Jalan Jalan ke Yunani? Nih, 10 Tempat Wisata di Athena


prita  February 1, 2021  0 Comment

Athena dikenal sebagai ibukota Negara Yunani dan juga menjadi salah satu tempat wisata paling populer di kawasan Mediterania. Kota ini menjadi jantung Yunani dan menyimpan keindahan wisata juga sejarah dari abad ke-5. Terdapat berbagai tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di kota Athena ini, mulai berbagai stus bersejarah, pusat perbelanjaan hingga hiburan untuk sekedar melepas penat. Athena juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata romantis untuk menghabiskan waktu berlibur bersama pasangan. Nah, buat kamu yang berencana untuk berlibur ke Athena, berikut adalah

Tempat Wisata di Athena yang wajib kamu singgahi

1. Acropolis & Parthenon

Acropolis & Parthenon
britannica.com

Tempat wisata di Athena yang pertama adalah Acropolis & Parthenon. Kedua tempat seolah menjadi destinasi wisata utama wisatawan saat pertama kali berkunjung ke Athena.

Acropolis memiliki arti kota ketinggian, hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di perbukitansetinggi 150 meter diatas permukaan laut. Kamu bisa memasuki Acropolis ini melalui pintu masuk utamanya yang telah ada sejak zaman kekuasaan Kekaisaran Roma.

Diatas sini kamu bisa menemukan Parthenon, sebuah kuil yang dibangun untuk menghormati Dewi Athena. Kuil ini memilii arsitektur yang indah dan sejarah yang panjang tentunya. Parthenon pernah digunakan sebagai gereja dan masjid, sebelum kemudian terkena serangan bom. Kini Parthenon terus dipugar dan masuk dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.

Review tempat wisata

Jalan-Jalan & Kulineran Di Gion Shirakawa: Mulai Dari Bangunan Tua Hingga Sushi

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

Baca juga :  9 Destinasi Musim Panas Terbaik di Eropa, Indah Memanjakan Mata

2. Kuil Athena Nike

Kuil Athena Nike
id.changiairport.com

Masih di kawasan Acropolis, selain Parthenon, kamu juga menemukan kuil lainnya yang dikenal dengan nama Kuil Athena Nike. Kuil ini telah berdiri sejak tahun 420 Sebelum Masehi dan dibangun untuk memuja Dewa Nike.

Dewa Nike dianggap sebagai dewa yang melambangkan kemenangan, sehingga di kuil ini masyarakat Yunani Kuno memanjatkan doa agar diberikan kemenangan saat melawan Prajurit Sparta. Kuil Athena Nike ini pernah hancur akibat peperangan yang terjadi Antara Ottoman dan Vanesia di abad ke 16. Sekarang kuil ini telah dipugar dan menjadi salah satu tempat wisata di Athena yang layak untuk dikunjungi.

3. Erechtheion

Tempat Wisata di Athena
theroamingboomers.com

Tempat wisata di Athena yang menjadi buruan wisatawan selanjutnya adalah Erechtheion. Sama halnya dengan Parthenon, Erechtheion merupakan sebuah kuil yang dibangun untuk memuja Dewi Athena.

Kuil ini pernah dihancurkan oleh Bangsa Persia saat peristiwa perebutan Akropolis. Sekarang, kuil ini tetap dibiarkan menjadi reruntuhan agar masyrakat selalu teringat akan peristiwa tersebut. Meskipun sudah menjadi reruntuhan, kuil ini masih terlihat megah dimana tiang-tiang penopangnya masih berdiRI tegak. Nama Erechtheion sendiri diambil dari nama seorang pemimpin legendaris Athena yang bernama Ererctus.

4. Ancient Agora

Ancient Agora
specialtytours-greece.com

Ancient Agora juga menjadi salah satu tempat wisata di Athena yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Ancient Agora ini merupakan sebuah komplek yang dibangun sekitar abad ke 6 Sebelum Masehi yang saat itu menjadi pusat politik, budaya dan keagamaan.

Kompleks ini dikenal sebagai kompleks awal tumbuhnya prinsip demokrasi di Athena. Disini kamu bisa melihat Temple of Hephaestus yang telah direkontruksi dan menjadi museum untuk artefak-artefak yang ditemukan di area Ancient Agora dan Roman Agora. Dari sini juga kamu bisa melihat Acropolis dari kejauhan.

Baca juga :  7 Bukit Terindah di Papua Pemandanganya Bikin Hati Bahagia

5. National Garden Athens

National Garden Athens
ttnotes.com

National Garden Athens atau Taman Nasional Athena ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Athena yang wajib dikunjungi. Taman ini merupakan kompleks tamanam terbesar di Athena yang menawarkan pemandangan indah.

