10 Taman di Yogyakarta Untuk Refreshing Dan Pastinya Instagenic


prita  June 7, 2021  0 Comments

Yogyakarta memang selalu menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi termasuk taman di jogya yang adem dan menyenangkan. Kota istimewa ini memang selalu bikin rindu dan bisa membuat siapapun selalu ingin kembali. Banyak sekali hal menarik yang bisa dikunjungi di Jogya. Tak hanya wisata pantai dan budaya, Jogya juga memiliki sederet wisata taman yang indah dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Penasaran seindah apa? Berikut ini adalah daftar Taman di Jogya Yang bisa kamu kunjungi

1. Alun-Alun Kota Yogyakarta

Alun-Alun Kota Yogyakarta
limakaki.com

Jika berbicara soal taman di Jogya, tentunya kamu tidak boleh untuk melewatkan taman yang satu ini. Alun-Alun Kota Yogyakarta memang cukup terkenal dari dulu sebagai salah satu taman kota yang indah.

Terdapat dua alun-alun di Kota Jogja yang wajib kamu kunjungi, yaitu Alun-Alun Selatan atau Alun-Alun Kidul yang lokasinya berada di belakang Keraton Jogja dan Alun-Alun Utara atau Alun-Alun Lor yang lokasinya berada di depan Keraton Jogja.

Kedua alun-alun ini memiliki fungsinya masing-masing, yaitu di Alun-Alun Utara biasa digunakan untuk masyarakat berkumpul atau berolahraga. Sementara di Alun-Alun Selatan digunakan sebagai tempat nongkrong dan bermain. Salah satu kegiatan yang cukup menarik untuk dilakukan disana adalah berjalan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup.

Paket wisata murah

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

Offroad Seru Dan Mengedukasi Di Merapi Lava Tour

2. Taman Pintar

taman pintar
dolanyok.com

Taman Pintar juga manjadi salah satu taman di Jogya yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan. Taman ini menjadi tepat rekreasi keluarga yang seru karena sangat edukatif.

Taman Pintar dibagi dalam beberapa zona yang berbeda sehingga pengunjung bebas untuk memilih zona yang ingin dituju. Misalnya seperti wahana gedung kotak, gedung memorabilia, gedung paud, gedung planetarium hingga gedung oval. Dalam gedung-gedung tersebut kamu akan menemukan berbagai zona yang berisikan pembelajaran yang dibungkus dalam sarana rekreasi yang seru. Jadi tak hanya bisa rekreasi, namun kamu juga teredukasi.

3. Taman Kantil

Taman Kantil
javatravel.net

Taman di Jogya yang cukup sering dikunjungi selanjutnya adalah Taman Kantil. Taman ini menjadi salah satu alternative wisata warga Jogja yang ingin bersantai atau berjalan-jalan.

Taman Kantil berada di kecamatan Gondokusuman dan dikenal memiliki pemandangan yang indah serta tatanannya yang rapi. Taman ini sering digunakan oleh banyak komunitas setempat yang berkumpul di taman ini. Secara berkala, Taman Kantil ini dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta sehingga taman ini selalu bersih dan nyaman digunakan untuk beraktivitas.

4. Wisdom Park UGM

Wisdom Park UGM
facebook.com

Anak UGM sudah pasti tidak asing lagi dengan taman yang satu ini. Wisdom Park UGM ini memang menjadi salah satu taman di Jogya yang cukup menarik perhatian.

Wisdom Park ini berada di sebelah timur kampus utama UGM, tepatnya di sisi timur Masjid Kampus. Taman ini memiliki sejumlah fasilitas olahraga yang menarik dan bisa diakses oleh pengunjung. Di dalam taman ini terdapat kolam yang berfungsi sebagai pencegah banjir, konservasi lahan, system air siap minum, area bercocok tanam hingga restoran.

5. Selfie Park Taman Pule

Selfie Park Taman Pule
wedangkopiprambanan.com

Kalau kamu gemar berswafoto, rasanya kamu wajib untuk datang ke taman ini. Selfie Park Taman Pule ini menjadi salah satu taman di Jogya yang menarik untuk dikunjungi.

Taman ini berada di pusat kota sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi dan mudah dijangkau dengan segala transportasi. Taman yang berada di XT Square Umbulharjo ini menawarkan berbagai macam spot foto yang instagramable. Taman ini sangat cocok untuk kamu yang tidak sempat untuk berkunjung ke kawasan Bantul.

