Wisata

10 Taman Nasional di Sri Lanka Pesonanya Tak Kalah Dengan Afrika

Sri Lanka adalah salah satu Negara di Asia yang lokasinya berada di Samudera Hindia. Negara yang terkenal akan sejarahnya ini memang menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Tak hanya menawarkan wisata sejarah dan budaya, kamu juga akan dimanjakan dengan ragam wisata alam yang menarik dan indah. Bagi kamu yang pecinta alam, berikut ini adalah 10 taman nasional di Sri Lanka yang tak boleh dilewatkan.

Taman Nasional di Sri Lanka

1. Yala National Park

travel-with-dilan.com

Taman nasional di Sri Lanka pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Yala National Park. Bisa dibilang taman nasional ini menjadi taman nasional paling favorit di Negara tersebut dan sangat menyenangkan untuk dikunjungi.

Taman Nasional Yala ini lokasinya berada tak jauh di selatan Sri Lanka dan memiliki berbagai macam ekosistem untuk dinikmati. Tak hanya itu, taman nasional ini sangat terkenal dengan gajah dan macan tutul Sri Lanka.

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran, Afrika-Nya Indonesia

Ternyata Makan Bekicot Prancis (Escargots) Di Union, Lebih Enak Dari Daging Sapi Loh

2. Horton Plains National Park

akisoto.com

Horton Plains National Park menjadi taman nasional di Sri Lanka kedua yang wajib untuk dikunjungi. Taman nasional yang berada di tengah Negara ini lokasinya berada di dataran tinggi dan memiliki hutan yang rimbun juga indah.

Salah satu spot paling populer di taman nasional ini adalah tebing ujung dunia dimana kamu bisa melihat pemandangan yang indah dari ketinggian. Tak hanya itu, taman ini juga menjadi rumah bagi ragam satwa liar, flora dan fauna. Kamu juga bisa berkunjung ke Air Terjun Baker yang berada di tengah semak dan sangat indah. Tak heran jika Horton Plains National Park menjadi salah satu taman nasional yang cukup populer.

3. Udawalawe National Park

lonelyplanet.com

Udawalawe National Park merupakan salah satu taman nasional di Sri Lanka yang menawarkan pemandangan menawan untuk dikunjungi. Taman nasional ini didominasi oleh pemandangan dataran dan rawa-rawa yang indah berpadu dengan ragam satwa liar yang khas.

Taman Nasional Udawalawe ini merupakan rumah bagi gajah Sri Lanka, tak heran jika kamu akan menemukan kawanan gajah yang berjalan-jalan di sekitar taman nasional ini. Selain gajah, disini juga menjadi rumah bagi ragam burung-burung yang terbang bebas di kawasan hutan yang indah.

4. Wilpattu National Park

wilpattunationalpark.com

Taman nasional di Sri Lanka selanjutnya yang tak boleh untuk dilewatkan selanjutnya adalah Wilpattu National Park. Wilpattu sendiri memiliki arti ‘Tanah Danau’ hal ini dikarenakan di taman nasional ini terdapat hampir enam puluh danau di temukan di dalamnya.

Sumber-sumber air tersebut kemudian memberikan kehidupan di taman nasional ini, flora dan fauna pun tumbuh subur di lingkungan ini. Taman Nasional Wilpattu ini juga menjadi rumah bagi ragam satwa liar seperti macan tutul, gajah hingga kerbau. Tak hanya bisa bertemu dengan satwa liar, kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan yang masih asri nan memanjakan mata.

5. Minneriya National Park

naturalworldsafaris.com

Minneriya National Park merupakan sebuah taman nasional yang keberadaannya diinisiasi oleh Raja Mahasen pada berabad-abad lalu. Kawasan ini dulunya merupakan situs bekas tangki irigasi, waduk dan lahan basah lainnya, namun sekarang menjadi tempat bagi aneka ragam hayati dan aneka satwa liar.

Taman Nasional Minneriya ini memang menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan hutan dan semak-semak yang masih asri dan alami. Jika kamu berkunjung pada musim kemarau, padang rumput di taman nasional ini akan menjadi kering dan menjadi sumber makanan bagi Gajah Sri Lanka, tentunya mereka pun akan berbondong-bondong menuju padang rumput dan menuju waduk untuk bermain air. Inilah yang membuat Minneriya National Park menjadi salah satu taman nasional di Sri Lanka yang cukup menarik untuk dikunjungi.

6. Bundala National Park

lakpura.com

Bundala National Park juga masuk dalam daftar taman nasional di Sri Lanka yang wajib untuk disinggahi. Taman nasional ini merupakan rumah bagi ragam ekosistem yang luar biasa, bukit pasir, lahan basah dan hutan.

