10 Tempat Wisata di Medan Yang Tak Boleh Gotraveller Lewatkan


prita  December 16, 2020  0 Comment

Kota Medan dikenal sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Medan tak hanya terkenal dengan Duriannya saja, namun kota ini juga terkenal dengan sebutan Kota Multi Etnis karena disana terdapat beberapa suku, seperti Melayu, Batak, Tionghoa hingga Jawa. Tak hanya kaya akan ragam budaya, Medan juga kaya akan destinasi wisata yang cukup menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Nah, berikut ini adalah Tempat wisata di Medan yang cukup menarik minat wisatawan untuk berkunjung

1. Istana Maimun

istana maimun
suarajatim.co.id

Tempat wisata di Medan yang pertama adalah Istana Maimun. Bangunan istana ini seringkali dianggap sebagai salah satu bangunan istana paling indah di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan keunikan dari gaya bangunannya yang merupakan kombinasi unsur Melayu, India, Islam, Italia dan Spanyol.

Istana Maimun ini menjadi lambing kejayaan Kerajaan Deli di Sumatera Utara, maka tentunya istana ini menyimpan banyak koleksi bersejarah milik keluarga Kerajaan Deli. Selain arsitektur istana yang menawan, kamu bisa melihat-lihat koleksi benda bersejarah yang ada disini. Salah satu koleksi yang cukup menarik untuk dilihat adalah Meriam Puntung yang konon dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mambang Khayali yang cantik dari Kerajaan Deli Tua.

Gotravelly

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

Mikie Funland (Mikie Holiday), Family Trip , Berastagi

Berkunjung Ke Graha Maria Annai Velangkanni

2. Tjong A Fie Mansion

 Tjong A Fie Mansion
nonikhairani.com

Tempat wisata di Medan selanjutnya adalah Tjong A Fie Mansion. Wisata ini merupakan sebuah museum yang dulunya merupakan sebuah bangunan rumah milik saudagar Tionghoa bernama Tjong A Fie.

Rumah ini bisa dibilang cukup tua karena telah dibangun sejak tahun 1895 dan selesai di tahun 1900. Dengan ukuran mencapai 8000 meter persegi, rumah ini memiliki 35 ruangan di dalamnya. Menariknya lagi, bangunan rumah ini memiliki gaya bangunan Melayu, Tiongkok dan art deco. Pada tahun 2009, rumah ini secara resmi difungsikan sebagai museum yang dikelola langsung oleh keturunan Tjong A Fie.

3. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan
travelmaker.id

Masjid Raya Medan juga menjadi salah satu tempat wisata di Medan yang tak boleh dilewatkan. Masjid ini kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi oleh wisatawan Muslim saat berkunjung ke Medan.

Bangunan masjid ini juga tak kalah tuanya dari Tjong A Fie Mansion karena mulai dibangun pada tahun 1906 dan baru selesai di tahun 1909. Masjid ini pun memiliki gaya bangunan yang khas, yaitu berbentuk segi delapan dengan gaya arsitektur campuran antara Timur Tengah, India dan Spanyol.

Pembangunan Masjid Raya Medan ini pun dianggap sebagai bukti toleransi antar umat beragama di Medan. Bahkan, Tjong A Fie disebut turut menyumbangkan dana untuk pembangunan masjid megah ini.

4. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
klook.com

Tempat wisata di Medan yang patut kamu kunjungi selanjutnya adalah Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Museum Rahmat ini dikenal sebagai museum satwa pertama di Asia Tenggara dimana kamu bisa melihat berbagai jenis satwa hasil buruan yang telah diawetkan.

Jumlah satwa yang telah diawetkan di museum ini mencapai 2.000 yang berasal dari berbagai negara. Mulai dari Asi, Amerika bahkan hingga Afrika. Jenis hewannya pun beragam dan terbilang cukup lengkap, mulai dari Harimau, Rusa, Komodo hingga Kambing Gunung.

5. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Penangkaran Buaya Asam Kumbang
ceritamedan.com

Tempat wisata di Medan selanjutnya juga masih berhubungan dengan hewan, yaitu Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Sesuai dengan namanya, tentunya disini kamu bisa melihat satwa buaya yang jumlahnya mencapai 2.700 ekor dengan berbagai macam ukuran. Mulai dari buaya yang baru menetas sampai buaya yang telah berusia 43 tahun dengan panjang 5 meter.