Taman seluas 1088 meter persegi ini diberi nama Pule karena terdapat pohon Pule yang sudah berada di area tersebut. Pohon Pule memang terkenal sangat awet, kokoh dan rindang, sehingga membuat taman ini terlihat seperti hutan alami dengan banyak pepohonan rindang.

6. Taman Edukasi Lalulintas Giwangan

 Taman Edukasi Lalulintas Giwangan
iqbalkautsar.com

Taman di Jogya dengan pemandangan indah selanjutnya adalah Taman Edukasi Lalulintas Giwangan. Taman ini tak hanya asri dan cocok untuk berjalan-jalan, namun kamu juga bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk belajar tentang lalu lintas.

Di taman ini kamu bisa mengajari anak-anak kamu untuk tertib lalu lintas seja kecil. Tak hanya itu, taman ini juga akan mengajarkan pentingnya menghargai orang lain, tenggang rasa dan berbagai sikap yang harus dilakukan dalam hidup. Taman ini sangat ramah anak karena dilengkapi dengan playground anak, seperti ayunan, kursi putar, jarring panjat dan permainan ketangkasan. Istimewanya lagi, taman ini sangat teduh dan memiliki udara yang sejuk sehingga pengunjung akan merasa sangat nyaman bermain disini.

7. Taman Bunga Asri

Taman Bunga Asri
alodiatour.com

Kamu suka berkunjung di taman bunga? Mampir saja ke Taman Bunga Asri. Taman Bunga Asri ini menjadi favorit banyak orang di Jogya.

Taman Bunga Asri ini menawarkan keindahan Bunga Celosia yang ditanam dengan konsep flower farm. Taman bunga ini terlihat sangat indah karena warna warni hamparan bunga Celosia ini. Kamu pun bisa berfoto-foto dengan bebas di tengah ladang bunga ini. Namun perlu diingat ya, kamu dilarang untuk memetik atau merusak bunga-bunga di taman ini. Taman Bunga Asri menjadi salah satu taman di Jogya yang layak untuk kamu kunjungi saat berlibur kesana.

8. Taman Amarilis

Taman Amarilis
travelspromo.com

Masih soal taman bunga, Taman Amarilis ini juga menjadi salah satu taman bunga yang indah dan layak untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, taman ini ditumbuhi dengan Bunga Amarilis.

Bunga Amarilis awalnya dianggap sebagai Gulma, namun di tangan orang-orang yang tepat, bunga ini bisa menjadi taman yang cantik. Untuk itulah taman bunga ini dianggap menjadi salah satu Taman di Yogyakarta yang menarik di mata wisatawan.

Sayangnya, Bunga Amarilis ini tidak tumbuh sepanjang tahun. Bunga ini hanya mekar selama 1 sampai 2 minggu saja. Untuk itu, sebelum berkunjung kesini pastikan bunga-bunga ini bermekaran agar bisa menjadi spot foto yang instagramable.

9. Taman Bunga Nawari

taman terdekat
merapiadventure.com

Taman di Yogyakarta selanjutnya berada di Kabupaten Gunung Kidul dan menawarkan hamparan bunga matahari yang indah. Taman ini dikenal dengan nama Taman Bunga Nawari dan sangat terkenal di kalangan wisatawan karena sangat instagramable.

Taman Bunga Nawari ini cocok sekali untuk kamu yang hobi foto-foto, pasalnya pihak pengelola telah menyiapkan berbagai spot foto dengan kostum khusus, seperti pakaian kimono dan pakaian adat Jawa yang bisa disewa untuk berfoto.

Selain panorama hamparan Kebun Bunga Matahari yang cerah, disini kamu juga akan disuguhi dengan panorama khas pedesaan yang sejuk dan pastinya sangat memanjakan mata. Ditambah lagi kamu akan disambut dengan ramah oleh penduduk desa setempat.

10. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
youtube.com

Taman di Yogyakarta yang terakhir bisa kamu temukan di tengah padang pasir Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk Pasir Parangkusumo ini memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Jogja, karena menyerupai dengan pemandangan di Timur Tengah.

Namun, ada sebuah taman yang menarik di tengah gurun pasir ini. Taman ini berbentuk hati dan dipenuhi oleh bunga berwarna-warni yang indah. Taman di tengah padang pasir ini memang sering dijadikan sebagai spot foto karena sangat cantik dan bentuknya unik.



Leave a Reply

One Response
  1. Agustina Purwantini says:

    Alun-alun utara kini cuma bisa diniikmati dari pinggirannya.