Kamu juga bisa menemukan ragam satwa liar yang hidup di kawasan Taman Nasional Bundala. Bundala National Park menjadi rumah bagi hampir 200 jenis burung yang berbeda sehingga cukup menarik bagi pecinta alam maupun pencinta fotografi. Taman nasional yang berada di sisi selatan Sri Lanka ini dikelilingi pohon rindang dan udaranya sangat sejuk. Jika beruntung, kamu pun bisa melihat merak india yang bersembunyi ataupun Rusa Tikus yang berjalan-jalan disana.

7. Kumana National Park

srilankansafari.com

Taman nasional di Sri Lanka yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Kumana National Park. Taman nasional yang berada di pantai tenggara Sri Lanka ini merupakan surga bagi burung yang bermigrasi.

Tercatat lebih dari 250 spesies burung yang ada di kawasan ini. Pasalnya, mereka tak hanya menjadikan taman nasional ini tempat persinggahan, namun juga menjadikan tempat berkembang biak yang sempurna. Selain bisa melihat ragam spesies burung, disini kamu juga bisa melihat gajah dan babi hutan. Menariknya lagi, disini kamu bisa menemukan Kuil Hindu yang cukup terkenal, yaitu Kuil Kataragama yang kerap dipadati peziarah setiap tahunnya.

8. Gal Oya National Park

galoyalodge.com

Gal Oya National Park adalah salah satu taman nasional di Sri Lanka yang tak kalah populer dari taman nasional lainnya. Gal Oya merupakan area tangkapan atas kelebihan air yang tidak tersimpan oleh waduk, akibatnya taman nasional ini memiliki sederet lahan basah dan hutan rimbun yang merendam air sehingga merubahnya menjadi hutan hijau yang subur.

Taman nasional ini pun memiliki pemandangan yang asri dan sangat menyejukkan mata. Apalagi, disini juga menjadi rumah bagi ragam satwa liar yang bisa kamu temui, seperti kerbau, gajah dan macan tutul. Tak hanya itu, di kawasan taman nasional ini juga terdapat kuil suci Dighavapi yang banyak menarik peziarah setiap tahunnya.

9. Kaudulla National Park

ceylonrides.com

Satu lagi taman nasional di Sri Lanka yang sangat populer di kalangan pengamat burung, yaitu Kaudulla National Park. Taman nasional ini merupakan area dimana kamu bisa menikmati burung-burung yang terbang bebas di langit biru yang cerah. Tak hanya bisa melihat ragam jenis burung, taman nasional ini juga menjadi rumah bagi satwa liar lainnya, seperti Macan Tutul, Gajah, Rusa, Babi Hutan dan Beruang Kukang.

Taman nasional yang baru diresmikan pada tahun 2002 ini dibuat oleh Raja Mahasen pada abad ke-3 yang mana kemudian tangki irigasi ditinggalkan disana  yang kemudian menarik ragam satwa liar untuk datang.

10. Adam’s Bridge Marine National Park

touropia.com

Taman nasional di Sri Lanka terakhir adalah Adam’s Bridge Marine National Park. Taman nasional yang satu ini berada di dekat semenanjung sempit yang menjulang ke Samudera Hindia.

sangat cocok bagi kamu yang suka dengan wisata laut pasalnya kawasan ini memiliki beragam ekosistem yang indah untuk dijelajahi. Taman ini memiliki terumbu karang yang indah dan lokasinya tak jauh dari pantai. Selain terumbu karang, perairan ini juga menjadi rumah bagi aneka satwa liar lainnya, seperti lumba-lumba, kuran-kura dan dugong.

prita

Recent Posts

11 Wisata Dekat Stasiun Gambir yang Recommended!

Siapa yang sudah merencanakan liburan seru ke Jakarta naik kereta api? Pasti asyik nih! Nah,…

4 months ago

16 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sudirman, Spot Instagramable

Tahukah kamu bahwa terdapat tempat wisata dekat Stasiun Sudirman yang bisa kamu kunjungi?. Lokasi di…

4 months ago

15 Wisata Dekat Stasiun Bogor, Menakjubkan!

Jika naik kereta ke Bogor, pernahkan kamu merasa ingin mampir ke tempat wisata terdekat?. Banyak…

4 months ago

13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Cari tempat -tempat Hidden gems di Solo yang menarik, memang cukup seru. Tidak jarang juga…

4 months ago

10 Restoran di Bogor, Cocok Untuk Keluarga!

Restoran di Bogor - Ada banyak tempat kuliner yang tentu saja dapat kamu pilih. Namun,…

4 months ago

10 Kue Kering Terenak di Dunia, Cobain yuk!

Tak sekadar makanan atau minuman saja yang memiliki kategori terenak dan favorit loh, ternyata ada…

4 months ago