Wisata

10 Tempat Wisata di Baturaden Yang Layak Untuk Kamu Kunjungi

Baturaden merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Kota Purwokerto. Kecamatan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah dengan segudang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baturaden memang berada cukup dekat dengan Gunung Slamet, tak heran jika udaranya sangat sejuk dan pemandangannya sangat indah. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur di BanyumasBerikut ini tempat wisata di Baturaden Banyumas yang layak untuk kamu kunjungi

1. Curug Telu

inews.id

Tempat wisata di Baturaden Banyumas yang pertama adalah Curug Telu. Wisata yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka berlibur di kawasan air terjun.

Sesuai dengan namanya, Curug Telu ini memiliki tiga buah air terjun dalam satu tempat. Meskipun ketiga air terjun tersebut tidak sama besar, namun curug ini terlihat seolah dialiri oleh tiga air terjun. Pemandangan yang ditawarkan oleh curug ini pun sangat indah dan pastinya kamu bisa merasakan sejuknya udara khas pegunungan. Kamu bisa bermain air, berfoto hingga memancing di sekitar air terjun ini.

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

2. Curug Bayan

outboundbaturraden.com

Selain Curug Telu, tempat wisata di Baturaden Banyumas selanjutnya adalah Curug Bayan. Curug Bayan juga dikenal sebagai Curug Gede yang menjadi salah satu curug paling populer di kawasan Baturaden.

Menariknya, di sekitar lokasi Curug Bayan ini terdapat dam peninggalan Jepang dan jembatan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Kedua bangunan bersejarah tersebut membuat pemandangan di sekitar air terjun ini semakin indah. Curug Bayan cukup aman untuk semua usia karena cukup dangkal dan arus airnya tidak terlalu kuat.

3. Lokawisata Baturaden

travelspromo.com

Tempat wisata di Baturaden Banyumas yang satu ini terbilang cukup menarik karena memadukan wisata alam dengan wisata kekinian, yaitu Lokawisata Baturaden. Lokawisata Baturaden merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang cukup menyenangkan karena di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai fasilitas hiburan yang bisa dinikmati oleh segala usia. Tak hanya ragam fasilitasnya yang lengkap, kawasan ini juga memiliki hawa sejuk.

Sejumlah wahana bisa kamu jajal di taman ini, seperti sepeda air, kolam renang, pemandian air panas dan pemandian air panas belerang. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan Teater Alam yang berupa pesawat terbang jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Teater alam ini menayangkan film pendek yang bercerita tentang alam yang ada di Indonesia.

4. Desa Wisata Ketenger

aamriyanto.blogspot.com

Selain memadukan wisata alam dengan wisata kekinian, tempat wisata di Baturaden Banyumas yang satu ini justru memadukan wisata alam dengan wisata budaya. Desa Wisata Ketenger ini merupakan salah satu wisata favorit keluarga di Banyumas.

Disini kamu bisa menonton berbagai hiburan kesenian yang menarik, seperti kuda lumping, Begalan, Rengkong, Wayang Kulit, Siteran hingga Orkes Melayu. Tak hanya bisa menikmati beragam kesenian, disini kamu juga bisa berkeliling untuk melihat beragam situs peninggalan sejarah yang ada, seperti rel lori dan waduk Ketenger.

Kamu yang ingin menjelajah alam tentunya juga bisa menemukan sederet wisata alam disini, seperti curug gede dan curug kembar. Puas berkeliling, jangan lupa untuk mencicipi anek sajian khas Banyumas seperti mendoan, nopia, badeg dan pecel.

5. Kebun Raya Baturaden

travelspromo.com

Tempat wisata di Baturaden Banyumas yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Kebun Raya Baturaden. Kebun Raya Baturaden ini juga menjadi tempat wisata sekaligus edukasi yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Di kebun raya ini kamu bisa menemukan berbagai jenis tanaman, seperti Anggrek, Perdu, Liliana hingga banyak sekali pepohonan besar. Kebun Raya Baturaden ini bisa menjadi tempat piknik yang meyenangkan karena udaranya sangat sejuk dan pemandangannya sangat indah. Tak heran jika saat akhir pekan kawasan ini selalu dipenuhi oleh pengunjung.

6. Telaga Sunyi

goodnewsfromindonesia.id

Jika kamu ingin berlibur di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian, Telaga Sunyi ini bisa jadi pilihan. Telaga Sunyi memang dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Baturaden Banyumas yang punya pemandangan indah dengan suasana yang tenang.

