain Rhondda Heritage Park, tempat wisata di South Wales Britania Raya yang bertema batubara lainnya adalah The Big Pit National Coal Museum. Museum ini juga dulunya merupakan sebuah tambang batubara dari tahun 1880 hingga tahun 1980.

Pada tahun 1983, area tambang ini kemudian dibuka untuk umum sebagai museum yang juga masih berada di bawah naungan National Museum of Wales. Museum ini didedikasikan untuk pelestarian tambang batubara di Wales yang berlangsung selama masa revolusi.

10. Llancaiach Fawr Manor

Tempat Wisata di South Wales
commons.wikimedia.org

Tempat wisata di South Wales Britania Raya yang terakhi adalah Llancaiach Fawr Manor. Tempat ini merupakan sebuah rumah bangsawan yang berada di dekat Desa Nelson.

Rumah ini cukup menarik banyak wisatawan karena struktur bangunannya dibangun pada sekitar abad pertengahan. Rumah ini juga dianggap sebagai salah satu rumah bangsawan yang paling penting pada abad ke-16 hingga abad ke-17. Namun, saat ini rumah ini menjadi sebuah museum yang bisa dikunjungi oleh semua orang.

Salah satu spot menarik dari rumah ini adalah sanya taman bersejarah yang sangat indah. Taman ini berisi banyak sekali tumbuhan yang berasal dari tahun 1850an dan biasanya difungsikan sebagai latar pernikahan. Anda juga bisa menemukan sebuah ruangan minum teh dan toko souvenir disini.



Leave a Reply