Taman ini dianggap sebagai paru-paru kota Athena karena menampung 7000 pepohonan dan 40000 jenis tanaman lainnya. Disini terdapat 519 spesies tumbuhan dan sekitar 102 jenis diantaranya adalah tanaman asli Yunani, seperti Pohon Carob, Pohon Judas, Oleanders dan masih banyak lagi lainnya.

Selain tanaman, National Garden Athens ini juga memiliki 6 danau dimana kamu bisa melihat kawanan bebek berenang disana. Berjalan-jalan di taman ini tentu bisa mambuatmu rileks dan mampu melepas penat karena suasananya yang sangat asri.

6. Anafiotika

Anafiotika
lokafy.com

Tempat wisata di Athena tak melulu soal reruntuhan bangunan saja yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa datang ke Anafiotika, yaitu sebuah pemukiman yang sangat indah untuk dijelajahi.

Anafiotika merupakan sebuah pemukiman yang asri dan sangat mempresentasikan Athena. Pemukiman ini berada di bawah Acropolis dan dibangun oleh para pekerja dari Pulau Cyclade, Anafi atas perintah Raja Otto I. Tersisa sekitar 45 rumah yang masih asli dan bergaya Cycladic yang mengingatkan pada peradaban kuno. Rumah-rumah tersebut masih dihuni dan semakin cantik karena dihiasi dengan bunga berwarna-warni.

7. Gunung Lycabettus

Lycabettus
whyathens.com

Gunung Lycabettus juga menjadi salah satu tempat wisata di Athena yang cukup menarik banyak wisatawan. Gunung setinggi 277 meter diatas permukaan laut ini juga dikenal sebagai titik tertinggi kota Athena.

Kamu yang ingin mencapai puncaknya tentu tak perlu repot untuk mendaki pasalnya telah disediakan cable car untuk menuju ke puncaknya. Di puncak Gunung Lycabettus ini terdapat restoran dan teathre yang terkenal sangat romantic. Tak heran jika kebanyakan pengunjung memilih untuk menikmati makan malam di restoran ini. Gunung ini juga sering didatangi artis terkenal dunia, seperti Bob Dylan dan Radiohead.

Baca juga :  20 Tempat Wisata di Pattaya Bikin Semua Wisatawan Bahagia

8. Monastiraki

Monastiraki
athenswalkingtours.gr

Jika kamu adalah pencinta belanja, tempat wisata di Athena yang satu ini sangat wajib untuk di singgahi. Kawasan ini dikenal dengan nama Monastiraki dan merupakan salah satu distrik perbelanjaan yang cukup terkenal di Athena.

Lokasinya cukup strategis yaitu tepat di pusat kota Athena sehingga kamu bisa menjangkaunya dengan semua kendaraan. Disini kamu akan menemukan berbagai pernak pernik khas dengan harga terjangkau, pasalnya kamu bisa menawar harga barang disini. Pernak perniknya pun cukup beragam, seperti koin jaman dulu hingga barang-barang lama yang sangat cocok bila dijadikan oleh-oleh atau dekorasi rumah.

9. Plaka

Plaka
mywowo.net

Selain Anafiotika, Plaka juga menjadi tempat wisata di Athena lainnya yang berupa pemukiman cantik. Plaka juga dikenal sebagai kawasan dengan sejarah yang panjang di Athena, tentunya menjelajahi kawasan ini tidak akan membuatmu merasa bosan.

Di kawasan ini kamu akan dimanjakan dengan deretan toko-toko yang menjual cinderamata dan kafetaria. Kamu bisa nongkrong sambil berbelanja oleh-oleh menarik di kios cinderamata disini. Beberapa cinderamata yang bisa kamu temukan disini Antara lain tas kulit, pernak pernik dan kerajinan tangan dari kayu zaitun.

10. Stadium Panathenaic

 Stadium Panathenaic
greece-is.com

Tempat wisata di Athena yang terakhir adalah Stadium Panatheaic. Stadium ini tentu akan membuatmu terkagum-kagum, pasalnya stadium ini telah dibangun sejak tahun 300 Sebelum Masehi dan dipugar kembali di tahun 144 setelah menjadi tuan rumah berbagai Olimpiade.

Dulunya stadion ini menjadi tempat festival keagamaan yang didedikasikan untuk Dewa Athena setiap empat tahun sekali. Sekarang, stadion ini telah direnovasi di abad ke 19 kemudian menjadi tuan rumah Olimpiade modern pertama setalah tak pernah digunakan selama berabad-abad. Stadion yang mampu menampung hingga 50.000 penonton ini menjadi stadion terbesar di dunia yang seluruhnya dibuat dari marmer.



Leave a Reply