Telaga ini memiliki kedalaman mencapai 3 meter dengan air yang sangat jernih dan bersih. Tentunya keindahan telaga ini mampi membuat semua pengunjung yang datang merasa ingin segera menceburkan diri ke dalam telaga tersebut. Ditambah lagi dengan keindahan alam yang mengelilingi telaga ini, pastinya kamu akan betah berlama-lama berenang di kolam renang alami ini.

7. Taman Miniatur Dunia Small World

inibaru.id

Tempat wisata di Baturaden Banyumas berikut ini sangat cocok bagi kamu yang suka selfie. Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini akan membawamu berkeliling dunia dan mengenal tentang bangunan-bangunan terkenal dari berbagai Negara.

Disini kamu bisa menemukan Menara Eiffel, Patung Merlion, Kincir Angin ala Belanda, Piramida, Monas hingga Petronas Tower. Semua landmark tersebut berbentuk miniature dan sangat menarik dijadikan sebagai spot foto. Tak hanya itu, kamu pun bisa merasakan udara yang sejuk saat berjalan-jalan di kawasan ini.

8. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

ksmtour.com

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu juga menjadi salah satu tempat wisata di Baturaden Banyumas yang cukup populer di kalangan wisatawan. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu ini memiliki aliran air yang sama-sama hangat dan mengandung belerang, bedanya kedua pancuran ini terpisah cukup jauh. Disini kamu bisa merasakan hangatnya berendam di air hangat sambil menikmati suasana khas pegunungan. Tak hanya itu, air panas dari belerang ini pun dipercaya mampu membantu menyembuhkan penyakit kulit.

9. Baturaden Adventure Forest

twitter.com

Tempat wisata di Baturaden Banyumas selanjutnya adalah Baturaden Adventure Forest. Kawasan ini sangat cocok bagi kamu yang suka melakukan kegiatan yang menantang atau memacu adrenalin.

Baturaden Adventure Forest menawarkan berbagai aktivitas seru dan menantang, seperti River Boarding atau meluncur bersama arus air sungai, Canyon Adventure atau menyusuri sungai hingga Rappeling atau menuruni tebing dengan tali. Selain berbagai aktivitas seru, tempat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti Bonfire Spot, Forest Canteen, gathering area hingga tempat ibadah. Disini kamu juga bisa menemukan Viewing Area, yaitu sebuah spot untuk menikmati indahnya pemandangan sekitar.

10. Curug Bidadari

backpackerjakarta.com

Tempat wisata di Baturaden Banyumas yang terakhir adalah Curug Bidadari. Kawasan Baturaden memang sangat terkenal dengan wisata air terjunnya yang indah, salah satunya adalah Curug Bidadari ini.

Bisa dibilang Curug Bidadari ini adalah surga tersembunyi di kawasan Baturaden karena untuk mencapainya butuh tenaga ekstra dengan jalur yang cukup menantang. Air terjun ini memilii ciri khas yaitu berupa pintu masuknya yang menyerupai gua. Karena letaknya yang cukup tersembunyi dan jalannya yang menantang membuat air terjun ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Tak heran jika kondisi alamnya masih asri dan bersih.

prita

Recent Posts

7 Tempat Wisata di Sekitar Danau Toba, Ada Air terjun Hingga Bukit

Indonesia dikenal menawarkan berbagai tempat wisata indah yang sayang untuk tidak dikunjungi. Anda tentu sudah…

2 hours ago

10 Kuliner Khas Sabang Bikin Perut Bergoyang

Selain banyaknya tempat wisata, indonesia juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang bisa Anda coba. Berbagai…

7 hours ago

10 Air Terjun Paling Angker di Jawa Sering Ada Penampakan

Tidak hanya dikenal dengan banyak air terjun indah, Anda juga dapat datang ke beberapa air…

19 hours ago

Chesee Lover! Kalian Wajib Coba 10 Keju Paling Populer di Eropa

Siapa sih yang tidak suka keju? Bisa dibilang olahan dari susu yang satu ini menjadi…

22 hours ago

10 Tempat Wisata di Pare Pare Paling Asyik Dinikmati Rame Rame

Indonesia dikenal sebagai negara yang menawarkan banyak tempat wisata yang sangat memanjakan mata. Berbagai daerah…

1 day ago

10 Makanan Khas Minahasa Tawarkan Sejuta Rasa

Makanan Khas Minahasa terkenal dengan rasa rempahnya. Dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyak…

1 day ago