Jelajah 10 Taman Nasional Di Sumatera


Fida  September 28, 2021  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Taman nasional merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di Indonesia terdapat banyak sekali taman nasional yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya adalah yang terletak di daerah Sumatera. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar rekomendasi 10 taman nasional di Sumatera yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

1. Taman Nasional Kerinci Seblat

taman nasional kerinci seblat
jambi.antaranews.com

Taman Nasional Kerinci Seblat menjadi salah satu taman nasional di Sumatera yang populer dan menawarkan pemandangan alam menakjubkan. Taman nasional yang satu ini berlokasi di kawasan pegunungan Bukit Barisan yang meliputi provinsi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan juga Sumatera Selatan.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam luar biasa. Taman nasional yang satu ini juga menjadi kawasan ekosistem flora dan fauna. Beberapa flora yang dapat kamu jumpai di antaranya kayu pacan, raflesia Arnoldi, bunga bangkai, pinus kerinci dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, kamu dapat menjumpai beberapa hewan langka seperti badak Sumatera, kucing emas, gajah Sumatera, harimau Sumatera, macan dahan masih banyak lagi.

Gotravelly

Bukit Pampaea: Bukit Teletabis Yang Menghampar Di Bumi Bombana

Taman Nasional Baluran ‘Little Afrika In Java’

2. Taman Nasional Gunung Leuser

taman nasional gunung leuser
tempatwisata.pro

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan salah satu taman nasional di Sumatera. Taman nasional yang satu ini bisa kamu kunjungi di kawasan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sebagian kecil wilayah Taman Nasional ini merupakan provinsi Sumatera Utara.

Taman nasional yang satu ini berada di ketinggian sekitar 150 hingga 3450 meter di atas permukaan laut. Beberapa flora yang dilindungi juga dapat dijumpai di Taman Nasional ini diantaranya pohon payung raksasa serta bunga Raflesia Arnoldi. Taman nasional yang satu ini juga menjadi habitat hewan langka seperti beruang madu, gajah Sumatera, harimau Sumatera, anjing ajag, macan dahan, dan masih banyak lagi.

3. Taman Nasional Way Kambas

taman nasional way kambas
portalwisata.co.id

Apa yang terlintas di pikiran kamu saat mendengar sebutan Taman Nasional Way Kambas? Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing karena taman nasional yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal di Indonesia. Salah satu taman nasional di Sumatera yang satu ini bisa kamu kunjungi di kawasan provinsi Lampung bagian timur laut. Taman Nasional Way Kambas memiliki luas mencapai 130.000 Ha.

Kawasan Taman Nasional ini meliputi padang alang-alang, hutan pantai, dan juga hutan rawa air tawar. Kamu juga dapat menjumpai berbagai flora dan fauna yang dilindungi saat berkunjung ke Taman Nasional yang satu ini. Beberapa fauna yang ada di antaranya badak Sumatera, gajah Sumatera, lutung merah, harimau Sumatera, tapir, dan lain-lain.

4. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

taman nasional bukit barisan selatan
programs.wcs.org

Rekomendasi taman nasional di Sumatera berikutnya yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Taman nasional yang satu ini berlokasi di daerah yang meliputi provinsi Bengkulu, Lampung, dan juga Provinsi Sumatera Selatan.

Kawasan yang satu ini juga meliputi hutan pantai, hutan tropika basah, hutan pegunungan, dan juga kawasan hutan mangrove. Beberapa flora yang dapat dijumpai diantaranya camar laut, randu Alas, meranti, cempaka, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat menjumpai berbagai hewan dilindungi seperti badak Sumatera hingga beruang madu.

5. Taman Nasional Batang Gadis

taman nasional batang gadis
superadventure.co.id

Taman Nasional Batang Gadis menjadi salah satu rekomendasi taman nasional di Sumatera yang bisa kamu kunjungi. Taman nasional yang satu ini sebagian besar merupakan provinsi Sumatera Utara.