Disini kamu bisa berwisata edukasi seputar buaya karena kamu bisa mengenalnya secara lebih dekat. Menariknya lagi, kamu bisa mencoba memberi makan para buaya yang ada di penangkaran ini. Dengan membayar Rp 35.000, kamu bisa melemparkan seekor bebek ke dalam kolam yang penuh buaya.

6. Upside Down World

Upside Down World
enaknyakemana.com

Upside Down World belakangan ini menjadi alternatif wisata seru untuk dikunjungi. Tempat wisata di Medan ini terbilang cukup hits dan kekinian karena mengusung konsep dunia terbalik yang sangat menarik.

Disini kamu bisa berfoto dengan spot unik sebagai latar belakang dan membuatmu seolah terbalik. Semua serba terbalik disini, mulai dari kamar tidur, toilet, dapur, ruang makan dan ruangan lainnya. Bahkan kamu bisa melihat Warung Durian yang menjadi ikon kota Medan disetting terbalik di tempat ini.

7. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit
eksisnews.com

Tempat wisata di Medan yang satu ini merupakan tempat rekreasi yang cocok bagi keluarga, yaitu Hillpark Sibolangit. Taman wisata ini memang berada cukup jauh dari pusat kota Medan, namun tentunya pengalaman yang bisa kamu dapatkan disana akan sebanding dengan lamnya perjalanan yang kamu tempuh.

Hillpark Sibolangit memiliki 3 zona permainan yang sangat seru untuk dijelajahi, yaitu The Heritage, The Lost City dan Toon Town. Area The Heritage memiliki ciri khas bangunan megah layaknya kerajaan dan juga kastil serta berbagai wahana menarik untuk dicoba. Sementara di The Lost City menghadirkan suasana selayaknya zaman prasejarah lengkap dengan kerangka Dinosaurus beserta berbagai wahana yang tak kalah menarik. Terakhir, pada area Toon Town menawarkan area permainan bertema anak yang mana wahana permainannya sangat aman bagi anak-anak.

8. Balai Kota Lama

Balai Kota Lama
dolandolen.com

Tempat wisata di Medan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai berwisata di bangunan tua dengan desain klasik. Balai Kota Lama ini merupakan gedung dengan desain arsitektur Eropa klasik yang dibangun pada tahun 1908.

Bangunan Balai Kota Lama ini menjadi saksi sejarah panjang Kota Medan, yang mana pada masa penjajahan Belanda, gedung ini digunakan sebagai tempat pertemuan pejabat tinggi. Sementara saat penjajahan Jepang, gedung ini sempat akan dihancurkan namun niat tersebut urung dilaksanakan.

Saat ini, gedung Balai Kota Lama ini menjadi bagian dari Kompleks Grand Aston City Hall Medan dimana wisatawan bisa berkunjung tanpa dipungut biaya.

9. Merdeka Walk Medan

 Merdeka Walk Medan
flickr.com

Saat berlibur di kota Medan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Medan yang cukup hits ini, yaitu Merdeka Walk Medan. Merdeka Walk Medan ini dikenal sebagai tempat nongkrong asyik dan juga tempat kulineran.

Merdeka Walk ini biasanya sangat ramai dikunjungi saat sore hari sampai malam hari dimana pengunjung bisa menghabiskan waktu untuk nongkrong sambil menikmati berbagai sajian khas Medan yang menggugah selera. Tak hanya nongkrong sambil kulineran, tempat ini pun sering digunakan untuk menggelar aksi pertunjukan dan hiburan. Seperti band, rap dan berbagai pertunjukan menarik lainnya.

10. Danau Siombak

 Danau Siombak
gotravelly.com

Tempat wisata di Medan yang terakhir adalah Danau Siombak. Danau Siombak merupakan danau buatan yang berada diantara Sungai Deli dan Sungai Terjun.

Danau seluas 40 hektar ini memiliki air yang jernih bernuansa biru kehijauan yang sangat asri. Disini kamu pun bisa melakukan aktivitas menari seperti memancing atau berenang. Namun, jika kamu ingin bersantai di tepiannya pun pemandangan yang disuguhkan akan sangat memanjakan mata.

Itulah tadi 10 tempat wisata di Medan yang wajib kamu kunjungi saat berlibur kesana. Semoga membantu untuk kembali merencanakan liburan ke ibukota Sumatera Utara tersebut. Selamat berlibur.



Leave a Reply