Taman Nasional Batang Gadis memiliki luas wilayah mencapai 108.000 Ha. Puncak tertinggi kawasan Taman Nasional ini adalah pada puncak Gunung Sorik Merapi. Kamu dapat menjumpai berbagai flora yang dilindungi meliputi Damar, kemenyan, pohon Tualang, bunga Raflesia Arnoldi, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa hewan langka juga hidup di taman nasional yang satu ini seperti gajah Sumatera, beruang madu, kambing hutan, macan dahan, dan lain-lain.

6. Taman Nasional Sembilang

taman nasional sembilang
traveling.bisnis.com

Rekomendasi taman nasional di Sumatera berikutnya adalah taman nasional Sembilang. Taman nasional yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal di kalangan masyarakat maupun wisatawan. Kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Sembilang yang terletak di kawasan Provinsi Sumatera Selatan yang berbatasan dengan provinsi Jambi.

Taman nasional yang satu ini meliputi kawasan hutan dataran rendah berupa hutan rawa air payau, hutan mangrove, dan juga hutan pantai. Taman Nasional sembilang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang dilindungi seperti cemara laut, nipah, gajah Sumatera, tapir, buaya muara, kucing emas, lumba-lumba air tawar, dan lain-lain. Saat berlibur ke kawasan Sumatera, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke taman nasional yang satu ini.

7. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

taman nasional bukit tiga puluh
travel.okezone.com

Rekomendasi taman nasional berikutnya adalah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Taman nasional ini memiliki luas wilayah mencapai 127.998 Ha. Kamu dapat menjumpai kawasan hutan pegunungan, hutan dataran tinggi, hutan dataran rendah, dan juga hutan rawa.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang menakjubkan. Tidak hanya itu, kawasan ini juga dihuni oleh beberapa hewan langka seperti beruang madu, gajah Sumatera, harimau Sumatera, dan lain-lain. Beberapa flora dilindungi yang dapat kamu jumpai di antaranya pulai, getah merah, dan berbagai macam rotan.

8. Taman Nasional Bukit Dua Belas

taman nasional bukit dua belas
zonatiketmurah.blogspot.com

Tidak hanya Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, kamu juga dapat mengunjungi Taman Nasional Bukit Dua Belas saat berkunjung ke daerah Sumatera. Salah satu taman nasional yang satu ini terletak di provinsi Jambi.

Taman Nasional Bukit Dua Belas dikenal menawarkan suasana yang sangat alami serta memiliki pemandangan yang indah. Tidak heran jika banyak masyarakat maupun wisatawan yang penasaran akan keindahannya. Tidak hanya indah, kawasan ini juga dikenal memiliki beberapa flora dan fauna yang dilindungi. Kamu dapat menjumpai berbagai hewan mulai dari burung rangkok badak, siamang, kancil, dan masih banyak lagi.

9. Taman Nasional Berbak

taman nasional berbak
seringjalan.com

Rekomendasi taman nasional berikutnya adalah taman Nasional Berbak. Taman nasional yang satu ini berlokasi di daerah Provinsi Jambi dan Riau. Dengan luas sekitar 162.700 Ha, taman nasional yang satu ini menyimpan banyak flora dan fauna yang dilindungi di dalamnya.

Taman Nasional Berbak meliputi kawasan konservasi hutan rawa hutan mangrove terluas di Asia Tenggara. Kamu dapat menjumpai beberapa flora yang dilindungi seperti palem daun payung, meranti, dan juga palem lepidonia. Sedangkan beberapa fauna langka yang ada di Taman Nasional ini di antaranya tapir, gajah Sumatera, harimau Sumatera, dan lain-lain.

10. Taman Nasional Siberut

Taman Nasional Di Sumatera
pedomanwisata.com

Taman Nasional Siberut menjadi rekomendasi taman nasional di Sumatera yang tepat untuk kamu kunjungi. Taman Nasional ini memiliki luas mencapai 190.500 Ha dan meliputi hutan mangrove, hutan rawa, serta hutan sekunder yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biosfer.

Kamu dapat menjumpai beberapa fauna langka seperti babi hutan, burung hantu mentawai, monyet ekor panjang, dan lain-lain. Sedangkan beberapa flora yang dilindungi dan dapat kamu jumpai di Taman Nasional ini seperti kayu manis, damar, paku-pakuan, hingga tanaman anggrek.



Leave a Reply